Diet Air Putih Hangat Yang Paling Benar dan 12 Manfaatnya



Diet Air Putih Hangat Yang Paling Benar dan 12 Manfaatnya
Untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal dan proporsiaonal, maka anda harus melakukan diet. Sebab dengan diet, maka dapat menambah rasa percaya diri anda dan dapat menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam serangan penyakit. Seperti penyakit kolesterol tinggi dan hipertensi yang cukup berbahaya. Dan jika anda memiliki tubuh dengan berat badan yang ideal, maka kemungkinan untuk terserang penyakit tersebut juga semakin kecil.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk diet. Dimana pada umumnya diet dilakukan dengan cara mengurangi asupan kalori yang masuk seperti nasi,roti,dll dan menggantinya dengan menggunakan beberapa jenis makanan yang mengandung rendah kalori, seperti buah dan sayuran. Namun dalam menjalankan hal tersebut, terkadang tidak mudah, sebab dalam menjalaknannya yang belum terbiasa tetap saja merasa lapar dan menjadi tidak tahan. Sebab hasrat untuk mengkonsumsi makanan yang enak masih tinggi, dan disitulah hal yang menjadi faktor penyebab mengapa diet terus gagal.

Nah, tahukah anda? bahwa terdapat program diet yang dilakukan tidak hanya dengan cara mengurangi asupankalori dan lemak dari dalam tubuh. Tetapi juga dapat dilakukan dengan cara yang sederhana dan lebih mudah, yaitu dengan mengkonsumsi air putih atau diet air putih. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Berikut ini adalah penjelasannya secara teknis bagaimana cara diet menggunakan air putih hangat yang benar.

Diet Air Putih untuk Turunkan Berat Badan, Mitos atau Fakta?

Dengan mengkonsumsi air putih dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan, apakah hal tersebut masuk mitos atau fakta? Berdasarkan temuan para ilmuwan di Virginia Tech in Blacksburg di Amerika, diketahui bahwa dengan mengkonsumsi air putih sebelum makan adalah cara yang terbaik untuk menahan nafsu makan berikutnya dan dapat mengurangi berat badan beberapa pon dari berat semula. Untukitu ketahui beberapa halseperti di bawahini sebelumnya.

Seberapa Besar Pengaruh Konsumsi Air Putih dalam Diet?
Menurut beberapa pelatih fitness, mereka mengatakan bahwa air putih memang memegang peranan yang sangat penting dalam proses pelangsingan tubuh. Bagi anda yang mengalami penumpukan cairan di dalam tubuh,maka dengan mengkonsumsi air putih dapat membantu mengeluarkan kelebihan air melalui urin.Dan juga jika sebelum makan anda meminum air putih atau dua gelas, maka akan membuat perut terasa lebih penuh, sehingga saat menyantap makanan, maka anda dapat menyantap lebih sedikit yangberada di meja. Nah,proses tersebutnlah yang bisa membantu anda menurunkan berat badan.Namun ada juga pendapat dari seorang pakar nutrisi yang mengatakan bahwa, hanya dengan mengkonsumsi air putih tidak akan bisa membuat tubuh langsing dengan seketika. Namun dengan mengkonsumsi air putih secara teratur, maka dapat membantu proses detoksifikasi dan mengurangi penumpukan cairan dalam tubuh.

Benarkah Air Putih Hangat Lebih Efektif Membuat Perut Terasa Kenyang?

Air memang dapat menahan nafsu makan, namun hal yang perlu perlu anda ketahui tidak ada aturan harus air putih atau hangat atau dingin. Namun beberapa pendapat mengatakan bahwa, dengan mengkonsumsi air yang bersuhu hangat lebih bisa memberikan rasa kenyang pada perut.Namun hal tersebut juga tdak dianggap apabila dengan rajin mengkonsumsi air putih, maka dapat berkontribusi besar dalam menurunkan berat badan. Bagaimananapun juga, apabila ingin menurunkan berat badan dengan air putih, maka harus dikombinasikan juga dengan diet, gaya hidup sehat dan olahraga.Dan hal yang harus anda pastikan juga adalah, suhu air yang anda minum harus hanya beberapa derajat lebih panas dari temperaur ruangan, dan bukan air yang baru mendidih atau air panas.

Benarkah Air Hangat Membantu Detoksifikasi pada Seluruh Tubuh?
Sebagai proses penting detoksifikasi, maka air memegang peranan penting. Sebab air dapat membantu meluruhkan toksin toksi yang masih tersisa dari dalam tubuh. Tetapi hanya dengan mengkonsumsi air putih juga tidak cukup untuk proses detoks dalam tubuh secara keseluruhan. Dan air hangta adalah pilihan yang terbaik, namun juga tidak berarti semua cairan yang kita minum harus hangat.Dengan mengkonsumsi 2 gelas air hangat saja sebenarnya sudah cukup, dan sisanya anda bisa minum air dengan suhu terperatur normal.

Air Hangat atau Dingin, Mana yang Lebih Baik untuk Membakar Lemak?
Sebenarnya tidak ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi air hangat atau air dingin dapat membakar lemak dalam tubuh. Namun faktanya, akan sangat membantu dapat menurunkan berat badan jika anda mengkonsumsi cairan yang rendah atau nol kalori yaitu air putih.Air dingin biasanya lebih mudah juga diserap oleh tubuh, daripada air panas. Jadi jika anda sesusai berolah raga dan mengalami dehidrasi, maka air dingin adalah pilihan yang baik karena cepat diserap oleh tubuh. Sedangkan jika air hangat, maka hasil yang didapat adalah bisa mendetoks tubuh menjadi lebih baik. Jadi saran yang baik adalah dengan mengkonsumsi cukup segelas atau dua gelas saja air hangat dalam 1 hari.

Jadi kesimpulan yang dapat diambil adalah , air putih memang mempunyai efek mengeyangkan untuk tubuh, sehingga dapat membantu anda mengontrol hasrat makan.Namun hanya dengan mengkonsumsi air putih saja, juga bukan merupakan cara untuk menurunkan berat badan. Sangat diperlukan diet ketat, kedisiplinan dan olahraga yang teratur agar dapat membakar lemak, dan membuat tubuh menjadi berkurang berat badannya menjadi ideal. Tidak hanya sebagai penurun berat badan saja khasiat dari air putih tersebut, tetapi juga sebagai detoksifikasi, rehidrasi dan kecantikan kulit. Jadi ada baiknya anda mengkonsumsi air putih sebagai alasan untuk kesehatan holistic badan atau tubuh. Dan bukan hanya bertujuan sebagai pembakar lemak dan kalori saja.

Baca Juga :

Diet air putih hangat yang benar:

The mayo Clinic menyarankan bahwa, agar setiap orang dapat mencukui kebutuhan air minumnya untuk menghindari dehidrasi dalam tubuh. Namun sangat tidak disarankan untuk melakukan diet air putih yang berkepanjangan, sebab tubuh juga harus mendapatkan nustrisi lebih. Sebab pada diet air putih, hanya membantu tubuh memotong kalori dalam waktu yang tertarget anda dalam mencapai berat badan ideal. Jadi untuk senjutnya tetap diperlukan nutrisi lebih masuk ke dalam tubuh dan diselingi dengan olahraga agar anda mendapatkan tubuh tetap terjaga ideal.

Saat haus, maka kebanyakan orang lebih suka meneguk segelas air dingin, alasannya dikarenakan air dingin lebih memberikan sensasi segar pada tenggorokan. Namun ada baiknya, anda dalam mendapatkan manfaat lebih air putih bukan sebagai pelepas dahaga saja, untuk itulah sangat disarankan mengkonsumsi air hangat. Sebab dengan mengkonsumsi air putih hangat adalah pilihan tepat anda untuk menurunkan berat badan tubuh tanpa harus diet ketat. Yaitu dengan cara memulai setiap pagi harinya mengkonsumsi satu sampai dua gelas air hangat sebelum makan.

Dimana air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh dan mampu meningkatkan metbolisme. Nah, peningkatan metabolisme tersebut sangat baik untuk membakar lemak dari dalam tubuh secara singkat. Sehingga hal ini dapat membantu proses saluran pencernaan dan ginjal berfungsi lebih baik. Sejumlah penelitianpun telah menunjukkan bahwa, dengan mengkonsumsi air hangat sebelum sarapan dapat memunkinkan anda untuk mengkonsumsi lebih sedikit kalori perharinya. Dapat juga mengendalikan nafsu makan saat anda minum air hangat pada pagi harinya, serta dapat menghidrasi tubuh dan mengalir lebih cepat di dalam perut, bila dibandingkan dengan air dingin. Namun hal ini juga perlu anda ingat, yaitu jika ingin menurunkan berat badan jangan mengkonsumsi air putih hangat dengan tambahan lain secara berlebihan. Misalnya, jangan membuat the manis hangat. Sebab meski dalam penyajiannya menggunakan air hangat, namun tidak akan bisa membantu dalam membakar kalori karena tingginya kadar gula atau pemanis yang digunakan.

Jika dirasa mulai membosankan mengkonsumsi air putih hangat, maka anda bisa menambahkan lemon dan madu dalam segelas air hangat yang anda konsumsi. Dimana madu dan lemon akan menyebabkan suasana yang mebih basa pada perut anda, sehingga anda akan merasakan kenyang yang lebih lama. Selain itu dengan perpaduan madu dan lemon juga dapat membantu menurunkan berat badan menjadi lebih cepat. Mulailah sekarang mengkonsumsi air putih hangat setiap hari, yaitu setelah bangun tidur dan sebelum tidur malam hari, agar dapat merasakan manfaat air putih hangat yang luar biasa.

Adakah resiko diet air?

Perlu anda ketahui, adakah suatu resiko diet air putih tersebut. Di saat anda mengisi tubuh hanya dengan air,maka dalam jangka pendek anda akan kehilangan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun hasilnya adalah penurunan dalam berat badan tubuh, dan jika bila dibandingkan dengan saat anda mengkonsumsi makanan pada umumnya, maka anda juga akan kehilangan lebih banyak otot. Sehingga sangat dianjurkan apabila dalam menjalankan diet air putih ini jangan dalam waktu yang terlalu lama.
Untuk tingkatan asupan per harinya adalah 500 – 800 kalori, yang berarti untuk mempertahankan penurunan berat badan, maka anda diharuskan untuk makan lebih sedikit.Tentunya juga akan menurun secara signifikan tingkat metabolism dalam tubuh anda. Sehingga anda akan merasakan lemas pada kalanya.

Manfaat air putih hangat:

Beberapa manfaat dan khasiat air putih hangat berikut ini mungkin saja tidak anda sadari selama ini, beberapa manfaat dan keuntungan jika anda mengkonsumsi air hangat adalah sebagai berikut.

1.Manfaat air putih hangat untuk pembersih dalam Tubuh
Air merupakan cairan yang dapat berfungsi untuk membersihkan dan melancarkan kotoran dari dalam tubuh. Terlebih lagi dengan air hangat yang ditambah madu alami,tentunya lebih berkhasiat bagi tubuh.

2.Manfaat air putih hangat untuk pereda sakit tenggorokan.
Tentunya memiliki karakter yang berbeda beda setiap tenggorokan seseorang, mungkin ada yang terbiasa dengan air dingin. Alasannya karena daerahnya terasa sangat panas, sehingga minum air dingin adalah solusinya. Namun jika tengah menderita sakit tenggorokan, maka konsumsi air hangat adalah solusi yang paling tepat di semua kondisi.

3.Manfaat air putih hangat sebagai anti depresi
Dapat juga secara tidak langsung hal yang didapatkan dari mengkonsumsi air putih hangat adalah dapat memberikan ketenangan hati dan pikiran. Sangat dianjurkan bagi anda jika sedang dalam kondisi pusing atau lelah, maka segera saja mengkonsumsi air putih hangat dimana dapat memberikan rasa fresh dan segar kembali.

4.Manfaat air putih hangat untuk program diet
Untuk menurunkan berat badan, yentunya berbagai cara pasti pernah anda lakukan, seperti fitness, maupun minum suplemen. Tentunya butuh biaya yang tidak sedikit apabila anda melakukan cara cara tersebut. Bagi anda yang menginginkan cara yang lebih efisien maka anda bisa mencoba melakukan diet menggunakan air hangat. Yaitu dengan cara mengkonsumsi air yang hangat setiap pagi hari sesudah bangun tidur dan malam hari seselum tidur agar dapat membantu anda menghancurkan lemak dari dalam tubuh. Tentunya lakukan diet air putih hangat ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5.Manfaat air putih hangat sebagai reaktor/pemicu aktivitas gerak usus
Reaktor usus dapat menjadi lebih aktif bergerak, apabila mengkonsumsi air putih hangat saat diminum sesudah bangun tidur, dan dampaknya sembelitpun bisa hilang. Hal itu disebabkan karena perut masih dalam keadaan kosong, dan belum ada masukan makanan.

6.Manfaat air putih hangat untuk memperbaiki saluran pencernaan
Mempunyai manfaat khasiat yang sangat penting, sebab dapat memperbaiki saluran pencernaan dari dalam tubuh, sehingga pencernaan pun menjadi lancar. Hal itu dikarenakan air hangat dapat menyerap asupan makanan secara maksimal.

7.Manfaat air putih hangat untuk mengatasi kram dan kejang saat menstruasi
Dengan mengkonsumsi air putih hangat, maka dapat juga membantu mengurangi kram sat menstruasi. Hal ini disebabkan pada air hangat memiliki efek menenagkan otot otot perut, sehingga dapat menyembuhkan kram dan kejang.

8.Manfaat air putih hangat untuk detoksifikasi
Dengan mengkonsumsi segelas air hangat pada pagi hari setelah bangun tidur, dipercaya dapat membersihkan tubuh dari dalam dan memperbaiki sistem yang rusak di dalam tubuh.

9.Manfaat air putih hangat untuk konstipasi
Hal yang perlu anda ketahui adalah, air putih hangat sangat baik untuk pencernaan. Dimana air hangat dapat memecah partikel makanan dan membawanya melalui usus. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum air dingin selama atau setelah makan, dapat mengeraskan minyak yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi. Sehingga hal ini dapat menciptakan timbunan lemak pada dinding dalam susu, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker usus.

10.Manfaat air putih hangat untuk menyingkirkan masalah ketombe
Dapat juga mempercepat pertumbuhan rambut dengan cara mengkonsumsi air putih hangat secara rutin. Diman air putih hangat dapat membuat kulit kepala terhindar dari dehidrasi dan membantu memerangi kulit kepala berketombe atau kering.

11.Manfaat air putih hangat untuk menghaluskan kulit
Jika kulit kurang akan asupan air, maka dapat cepat memunculkan tanda tanda penuaan. Misalnya munculnya kulit kering dan timbul keriput, dan untuk itulah mencegah penuaan dini bisa anda lakukan dnegan rutin mengkonsumsi air putih hangat. Sebab air hangat dapat membantu memperbaiki sel sel kulit dan dapat mengingkatkan elastisitasnya. Dan hal yang akan anda dapat aadalah kulit wajah pun halus tanpa pengaruh adanya radikal bebas.

12.Manfaat air putih hangat untuk menyembuhkan pilek dan batuk
Dengan anda mengkonsumsi air putih hangat dapat mengurangi rasa nyeri pada tenggorokan, batuk yang berdahak dan membantu agar dahak dapat keluar. Sehingga andapun dapat terbebas dari gangguan iritasi pada tenggorkan yang diesebabkan oleh batuk.

Diet Air Putih Hangat Yang Paling Benar dan 12 Manfaatnya | Unknown | 5