8 Cara Ampuh Menghilangkan Stress Pikiran Berat Negatif Dengan Cepat



Cara Ampuh Menghilangkan Stress Pikiran Berat Negatif Dengan Cepat
Stress adalah suatu kondisi kejiwaan dimana pikiran terdapat banyak beban yang bersifat negatif sehingga tubuh juga akan dapat merasakan dampaknya juga. Tubuh sendiri akan memunculkan suatu kondisi yang beraneka macam dari hasil stress pikiran yang dialami oleh otak. Beberapa hal yang sering muncul di saat anda tengah mengalami stress berat adalah seperti tubuh yang merasakan amat sangat lelah, frustasi dan berakibat pada emosi jiwa yang akan berakhir dengan munculnya berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh stress pikiran tersebut.

Beberapa penyakit yang mungkin saja tidak anda sadari sebagai akibat dari adanya stress tubuh adalah penyakit lambung,asam lambung naik, penyakit maag, penyakit vertigo, penyakit darah tinggi, dan terkena serangan stroke dan yang paling parah adalah serangan jantung. Sadar atau tidak, bahwa sebenarnya penyakit yang muncul dari dalam tubuh bersumber dari adanya beban pikian atau stress yang berlanjut lama dan terus menerus.

Beberapa hal penyakit stress juga sering kali muncul karena berbagai macam faktor yang beraneka ragam, seperti stress yang disebabkan oleh banyak pikiran, stress yang disebabkan oleh terlalu banyak belajar, stress yang disebabkan pada saat kondisi wanita tengah hamil, dan stress karena adanya tekanan faktor pekerjaan atau ekonomi keuangan anda. Selengkapnya anda harus mengetahu apa yang menjadi penyebab utama stress yang terjadi pada diri anda, berikut anda bisa melihat secara lengkap hal apa saja yang mempengaruhi beban pikiran anda sehingga menjadi sangat berat dan munculnya stress.

Faktor penyebab munculnya stress:

Beberapa faktor berikut ini bisa jadi adalah penyebab utama anda mengalami stress yang berkepanjangan, sehingga secara tidak sadar dapat memicu munculnya berbagai macam penyakit yang cukup kronis jika anda tidak dapat mengendalikan emosi jiwa dan stress yang terjadi pada tubuh dan pikiran anda.

1.Penyebab stress karena tekanan kerja yang berat
Bagi anda yang sudah bekerja, secara tidak sadar hal ini adalah pemicu utama anda mengalami stress yang berkepanjangan. Kondisi pekerjaan yang berat yang dituntut agar anda mampu menyelesaikan suatu pekerjaan dengan cepat dan deadline ataupun tepat waktu. Seringkali hal tersebut memicu reaksi dari pikiran dan tuubh yang menerima tekanan begitu cepat sehingga apa yang akan anda alami adalah suatu frustasi di tempat kerja tersebut. Bahkan seringkali anda juga membawa masalah di tempat kerja anda sampai ke rumah,sehingga apa yang akan anda dapatkan justru keluarga anda yang menjadi pelampiasan kekesalan anda di tempat kerja. Jangan sampai hal ini terjadi dan anda lakukan terus menerus, ingat bahwa keluarga adalah tempat anda berteduh dan bukan mengeluh dan pelampiasan setelah seharian anda mengalami tekanan di tempat kerja.


2.Penyebab stress karena kondisi keuangan
Jika hal pertama penyebab stress anda tidak mengalami tekanan di tempat kerja, maka bisa saja anda menjadi stress yang disebabkan karena kondisi keungan yang selalu saja tidak mencukupi. Hal ini wajar, mengingat bukan anda saja yang berada di posisi ini, ingatlah bahwa masih banyak orang lain yang lebih terpuruk dan lebih berada pada posisi yang lebih buruk daripada apa yang anda alami sekarang. Anda harus lebih menghargai hidup dan kerja keras anda, percayalah bahwa segala sesuatu harus ada perjuangan ketika hidup di dunia ini, bukan hanya dengan menyalahkan diri anda sendiri dikarenakan selalu saja kekurangan ekonomi maupun karena ketidak mampuan anda dalam mencapai ekonomi yang lebih besar daripada istri. Jika anda mengalami hal ini, bisa saja posisi keuangan anda lebih kecil daripada pendapatan istri yang lebih besar dalam bekerja. Ada baiknya anda berbicara baik baik dan bukan saling mengyalahkan karena kondisi keuangan keluarga anda.

3.Penyebab stress karena terlalu banyak memendam
Anda sudah pasti tahu persis akan hal ini, jika anda terlalu banyak menerima suatu tekanan yang menyebabkan pikiran anda stress maka biasanya kondisi ini akan diperparah dengan anda memendam suatu permasalahan yang tidak anda sharing / ceritakan kepada siapapun. Hal yang harus anda ketahui adalah, bahwa dengan memendema suatu permasalahan yang berat dan dalam kondisi yang lama, maka dapat mengakibatkan anda mengalami banyak stress dan beban pikiran negatif yang sangat berat. Dankondisi ini pada akhirnya akan memicu anda mengalami tekanan pikiran yang menyebabkan munculnya penyakit vertigo dan dilanjutkan dengan penyakit stoke maupun penyakit darah tinggi yang sangat rawan sekali kematian dan kelumpuhan.  Jika anda seorang pribadi yang tertutup sebenarnya tidak ada salahnya, namun sebagai catatan anda juga harus mampu penyalurkan keluh kesah anda jika tengah mengalami suatu permsalahan yang sekiranya anda rasakan sangat berat dan menjadi beban pikiran anda. Dengan anda menceritakan kepada orang terdekat ataupun orang yang anda sayangi, maka secara tidak langsung adalah anda memberikan obat stress pikiran anda secara alami.

4.Penyebab stress karena kondisi tengah hamil / mengandung
Bagi seorang wanita, hal ini pastinya akan anda lami sangat tengah hamil, seringkali wanita mengalami kondisi yang stress sangat pada saat mengandung. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon yang signifikan pada ibu yang tengah hamil, ditambah lagi dengan mengerjakan segala aktifitas yang bisa dikatakan tidak ada hentinya bagi seorang wanita,yaitu pekerjaan rumah tangga. Wanita seringkali tidak bisa melepaskan hal ini menjadi rileks saat keadaan hamil, sebab pada kondisi ini cenderung cepat sekali marah atau naik pitam dikarenakan kondisi tubuh yang lelah namun ingin melakukan segala aktifitas sesuatu yang masih berhubungan dnegan pekerjaan rumah. Apalagi jika anda tengah mengandung anak kedua, dimana kondisi lingkungan yang sudah anda dalah anak pertama yang sudah besar, ditambah tubuh yang sangat lelah karena mengandung dan ditambah juga dengan berbagai aktifitas pekerjaan rumah tangga yang tiada henti anda kerjaan. Sehingga apa yang anda rasakan adalah munculkan tekanan stress karena adanya amarah yang selalu saja terjadi mengingat adanya perubahan hormon pada tuubh anda di saat hamil. Cobalah lebih rileks sejenak anda saat mengalami kehamilan yang kedua, dimana peran seorang suami memang sangat perlu sebagai dukungan kepada anda.

5.Penyebab stress karena belajar dan belajar
Bagi anda seorang siswa maupun anda yang sudah kuliah atau bahkan bekerja, stress pun bisa juga anda dapatkan jika anda terllau berat belajar dan belajar. Dimana anda tidak bisa rileks, namun anda hanya terus melakukan belajar tiada henti dan tanpa adanya istirahat atau refresing. Hal ini tentu saja akan menimbulkan stress berat pada diri anda sendiri, anda boleh saja belajar dengan keras dalam mencapai tujuan yang anda harapkan. Namun perlu anda ingat, bahwa tubuh juga mmepunyai ketahanan yang terbatas terlebih dengan pikiran anda. Jika anda terus memacunya tanpa berhenti atau hal yang menurut anda ringan, namun tubuh dan pikiran anda berkata lain maka siap siap saja anda akan mengalami stress dan beban pada pikiran anda. Sebab segala sesuatu yang berupa aktifitas di otak, membutuhkan suatu jeda / istirahat sejenak saat lelah atau terlalu lama melakukan hal tersebut.

6.Penyebab stress karena munculnya berbagai masalah
Seringkali stress muncul dengan cepat karena masalah yang bertubi tubi. Munculnya masalah yang terjadi mulai dari yang ringan hingga beruntun semakin bertambah besar juga dapat membuat kondisi seseorang tersebut tetap akanmengalami stress. Kondisi lingkungan yang tidak mendukung dan cenderungselalu menyalahkan apapun yang anda perbuat juga dapat memicu terjadinya stress tersebut. Stress sebenarnya dapat terjadi oleh siapa saja, namun tahukah anda? bagi golongan darah tertentu sebenarnya stress lebih sering terjadi padanya, yaitu jika anda bergolongan darah A. Sebab golongan darah A ini adalah tipe unik yang seringkali terkena stress, dan seringkali terkena kondisi stroke ataupun hipertensi dan serangan jantung bila dibandingkan dengan golongan darah lain.

7.Penyebab stress karena cinta
Untuk penyebab stres yang satu ini, anda bisa memasukkannya ke dalam aktifitas pikiran yang bisa saja menguras tekanna anda jika anda tidak mampu berbikir secara positif. Bisa saja terlingat sangat sepele di mata orang lain saat anda mengalami stress yang disebabkan oleh cinta, namun hal ini mungkin saja bagi anda adalah sesuatu ayng hal sangat serius dan berat. Hendaknya anda harus berpikir secara terbuka, sebab penyebab stress yang satu sebenarnya tidak menjadi penyebab stress yang kronis. Anda harus dapat membuka pikiran anda bahwa hal ini semestinya tidak perlu anda rubah menjadi suatu beban pikiran yang sangat amat berat yang menganggu dan menguras tenaga anda. berpikirlah postiif sejenak jika anda mengalami stress karena hal ini, maka anda dapat lebih membuka kesadaran anda bahwa masih banyak hal lain yang lebih layak untuk anda pikirkan.

Baca Juga : Stress Dapat Menimbulkan Penyakit Vertigo

Cara menghilangkan stress pikiran berat & negatif dengan cepat alami:

Jika anda telah mengetahui apa yang menjadi penyebab stress yang terjadi pada diri anda sekarang ini, maka ada baiknya anda harus segera menghilangkan stress yang terjaid pada tubuh dan pikiran anda. Sebab selama pikiran anda belum mampu menjadikan energi stress ini menjadi postiif, maka tubuh anda pun akan merasakan dampaknya dengan munculnya berbagai maca penyakit yang bisa menjadi kronis jika anda tidak mampu mengatais kondisi kejiawaan anda sekarang ini. Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan stress pikiran berat negatif dengan cepat alami dan tanpa obat tentunya. Seperti cara menghilangkan stress pikiran maupun cara menghilangkan stress dalam belajar dan segala hal lainnya.Sebab tidak akan ada obat satupun yang mampu menghilangkan stress pada diri anda, sebab stres bukanlah suatu penyakit yang nyata.

1). Menenangkan pikiran sejenak dan mengambil nafas yang dalam lalu hembuskan
Awali cara menghilangkan stress pikiran berat dengan cara beristirahat sejenak, kemudian anda mengambil nafas dalam dalam lalu hembuskan secara perlahan. Lakukan cara ini secara berulang hingga anda merasakan rileks pada pikiran dan jiwa anda. Sejenak anda harus sebisa mungkin dapat melepaskan segala penat anda danmerengakan otot syaraf anda, dengan cara mengambil nafas dalam tadi. Kemudian katakan pada diri anda sendiri bahwa anda mampu dan sanggup menghadapai ini semua. Jangan pernah pesimis menghadapai sulitnya hari ini dan hari esok, tetap tegar dan semangati diri anda sendiri hingga bangkit.

2).Beristirahat sejenak dengan tidur dan memajamkan mata
Setalah anda merasa rileks, maka hal yang harus anda lakukan berikutnya adalah beristirahat dengan memjamkan mata dan tidur. Anda harus bisa melepaskan segala sesuatunya sebnatar saja,dan beristirahat. Jangan sampai di saat anda tengah mencoba memejamkan mata dan tidur, malah justru anda masih terus berpikir dan berpikir tentang masalah yang sedang anda hadapai saat ini. Jika anda melakukannya maka percuma saja, maka anda tidak dapat melepaskan pikiran anda sejenak dan yang terjadi justru anda menambah rasa stress anda.

3).Dengarkan lagu lagu instrumental untuk menenangkan jiwa
Tahukah anda? dengan mendengarkan lagu intrumental dan slow dapat membuat otot pikiran menjadi rileks. Dan membuat hati menjadi lebih tenang di tengah hiruk pikuk masalah yang membuat anda stress berat saat ini. Lakukan cara ini setiap kali pikiran anda terasa sangat berat dan juga dengarkan music ini ketika anda akan tidur, sehingga dapat membantu menenangkan diri anda dan mengalihkan dari permasalahan yang terus berada pada pikiran anda sekarang ini.

4).Berbagi cerita dengan orang terdekat anda yang dipercaya
Cara ini bisa sangat membantu meredakan dan mengurangi tingkat stress yang tinggi pada anda. Sebab stres terjadi dikarenakan anda terlalu lama memendam rasa frustasi yang begitu berat dan anda tidak menceritakan hal tersebut kepada siapapun. Sehingga ayng terjadi pada akhirnya adalah anda akan mengalami depresi yang berat dan membuat anda menjadi stress yang akan mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit yang biasanya diawali dengan penyakit maag atau asam lambung yang naik.

5).Ambil cuti dan lakukan liburan sejenak
Stres juga bisa disebabkan karena keadaan atau aktivitas yang monoton terus menerus anda lakukan. Sehingga anda mengalami suatu tekanan juga yang dapat diakibatkan karena anda merasa tidak mampu dengan kondisi pekerjaan yang diberikan kepada anda saat ini. Sehingga apa yang anda terima adalah tekanan yang terus menerus dan berkepanjangan yang pada akhirnya akan menimbulkan stress berat. Ada baiknya anda lakukan cuti, dan beristirahat dengan tenang terlebih dahulu dan terbebas dari segala aktifitas pekerjaan yang anda lakukan setiap harinya.

6).Mencoba untuk berpikir positif dalam menghadapai situasi yang terpojok
Lakukancara ini secara perlahan,sebab dengan lebih berpikir positif akan segala hal yang berhubungan dengan segala kesulitan yang anda lalui selama ini, maka dapat mmebantu meringankan kondisi stress anda dan bahkan niscaya dapat juga membuat anda berpikir lebih jernih dan terbebas dari segala pikiran stress yang berat dan negatif.

7).Mencium aromaterapi yang dapat mempengaruhi indera
Tahukan anda? dengan menghrup aromaterapi dapat juga mmberikan efek yang besar terhadap tubuh manusia. Sebab indera penciuman sangat berpengaruh dengan sitem limbik yang berfungsi sebagai pusat kendali emsiaonal dalam otk manusia. Maka anda bisa mencoba melakukan cara ini agar dapat mmebantu menghilangkan stress pikiran berat yang tengah anda alami saat ini. Diantaranya adalah aroma lavender,aroma melati, aroma mawar dan minyak bergamot yang semuanya dapat memberikan efek ketenangan pada emosi jiwa anda.

8).Jika masih terasa berat, maka anda bisa berteriak keras
Lakukan cara ini jika semua hal yang sudah anda lakukan tadi belum berhasil membuat srtess ataupun meosi jiwa anda menjadi labil atau tenang. Maka satu satunya jalan andalah anda pergi ke tempat yang sepi kemudian berteriaklah sekeras mungkin, katakan sesuatunya dengan kencang dan biarkan emosi jiwa anda meletup keluar. Sebab dengan cara ini maka dapat membantu anda mengeluarkan segala keluah kesah yang tidak bisa anda keluarkan atau perlihatkan di depan orang banyak.

8 Cara Ampuh Menghilangkan Stress Pikiran Berat Negatif Dengan Cepat | Unknown | 5