17 Cara Hidup Sehat Rasulullah SAW Menurut Islam dan Bugar



Cara Hidup Sehat Rasulullah SAW Menurut Islam dan Bugar
Cara hidup sehat dan baik tentunya harus dapat membuat pikiran dan jiwa juga menjadi sehat dan tenan,selain bukan hanya menjaga kesehatan fisik semata. Berbagai cara agar mendapatkan hidup sehat tentu akan anda coba demi mendapatkan jiwa dan raga yang sehat dan bugar pula. Secara sepintas cara hidup sehat dan bugar dapat anda lukan dengan cara hal yang paling sederhana terlebih dahulu, yaitu dengan tetap selalu berbikiran positif dan menjauhi makanan yang tidak sehat untuk dikonsumsi. Selain hal tersebut adalah dengan menghindari berbagai kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok yang dapat mengganggu kesehatan raga anda sendiri. Demi mendapatkan tubuh yang bugar juga anda harus melakukan berbagai kegiatan yang bersifat positif seperti berolah raga secara teratur.

Bagi umat muslim, tentunya cara hidup sehat dan bugar ala Rasulullah dan menurut islam sebenarnya telah tertuntun sejak adanya nabi Muhammad dan kitab suci Al-quran. Sehingga pada jaman sekarng ini sebenarnya secara medis juga sudah terbukti bahwa cara hidup sehat ala Ralulullah memang dapat terbukti kebenarannya. Berikut ini adalah cara sehat hidup ala Rasulullah yang dapat anda coba sendiri sebagai cara hidup sehat anda.

Cara hidup sehat ala Rasulullah yang diterapkan semasa hidupnya :

Berikut ini adalah rangkuman dari beberapa cara hidup sehat menurut islam yang dilakukan oleh Rasulullah dan yang sebaiknya anda lakukan demi mendapatkan jiwa dan raga yang bugar serta sehat setiap waktu. Lakukan cara hidup sehat dan bugar ini secara perlahan dan tertata untuk mendapatkan perubahan yang luar biasa dalam tubuh dan diri anda.

1.Duduk saat makan dan minum
Rasulullah selalu duduk di saat tengah makan atau mibum, kenapa dilakukan hal tersebut? Sebab saat seseorang duduk, maka secara medis rongga dalam system pencernaan / perut berbeda bila dibandingkan dengan posisi seseorang di saat berdiri.Dalam sistem pencernaan, rongganya menjadi lebih terbuka sehingga di saat makanan atau minuman ditelan, maka sistem pencernaan tubuh juga mnejadi lebih siap dalam menerimanya. Dan ketika pencernaan makanan telah siap menerimanya, maka hal itu juga mengindikasi bahwa tidak ada paksaan dalam sistem pencernaan agar bekerja lebih keras. Namun hal tersebut berbeda jika andamelakukan makan dan minum dengan posisi berdiri. Sebab katub dalam sistem pencernaan belum sepenuhnya terbuka sehingga jika ada mkanan masuk, maka dalam sistem pencernaan akan bekerja keras dalam mencernanya. Dan jika hal ini terjaid terus menerus, maka dalam sistem pencernaan dapat menjadi lemah sehingga pada akhirnya akan mengganggu kesehatan organdalam seseorang.

2.Rajin menjalankan puasa
Dalam menjalani kehidupannya Rasulullah juga melakukan puasa sunah selain puasa ramadhan. Biasanya umat muslim yang melakukan puasa sunah adalah pada hari senin dan kamis. Tahukah anda? Selain mendapatkan pahala disaat menjalankan puasa sunah tersebut, juga secara medis anda mendapatkan kesehatan fisik dan psikologis seseorang.Sebab di saat tengah menjalan puasa, maka kinerja organ tubuh akan menjadi lebih rileks dan tenang. Sehingga emosi menjadi lebih stabil dan dapat terkontrol dan dapat terhindar jauh dari stress. Secara kesehatan fisik yang didapat juga puasa dapat mengontrol jumlah makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih teratur dan tidak berlebihan, sehingga dalam organ dalam pencernaan juga akan berjalan seimbang dan tidak terllau keras.

3.Makan menggunakan tangan kanan
Rasulullah walaupun semasa hidup telah memiliki peralatan makan alami seperti bejana atau lainnya, namun di saat makan beliau Rasulullah SAW selalu menggunakan tangan kanan. Dan hal ini juga menjadi sunnah yang banyak diikuti oleh umat muslim di dunia. Dan hal yang mengejutkan yang perlu anda ketahui adalah ternyata berdasarkan hasil penelitian secara medis, jika tangan kanan yang bergerak pada waktu makan, maka syaraf otak kiri akan tetap bekerja dan selalu aktif. Dimana hal ini dapat berfungsi untuk melatih dan menjaga otakkiri dalam menghasilkan pikiran yang selalu tetap focus dan aktif.

4.Adanya keseimbangan waktu istirahat tubuh
Tubuh sangat dianjurkan untuk beristirahat secara cukup, baik itu dari segi medis dan nonmedis. Namun tahukah anda? bahwa Rasulullah semasa hidupnya telah menerapkan hal tersebut. Lalu bagaimana cara Rasulullah melakukannya? Yaitu setiap hari beliay selalu membagi waktu dalam segala aktifitasnya dan tetap memberikan keseimbangan dalam tubuh agar dapat tercukup dalam beristirahat. Rasulullah selalu membagi waktu menjadi 3 bagian, yaitu dimana 1/3 waktu digunakan untuk bekerja urusan dunia, dan 1/3 bagiannya lagi digunakan untuk urusan ibadah (akhirat) dan 1/3 bagian terakhir digunakan untuk beristirahat. Dalam segi medis, tubuh sangat perlu waktu untuk beristirahat sebanyak 8 jam dalam sehari. Dan hal tersebut tentunya berasal dari 1/3 waktu beristirahat yang biasanya diterapkan oleh Rasullullah saw dalam setaip kesehariannya.

5.Makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang

Tenutnya juga dalam mengkonsumsi makanan haruslah yang baik dan halal. Dimana Rasulullah sendiri telah memberikan teladan untuk hidup yang sehat, yaitu dengan cara makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum perut kenyang. Dan dalam hal ini bertujuan dimaksudkan agar seseorang tidak makan secara berlebihan. Sebab dalam segi medis, hal ini sangat baik untuk menjaga organ oencernaan bagian dalam, terutama bagian lambung. Dimana saat makan dan minum secara berlebihan, akan mengakibatkan organ pencernaan bekerja keras dalam mencernanya dan hal itu akan berakibat dapat melemahkan kinerja sistem pencernaan bagian dalam tubuh dan dapat menimbulkan berbagai penyakit serta gangguan kesehatan tubuh lainnya.

Baca Juga :

Cara hidup sehat dan bugar:

Cara hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit, mempunyai tubuh yang sehat merupakan impian setiap orang, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Tubuh yang sehat dapat menunjang aktivitas yang akan kita jalani seperti bekerja, ber olahraga atau pun aktivitas lain yang akan di jalani. Dan juga tubuh yang sehat dapat memperpanjang usia kita karena terbebas dari berbagai penyakit. Namun belakangan ini kesehatan merupakan hal yang cukup langka untuk di dapatkan, karena gaya hidup yang tidak sehat.

Sebetulnya hal ini bisa kita antisipasi dengan menjalan kan pola hidup sehat yang kita terapkan dalam keseharian kita. semua ini demi membentengi diri dari serangan penyakit yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Tetapi memang saat ini banyak sekali faktor yang menjadi pemicu terjadinya serangan penyakit, seperti keadaan lingkungan sekarang yang banyak sekali terdapat polusi seperti pencemaran udara, pencemaran air dan berbagai pencemaran lingkungan lain yang dapat menimbulkan bibit penyakit.Berikut tips gaya hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit yang dapat menjadi acuan supaya kita semua dapat membiasakan diri dengan cara hidup sehat guna mendapatkan tubuh yang sehat pula.

6.Mengkonsumsi  air putih demi kesehatan tubuh
Sudah bukan rahasia lagi bahda dengan mengkonsumsi air putih kurang lebih 8 gelas sehari dapat membantu anda untuk menghindari berbagai macam penyakit yang bersumber dari dalam tubuh. Sebab dengan mengkonsumsi air putih dapat membuat tubuh senantiasa terbebas dari zat zat racun yang berlebih yang masuk ke dalam tubuh dari berbagai makanan yang tidak sehat seperti sekarang ini. Dimana banyak makanan yang mengandung bahan pengawet dan formalin yang berlebihan yang pada akahirnya dapat membuat tubuh terserang dari berbagai macam penyakit yang mematikan.

7.Perbanyak berjalan kaki setiap harinya
Lakuakan perubahan dengan cara berjalan kaki setiap harinya untuk mendapatkan kesehatan yang lebih pada tubuh anda. Seperti hal nya yang sudah anda ketahui, hal ini tidak bisa begitu saja dianggap sepele. Sebab banyak sekali manfaat dan kesehatan yang dapat anda dapatkan dari berjalan kaki, dimana dalam telapak kaki adalah pusat dari segala syarat tubuh. Sehingga apabila anda banyak melakukan gerakan dan olahraga ringan yang berhubungan dengan berjalan kaki, maka anda akan mendapatkan nilai lebih yaitu dapat memperoleh kesehatan yang bugar pada kesehatan tubuh anda.

8.Hindari kebiasaan merokok anda mulai sekarang
Bila anda menginginkan perubahan yang luar biasa dalam diri tubuh anda, maka anda harus dapat mulai menjaga kesehatan tubuh anda mulai dari hal yang kecil yang dapat membuat tubuh anda rusak. Salah satunya adalah dnegan menghindari kebiasann merokok yang dapat membunuh diri anda secara perlahan. Sebab rokok dapat membuat tubuh anda secara perlahan dihinggapai berbagai macam penyakit kronis seperti kanker dan serangan jantung. Hindari kebiasaan ini mulai sekarang, maka anda akan dapat mulai mendapatkan cara hidup yang sehat dan bugar setiap harinya.

9.Lakukan olahraga kecil setiap pagi
Jangan anda anggap sepele untuk hal ini, sebab dengan anda menjalankan olahraga kecil setiap harinya, maka anda secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas organ dalam tubuh anda. Dimana anda dapat mengatur pernafasan pada tubuh anda dan anda mendapatkan kesehatan yang lebih pada setiap bagian tubuh anda. Sebab dengan melakukan olahraga kecil setiap harinya semua oragandalam tubuh dapat terpacu untuk terus melakukan aktifitasnya dan sangat baik untuk tubuh anda.Berolah raga merupakan bagian penting dalam gaya hidup sehat yang harus dijalani. Karena dengan berolah raga akan menjadikan tubuh kita menjadi lebih sehat dan bugar, dan juga untuk melatih fisik kita agar lebih kuat. Lakukan lah olah raga sesuai dengan hobi anda untuk tips cara hidup sehat ini.

10.Biasakan bangun di pagi hari
Gaya hidup sehat ini kita awali sejak terbangun dari tidur di pagi hari. Biasakanlah diri anda untuk bangun di pagi hari, karena di pagi hari tersedia udara pagi yang segar dan menyehatkan untuk tubuh anda. bangun di pagi hari dan biarkan paru paru anda menghirup udara yang sehat. Apalagi bangun pada senja hari dan melakukan sholat subuh yang di mana gerakan sholat mempunyai manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita.

11.Mandi pagi

Gaya hidup sehat yang kedua yaitu membiasakan diri untuk mandi pagi. Untuk sebagian orang mandi pagi merupakan hal yang berat, terlebih jika tempat tinggal kita berada di daerah yang bersuhu dingin, seperti pegunungan. Jelas mandi di pagi hari merupakan hal yang cukup berat untuk dilakukan. Namun manfaat baik yang dapat diperoleh dari mandi pagi yaitu, dapat menjaga diri kita dari sakit panas dalam dan menjadikan awet muda. Mandi pagi menggunakan air dingin bisa membuang panas dalam tubuh kita.

12.Konsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat dapat menunjang kesehatan tubuh kita. makanan sehat berupa sayur sayuran dan buah buahan segar yang kaya nutrisi akan menjadikan tubuh kita sehat dan dapat melindungi diri kita dari berbagai serangan penyakit karena buah dan sayur mengandung antioksidan tinggi. Selain itu kandungan serat yang terkandung dalam buah dan sayur dapat menjaga sistem pencernaan kita tetap sehat.

Baca juga : Manfaat mandi pagi untuk kesehatan jasmani dan rohani

13.Jauhi rokok

Jika anda seorang perokok ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan tersebut, karena di dalam asap rokok banyak sekali terkandung racun yang sangat membahayakan tubuh kita dan dapat menyebabkan penyakit seperti kanker, jantung dan penyakit lain yang sangat mematikan. Asap rokok juga bisa menyebabkan penuaan dini karena asap rokok dapat menghilangkan kelembaban kulit anda. jadi salah satu tips gaya hidup sehat yang harus dilakukan yaitu dengan menjauhi rokok.

14.Hindarilah makanan cepat saji dan mie instan
Makanan cepat saji dan mie instan belakangan ini menjadi pilihan utama bagi sebagian orang, terlebih bagi anda yang tidak mempunyai banyak waktu untuk memasak guna menyiapkan makanan untuk keluarga tercinta. Sebaiknya makanan cepat saji dan mie instan jangan dijadikan solusi utama untuk anda, karena bahan pengawet dan zat kimia yang terkandung dalam makanan cepat saji dan mie instan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Untuk melakukan gaya hidup sehat sebaiknya hindari lah terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji dan mie instan demi menjaga kesehatan tubuh kita.

15.Hindari terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kaffein

Saat ini minum kopi sudah menjadi tradisi yang sulit di pisah kan dengan masyarakat kita. kopi menjadi minuman wajib yang selalu hadir dalam perjamuan. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kopi adalah salah satu minuman yang banyak mengandung kaffein selain teh. Konsumsi kaffein memang diperoleh kan asalkan dalam kadar yang tidak berlebihan, karena tubuh pun membutuhkan kaffein, tetapi hanya dalam jumlah sedikit. Konsumsi kaffein yang berlebih dapat menyebabkan penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya. sebab itu untuk gaya hidup sehat maka jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kaffein, guna menjaga tubuh tetap sehat.

16.Hindari stres

Tips gaya hidup sehat berikut nya yaitu menghindari stres. Memang agak sulit untuk menekan stres yang terjadi dalam pikiran kita, terlebih jika sedang dalam masalah, tetapi ingat lah kembali bahwa semua kehidupan ini sudah ditentukan oleh Tuhan, jadi jangan terlalu memaksakan diri jika kita merasa tidak mampu untuk menjalaninya. Itulah salah satu tips untuk menghindari stres, cobalah untuk tetap memandang positif hidup ini dan jalani gaya hidup sehat dengan menghindari stres.

17.Istirahat cukup

Gaya hidup sehat yang terakhir yaitu dengan mencukup kan istirahat bagi tubuh kita dengan cara cukup tidur. Waktu tidur yang cukup dapat menjadikan tubuh lebih segar dan bersemangat. Sebab isirahat yang cukup dapat menghindarkan kita dari stress pikiran yang berat.

17 Cara Hidup Sehat Rasulullah SAW Menurut Islam dan Bugar | Unknown | 5