1001 Manfaat Buah Semangka Kuning Untuk Ibu Hamil,Pria & Kesehatan



Manfaat Buah Semangka Kuning Untuk Ibu Hamil,Pria & Kesehatan
Manfaat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan - Buah semangka nama latinnya citrullus lanatus, dan buah ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi sekitar 92% dan kandungan gula 8%. Dengan mengkonsumi semangka ini bisa untuk melawan rasa haus dan dehidrasi pada tubuh. Semangka juga mengandung kalium dan kalsium yang baik untuk menghilangkan kolik.Semangka yangmasih sekerabat dengan malon dan mentimun ini sebenarnya termasuk jenis sayur sayuran, dan bukan buah. Lycopene, antioksidan yang terdapat pada buah semangka jenisnya sama dengan yang terkandung dalam tomat mentah. Dan tahukah anda? secangkir semangka mengandung lycopene yang juga setara dengan yang dikandung dua tomat berukuran sedang.

Sumber beta carotene juga terkandung dalam buah semangka ini, dimana kulit buah semangka adalah sumber alami citrulline dan asam amino yang dapat merangsang pertumbuhan produksi nitricoksidan yang memperlancar aliran darah melalui pembuluh arteri. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi buah semangka dapat juga mengurangi resiko terkena beberapa jenis penyakit kanker. Di korea sendiri, beberapa laki laki yang mengkonsumsi buah semangka dan beberapa jenis buah lainnya memiliki resiko yang lebih rendah terkena kanker usus. Dan jika anda mengkonsumsi buah semangka dan dipadukan dengan beberapa makanan yang mengandung carotenoid yang tinggi, maka dapat beresiko lebih rendah terkena kanker prostat.

Kandungan gizi buah semangka terdiri dari kalori, natrium, vitamin C, vitamin A, lemak, kalsium, kalium, karbohidrat dan kandungan seratnya yang tinggi. Berbagai nutrisi inilah yang menjadi alasan buah semangka ini bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Untuk mengetahui manfaat apa sajakah dibalik buah semangka yang sering kita nikmati ini, mari simaka ulasan selengkapnya dibawah ini.

Dalam semangka (100 gram) mengandung:
  • protein 0,9 gram
  • karbohidrat 11,6 gram
  • vitamin C 12,5 miligram
  • kalsium (Ca) 10,8 miligram
  • Magnesium (Mg) 15,4 miligram
  • fosfor (P) 16,9 miligram


A.Manfaat sehat buah semangka untuk kesehatan

Selain menyegarkan terdapat manfaat sehat dari buah semangka untuk menjaga kesehatan tubuh kita yang akan saya uraikan satu persatu dibawah ini.


    Dapat membangkitkan libido pria
      Dalam buah semangka terdapat likopen yang dapat berkhasiat bagi pria yang telah menikah tentunya. Yaitu dapat meningkatkan kesuburan pria dan membangkitkan hormon pria dewasa. Namun percaya atau tidak, penelitian telah menunjukkan bahwa dalam semangka senyawa sitrulin tersebut memiliki efek afrosidak yang sama hebatnya dengan obat pembangkit hormon,namun sama sekali tanpa efek samping.

      Baca juga : Makanan bergizi untuk menambah kesehatan reproduksi pria.

      Menjaga kesehatan mulut dan mengindari dari sariawan
        Kandungan air yang banyak dalam buah semangka akan membuat mulut kita tetap sehat dan tetap basah, karena biasanya sariawan ditimbulkan dari baktery yang berkembang dalam rongga mulut yang kering. Selain itu vitamin C dalam buah semangka dapat menghindari kita dari penyakit sariawan yang bisa juga disebabkan oleh kekurangan vitamin C.

        Dapat meningkatkan kesehatan mata
          Dengan mengkonsumsi buah semangka, maka secara teratur dapat menjauhkan anda dari penyakit rabun ayam. Hal ini disebabkan karena vitamin A sangat kaya sekali terkandung dalam buah semangka dan beta karoten yang dapat memaksimalkan kesehatan mata anda. Dengan adanya beta karoten, vitamin C,lutein, dan zeaxanthin dalam buah semangka ini, maka juga sebagai alat untuk perlindungan mata dari regenerasi makula terkait usia, yaitu penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang yang berusia lanjut.

            Menjaga kesehatan ginjal

              Dengan mengkonsumsi buah semangka berarti kita akan menjaga kesehatan organ ginjal, karena kandungan air dan kalium yang terdapat dalam buah semangka dapat membersihkan zat zat racun dalam ginjal dan membuangnya bersama urin. selain itu buah semangka bisa menekan kadar asam urat sehingga mengurangi resiko pembentukan batu ginjal.


                Manfaat buah semangka sebagai antiinflamasi dan antioksidan

                  Kandungan senyawa flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid dalam buah semangka sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. karotenoid ini berfungsi untuk menetralisir radikal bebas dan dapat mengurangi peradangan dalam tubuh kita. dan kandungan triterpenoid nya bermanfaat sebagai antiinflamasi dengan cara menghambat aktivitas enzyme yang menyebabkan peningkatan inflamasi. Senyawa senyawa ini lebih banyak terkandung pada semangka yang berwarna merah dan matang, untuk itu pilihlah semangka yang merah dan matang untuk dikonsumsi.

                    Meredakan nyeri otot

                      Buah semangka menurut penelitian para ahli dapat mengurangi sakit akibat nyeri otot yang disebabkan oleh cidera dalam olahraga atau yang lainnya. dengan mengkonsumsi buah semangka yang banyak mengandung asam amino L-citrulline akan mengurangi rasa sakit akibat nyeri otot.

                        Mencegah penyakit kanker

                          Kandungan antioksidan tinggi yang terdapat dalam buah semangka dapat menjaga sel sel tubuh kita dari kerusakan dan memperbaiki sel yang rusak, sehingga kita dapat terhindar dari penyakit kanker. Untuk mendapatkan manfaat buah semangka sebaiknya untuk memasukan semangka dalam daftar buah yang dikonsumsi setiap harinya.

                            Manfaat buah semangka untuk pria dapat mencegah impotensi

                              Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruits and Vegetables Improvement Center di Collage Station, bauh semangka ini dapat mencegah impotensi, bahkan bisa menjadi obat kuat alami bagi para pria, karena bisa meningkatkan vitalitas kaum pria.

                                Menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi

                                  Buah semangka yang banyak mengandung senyawa karetenoid ini bermanfaat untuk mencegah pengerasan dan penyempitan dinding pembuluh darah arteri dan pembuluh darah vena yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi hendaknya mengkonsumsi semangka sebagai obat alami untuk mengatasinya.

                                  Baca juga : Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat alami.

                                    Mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung

                                      Selain sebagai obat mengatasi tekanan darah tinggi senyawa karetenoid dan kalium ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengatur denyut jantung sehingga kita bisa terhindar dari serangan jantung dan stroke. Dikonsumsi langsung ataupun dijadikan campuran es dan jus setiap harinya dapat menjadi terapi untuk tubuh kita supaya tetap sehat dan terhindar dari penyakit jantung.

                                        Menjaga system pencernaan tetap sehat

                                          Asupan serat dalam tubuh membantu memaksimalkan proses pencernaan dan juga dapat mengikat lemak tak jenuh yang dibawa dan dibuang bersama kotoran, sehingga dapat membuat system pencernaan kita tetap sehat.  Dalam buah semangka terdapat kandunagn serat yang cukup banyak sehingga dengan mengkonsumsi buah semangka berarti kita menjaga system pencernaan agar tetap sehat.

                                            Mengatasi dehidrasi

                                              Selain kandungan serat dan berbagai nutrisi penting dalam buah semangka, kandungan air dalam buah semangka sebanyak 70% ini juga bisa menghindari kita dari dehidrasi ataupun kekurangan cairan tubuh. Pada saat terik atau pun cuaca panas mengkonsumsi buah semangka dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang karena aktivitas dan menjadikan tubuh anda segar kembali.

                                              Selain manfaat sehat dari buah semangka yang dahsyat untuk kesehatan adapula manfaat sehat lainnya dari buah semangka ini, yaitu manfaat untuk perawatan kecantikan. Membahas tentang perawatan kecantikan memang sesuatu yang cukup menarik bagi kaum hawa, karena kecantikan yang telah dianugerahkan oleh Allah kepada kita haruslah dirawat dan dijaga sebagai wujud rasa syukur kepada Allah. Nah untuk mengetahui manfaat apa saja yang terkandung dibalik buah semangka ini untuk kecantikan,berikut penjelasannya



                                              B.Manfaat sehat buah semangka untuk kecantikan


                                                Manfaat buah semangka sebagai anti penuaan dini

                                                  Memiliki wajah yang selalu awet muda merupakan hal yang sangat dicari oleh kaum hawa, berbagai cara dilakukan mulai dari pemakaian krim, melakukan perawatan, ataupun mengunjungi klinik kecantikan untuk mencari solusi untuk selalu tampil awet muda. Tidak perlu bersusah payah dengan rajin mengkonsumsi buah semangka yang mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, likopen dan antioksidan tinggi dapat mencegah kerutan di wajah akibat dari radikal bebas dan paparan sinar matahari.

                                                    Mencegah timbulnya jerawat

                                                      Untuk hal yang satu ini selain dengan cara dikonsumsi buah semangka juga bisa dijadikan masker wajah untuk mencegah timbulnya jerawat. Produksi minyak berlebih bisa membuat kotoran dan radikal bebas menempel pada wajah dan terjadi penyumbatan pori proi wajah yang akhirnya bisa menimbulkan jerawat. Vitamin A dan betakaroten yang terdapat dalam buah semangka bisa menekan produksi sebum ( kelenjar minyak ) dijawah anda dan mengontrol produksi sebum tersebut. Untuk pemakaian masker cukup dengan menghaluskan daging buah semangka dengan cara diblender dan tidak perlu ditambahkan air, lalu aplikasikan pada wajah anda, beri pijatan lembut agar manfaat dari buah semangka dapat meresap baik pada wajah anda, diamkan selama 30 menit lalu bilas wajah seperti biasa.

                                                      Baca juga :  Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara cepat dan alami.

                                                        Bermanfaat untuk peremajaan sel kulit dan membuat kulit wajah lebih cerah

                                                          Selain bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat, masker dari buah semangka ini juga bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan wajah terlihat kusam, dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru sehingga wajah anda terlihat lebih cerah bersinar. Gunakan masker semangka ini sedikit nya 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

                                                            Membuat kulit tetap lembab

                                                              Mengkonsumsi ataupun menjadikannya masker pada wajah anda bisa bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit anda maupun kulit wajah anda, mengapa demikian ?? karena kandungan air yang banyak terdapat pada buah semangka memberikan asupan cairan atau menambah elektrolit tubuh sehingga proses metabolisme tubuh anda akan berjalan lancar serta membuat kulit kita tetap terjaga kelembabannya.

                                                                Menghilangkan kantung mata

                                                                  Pemakaian daging buah semangka yang digunakan sebagai masker pada mata anda, dengan cara mengiris buah semangka yang sebelumnya disimpan di dalam lemari es dan ditaruh pada kedua mata anda, ini bermanfaat untuk membuat mata anda lebih segar dan bisa menghilangkan kantung mata yang cukup menganggu penampilan anda.

                                                                  Manfaat sehat buah semangka untuk kesehatan dan kecantikan wajah anda bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsinya atau dijadikan masker wajah untuk mendapatkan manfaat bagi kecantikan.

                                                                  1001 Manfaat Buah Semangka Kuning Untuk Ibu Hamil,Pria & Kesehatan | Unknown | 5