1001 Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Rambut Dan Kesehatan



Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Rambut Dan Kesehatan
Manfaat daun pandan wangi untuk kecantikan dan kesehatan - Umumnya orang mengenal daun pandan wangi sebagai tanaman berdaun dengan bentuk daun memanjang dan meruncing dibagian ujungnya serta memiliki duri halus dibagian pinggir daun ini. Daun pandan wangi sering dimanfaatkan sebagai penambah aroma khas dalam pembuatan kue ataupun masakan. Tetapi tahuakah anda bahwa daun pandan wangi memiliki manfaat sehat untuk kecantikan dan kesehatan. Biasanya tumbuhan ini ditanam dipekarangan ataupun pinggiran rumah, sebab itu daun pandan wangi sangat mudah ditemukan dan sudah cukup akrab dengan para ibu karena sering dimanfaatkan untuk menambah aroma lezat pada kue.

Daun pandan wangi selain berguna untuk menambah aroma dalam masakan ataupun pembuatan kue, ternyata juga memiliki manfaat sehat lainnya yaitu untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini berdasar pada kandungan zat yang terdapat dalam daun pandan wangi. Manfaat sehat dari daun pandan wangi  yaitu untuk kesehatan rambut, penambah nafsu makan, sebagai obat rematik, penurun tekanan darah tinggi,  dan masih banyak manfaat sehat lainnya.

Untuk memperjelas manfaat sehat diatas, berikut adalah uraiannya satu persatu dibawah ini sekaligus dengan cara penggunaan dari daun pandan wangi tersebut.

Manfaat sehat daun pandan wangi untuk kecantikan


    Menghitamkan rambut

      Biasanya kita mengenal merang sebagai obat penghitam rambut alami, tetapi tahukah anda ternyata daun pandan wangi juga memiliki manfaat yang tidak kalah dengan merang. Kandungan nutrisi yang ada dalam daun pandan wangi baik menutrisi setiap helai rambut dari akar hingga keujung rambut, sehingga menjadikan rambut anda hitam berkilau. Untuk penggunaannya, ambil 10-15 lembar daun pandan wangi cuci hingga bersih, kemudian siapkan panci yang diisi dengan 2 gelas air bersih. Iris daun pandan wangi yang telah dibersihkan tadi lalu masukan kedalam panci, rebus hingga menyisakan 1 gelas air, setelah itu angkat dan saring air rebusan ini, embunkan air rebusan ini selama satu malam.

      Sebelum digunakan campurkan air rebusan ini dengan menambahkan air dari hasil parutan 3 buah mengkudu yang sudah masak. Campurkan air mengkudu ini pada air rebusan daun pandan yang telah diembunkan tadi dan gunakan sebagai shampoo alami untuk rambut anda. lakukan dengan rutin setiap 3 kali seminggu untuk mendapatkan rambut hitam berkilau.

      Baca juga : Cara menghilangkan telur & kutu rambut secara alami dan cepat.

        Mengatasi masalah ketombe
          Ketombe menjadi masalah yang cukup menganggu, karena biasanya ketombe bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala bahkan bisa menganggu kecantikan penampilan rambut anda. untuk mengatasi ketombe anda bisa memanfaatkan daun pandan wangi, caranya ambil 7-10 lembar daun pandan wangi cuci bersih lalu tumbuk hingga halus. Peras hasil tumbukan daun panda wangi ini dan gunakan air perasannya untuk dioleskan pada seluruh bagian kulit kepala sambil diberikan pijatan lembut, kemudian diamkan selama 30 menit lalu keramas seperti biasa dengan air dingin.Untuk hasil yang baik gunakan cara ini 3-4 kali seminggu agar ketombe bisa hilang dari kulit kepala anda.

            Mengatasi rambut bercabang
              Rambut bercabang bisa disebabkan karena pemanasan yang dilakukan dengan sering pada rambut seperti, mencatok rambut, curly rambut, atau melakukan rebonding rambut. Kegitan tersebut dapat membuat rambut kehilangan kelembabannya dan akhirnya menyebabkan rambut kering dan bercabang.

              Untuk mengatasi rambut bercabang dan mengembalikan kelembaban alami rambut anda bisa mengambil manfaat sehat dari daun pandan wangi. Cara penggunaannya yaitu ambil 15 lembar daun pandan wangi, lalu cuci hingga bersih. Haluskan daun pandan wangi ini dengan cara ditumbuk atau bisa juga diblender dengan menambahkan ½ gelas air bersih. Peras atau saring daun pandan wangi ini dan ambil air perasannya. Tambahkan 2 sendok makan madu dan 1 buah kuning telur, campurkan ketiga bahan dan aduk hingga rata. Gunakan campuran ini untuk masker rambut anda dan ratakan keseluruh bagaian rambut hingga keujungnya. Berikan pijatan lembut agar ramuan ini bisa meresap baik, lalu bungkus dengan pembungkus rambut selama 30 menit terakhir keramas dengan air dingin seperti biasa.

              Manfaat sehat daun pandan wangi untuk kesehatan


                Mengatasi keluhan pegal linu atau rematik

                  Keluhan rematik atau pegal linu bisa dialami siapa saja tidak saja oleh orang yang sudah lanjut usia ataupun yang masih terbilang muda. Keluhan ini biasnya akan lebih terasa ngilu pada saat cuaca dingin dan terasa begitu menyiksa. Tidak perlu khawatir karena anda bisa memanfaatkan daun pandan wangi untuk mengatasi keluhan ini.

                  Saat pegal linu datang, ambil 3-5 lembar daun pandan wangi lalu iris tipis. Siapkan minyak kelapa sebanyak 1/2 gelas lalu panaskan, setelah panas masukan irisan daun pandan wangi ini lalu aduk hingga daun pandan layu. Untuk menggunakannya tunggu hingga suhu minyak ini turun dan campurkan beberapa tetes minyak kayu putih, baru gunakan untuk membaluri kaki atau bagian tubuh lain yang terasa pegal linu.

                    Menurunkan tekanan darah tinggi
                      Tekanan darah dalam tubuh kita bisa mengalami peningkatan atau sebaliknya. Tekanan darah tinggi bisa disebabkan berbagai faktor seperti dari makanan, pola hidup tidak sehat, merokok, atau kurang istirahat. Untuk mengatasi tekanan darah tinggi anda bisa memanfaatkan daun pandan wangi, karena zat yang terdapat dalam daun pandan wangi bisa mengendalikan dan mengontrol tekanan darah anda, sehingga bisa normal kembali.

                      Caranya, sipakan 3 lembar daun pandan wangi, bersihkan lalu rebus dengan 2 gelas air hingga menyisakan 1 gelas air rebusan saja. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore untuk mengembalikan tekanan darah anda menjadi normal kembali.

                      Baca juga : Ketahui ciri ciri penyebab penyakit darah tinggi dan obat herbalnya.

                        Sebagai penambah nafsu makan pada anak
                          Menghadapi anak yang susah makan, tentunya akan membuat para orang tua mencoba berbagai cara untuk mengembalikan nafsu makan anak. bagi yang sedang bingung bagaimana cara mengatasi anak yang susah makan anda bisa mencoba cara ini, yaitu siapkan 3 lembar daun pandan wangi lalu rebus dengan 2 gelas  air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah tinggal 1 gelas angkat dan saring kedalam gelas, bagi air rebusan ini menjadi dua untuk diberikan pada pagi dan sore. Sebelum diberikan pada anak, campurkan madu atau bisa diganti dengan gula merah agar lebih terasa enak diminum oleh anak. berikan setiap dua kali sehari pagi dan sore agar nafsu makan anak anda kembali membaik.

                            Sebagai ramuan untuk penenang fikiran

                              Banyak sekali faktor yang menyebabkan stress dalam fikiran anda, salah satunya karena pekerjaan atau masalah yang menumpuk. Bagi anda yang tidak memiliki waktu untuk refreshing atau sekedar relaks anda bisa mencoba cara ini sebagai penghilang stress.

                              Buatlah minuman yang terbuat dari daun pandan wangi untuk menenangkan fikiran, caranya ambil 2 lembar daun pandan wangi bersihkan dan iris tipis. Siapkan 2 gelas air bersih didalm panci tambahkan 2 cm jahe yang sudah digeprek dan gula merah secukupnya, rebus kesemua bahan sampai tersisa 1 gelas air. Angkat dan saring air rebusan ini, tambahakan 1 sendok makan madu dan minum selagi hangat. Minuman ini dipercaya cukup efektif untuk menenangkan fikiran anda dan mengusir stress yang melanda.

                              Baca juga : Cara ampuh menghilangkan stress pikiran berat negatif dengan cepat.

                              1001 Manfaat Daun Pandan Wangi Untuk Rambut Dan Kesehatan | Unknown | 5