11 Manfaat Ajaib Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh Kita



Manfaat Ajaib Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh Kita
Manfaat ajaib gerakan sholat bagi kesehatan tubuh kita - Sholat merupakan ibadah yang wajib hukumnya untuk dikerjakan oleh umat muslim. Sholat juga merupakan tiang agama dan mencegah perbuatan keji dan mungkar. Dalam satu hari ada lima waktu sholat yang harus dikerjakan, mulai dari bangun tidur dan menjelang waktu tidur terdapat lima waktu sholat. Jadi sedikit nya umat islam mengerjakan sholat sebanyak lima kali sehari. Subhanallah ternyata dibalik itu semua selain kita mendapat kan pahala ternyata kita juga akan memperoleh manfaat yang sangat baik dari gerakan sholat, yang mungkin tidak kita sadari. Menurut penelitian belakangan ini terdapat manfaat ajaib gerakan sholat bagi kesehatan tubuh kita terutama untuk ketenangan jiwa, dapat mengobati sakit kepala dan masih banyak lagi manfaat kesehatan lain yang dapat diperoleh dari gerakan sholat.

Mengetahui manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari gerakan sholat, membaca dan memahami isi dari artikel ini juga bisa memacu anda untuk mengerjakan sholat yang merupakan kewajiban setiap umat islam. Berikut manfaat ajaib gerakan sholat bagi kesehatan tubuh kita.

Manfaat Ajaib Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh Kita


1. Takbiratul ihram

Takbiratul ihram merupakan gerakan awal dalam sholat. Gerakan ini adalah gerakan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga dan kemudian di dekap kan di atas perut di bawah bagian dada. Manfaat ajaib yang terdapat di dalam gerakan ini adalah untuk memperlancar aliran darah, limfa getah bening dan melatih kekuatan otot lengan. Pada saat kedua tangan terangkat, akan terjadi peregangan pada bagian otot bahu sehingga akan melancarkan aliran darah yang membawa oksigen. Posisi jantung yang terletak di bawah otak, akan menjadikan aliran darah lancar ke seluruh tubuh.

2. Ruku’

Gerakan kedua dalam sholat ini yaitu posisi membungkuk kan badan dengan tulang belakang lurus sejajar dengan kepala dan kedua tangan bertumpu di atas lutut pada kedua kaki. Gerakan ruku’ ini memiliki manfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi tulang belakang sebagai penyangga tubuh kita. pada saat ruku’ posisi jantung berada sejajar dengan otak kita dan ini mempunyai keuntungan untuk memaksimalkan aliran darah. Sedangkan posisi tangan pada saat ruku’ akan membuat otot bahu menjadi rileks dan manfaat nya adalah sebagai pelatihan untuk mencegah gangguan prostat.

3. I’tidal

I’tidal merupakan gerakan ketiga dari sholat dimana gerakan ini merupakan gerakan bangun dari ruku’ sambil mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga. Gerakan ini memiliki manfaat ajaib bagi system pencernaan karena dalam gerakan ini melibatkan perut dan organ pencernaan menjadikan organ pencernaan menjadi rileks karena seolah olah mendapatkan pijatan.

4. Sujud

Salah satu manfaat ajaib yang terdapat dalam gerakan sujud ini yaitu, lancar nya aliran darah yang membawa oksigen ke bagian otak, karena pada saat sujud posisi jantung kita berada lebih tinggi dari otak, gerakan ini memberikan dampak baik untuk otak dan memberikan asupan oksigen ke dalam otak. Lancar nya aliran darah ke otak membawa oksigen yang dibutuhkan oleh otak sehingga mempunyai manfaat untuk mencegah sakit kepala, migrain, atau pun vertigo. Sebaiknya jangan tergesa gesa untuk melakukan gerakan yang satu ini karena mempunyai dampak yang baik bagi kesehatan tubuh.

5. Duduk
Dalam sholat terdapat dua posisi duduk yang mempunyai sedikit perbedaan. Perbedaan ini terletak pada posisi telapak kaki yang di mana pada tahiyyat awal posisi telapak kaki atau jari kaki tidak ter lipat, dan pada tahiyyat akhir posisi telapak kaki atau jari kaki sebelah kanan akan dilipat. Manfaat yang dapat diperoleh dari posisi duduk di tahiyyat awal yaitu dapat menyembuhkan sakit pada pangkal paha yang sering menyebabkan kelumpuhan. Hal ini karena pada saat posisi duduk di tahiyyat awal tubuh kita bertumpu pada pangkal paha yang langsung terhubung dengan saraf nervus Ischiadius. Sedangkan posisi duduk pada tahiyyat akhir, akan memberikan keuntungan terutama pada pria karena bagian tumit akan memberikan tekanan pada aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria / prostate dan juga saluran ves deferens. Posisi ini akan memberikan manfaat untuk mencegah impotensi. Hendak nya melakukan gerakan ini dengan benar agar kita dapat memperoleh manfaatnya.

6. Salam

Salam adalah gerakan terakhir dalam sholat. Gerakan salam yaitu gerakan memalingkan wajah ke kanan dan ke kiri. Gerakan ini memberikan manfaat untuk merelaksasikan otot bagian leher dan menyempurnakan aliran darah menuju kepala. Selain itu gerakan salam ini memberikan kekencangan pada kulit wajah sehingga kita dapat awet muda.

Selain manfaat di atas terdapat beberapa manfaat lagi yang dapat diambil dari gerakan sholat. Di bawah iniadalah beberapa manfaat gerakan sholat yang lain.

7.Membuat awet muda

Mungkin ada yang berfikir mengapa bisa gerakan sholat dapat menjadikan awet muda. Jawabannya ialah, sebelum melakukan sholat kita diwajibkan untuk menyucikan diri dengan cara berwudhu. Salah satu rukun wudhu yaitu mencuci wajah, nah dengan mencuci wajah akan membersihkan wajah kita dari kotoran dan melembabkan kulit sehingga berdampak baik untuk kesehatan wajah dan membuat awet muda.

8.Memperlancar proses kelahiran

Bagi wanita hamil melakukan sholat mempunyai pengaruh baik untuk kehamilannya, karena bisa melancarkan proses kelahiran. Hal ini karena pada saat gerakan sujud, akan berdampak baik untuk janin anda dan memperbaiki posisi bayi anda, sehingga mencegah bayi lahir sungsang.

9.Memberikan ketenangan jiwa

Sholat merupakan penghubung antara Tuhan dan Makhluk ciptaan-Nya, kita sebagai manusia, umat islam khusus nya wajib menjalan kan ibadah sholat. Karena sholat merupakan wujud rasa syukur atas karunia dan rizky yang telah di berikan Tuhan untuk kita. dengan itu dengan mejalan kan ibadah sholat akan memberikan ketenangan dan kedamaian bagi hati dan jiwa kita. selain menutrisi raga dengan asupan nutrisi yang baik untuk tubuh, hati kita juga harus diberi nutrisi yaitu ibadah, guna memberikan ketenangan jiwa kita dalam hidup ini. orang yang rajin melakukan sholat akan terhindar dari depresi.

Baca juga : Manfaat mandi pagi untuk kesehatan jasmani dan rohani

10.Memberikan kesuburan untuk kaum wanita

Gerakan sholat dalam posisi duduk tahiyyat akhir, seain memberikan dampak positif bagi kaum pria ternyata juga dapat memberikan manfaat positif juga untuk kaum wanita. Karena pada saat duduk tahiyyat akhir tumit kaki kiri akan memijat dan memberikan tekanan pada daerah perineum. Tekanan ini lah yang akan memberikan dampak positif bagi organ reproduksi wanita dan meningkat kan kesuburan.

11.Melancarkan peredaran darah

Gerakan sholat meski pun tidak terlihat seperti gerakan olah raga, namun dampak ajaib yang dapat diperoleh sama dengan melakukan senam. Karena gerakkan sholat dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga membuat tubuh kita sehat dan lebih segar.

11 Manfaat Ajaib Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh Kita | Unknown | 5