16 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Menurut Islam Dan Dunia Medis



Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Menurut Islam Dan Dunia Medis
Makanan sehat yang baik untuk ibu hamil menurut islam dan dunia medis patut diperhatikan oleh siapa saja, khususnya ibu hamil guna mendapatkan janin yang sehat. Asupan nutrisi yang baik akan mempengaruhi pertumbuhan dan juga kesehatan bayi atau janin yang dikandung. Ibu hamil terkadang mempunyai pola makan yang tidak teratur terlebih pada saat ngidam, atau trimester pertama. Pada saat ngidam atau trimester pertama kebanyakan ibu hamil mengalami penurunan nafsu makan seperti, hanya ingin makan sesuatu yang asam dan segar, ataupun hanya ingin memakan jenis makanan tertentu. Hal ini tentunya mempengaruhi asupan gizi dan nutrisi bagi janin yang dikandung. Sebab itu disarankan untuk tetap mengkonsumsi suplemen dan vitamin yang biasanya direkomendasi kan oleh bidan atau dokter anda.

Bagi anda yang cemas dengan asupan nutrisi untuk janin anda karena adanya perubahan pola makan, tidak perlu khawatir karena dalam kesempatan kali ini akan dibahas sedikit tentang makanan yang baik untuk ibu hamil yang sebaiknya anda simak dengan baik agar menambah informasi dan memberi kan sedikit solusi tentang kekhawatiran anda tentang nutrisi untuk janin anda. Simak pembahasan nya di bawah ini dengan baik mengenai makanan yang baik untuk ibu hamil

Sebetulnya ibu hamil harus mengkonsumsi dua kali kandungan nutrisi dibandingkan biasanya. Terkadang banyak yang salah mengartikan hal ini, banyak orang yang beranggapan bahwa ibu hamil harus makan dua kali lebih banyak porsinya dibanding biasanya. Sebenarnya ini merupakan suatu kesalahan karena belum tentu jumlah porsi makanan yang lebih banyak mempunyai kandungan nutrisi yang banyak pula.

Terkait pola makan dari ibu hamil yang terkadang mengalami perubahan, hal ini jelas menjadi beban untuk ibu hamil. Sebab itu makanlah dengan porsi biasa tetapi makanlah jenis makanan yang mempunyai kandungan nutrisi dan gizi yang lebih dari biasanya. Artinya kita harus benar benar memperhatikan jenis makan yang akan dikonsumsi.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil:

Dibawah ini beberapa contoh jenis makanan yang baik untuk ibu hamil dan mempunyai kandungan gizi yang tinggi :

1.Kacang kedelai
Kacang kedelai mempunyai kandungan protein nabati yang sangat baik bagi kesehatan terlebih untuk ibu hamil, karena protein sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan janin. Mengkonsumsi kacang kedelai atau olahan lain yang berbahan dasar kacang kedelai seperti tempe, susu kedelai, tahu dan jenis olahan lainnya sebaiknya jangan sampai tinggal untuk di konsumsi oleh ibu hamil setiap harinya.

2.Daging
Selain kedelai sumber protein lainnya bisa kita dapatkan dari daging. Daging merupakan sumber protein hewani dan juga mengandung banyak sekali nutrisi lain yang baik bagi kesehatan tubuh dan janin. Pilihlah jenis daging tanpa lemak untuk di konsumsi ibu hamil. Daging juga bisa dijadikan olahan lain seperti nugget, bakso atau olahan lain sesuai dengan selera anda.

3.Minyak zaitun
Minyak zaitun banyak mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit dan menyehatkan janin. Sebaiknya minyak zaitun harus di tambahkan kedalam daftar makanan anda untuk menjaga kesehatan janin yang dikandung. Biasanya minyak zaitu atau olive oil dipakai untuk menggoreng atau ditambahkan ke dalam salad sayuran.

4.Ikan salmon
Terdapat beberapa jenis ikan yang banyak mengandung omega-3 seperti ikan salmon. Omega-3 sangat baik untuk membantu pertumbuhan sel otak janin anda. sebab itu mengkonsumsi ikan salmon dan jenis ikan lainnya demi menjaga kesehatan dan membantu pertumbuhan sel otak janin anda.

5.Susu tanpa kandungan lemak
Ibu hamil biasnya membutuhkan asupan kalsium yang lebih banyak dari biasanya. Susu merupakan sumber kalsium tinggi yang baik untuk tubuh anda dan kesehatan janin. Sebaiknya pilihlah jenis susu tanpa lemak untuk di konsumsi oleh ibu hamil, hal ini juga untuk mencegah obesitas yang biasanya  dialami oleh ibu hamil.

6.Kacang polong dan asparagus
Kedua jenis makanan ini banyak mengandung asam folat. Asam folat baik untuk mencegah terjadinya kecacatan pada janin. Oleh sebab itu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat tinggi seperti kacang polong dan asparagus sangat baik guna menunjang pertumbuhan janin.

7.Outmeals
Outmeals atau bubur gandum mempunyai kandungan nutrisi seperti karbohidrat kompleks, vitamin, mineral dan juga serat yang tinggi sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil guna menjaga kesehatan dan pertumbuhan janin.

Baca juga :

8.Sereal
Selain kacang polong dan asparagus sereal juga mempunyai kandungan asam folat yang cukup tinggi karena menurut penelitian ibu hamil membutuhkan 400 mikrogram perhari nya, selain itu kandungan vitamin lainnya juga banyak terkandung dalam sereal. Untuk memenuhi kebutuhan asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil selain mengkonsumsi asparagus dan kacang polong ibu hamil juga bisa menambahkan sereal dalam daftar makanan sehari hari.

9.Ubi ungu atau ubi jalar lainnya
 ubi ungu banyak sekali mengandung karotenoid yang baik untuk menjaga kesehatan janin. Selain itu kandungan vitamin A  dan mineral yang terkandung dalam ubi ungu atau ubi jalar lainnya sangat baik untuk menyehatkan janin selama dalam kandungan.

10.Keju cheddar atau mozarrella
kedua jenis keju ini sangat baik untuk di konsumsi oleh ibu hamil, karena ibu hamil membutuhkan setidaknya 1000 miligram kalsium perharinya. Mengkonsumsi keju dapat menambah jumlah kalsium yang dibutuhkan perhari nya selain dari susu dan makanan lain yang mengandung kalsium.

11.Yogurt
Selain susu dan keju olahan dari fermentasi susu ini juga bisa menyumbangkan sedikit asupan kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil, selain itu yogurt juga mengandung banyak vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Yogurt juga sangat baik bagi menjaga kesehatan system pencernaan sehingga bisa juga bermanfaat untuk mencegah sembelit pada ibu hamil.

12.Roti gandum
Bagi ibu hamil yang mengalami masa ngidam dan mempengaruhi pola makan yang biasanya mengalami penurunan nafsu makan. Untuk menggantikan asupan karbohidrat guna menambah energi bagi tubuh, anda bisa mengkonsumsi roti gandum sebagai pengganti nasi, karena di dalam roti gandum mengandung karbohidrat, serat dan kandungan nutrisi lainnya yang baik untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan sang ibu.

13.Sayuran hijau
Sayuran hijau mempunyai kandungan vitamin dan zat gizi lainnya sehingga sangat baik di konsumsi oleh ibu hamil. Mengkonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan jenis sayuran hijau lainnya setiap hari guna menjaga dan menunjang pertumbuhan dan kesehatan janin anda. selain itu kandungan serat yang banyak terdapat dalam sayur sayuran sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan ibu hamil yang biasanya rentan terhadap penyakit sembelit pada saat hamil.

14.Telur ayam kampung
Telur ayam kampung dipercaya mempunyai kandungan protein yang cukup baik. Ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi sedikitnya 2-3 butir telur ayam kampung setiap harinya guna mencukupi kebutuhan protein untuk perkembangan janin.

15.Buah buahan segar
Buah buahan segar yang mengandung vitamin C, vitamin A dan serat juga baik di konsumsi oleh ibu hamil, tetapi ada beberapa jenis bauh buahan yang tidak dianjurkan di konsmsi oleh ibu hamil seperti buah nanas dan bauh durian, karena dipercaya menimbulkan rasa panas dan tidak baik untuk kesehatan janin.

16.Susu untuk ibu hamil
Kalo yang satu ini sudah pasti memang sangat dianjurkan untuk diminum karena bisanya dalam susu ibu hamil terdapat banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi yang dibuat khusus bagi kesehatan ibu dan janin yang di kandungnya.

Beberapa contoh jenis makanan dan minuman diatas adalah merupakan jenis makanan yang direkomendasi kan khusus untuk ibu hamil karena, ibu hamil membutuhkan dua kali lebih banyak asupan nutrisi yang harus dipenuhi untuk menunjang perkembangan dan kesehatan janin.

Selain itu berikut adalah beberapa contoh makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut penjelasan nya :
  • Makanan cepat saji dan mie instan. Karena makanan cepat saji dan mie instan banyak sekali mengandung pengawet, MSG dan zat zat kimia lainnya yang bisa membahayakan kesehatan janin.
  • Minuman atau makanan yang mengandung alkohol, kalo jenis minuman yang mengandung alkohol saya rasa tidak perlu dijelaskan lagi karena anda semua sudah pasti mengetahuinya, sedangkan jenis makanan yang mengandung alkohol seperti tape, tidak dianjurkan di konsumsi oleh ibu hamil.
  • Buah buahan yang seperti nanas dan durian juga tidak dianjurkan di konsumsi oleh ibu hamil karena tidak baik untuk kesehatan janin.
  • Beberapa jenis hewan laut yang bisa menumpuk mercuri dan logam berat dalam tubuhnya seperti, kepiting, lobster dan jenis kerang.
  • Hindari konsumsi kaffein yang berlebih, kopi dan teh merupakan minuman yang mengandung kaffein sebaiknya untuk menjaga agar tidak mengkonsumsi kaffein demi kesehatan janin anda.
  • Telur mentah atau setengah matang tidak dianjurkan di konsumsi oleh ibu hamil karena dikhawatirkan ada bakteri dan virus yang ada dalam telur akan tertelan dan membahayakan kesehatan janin anda.
Demikian ulasan tentang makanan yang baik untuk ibu hamil menurut islam dan dunia kesehatan yang patut anda ketahui sebagai informasi untuk anda agar anda mengetahui makanan dan minuman yang baik untuk kesehatan dan menunjang pertumbuhan janin anda.

16 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Menurut Islam Dan Dunia Medis | Unknown | 5