9 Cara Ampuh Menghilangkan Nyeri Haid Dengan Cepat dan Aman



Cara Ampuh Menghilangkan Nyeri Haid Dengan Cepat dan Aman Cara menghilangkan nyeri haid dengan cepat dan aman - nyeri yang datang pada saat haid atau menstruasi terkadang terasa begitu sakit dan menyiksa, sampai sampai bisa menimbulkan sakit perut, kram pada bagian bawah perut dan disertai sakit kepala. Nyeri haid ini dialami oleh setiap wanita, datang nya nyeri bisa pada saat sebelum masa haid atau pada saat masa haid itu sendiri. Ada sebagian wanita yang mengalami nyeri haid sampai tidak bisa melakukan aktivitasnya seperti biasa, ada pula yang merasakan nyeri tetapi masih bisa menjalankan aktivitasnya.

Nyeri haid ini terjadi akibat kontraksi otot rahim yang dirasakan lebih pada saat haid, terjadi penekanan pembuluh darah pada rahim sehingga suplai oksigen ter hambat dalam rahim sehingga menyebabkan rasa nyeri yang dirasakan pada saat haid. Sebagai seorang wanita selama masih dalam masa subur, pastinya kita merasakan nyeri haid ini setiap bulannya ( kecuali ibu hamil dan menopose) sebab itu mungkin kita mencari berbagai cara untuk menghilangkan rasa nyeri ini.

Dalam pembahasan kali ini adalah mengenai beberapa cara yang cukup aman untuk menghilangkan nyeri haid yang pastinya dirasakan setiap masa haid datang. Ada sebagian orang yang mengatasi nyeri haid nya dengan mengkonsumsi obat obatan penghilang rasa nyeri, tetapi bagi anda yang tidak mau atau alergi terhadap obat tertentu dan ingin menghilangkan nyeri haid dengan cara alami atau sebagai terapi yang dapat dilakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan nyeri haid yang dirasakan. Untuk mengetahui cara menghilangkan nyeri haid dengan cepat dan aman, mari simak uraian di bawah ini yang memberikan pemaparan bagaimana cara menghilangkan nyeri haid. Berikut uraian se lengkapnya.

Cara Menghilangkan Nyeri Haid Dengan Cepat Dan Aman


1. Menghilangkan nyeri haid dengan minum air putih

Sederhana saja untuk menghilangkan nyeri haid yang mendera, cukup kan kebutuhan cairan anda dengan minum air putih minimal 2 liter per harinya, hal ini sangat baik untuk menyeimbangkan cairan dan melancarkan metabolisme dalam tubuh anda. selain itu dengan cukup minum air putih kita akan merasakan tubuh yang lebih segar dan sehat, sehingga rasa nyeri haid yang dirasakan akan berkurang dan hilang.

2. Cara menghilangkan nyeri haid dengan olah raga
Selain mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih, anda juga harus mengimbanginya dengan olah raga. Jenis olah raga yang dilakukan biasanya olah raga ringan seperti jogging atau yoga. Olah raga dapat menjadikan peredaran darah anda lancar sehingga rasa sakit akibat nyeri haid akan hilang.

3. Cara menghilangkan nyeri haid dengan pijatan
Cara menghilangkan nyeri haid berikutnya yaitu dengan memberikan pijatan lembut yang dilakukan di area perut sampai bagian punggung. Lakukan pijatan secara lembut dan perlahan agar otot yang ada di sekitar rahim anda akan rileks dan memberikan kelancaran pada peredaran darah dalam rahim. Pijatan lembut ini dapat menghilangkan rasa sakit dengan cepat dan aman, yang penting lakukan perlahan lahan saja.

4. Cara menghilangkan nyeri haid dengan posisi sujud

Posisi sujud ini bertujuan untuk memposisi kan rahim menjadi menggantung sehingga baik untuk kelancaran peredaran darah dalam rahim dan membuat otot rahim lebih rileks, sehingga rasa sakit yang dirasa akan segera hilang. Dalam posisi sujud ini anda juga harus mengatur pernapasan anda untuk rileksasi yang lebih terasa.

5. Cara menghilangkan nyeri haid dengan posisi rileks
Selain posisi sujud anda juga bisa coba melakukan posisi rileks seperti duduk rileks, apabila posisi sujud yang saya anjurkan tidak memungkinkan untuk dilakukan, karena anda sedang berada di tengah keramaian atau di dalam kantor.  Posisikan diri anda dengan duduk rileks sambil menarik napas dan mengeluarkannya dengan perlahan, ulangi kegiatan ini sampai rasa sakit yang terasa agak berkurang dan hilang.

6. Cara menghilangkan nyeri haid dengan minum susu hagat

Selain duduk dengan rileks anda juga bisa melanjutkan nya dengan mencoba meminum susu yang ber suhu hangat, agar tubuh anda terasa lebih segar dan bersemangat. Susu mengandung nutrisi yang sangat baik untuk menyegarkan dan menyehatkan tubuh anda.

7. Cara menghilangkan nyeri haid dengan mengkonsumsi sayuran

Pada saat haid sebaiknya anda lebih perbanyak mengkonsumsi sayuran, seperti bayam ataupun kacang kacangan, karena nutrisi dan mineral yang terdapat dalam sayuran ataupun kacang kacangan akan membantu pembentukan sel darah merah dan menghindari anda dari anemia yang terjadi di saat haid. Selain itu sayuran juga bisa membantu mengurangi rasa sakit yang diderita saat haid.

8. Cara menghilangkan nyeri haid dengan banyak konsumsi ikan ataupun daging

Selain sayuran makanan ini juga baik untuk menghindari dan juga menghilangkan rasa nyeri saat haid. Ikan dan daging memiliki kandungan nutrisi yang terdiri dari vitamin dan mineral yang baik menjaga kesehatan tubuh sehingga tubuh akan menjadi sehat dan rasa nyeri saat haid bisa dihindari.

9. Cara menghilangkan nyeri haid dengan koyo

Selain beberapa cara di atas, anda juga bisa mencoba cara yang satu ini untuk menghilangkan nyeri haid. Caranya tempel kan koyo pada perut atau pun sekitar punggung anda untuk memberikan rasa hangat yang bisa mengurangi bahkan menghilangkan nyeri haid.

Selain beberapa cara diatas, anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut yang harus dihindari pada saat haid. Berikut pantangan yang harus diperhatikan saat haid.

Baca juga : Cara menjaga kesehatan reproduksi wanita usia subur

Pantangan yang harus diperhatikan pada saat haid

  • Jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kaffein seperti kopi, teh, atau pun coklat, karena disaat haid kadar kaffein ini akan meningkatkan hormone estrogen yang akan menyebabkan terlepas nya prostaglandin. 
  •  Hindari minuman yang bersuhu dingin, minuman yang bersuhu dingin akan menyebabkan pembekuan darah haid di dalam rahim sehingga bisa menyebabkan kanker mulut rahim atau kanker serviks.
  • Hindari jenis makanan yang proses pematangan nya dengan cara digoreng, seperti gorengan, pisang goreng, kentang goreng ataupun semua jenis makanan yang digoreng. Hal ini bisa menambah kadar lemak yang berpengaruh pada peningkatan kadar estrogen yang bisa menimbulkan nyeri pada saat haid.
  • Hindari makanan cepat saji atau pun makanan kaleng yang banyak mengandung sodium dan MSG. Kadar sodium dan MSG yang tinggi pada makanan tersebut akan menyebabkan retensi air dan akan menyebabkan pembengkakan pada tubuh.
  • Hindari makanan yang dipanggang, makanan dengan proses dipanggang akan mengalami proses kimiawi yang dapat memunculkan radikal bebas dan lemak trans yang akan mempengaruhi peningkatan kadar estrogen sehingga dapat memunculkan rasa nyeri saat haid.
Demikian cara mengatasi nyeri haid dengan cepat dan aman, juga beberapa pantangan yang harus diperhatikan pada saat haid agar terhindar dari nyeri haid. Semoga bisa menjadi informasi yang berguna untuk anda dan sekadar pengetahuan bagi anda semua. 

9 Cara Ampuh Menghilangkan Nyeri Haid Dengan Cepat dan Aman | Unknown | 5