6 Penyebab Utama Tumit Kaki Pecah Pecah dan Cara Mengatasinya



Penyebab Utama Tumit Kaki Pecah Pecah dan Cara Mengatasinya
Penyebab, menghindari tumit kaki pecah pecah dan cara mengatasinya - Tumit kaki pecah pecah sangat sering dialami oleh sebagian orang, dan merupakan masalah yang cukup menganggu penampilan anda. memiliki tumit kaki pecah pecah akan membuat kita tidak percaya diri untuk menggunakan sepatu dengan model terbuka. Selain itu tumit kaki pecah pecah juga akan menimbulkan rasa sakit yang dirasakan pada saat berjalan, sampai bisa menganggu aktivitas anda sehari hari.

Tentunya sangat penting sekali untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab tumit kaki anda mengalami pecah pecah. Sebab bisa jadi hal yang menjadi pemicu terjadinya tumit kaki pecah pecah tersebut tidak anda sadari selama ini. Karena hal yang sederhana juga ternyata dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Penyebab tumit kaki pecah pecah bisa disebabkan oleh beragam penyebab, salah satunya akibat kurang memperhatikan perawatan kaki yang terkadang cenderung dilupakan. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan tumit kaki pecah pecah antara lain :

  1. Berdiri terlalu lama bisa menajdi penyebab tumit kaki pecah pecah, apalagi posisi berdiri ini pada lantai atau pijakan yang keras.
  2. Memiliki berat badan yang berlebih bisa memicu terjadinya kaki pecah pecah. Hal ini karena pada saat posisi berdiri dan berjalan akan terjadi tekanan pada bawah tumit dan menyebabkan terjadinya pelebaran pada bantalan lemak tumit kaki, hingga terjadinya retakan atau pecahan.
  3. Bentuk sepatu yang kita gunakan juga bisa menjadi penyebab tumit kaki pecah pecah. Sepatu dengan model terbuka pada bagian tumitnya akan memungkinkan lemak dibawah tumit kaki akan melebar kesamping sehingga terjadi pecahan.
  4. Penyebab tumit kaki pecah pecah juga bisa disebabkan karena kulit kering. Kulit yang kering akan menjadikan pecahan pada tumit kaki.
  5. Penyakit diabetes yang diderita seseorang bisa juga menyebabkan tumit kaki pecah pecah. Hal ini karena pada penderita diabetes terjadi penurunan matabolisme tubuh dan pengurangan keringat, sehingga menyebabkan kekeringan pada kulit kaki.
  6. Penderita eksim dan psoriasis, biasnya penderita eksim mengalami pengerasan kulit, sehingga menyebaabkan tumit kaki pecah pecah.

Setelah mengetahui penyebab tumit kaki pecah pecah, kita juga bisa mencegah terjadinya tumit kaki pecah pecah, dengan melakukan sedikit tips perawatan yang harus anda coba lakukan untuk menghindari terjadinya tumit kaki pecah pecah. Berikut tips selengkapnya.

  • Lakukan perendaman kaki dengan menggunakan air yang bersuhu suam kuku, dan bisa juga ditambahkan sedikit garam.
  • Gosok secara perlahan tumit kaki dengan menggunakan penggosok khusus atau bisa juga gunakan batu apung untuk menggosoknya. Lalu angkat kaki dan keringkan dengan handuk bersih.
  • Gunakanlah kaos kaki pada saat tidur, hal ini berguna untuk menjaga kelembaban kaki anda.
  • Gunakan lotion agar kelembaban kaki tetap terjaga. 

Cara mengatasi tumit kaki pecah pecah :

Bagian kaki memang sangat rentan terjadi pecah pecah, karena kaki berada di bagian paling bawah tubuh yang cenderung terlupakan perawatannya. Selain itu berat badan kita juga ditopang sepenuhnya oleh kaki, sampai pada bantalan lemak kaki terjadi pelebaran yang menyebabkan tumit kaki pecah pecah. Disini saya akan memberikan sedikit info untuk mengatasi tumit kaki pecah pecah.

1. Mengatasi tumit kaki pecah pecah dengan mentimun

Caranya dengan menghaluskan 1 buah mentimun segar dengan cara diparut atau blender. Oleskan mentimun yang dihaluskan ini pada area kaki sambil diberikan pijatan agar khasiat mentimun lebih meresap. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

2. Mengatasi tumit kaki pecah pecah dengan jeruk nipis
Cara penggunaan jeruk nipis untuk tumit kaki pecah pecah yaitu ambil 1 buah jeruk nipis berukuran besar. Belah menjadi dua bagain lalu gosokan pada tumit kaki yang pecah pecah. Lakukan secara rutin hingga tumit kaki menadi halus kembali.

3. Mengatasi tumit kaki pecah pecah dengan lotion pelembab
Kulit kaki kita memang cenderung kering, karena kelenjar minyak pada bagian ini hanya terdapat sedikit sekali. Untuk memberikan kelembaban tumit kaki gunakan lotion pelembab pada tumit kaki setiap sehabis mandi atau pada saat cuaca panas.

4. Mengatasi tumit kaki pecah pecah dengan buah pisang

Buah pisang cukup baik mengangkat sel kulit mati dan merangsang sel baru. Pada tumit kaki yang pecah pecah terdapat sel kulit yang sulit untuk dibersihkan, untuk itu gunakan buah pisang untuk mengangkat sel kulit yang sudah mati dan rusak. Caranya ambil 1 buah pisang masak, kemudian haluskan dengan blender. Oleskan pada bagian tumit kaki dan sekitarnya, berikan pijatan lembut agar buah pisang dapat meresap baik pada kulit. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga kita mendapatkan tumit kaki yang halus kembali.

5. Mengatasi tumit kaki pecah pecah dengan krim khusus perawatan kaki pecah pecah

Selain cara alami diatas anda juga bisa menggunakan krim khusus yang banyak tersedia dipasaran. Sebelum menggunkan krim sebaiknya cuci kaki anda terlebih dahulu agar kotoran dan kuman dapat terbuang, setelah itu keringkan kaki dengan handuk. Setelah itu kaki siap untuk diolesi krim, olesi krim secara merata pada bagian tumit kaki yang pecah pecah, dan kemudian bungkus dengan kaos kaki yang berbahan wool agar, mengunci nutrisi pada krim yang digunakan.

6 Penyebab Utama Tumit Kaki Pecah Pecah dan Cara Mengatasinya | Unknown | 5