Waspadai Infeksi Virus Zika & Ciri Gejalanya



Waspadai Infeksi Virus Zika  & Ciri Gejalanya
Infeksi virus Zika adalah penyakit yang di sebabkan oleh perantara gigitan nyamuk Aedes. Nyamuk yang menyebabkan infeksi virus Zika adalah nyamuk spesies Aedes aegepti.

Gejala virus zika:

yang akan di timbulkan bila seseorang sudah terkena infeksi virus Zika adalah mata merah, demam, nyeri sendi dan keluar nya ruam –ruam berwarna merah pada kulit dan hal ini akan berlangsung dalam kurun waktu 5 sampai 7 hari mirip dengan penyakit chikungunya dan dengue.

Pada tahun 1947 di hutan Zika, Uganda, virus yang tergolong baru pertama kali di temukan pada seekor monyet resus. Untuk itu sesuai dengan tempat pertama kali di temukan nya, virus ini di namai dengan virus Zika.Sejak ditemukannya pertama kali pada tahun 1947, virus Zika telah menyebar dengan cepat mulai dari Nigeria ( 1954 ), dan sampai keluar dari Afrika dan sampai pula ke Benua Asia pada tahun 2007. Untuk wilayah Indonesia, virus Zika pertama kali di temukan di daerah Jambi pada tahun 2015.

Infeksi virus Zika di sebabkan:

Oleh gigitan nyamuk Aedes/Aedes aegepti. Nyamuk ini aktif pada pagi hari dan siang hari. Nyamuk Aedes aegepti berkembang biak dengan sangat cepat, dapat di dalam ruangan atau pun di luar ruangan. Tempat – tempat yang kotor dan penuh dengan genangan air sangat di sukai oleh nyamuk Aedes aegepti untuk berkembang biak.

Penularan infeksi virus Zika:

Dapat terjadi pada seorang ibu hamil yang sudah ter infeksi virus Zika, akan menular kan pada bayi yang sedang di kandung nya. Proses transfusi darah dan hubungan seksual yang kurang sehat pun, dapat menyebabkan penularan infeksi virus Zika.Diagnosis infeksi virus Zika dapat di lihat dari gejala yang menyerupai banyak penyakit lain, pemeriksaan terhadap tempat dan rute perjalanan yang pernah dilakukan oleh pasien, khususnya ke tempat - tempat yang memiliki kasus infeksi virus Zika dapat membantu dan mempersempit diagnosis infeksi virus Zika. Dokter mungkin akan menanyakan tempat, waktu, dan aktivitas saat melakukan kunjungan ke daerah tersebut.

Untuk mendiagnosis infeksi virus Zika, Dokter akan melakukan tes darah untuk mendeteksi asam nukleat virus, mengisolasi virus, atau uji serologis. Selain melalui pengambilan darah yang biasanya di lakukan pada 1-4 hari setelah gejala muncul, urine dan air liur juga dapat menjadi bahan uji pada hari 4-7.

Pengobatan infeksi virus Zika:

Di lakukan sebagai upaya mengurangi gejala yang dirasakan oleh pasien serta pemberian obat penambah tenaga, karena sampai saat ini vaksin serta obat-obatan penyembuh penyakit ini belum ditemukan.Pengobatan terhadap gejala yang dialami dapat berupa pemberian cairan untuk mencegah dehidrasi, obat pereda rasa sakit untuk meredakan demam dan sakit kepala, serta istirahat yang cukup. Mengkonsumsi aspirin dan obat anti peradangan nonsteroid lainnya tidak dianjurkan sebelum kemungkinan pasien terkena dengue dan chikungunya dapat dihilangkan.

Bagi pasien yang telah terinfeksi virus Zika diharapkan untuk menghindari gigitan nyamuk selama terjangkit virus ini karena virus Zika yang dapat bertahan lama di dalam darah penderita dapat menyebar ke orang lain melalui gigitan nyamuk Aedes aegepti.


Pencegahan infeksi virus Zika:

dapat di lakukan dengan satu tindakan pencegahan awal yang bisa membantu Anda terhindar dari infeksi virus Zika. Beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan saat berada di tempat yang terjangkit virus Zika, sebagai berikut :

  • Usahakan agar lingkungan tempat tinggal anda senantiasa bersih dan sehat, bebas dari genangan air yang dapat di jadikan sarang nyamuk Aedes aegepti.
  • Meminimmalisir masuk nya nyamuk ke dalam rumah, dengan cara ventilasi udara di beri jaring anti nyamuk.
  • Memakai baju dan celana panjang.
  • Gunakan kelambu saat tidur atau setidak nya menggunakan selimut.
  • Gunakan lotion anti nyamuk saat di dalam atau keluar rumah.
  • Pada anak bayi yang masih di bawah lima tahun, jangan gunakan lotion anti nyamuk agar tidak mengakibatkan iritasi pada kulit bayi tersebut.
  • Dan selalu menguras bak mandi setidak nya satu bulan satu kali, mengubur barang – barang bekas yang dapat tempat sarang nyamuk dan selalu perhatikan kesehatan se isi keluarga anda.

Waspadai Infeksi Virus Zika & Ciri Gejalanya | Unknown | 5