5 Perubahan Fisik Tubuh Pada Ibu Hamil Muda, Yang Wajib Diketahui



Perubahan Fisik Tubuh Pada Ibu Hamil Muda, Yang Wajib DiketahuiPerubahan yang terjadi pada ibu hamil muda, yang wajib diketahui - Pada saat masa kehamilan di usia yang masih muda, sering sekali calon ibu – ibu muda tersebut merasa khawatir dan gelisah akan perubahan pada bentuk tubuh nya. Hal ini tentu akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil muda itu sendiri dan janin yang sedang di kandung nya.

Ditambah lagi saat usia kehamilan ibu muda tersebut sudah memasuki bulan kelahiran nya. Ibu hamil muda kadang kali sibuk dan bingung untuk mempersiapkan kelahiran sang jabang bayi. Untuk itu, saya akan berbagi pengalaman kepada sahabat ibu hamil muda, tentang perubahan apa saja yang akan terjadi saat hamil di usia muda, berikut info lengkap nya :

Perubahan Yang Terjadi Pada Ibu Hamil Muda, Yang Wajib Diketahui

Perubahan pada ibu hamil muda adalah hal yang waiar – wajar saja, mulai dari mual, muntah, payu dara membesar. Perubahan ini terjadi karena terjadi perubahan dari masa belum hamil menjadi hamil.

Namun perlu diketahui oleh ibu – ibu hamil muda ?.......

Perubahan yang terjadi pada ibu hamil muda, sangatlah bervariasi atau berbeda – beda dilihat dari faktor individu masing – masing. Pada umum nya, perubahan yang terjadi pada ibu hamil muda adalah sebagai berikut :


1. Ibu Hamil Muda Akan Mengalami Mual dan Muntah ( Morning Sickness )

Perubahan ini hampir dialami oleh 90 persen ibu hamil muda di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Terjadinya mual dan muntah ( morning sickness ) ini, dikarenakan terjadi perubahan hormon pada ibu hamil muda.Perubahan mual dan muntah biasa nya terjadi mulai dari awal kehamilan dan biasa nya berhenti saat memasuki trimester ke II.

Untuk mengatasi perubahan mual dan muntah ini, ibu hamil muda hendak nya banyak mengkonsumsi air putih dan jangan makan dengan porsi yang berlebih atau porsi yang lebih kecil dibandingkan biasa nya.

Jika cara ini belum juga bisa mengatasi mual dan muntah yang di alami ibu hamil muda ? saya sarankan agar banyak mengkonsumsi jus apel atau semangka dan hindari makanan dan minuman dengan bau serta rasa yang terlalu menyengat.


2. Ibu Hamil Muda Akan Mengalami Perubahan Pada Payudara Yang Membesar

Perubahan pada payu dara yang membesar pada ibu hamil muda biasa nya di sertai rasa nyeri. Hal ini tentu menimbulkan rasa yang sakit dan khawatir untuk ibu hamil muda. Saya sarankan saat terjadi perubahan ini, agar ibu hamil muda memakai bra ( bh ) dengan ukuran yang lebih besar dari yang biasa dipakai, agar lebih nyaman.

Perubahan payu dara yang membesar pada ibu hamil muda, biasanya mulai terjadi pada memasuki usia kehamilan trimester I sampai setelah melahirkan dan menyusui.

Perubahan hormon payudara yang membesar pada ibu hamil muda, ditujukan untuk persiapan ASI saat menyusui sang buah hati ( Bayi ).


3. Ibu Hamil Muda Akan Mengalami Pendarahan
Mengalami pendarahan pada ibu hamil muda, biasa nya menimbulkan rasa kaget atau bingung mengapa terjadi demikian. Keluar nya darah pada bagian kewanitaan ini, terjadi karena menempel nya embrio atau sel telur ke dinding rahim ( implantasi ). Pendarahan pada ibu hamil muda umum nya terjadi pada masa usia kehamilan memasuki trimester I.

Hampir 25 sampai 30 persen, pendarahan di alami oleh ibu hamil muda.

Perlu diketahui dan diwaspadai bagi ibu hamil muda, jika pendarahan ini terjadi terus menerus atau mengeluarkan darah yang terlalu banyak yang disertai rasa yang nyeri ( perih ), hendak lah hubungi atau periksakan kehamilan anda pada bidan atau dokter kehamilan. Hal ini bisa saja dikhawatirkan terjadi nya kehamilan di luar rahim ( keguguran ).


4. Ibu Hamil Muda Akan Mengalami Keputihan

Apa itu keputihan ?.....untuk mengingatkan kembali, keputihan adalah keluarnya cairan kental berwarna putih susu pada organ kewanitaan.

Perubahan keputihan pada ibu hamil muda adalah hal yang biasa terjadi atau normal – normal saja. Gunakan lah pembalut yang nyaman agar cairan keputihan tersebut tidak menetes kemana – mana. Menggunakan pelembab saat keputihan terjadi, pilih atau gunakan pelembab yang aman dan nyaman. Gantilah pelembab tersebut, minimal 2 kali sehari agar daerah kewanitaan anda senantiasa bersih dan tidak lembab.

Apabila ! …..keputihan berwarna kuning dan kehijauan disertai bau yang tidak sedap, hendaklah lakukan tindakan segera dengan memeriksakan ke bidan atau dokter kandungan terdekat.


5. Ibu Hamil Akan Mengalami Kontipasi Atau Sembelit
Mungkin ibu – ibu muda atau sahabat pembaca sebagian, belum tahu apa itu kontipasi.
Kontipasi ialah melambat nya pergerakan atau kontraksi otot usus dari sebelum hamil sampai memasuki masa kehamilan.

Kontipasi sendiri terjadi karena adanya perubahan hormon progesterone yang terlalu banyak pada pada dinding usus saat ibu hamil muda. Hal ini tentu menimbulkan efek yang untuk kesehatan ibu hamil muda, seperti susah buang air besar.

Menurun nya atau melemah nya pergerakan kontraksi otot tersebut, diakibat kan kurang nya vitamin dan mineral ibu hamil muda. Oleh sebab itu, untuk ibu hamil muda, saya sarankan agar menjaga kesehata nya dengan banyak mengkonsumsi sayur – sayuran hijau seperti bayam, kacang – kacangan yang banyak mengandung zat besi dan serat, serta memperbanyak mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas dalam satu hari. Dan minumlah jus jeruk, jus apel atau jus mentimun untuk melancarkan sembelit anda.

5 Perubahan Fisik Tubuh Pada Ibu Hamil Muda, Yang Wajib Diketahui | Unknown | 5