Penyakit Skizofrenia,Gejala,Penyebab dan Penanganannya



Penyakit Skizofrenia,Gejala,Penyebab dan Penanganannya
Skizofrenia adalah gangguan kejiwaan berupa ketakutan luar biasa yang bisa membuat penderita nya berperilaku dan bertindak aneh, pikiran kacau, halusinasi bahkan bisa bertindak ekstrim. Penyakit ini tergolong gangguan berat pada bagian otak, dimana penderita nya tidak bisa membedakan antara khayalan dan realita. Sebab itu pederita skizofrenia sulit untuk bersosialisasi dan bergaul dengan individu lain.

Penderita penyakit skizofrenia ini sering mengalami ketakutan dan bisikan bisikan sehingga dia tidak bisa membedakan antara halusinasi atau khayalan di pikiran nya dengan realita yang ada.

Gejala Penyakit Skizofrenia

Untuk mendeteksi penyakit skizofrenia sebenarnya bukan lah hal yang begitu sulit, cukup perhatikan perubahan perilaku yang ditimbulkan oleh penderita skizofrenia.Skizofrenia bisa mengancam kita semua dan bisa mengenai siapa saja. skizofrenia biasanya mulai berkembang pada usia remaja. Penderita skizofrenia biasanya akan mengalami perubahan prilaku, yaitu penderita akan menjadi sangat pemalu penakut serta akan mengisolasi dirinya secara bertahap dari keluarga dan lingkungan.

Pemikiran dan perilaku nya pun akan dianggap aneh oleh orang orang di sekitar nya, meskipun bagi si penderita skizofrenia perilaku ini dianggap wajar dengan keyakinan palsu mereka terhadap orang lain diluar sana yang ingin berbuat jahat pada mereka. Ciri perilaku di atas merupakan gejala  yang di timbulkan oleh penderita skizofrenia.

Pada umum nya perilaku dan perubahan ini, dianggap sebagai perubahan tingkah laku remaja yang cukup wajar, padahal perlu di waspadai bahwa perubahan perilaku ini adalah gejala awal dari penyakit skizofrenia.

Penyebab Penyakit Skizofrenia

Penyebab skizofrenia bisa disebabkan berbagai faktor antara lain, faktor genetik, struktur ketidak seimbangan otak, kelainan bawaan pada saat kehamilan, gangguan organik akibat benturan pada kepala, hingga penggunaan zat narkotika yang di sinyalir bisa menjadi penyebab penyakit skizofrenia.

Stress atau trauma yang dialami seseorang merupakan salah satu pemicu awal penyakit skizofrenia. Berbagai hal yang bisa membuat seseorang menjadi stres, seperti stress karena kehilangan seseorang yang sangat berarti dalam hidup nya, stres karena kehilangan pekerjaan, pelecehan seksual, dan masih banyak lagi hal lain yang bisa menjadikan seseorang mengalami stres.

Penggunaan narkotika tidak lah menjadi penyebab secara langsung, tetapi berbagai penelitian meyimpul kan bahwa penggunaan  narkotika secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang menjadi salah satu pemicu utama penyakit skizofrenia.

Remaja berusia di bawah 20 tahun yang sudah menggunakan narkotika  akan empat kali lipat beresiko terkena skizofrenia. Jenis narkotika yang menjadi pemicu skizofrenia yaitu heroin, ganja, kokain, sabu dan zat zat adiktif lain nya.

Penanganan Bagi Penderita Penyakit Skizofrenia 

Sebenar nya penyakit skizofrenia ini bisa ditangani, sehingga penderita bisa kembali menjalankan hidup secara normal. Penderita skizofrenia masih bisa disembuhkan asal kan penanganan untuk menyembuhkan penyakit ini dilakukan sejak dini. Jika kita menemukan orang yang memiliki gejala penyakit ini jangan lah di kucil kan, peran keluarga dan lingkungan menjadi salah satu faktor pendukung untuk kesembuhan penderita penyakit ini.

Sayang nya, di Indonesia sebagian besar penderita skizofernia tidak ditangani secara baik, bahkan banyak masyarakat yang menganggap penderita skizofrenia atau gangguan jiwa ini kerasukan setan dan hal hal gaib lain nya. Mereka justru mendapatkan perlakuan yang tidak baik, sehingga mereka menjadi tidak produktif, bahkan mereka diterlantarkan atau di pasung tak manusiawi. Padahal jika mendapat kan penanganan yang tepat dan sedini mungkin, penderita akan kembali sembuh dan menjalankan hidup dengan normal.

Penanganan secara medis bisa dil kuakan dengan membawa penderita ke rumah sakit jiwa untuk mendapatkan perawatan intensif juga perawatan medis dengan obat antipsikotik dan terapi psikologis. Selain penanganan secara medis penyakit skizofrenia juga harus ditunjang dengan dukungan dari keluarga dan orang orang terdekat dari penderita.

Dengan kombinasi metode penanganan di atas penderita skizofernia perlahan lahan dapat sembuh dan bisa hidup dengan normal. Untuk itu bersikap lah terbuka atas kondisi ini agar penderita skizofrenia bisa mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat.

Demikianlah mengenai pengenalan tentang skizofrenia, gejala, penyebab dan penanganan bagi penderita skizofrenia, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan bisa menjadi lebih bijak dalam menentukan sikap pada penderita skizofrenia jika terdapat orang seperti itu di sekitar kita. 

Penyakit Skizofrenia,Gejala,Penyebab dan Penanganannya | Unknown | 5