Penyebab Penyakit Diare dan Cara Mengobati Diare Dengan Tepat



Penyebab Penyakit Diare dan Cara Mengobati Diare Dengan Tepat
Penyakit diare, penyebab dan cara mengobati diare dengan tepat - Penyakit diare tidak bisa dianggap sepele, karena penyakit diare bisa menyebabkan dehidrasi yang berujung pada kematian. Untuk itu dalam pembahasan kali ini saya akan mencoba memberikan sedikit informasi mengenai penyakit diare, penyebab dan cara mengobati diare.

Penyakit diare ditandai dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering dari biasanya dan tinja yang dikeluarkan bertekstur encer . diare biasanya juga menimbulkan rasa mulas dan sakit perut yang teramat. Penyakit diare terjadi akibat mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh virus dan baktery penyebab penyakit diare.

Penyakit diare, bisa menjadi penyebab angka kematian yang cukup tinggi pada semua usia terutama pada anak bayi dan balita di seluruh dunia. Penyakit diare menduduki posisi ke 13 dalam penyebab kematian pada semua umur. Bahkan pada bayi berumur 1-11 bulan penyakit diare menduduki posisi pertama dalam penyebab kematian, karena penyakit ini bisa berujung pada dehidrasi.  Hal ini karena pada usia tersebut masih rentan terhadap serangan berbagai penyakit termasuk penyakit diare.

Di Indonesia tercatat sekitar 3,5 % angka kematian akibat diare. Di tahun 2003 100.000 orang harus kehilangan nyawanya  akibat kontaminasi dari penyakit diare. Jumlah yang cukup tinggi ini dan menjadi salah satu masalah kesehatan terbesar di Indonesia.


Penyebab Penyakit Diare:

Penyakit diare pada anak anak dan dewasa pada umumnya disebabkan oleh adanya infeksi pada usus. Infeksi ini terjadi karena makanan atau minuman yang di konsumsi telah ter kontaminasi oleh virus, parasit  dan baktery. Adapun virus, parasit  dan bakteri penyebab penyakit diare seperti rotarivirus dan norovirus.

Virus tersebut masuk kedalam tubuh melalui makan atau minuman yang kita konsumsi. makanan dan minuman kotor yang ter kontaminasi tersebut masuk dan menimbulkan infeksi pada usus yang menyebabkan penyakit diare.

Selain penyebab diatas, faktor lain yang menjadi penyebab penyakit diare antara lain :
  • Konsumsi makanan asam dan pedas secara berlebihan
  • Konsumsi kopi atau alkohol secara berlebihan
  • Efek samping dari obat obat an tertentu
  • Dan stress

gejala yang ditimbulkan oleh penyakit diare bisanya penderita akan mengalami sakit perut atau kram perut yang teramat bahkan ada juga yang sampai mengalami demam dan keluarnya tinja yang sedikit encer sampai  ada juga tinja yang berupa cairan. Diagnosis yang dilakukan  untuk penyakit ini bisanya dengan meneliti sampel tinja, pemeriksaan rektrum atau bisa juga dengan melakukan pemeriksaan darah. Yang pastinya penyakit ini harus cepat ditangani karena jika tidak akan berakibat terjadinya dehidrasi yang bisa berujung pada kematian.

Cara Mengobati Diare Dengan Tepat:

Penyakit diare tidak bisa dianggap enteng, walaupun dalam kasus lain penyakit diare bisa sembuh dengan sendirinya. Tetapi dalam hal ini kita harus mewaspadai kemungkinan buruk yang bisa terjadi akibat penyakit diare, seperti terjadi nya dehidarasi yang bisa berujung pada hilangnya nyawa seseorang akibat penyakit diare ini. Untuk mengetahui cara mengobati diare dengan tepat simaklah beberapa langkah berikut untuk mengobati diare :

Banyak Minum Cairan
Cairan yang dimaksudkan disini bukan hanya air putih, tetapi bisa juga berupa kaldu, kuah sayur, jus, kuah sayur bening, atau bisa juga larutan yang terdiri dari campuran gula dan garam / oralit alami. Konsumsi cairan yang banyak sangat penting karena pada saat diare biasnya tubuh akan mengalami kekurangan cairan akibat dari keluarnya cairan tubuh bersama tinja.

Keluarnya cairan tubuh ini jika dibiarkan akan berakibat dehidrasi, sebab itu penting sekali untuk banyak minum cairan untuk mencegah dehidrasi.Selain itu hindarilah kopi atau minuman yang mengnadung kaffein dan alcohol. Karena bisa memperparah dan meningkatkan pembuangan cairan tubuh.

Konsumsi Makanan Yang Bertekstur Lembut Dan Mudah Dicerna
Makanan yang bertekstur lembut atau semi padat bisa memudahkan fungsi usus untuk menyerap nutrisi dan vitamin yang terkandung dari makanan tersebut. Konsumsi lah makanan yang bertekstur lembut seperti bubur, roti, biskuit, nasi lembek dan usahakan untuk mengurangi asupan serat. Hal ini bertujuan untuk menormal kan tekstur tinja yang keluar secara bertahap.Memperhatikan tekstur makanan yang di konsumsi bisa menjadi salah satu cara mengobati diare dengan tepat dan bertahap.
    Hindari Makanan Tertentu
    Makanan yang mengandung lemak, produk susu, makanan yang mengandung serat tinggi, dan makanan berbumbu pedas merupakan beberapa contoh makanan yang harus dihindari pada saat diare.
      Konsumsi Obat Anti-Diare
      Cara mengobati diare dengan tepat selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi obat anti-diare yang bisa didapatkan dari resep dokter atau bisa didapat kan dari apotek dan toko obat yang banyak menyediakan obat anti-diare.Obat anti-diare yang digunakan bisanya mengandung ioperamide (Imodium) dan Bismuth Subsalicylate yang berfungsi untuk mengurangi pergerakan usus sehingga bisa menghentikan diare.

      Istirahat Yang Cukup
      Penderita diare umumnya mengalami kondisi badan yang lemas akibat dari kurangnya cairan dan nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Selain keempat cara diatas, mengistirahatkan tubuh dengan cara tidur atau menghentikan aktifitas bisa membantu pemulihan kondisi tubuh akibat diare. Dengan istirahat tubuh anda akan lebih bugar dan sehat.

      Beberapa cara diatas dapat anda coba sebagai cara mengobati diare dengan tepat. Selain itu menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga berpengaruh terhadap pencegahan dari penyakit diare. Karena dengan menjaga kebersihan maka akan menjauhkan kita dari virus atau baktery yang bisa mengkontaminasi makanan dan minuman yang dikonsumsi.

      Penyebab Penyakit Diare dan Cara Mengobati Diare Dengan Tepat | Unknown | 5