7 Olahraga Yang Baik & Cocok Untuk Kesehatan Ibu Hamil



Olahraga Yang Baik & Cocok Untuk Kesehatan Ibu Hamil
Tidak semua jenis olahraga baik dan cocok dilakukan untuk ibu hamil. Tujuan dari melakukan olahraga adalah untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

Berikut ini, akan disajikan informasi tentang “ 7 olahraga yang baik dan cocok untuk kesehatan ibu hamil “. Selain menyehatkan ibu hamil itu sendiri, 7 olahraga yang baik dan cocok untuk ibu hamil ternyata baik juga untuk kesehatan janin yang sedang dikandung.

7 Olahraga Yang Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa macam olahraga yang sangat baik dan cocok untuk selalu menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi yang tengah dikandungnya. Tentunya lakukan beberapa olahraga ini dengan tidak terlalu memaksakan diri terlalu capek, agar tidak berdampak sesuatu pada ibu dan bayinya.

1).Olahraga Berjalan Kaki Sangat Baik dan Cocok Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Untuk ibu hamil disarankan agar menjaga kondisi fisik agar tubuh tetap fit dan daya tahan tubuh akan terjaga dari segala serangan radikal bebas. Kondisi ibu hamil yang rentan akan serangan segala macam penyakit, membuat sebagian besar ibu hamil merasa kwawatir akan kesehatan ibu hamil itu sendiri dan janin yang sedang dikandung nya.

Untuk olahraga yang baik dan cocok untuk kesehatan ibu hamil salah satunya yaitu berjalan kaki. Selain murah meriah, olahraga berjalan kaki ini sangat baik dan cocok untuk kesehatan ibu hamil, melatih jantung janin agar lebih sehat, membantu posisi janin masuk kejalan lahir pada trisemeter ketiga dan membantu proses persalinan menjadi lancar.Menurut para ahli kandungan, dianjurkan untuk ibu hamil agar berjalan kaki minimal 30 menit dalam sehari.


2).Olahraga Yoga Sangat Baik dan Cocok Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Mengapa olahraga yoga masuk dalam 9 olahraga yang baik dan cocok untuk kesehatan ibu hamil ?....Ya, olahraga yoga adalah salah satu olahraga yang tidak perlu membutuhkan banyak tenaga, seperti jenis – jenis olahraga lain nya seperti olahraga aerobik.

Manfaat dari olahraga yoga itu sendiri adalah melancarkan proses persalinan, mengurangi ketegangan, melenturkan otot – otot dan meningkatkan mood ibu hamil.


3).Olahraga Senam Jongkok Sangat Baik dan Cocok Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Lakukan kegiatan senam jongkok dengan durasi minimal 10 sampai 15 detik minimal 3 kali dalam kurun waktu satu minggu.

Cara melakukan senam jongkok adalah dengan cara :

Ambil posisi badan berdiri tegak lurus, kemudian turunkan badan anda secara perlahan sampai posisi jongkok, tahan posisi anda seprti itu selama 10 sampai 15 detik kemudian ambil posisi berdiri secara perlahan pula.Olahraga senam jongkok sangat baik dan cocok dilakukan untuk ibu hamil pada saat trisemeter ketiga. Manfaat nya adalah menyehatkan ibu hamil dan memperkuat otot paha, sehingga membantu saat proses persalinan menjadi lancar.


4).Olahraga Pose kupu-kupu Sangat Baik dan Cocok Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat yang diperoleh bagi kesehatan ibu hamil saat melakukan olahraga kupu – kupu adalah membuat rileks dan mengurangi ketegangan otot punggung ibu hamil.

Cara melakukan olahraga kupu – kupu :

Lakukan olahraga ini dilantai atau dimatras, pertama ambil posisi duduk dengan kaki lurus dan punggung lurus dengan dinding. Usahakan agar kedua telapak kaki saling bersentuhan untuk membantu keseimbangan saat lutut didorong kelantai.Lakukan olahraga pose kupu – kupu minimal 3 kali dalam satu minggu dengan durasi waktu 15 sampai 20 detik.

5).Olahraga Berenang Sangat Baik dan Cocok Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat untuk ibu hamil saat melakukan olahraga berenang adalah mengurangi risiko kecelakaan saat proses persalinan dan membuat ibu hamil menjadi rileks serta mengurangi ketegangan saat menunggu waktu kelahiran.Berenang ibu hamil lakukan dengan cara yang simpel saja, tidak harus dengan gaya yang berlebihan.


6).Olahraga Latihan Memiringkan Panggul Sangat Baik dan Cocok Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat yang diperoleh ibu hamil saat melakukan olahraga latihan memiringkan panggul adalah menguatkan otot pada bagian perut, meminimalisir gangguan penyakit yang diderita ibu hamil seperti sakit pada bagian pinggang dan membantu proses melahirkan menjadi lancar.

Cara melakukan olahraga latihan memiringkan panggul sebagi berikut :

Ambil posisi merangkak dengan posisi kepala lurus sejajar dengan punggung. Gerakan kepala anda keatas dan kebawah secara berlahan. Atur pernafasan anda, buat posisi tubuh ibu hamil senyaman mungkin dan santai.Lakukan kegiatan olahraga latihan memiringkan panggul secara baik dan benar, minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi wahtu 15 sampai 20 detik.


7).Olahraga Sepeda Statis Sangat Baik dan Cocok Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Selain menyehatkan ibu hamil, manfaat yang diperoleh dengan melakukan olahraga sepeda statis adalah membantu dan meningkatkan asukan oksigen menuju otak bayi, sehingga tumbuh kembang otak bayi menjadi pintar dan cerdas saat lahir kelak.

Dengan durasi 15 sampai 20 detik sehari, minimal 3 kali dalam seminggu dapatkan kesehatan dari melakukan olahraga sepeda statis tersebut.

7 Olahraga Yang Baik & Cocok Untuk Kesehatan Ibu Hamil | Unknown | 5