1001 Manfaat Semut Jepang Sebagai Obat Berbagai Penyakit ( Diabetes,Vitalitas Pria, Stroke, Kanker, dll )



Manfaat Semut Jepang Sebagai Obat Berbagai Penyakit ( Diabetes,Vitalitas Pria, Stroke, Kanker, dll )
Manfaat Semut Jepang Sebagai Obat Berbagai Penyakit ( Jantung, Stroke, Kolesterol, Dll ) - Semut adalah hewan jenis serangga yang bertubuh kecil dan hidup berkelompok. Keberadaan semut bisa dijumpai di mana saja, baik itu di kebun, ranting pohon, bahkan di dalam rumah anda sendiri, terutama jika kita menaruh makanan baik itu makanan manis atau pun makanan lain nya yang mengundang semut. Terdapat berbagai jenis semut, di dunia ini di mana kesemuanya memiliki manfaat bagi kehidupan manusia yang mungkin belum terkaji secara rinci, namun yang tengah populer saat ini yaitu semut jepang yang dipercaya mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh, yaitu sebagai obat berbagai penyakit seperti penyakit jantung, stroke, pengontrol kolesterol tubuh, dan masih banyak manfaat semut jepang lain nya.

Semut Jepang ( ‘Ari’ )

Saat ini semut jepang cukup populer di Indonesia karena dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit. Semut yang berasal dari negeri sakura ini memiliki tubuh yang berbeda dengan semut yang biasa kita jumpai. Semut jepang atau masyarakat jepang menyebut nya ‘Ari’ ini bertubuh agak sedikit besar dan keras, memiliki sayap yang tidak bisa digunakan untuk terbang, tubuh semut jepang berwarna hitam mengkilap dan hampir mirip dengan kumbang. Hewan ini berkembang biak dengan cepat dan hidup nya berkelompok , tetapi hewan ini bukan lah hewan pemakan sesama.

Karena khasiat nya sebagai obat berbagai penyakit, saat ini semut jepang mulai banyak di budidaya kan, baik oleh perorangan untuk konsumsi pribadi mau pun untuk kepentingan komersial. Adapun cara membudidayakan semut jepang yaitu :

  • Siapkan tempat untuk perkembangbiakan semut jepang berupa stoples atau baskom yang di tutup rapat dan berikan lubang kecil untuk sirkulasi udara.
  • Masukan kapas sebagai media perkembangbiakan semut jepang, kapas disesuaikan  dengan tempat yang akan kita gunakan.
  • Siapkan ragi yang bisa digunakan untuk pembuatan tempe. Lalu tabur kan ke media kapas tadi.
  • Masukan beberapa ekor semut jepang sebagai indukan yang akan be reproduksi dengan cepat
  • Tutup rapat, dan simpan dalam suhu ruang sekitar 30 derajat celsius.
  • Ganti media kapas apabila dirasa sudah tidak layak.

Manfaat Semut Jepang Sebagai Obat Berbagi Penyakit

Berbagai manfaat semut jepang sebagai obat berbagai penyakit yang harus anda ketahui antara lain sebagai berikut ini.

1).Manfaat semut jepang mencegah penyakit jantung
Mengkonsumsi beberapa ekor semut jepang setiap hari nya dipercaya mampu mengobati penyakit jantung. Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan nomor 1 di dunia, bahkan sekitar 1,5 juta orang di dunia tercatat meninggal setiap hari nya akibat serangan jantung.
Selain menerapkan pola hidup sehat dengan makanan sehat, istirahat cukup dan olah raga, mengkonsumsi 2 ekor semut jepang setiap hari nya dipercaya efektif menjauhkan kita dari penyakit jantung.

2)Manfaat semut jepang mencegah penyakit stroke
Saat ini serangan stroke bisa menimpa siapa saja, jika dahulu stroke identik dengan orang lansia, tetapi kini orang berusia muda pun bisa terkena stroke. Ini akibat dari gaya hidup tidak sehat seperti konsumsi alkohol, merokok, serta kurang nya perhatian terhadap kesehatan tubuh itu sendiri. Untuk menghindari serangan stroke ini, konsumsi semut jepang setiap hari dapat menjaga kita dari serangan stroke yang bisa menyerang kapan saja.

3)Manfaat semut jepang menjaga kadar kolesterol
Tubuh manusia memang membutuhkan kolesterol, tetapi tentu nya kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh ini hanya dalam jumlah tertentu, jika berlebihan akan mengakibatkan berbagai serangan penyakit seperti jantung dan stroke. Kadar kolesterol berlebih ini bisa disebabkan oleh makanan yang di konsumsi seperti makanan laut ( kepiting, kerang, udang ), makanan bersantan, serta makanan yang berlemak lain nya. Manfaat semut jepang  untuk menjaga dan mengontrol kadar kolesterol dalam darah agar tetap normal sehingga tidak menimbulkan berbagai penyakit.

4)Manfaat semut jepang dapat mengontrol diabetes
Semut jepang selain mampu mengkontrol kadar kolesterol dalam darah juga diyakini mampu mengkontrol kelebihan gula darah atau disebut juga diabetes. Pada penderita diabetes, umum nya mengkonsumsi 2 ekor semut jepang per hari nya, untuk 3 hari dalam 1 minggu pengobatan. Setelah itu cek kadar gula darah anda, jika telah kembali normal, kurangi penggunaan menjadi 1 ekor per hari 3 kali dalam satu minggu. Untuk pengobatan diabetes, tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi semut jepang ini, karena jika konsumsi dalam jumlah berlebihan maka akan berakibat turun nya hemoglobin dalam darah, dan menyebabkan tubuh menjadi lemas.

5).Manfaat semut jepang dapat mengobati hipertensi
Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat diatasi dengan semut jepang, hal ini disebabkan karena semut jepang mengandung enzim yang mampu mengontrol tekanan darah anda agar tetap normal.

6).Manfaat semut jepang untuk mengobati asam urat
Seiring bertambah nya usia banyak sekali keluhan yang dirasakan oleh seseorang diantara nya asam urat. Asam urat menyebabkan sakit pada area persendian seperti persendian tangan dan kaki yang menyebabkan penderitanya kesulitan saat berjalan atau beraktifitas. Semut jepang diyakini mampu mengobati dan meringankan sakit akibat asam urat.Untuk penderita asam urat konsumsi lah 5 ekor semut jepang setiap hari apabila sakit akibat asam urat anda sedang kambuh, dan cukup konsumsi 3 ekor per hari jika sakit yang dirasakan sudah hilang.

7).Manfaat semut jepang untuk mengobati penyakit hati / hepatitis
Saat ini banyak sekali orang yang mengkonsumsi semut jepang sebagai obat penyakit hati atau hepatitis. Semut jepang digunakan sebagai terapi untuk mengobati hepatitis, sedikit demi sedikit dengan rajin mengkonsumsi semut jepang dalam jumlah 3 ekor per hari 3 kali dalam seminggu.

8).Manfaat semut jepang untuk meningkatkan vitalitas pria dan wanita
Semut jepang selain bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit, dipercaya mampu meningkat kan vitalitas pria dan wanita. Untuk meningkat kan vitalitas dan sebagai penambah stamina, konsumsi 4 ekor semut jepang sebelum tidur maka keesokan hari nya anda kan merasa lebih segar dan capek yang anda rasakan akan hilang.


Cara Mengkonsumsi Semut Jepang

Setelah mengetahui manfaat  dari semut jepang, tentu anda akan bertanya tentang bagai mana cara mengkonsumsi semut jepang ini, karena memang semut ini adalah makhluk hidup yang bergerak dan hal ini lah yang membuat sebagian orang bingung bagaimana cara mengkonsumsi semut jepang ini. terdapat 3 cara untuk mengkonsumsi semut jepang ini, diantara nya :

  1. Cara Pertama, mengkonsumsi semut jepang ini adalah, dengan memasukkan nya ke dalam kapsul kosong yang bisa kita beli di toko obat. Buka kapsul kosong tersebut lalu masukkan beberapa ekor semut jepang sesuai kebutuhan, lalu tutup kembali kapsul tersebut dan telan dengan bantuan dorongan air minum. 
  2. Cara kedua, mengkonsumsi semut jepang yaitu dengan air minum. Cara ini terbilang cukup mudah, karena kita hanya menyiapkan 1 gelas air minum panas atau teh panas lalu masukkan semut jepang yang akan di konsumsi dan diamkan sampai semut jepang nya mati. Kemudian minum air tersebut berikut dengan semut jepang nya. 
  3. Cara ketiga, mengkonsumsi semut jepang ini dengan bantuan buah pisang. Cara nya ambil 1 buah pisang masak, lalu potong menjadi 2-3 bagian. Masukkan 1 atau 2 ekor semut jepang ke dalam pisang lalu makan lah pisang tersebut.

Efek Samping Mengkonsumsi Semut Jepang

Keberadaan semut jepang dalam dunia pengobatan herbal saat ini sedang booming, manfaat dari semut jepang yang dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit seperti yang sudah kita bahas di atas dan merupakan pengobatan herbal, tetapi bukan berarti tidak memiliki efek samping bagi kesehatan apabila anda salah dalam mengkonsumsi semut jepang ini. efek samping yang ditimbulkan bisa langsung dirasakan atau akan terasa pada kemudian hari, berikut beberapa efek samping yang ditimbulkan dari mengkonsumsi semut jepang :

    Menurunkan hemoglobin dalam darah
      Mengkonsumsi semut jepang secara berlebihan akan mengakibatkan turun nya hemoglobin dalam darah. Hemoglobin berfungsi untuk mengikat oksigen dalam darah yang akan disebarkan ke seluruh tubuh. apabila kadar hemoglobin dalam darah turun, maka seseorang akan merasakan lemas, kurang darah, badan terasa lesu dan sejumlah keluhan lain akibat kurang nya hemoglobin dalam darah.

        Ejakulasi dini
          Konsumsi semut jepang secara berlebihan, bisa mengakibatkan ejakulasi dini, karena zat yang terkandung dalam semut jepang mengakibatkan rasa nyeri pada otot sekitar kemaluan di mana otot tersebut sangat sensitif sehingga menyebabkan kurang nya vitalitas pada pria yang berdampak ejakulasi dini.

            Turunnya kadar gula darah secara drastis
              Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi semut jepang secara berlebihan dan cara yang tidak tepat, akan mengakibatkan menurun nya kadar gula dalam darah secara drastis. Pada saat kadar gula darah turun, dan tidak diikuti dengan keseimbangan insulin dan proses metabolisme dalam tubuh, maka akan mengakibatkan tubuh si penderita merasakan lemas, lesu bahkan sampai hilang kesadaran.

              Baca juga : Ciri ciri gejala penyebab penyakit diabetes dan obat herbalnya.

                Terasa panas

                  Efek yang ditimbulkan selanjut nya dalam mengkonsumsi semut jepang secara berlebih akan terasa panas pada tubuh. perasaan panas ini akan mengakibatkan si penderita mengalami kesulitan beraktifitas, tubuh terasa lemas dan keluar keringat secara berlebihan, jika dibiarkan si penderita akan mengalami dehidrasi yang pasti nya kan berdampak buruk.

                  Untuk menguji reaksi yang di timbul kan oleh tubuh akibat dari konsumsi semut jepang, sebaik nya mencoba nya dengan 1 ekor semut jepang dan lihat reaksi yang di respon oleh tubuh kita terhadap semut jepang tersebut. Selain itu, jika penyakit yang kita rasakan sudah membaik hendaklah untuk menghentikan konsumsi semut jepang tersebut, agar tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

                  Mengenal manfaat semut jepang sebagai obat berbagai penyakit lewat artikel di atas, semoga tulisan ini bisa menambah pengetahuan anda tentang semut jepang cara membudidayakan semut jepang, sekaligus efek samping yang bisa ditimbulkan dari semut jepang.

                  1001 Manfaat Semut Jepang Sebagai Obat Berbagai Penyakit ( Diabetes,Vitalitas Pria, Stroke, Kanker, dll ) | Unknown | 5