11 Makanan Sehat Yang Baik Untuk Ibu Menyusui & Bayi Yang Sehat



Makanan Sehat Yang Baik Untuk Ibu Menyusui & Bayi Yang Sehat
Makanan yang baik di konsumsi ibu menyusui untuk ibu dan bayi yang sehat - Menjadi seorang ibu adalah pengalaman yang akan dijalani oleh hampir setiap wanita yang sudah berkeluarga. Pengalaman menjadi seorang ibu baru tentunya akan menjadikan setiap wanita mencari cara untuk memberikan yang terbaik bagi anak nya, salah satu nya yaitu memperhatikan dan mencari tahu makanan yang baik di konsumsi oleh ibu menyusui untuk kesehatan ibu dan bayi.

Setelah melahirkan seorang ibu akan mengurus dan menyusui anak nya, untuk memenuhi gizi dan kebutuhan dari sang ibu dan bayi, agar bisa menghasilkan ASI yang berkualitas untuk bayi nya patutlah memperhatikan makanan apa saja yang baik di konsumsi oleh ibu menyusui guna memberikan asupan nutrisi bagi kesehatan ibu dan juga kualitas ASI yang baik bagi bayi nya.

Makanan tersebut harus lah mengandung berbagai nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi. Selain menambah porsi makan seperti biasanya, makanan ibu menyusui juga harus seimbang antara asupan protein, karbohidrat, vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Makanan Yang Baik Di konsumsi Ibu Menyusui

Berikut adalah contoh makanan yang baik di konsumsi oleh ibu menyusui untuk ibu dan bayi yang sehat, sebagai pemberi stamina bagi ibu menyusui dan meningkatkan kualitas ASI yang akan diberikan untuk bayi nya.

1.Kacang-kacangan
    Contoh kacang kacangan yang baik di konsumsi oleh ibu menyusui yaitu kacang hijau, kacang merah, kacang hitam dan jenis kacang kacangan lain nya. Kandungan zat besi dan protein nabati yang berasal dari kacang kacangan sangat baik di konsumsi oleh ibu menyusui sebagai alternatif sumber protein selain daging dan ikan.

      2.Daging sapi atau ayam
        Daging sapi atau ayam merupakan sumber protein hewani yang baik di konsumsi oleh ibu menyusui, sebaik nya pilih lah daging sapi tanpa lemak untuk di konsumsi supaya lebih sehat. Zat besi yang terkandung dalam daging sapi dapat mencegah anemia yang bisanya diderita oleh ibu menyusui.

          3.Ikan salmon
            Ikan salmon merupakan salah satu makanan yang baik di konsumsi ibu menyusui. Ikan salmon sebagai sumber DHA, zat besi vitamin A, E dan omega 3 merupakan makanan yang akan menjadikan kualitas ASI menjadi lebih baik dan bisa memenuhi asupan nutrisi bagi sang ibu sekaligus bayi nya.
            Ikan salmon merupakan sumber makanan yang rendah lemak sehingga tidak akan meningkat kan kolesterol jahat dalam tubuh.

              4.Telur
                Selain daging sapi dan ikan salmon, anda bisa mendapatkan sumber protein lain nya dari telur. Selain kaya akan kandungan protein, telur juga merupakan sumber vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang sehingga bisa membantu pertumbuhan tulang bayi anda. Sajikan telur rebus atau telur dadar pada menu makanan anda setiap hari nya.

                  5.Sereal / bubur gandum
                    Setelah perut dalam keadaan kosong semalaman, anda bisa membuat sereal atau bubur gandum yang ditambahkan susu dan potongan buah segar sebagai menu sarapan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, setelah semalaman begadang menjaga dan menyusui bayi anda.

                      6.Roti gandum
                        Selain bubur gandum anda juga bisa mengkonsumsi roti gandum sebagai makanan lain yang berbahan dasar gandum. Roti gandum mengandung asam folat yang butuhkan oleh ibu menyusui untuk membantu tumbuh kembang bayi, selain asam folat roti gandum juga merupakan salah satu sumber  zat besi dan serat yang terbaik.


                        7.Beras merah
                          Beras merah merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. untuk mengantisipasi naik nya berat badan anda pada saat menyusui, mengganti beras putih dengan beras merah sebagai sumber karbohidrat yang terbaik. Beras merah mengandung karbohidrat dan juga serat tinggi yang dapat menjaga berat badan anda.

                            8.Sayuran berwarna hijau
                              Untuk meningkatkan kualitas ASI dan juga menjaga kesehatan ibu menyusui, mengkonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, bayam, kangkung dan sawi merupakan salah satu makanan yang baik di konsumsi oleh ibu menyusui. Kandungan antioksidan dan berbagai vitamin dalam sayuran hijau akan memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, sehingga menjadikan ibu dan bayi tetap sehat.

                                9.Buah-buahan
                                  Selain sayuran hijau, sumber vitamin seperti vitamin C, A, dan E dapat kita dapatkan dari buah- buahan, minumlah buah-buahan atau jus buah setiap hari nya untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi yang disusui.

                                  Baca juga :


                                    10.Air putih
                                      Seperti yang sudah kita ketahui, air merupakan sumber kehidupan bagi manusia. Untuk meningkat kan kualitas dan kuantitas dari ASI, cukup kan lah untuk minum air putih sekurang nya 8 gelas per hari, agar ibu menyusui dapat terhindar dari dehidrasi. Selain itu air putih juga dapat melancarkan metabolisme dalam tubuh.

                                        11.Produk susu
                                          Selain air putih lengkapi kebutuhan cairan anda dengan produk susu sebagai pelengkap makanan bagi ibu menyusui. Susu merupakan sumber berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga menjadikan ibu menyusui tetap sehat untuk mengurus bayi nya.

                                          Minumlah segelas susu untuk menyempurnakan kebutuhan nutrisi harian anda.
                                          Selain berbagai makanan di atas, ibu menyusui juga harus menjaga waktu istirahat nya, agar kondisi tubuh ibu tetap sehat dan bisa mengurus bayi nya dengan benar. Untuk itu perhatikan makanan yang baik di konsumsi ibu menyusui untuk ibu dan bayi yang sehat.

                                          11 Makanan Sehat Yang Baik Untuk Ibu Menyusui & Bayi Yang Sehat | Unknown | 5