7 Makanan Sehat Bergizi Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama



Makanan Sehat Bergizi Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama Makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil trimester pertama - Pada trimester pertama kehamilan, tentu nya kita harus memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan, selain beragam dan jumlah yang lebih banyak dari biasa nya asupan nutrisi tersebut bermanfaat untuk menunjang perkembangan dan kesehatan janin dalam kandungan, selain itu makanan yang baik di konsumsi ibu hamil pada trimester pertama juga bisa menghindari hal hal yang biasa nya dikeluhkan oleh ibu hamil, seperti morning sickness dan juga perasaan lelah berlebihan atau pun kemungkinan bagi janin seperti kecacatan saat lahir sampai kemungkinan terburuk yaitu terjadi nya keguguran.Makanan sehat untuk ibu hamil pada trimester pertama sangat penting sekali dan sangat dibutuhkan.

Kehamilan pada trimester pertama adalah saat yang paling rentan, sebab itu tak sedikit orang menyarankan beberapa makanan yang harus dihindari atau pun sebaliknya menganjur kan contoh makanan yang baik di konsumsi pada trimester pertama yang bisa berpengaruh baik pada perkembangan dan kesehatan janin anda. menurut penelitian keguguran rentan terjadi pada masa usia kehamilan muda atau trimester pertama yang disebabkan oleh makanan atau pun faktor lain yang bisa mengganggu kesehatan janin.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama Demi Perkembangan Dan Kesehatan Janin

Masa kehamilan adalah masa yang membahagiakan bagi seorang wanita atau pasangan suami istri, karena pada masa tersebut merupakan proses yang harus dijalani untuk mendapat kan anak sebagai simbol cinta pasangan suami istri. Begitu penting nya masa kehamilan ini, sehingga calon ibu harus memperhatikan dan memilih makanan yang baik di konsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama untuk perkembangan dan kesehatan janin, berikut contoh makanan yang disarankan di konsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama.

1.Buah Buahan
Buah merupakan sumber nutrisi yang baik bagi kesehatan ibu hamil maupun janin dalam kandungan. Berbagai jenis buah yang disarankan di konsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama yaitu, buah apel, jeruk, kurma, alpukat, pisang, anggur, sedangkan contoh buah yang tidak disarankan di konsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama dan selama masa kehamilan yaitu, durian, nanas dan pepaya. Mengkonsumsi buah buahan pada masa kehamilan bisa menyumbang asupan nutrisi dan serat yang dibutuhkan oleh ibu hamil, selain itu mengkonsumsi aneka buah juga bisa menghindari ibu hamil dari masalah sembelit yang biasanya dialami oleh ibu hamil.

2.Sayuran Hijau

Jenis sayuran hijau dipercaya dapat mengurangi gejala morning sickness atau mual yang biasa dialami oleh ibu hamil pada trimester pertama. Sayuran hijau mengandung banyak sekali zat besi yang juga bisa mengurangi gejala anemia pada ibu hamil. Zat besi pada sayuran hijau membantu tubuh untuk memproduksi hemoglobin sehingga bisa menghindari ibu hamil dari anemia. Selain zat besi sayuran hijau juga mengandung berbagai nutrisi lain yaitu asam folat yang bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat. Bayam, asparagus, sawi dan brokoli adalah contoh sayuran hijau yang mengandung zat besi dan asam folat yang dianjurkan di konsumsi oleh ibu hamil.

3.Seafood

Seafood atau makanan laut seperti ikan salmon, tuna atau pun jenis seafood lain nya, mengandung omega 3 dan protein yang cukup tinggi di mana nutrisi tersebut dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menunjang perkembangan otak janin untuk. Selain seafood yang disebut kan di atas ada juga jenis seafood yang sebaik nya dihindari oleh ibu hamil seperti kepiting, lobster dan jenis ketam karena pada jenis hewan tersebut diyakini bisa menimbun mercury pada tubuh nya sehingga tidak baik jika di konsumsi oleh ibu hamil.

4.Kacang Kacangan
Selain sumber protein hewani yang bisa didapatkan dari seafood, ada pula sumber protein yang bisa kita dapat kan dari kacang kacangan. Protein dibutuhkan untuk membantu meningkat kan energi pada ibu hamil, juga bisa menyehatkan janin, selain kandungan protein asam folat dan berbagai vitamin lain nya seperti vitamin B kompleks yang terdapat pada kacang kacangan seperti kacang hijau, kacang merah dan kacang kedelai sehingga sangat dianjurkan di konsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama.

5.Produk Susu Atau Olahan Susu

Susu atau olahan susu seperti yogurt dan keju sangat dianjurkan di konsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama, mengapa ? karena pada trimester pertama merupakan masa pertumbuhan awal janin anda yang tentu nya membutuhkan protein dan nutrisi lain yang bisa menunjang perkembangan janin anda.

6.Air Kelapa

Sejak dahulu air kelapa muda diyakini baik di konsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama, penelitian secara ilmiah membuktikan bahwa air kelapa muda mengandung elektrolit atau serupa cairan tubuh dan mineral yang bermanfaat untuk memulihkan stamina ibu hamil serta mencegah dehidrasi yang biasa nya dialami, karena ibu hamil ternyata membutuhkan lebih banyak cairan tubuh dari pada wanita yang tidak sedang hamil, sehingga wanita hamil rentan dehidrasi ringan yang ditandai dengan perasaan cepat lelah.

Baca juga :

7.Sereal

Kehamilan pada trimester pertama, biasanya mengalami penurunan nafsu makan, sebab itu untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat selain dari nasi, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi sereal atau roti gandum dari jenis whole grain sebagai makanan pengganti nasi yang baik di konsumsi oleh ibu hamil. Selain sebagai alternatif sumber karbohidrat selain nasi sereal juga baik di konsumsi selama kehamilan, karena kandungan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil untuk perkembangan dan kesehatan janin sangat tinggi terdapat dalam sereal.

Semoga bisa menambah informasi anda tentang makanan sehat yang baik di konsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama untuk perkembangan dan kesehatan janin anda. Lebih pintar lah memilih jenis makanan yang akan di konsumsi pada trimester pertama kehamilan, demi menjaga kesehatan janin pada masa awal pertumbuhan nya.

7 Makanan Sehat Bergizi Untuk Ibu Hamil Pada Trimester Pertama | Unknown | 5