5 Macam Jenis Penyakit Yang Sering Menjangkit Ibu Hamil



Macam Jenis Penyakit Yang Sering Menjangkit Ibu Hamil
Penyakit yang sering menjangkit ibu hamil - Penting bagi seorang ibu hamil menjaga kesehatan tubuh nya selama masa kehamilan. Pada masa itu ibu hamil, sering sekali mengalami gangguan penyakit. Asupan makanan dan minuman yang bergizi, akan membantu kondisi ibu hamil terjaga kekebalan tubuhnya. Selain itu, melakukan olahraga khusus untuk ibu hamil serta seringnya mengontrol kondisi kandungan, akan membantu memelihara kondisi tubuh ibu hamil dan janin.

Khusus untuk ibu hamil anda harus mewaspadai 5 macam penyakit yang sering menjangkit ibu hamil yang tentu saja perlu anda ketahui sejak dini dan apa saja yang menyebabkan hal itu menjadi sebuah resiko yang patut anda waspadai

5 Macam Penyakit Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa macam penyakit yang seringkali menjangkiti ibu hamil  yang mungki saja salah satunya pernah anda alami sendiri.

1. Penyakit Anemia Kehamilan 

Penyakit yang pertama adalah penyakit anemia kehamilan adalah sedikitnya jumlah kadar darah merah dalam tubuh ibu hamil, yang mengakibatkan kurangnya kandungan oksigen dalam sel darah merah, untuk di alirkan oleh darah ke seluruh tubuh. Penyakit anemia kehamilan terjadi karena kurang nya asupan vitamin dan mineral pada masa kehamilan. Jika kondisi ini di biarkan, maka yang terjadi bayi akan ter lahir dengan berat yang rendah dan prematur.

Untuk mencegah penyakit anemia kehamilan untuk ibu hamil per banyaklah asupan sayuran yang banyak mengandung zat besi seperti, daun singkong, daun bayam , brokoli. Selain asupan sayuran, ibu hamil di sarankan banyak mengkonsumsi buah – buahan yang baik untuk mencegah penyakit anemia kehamilan seperti, buah pisang, alpukat, sari kurma dan buah apel.

2. Penyakit Darah Tinggi

Kondisi stres dan lelah saat masa kehamilan membuat tekanan darah ibu hamil terkadang sering naik, hal ini yang mengakibatkan penyakit darah tinggi. Untuk kasus ibu hamil yang ter jangkit penyakit darah tinggi, biasanya ibu hamil sebelumnya pernah terdapat penyakit seperti, hipertensi dan diabetes. Ibu hamil yang memiliki bayi kembar juga sering ter jangkit penyakit darah tinggi ini.

Untuk itu sangat penting bagi ibu hamil menghindari segala sesuatu yang dapat membuatnya ter jangkit penyakit darah tinggi. Penyakit darah tinggi pada ibu hamil dapat membuat proses persalinan menjadi banyak risiko untuk ibu hamil itu sendiri dan sang janin. Banyak mengkonsumsi buah – buahan, seperti buah pisang, buah alpukat dan memanfaatkan sari kurma, dapat membantu ibu hamil untuk meminimalkan ter jangkit penyakit darah tinggi.

3. Penyakit Komplikasi
Penyakit komplikasi atau placenta previa adalah kondisi melekat nya dan tertutup nya leher rahim ibu hamil, yang di sebabkan oleh plasenta. Penyakit komplikasi ini jika tidak segera di tanggulangi dengan cepat, dapat menyebabkan pendarahan pada bagian bawah rahim. Risiko penyakit komplikasi ini dapat mengakibatkan infeksi selama kehamilan, dapat memperlambat pertumbuhan janin dan kelahiran bayi bisa prematur serta berat bayi tersebut sangat rendah.

4. Penyakit Rhesus
Penyakit rhesus/rh adalah penyakit terjadinya ketidak cocok kan jenis darah ibu dengan bayinya tersebut. Untuk kasus penyakit rhesus ini, untung saja jarang terjadi atau sangat sedikit sekali. Dampak dari penyakit rhesus ini adalah terjangkit nya beberapa macam penyakit bagi bayi yang baru lahir seperti, penyakit kuning, penyakit pembesaran organ dan penyakit anemia.

5. Penyakit Mual / Morning Sickness
Penyakit mual untuk ibu hamil ini biasa terjadi pada masa kehamilan muda, di akibat kan oleh peningkatan hormon esterogen, progesterone dan hormone Hcg yang mengakibatkan dampak dan pengaruh fungsi organ ibu hamil. Penyakit mual terjadi hampir 70 persen di alami oleh ibu hamil muda. Cara mengatasi penyakit mual ini adalah dengan banyak melakukan olahraga ringan, mengkonsumsi buah – buahan segar, minum jahe, yogurt dan rileksasi.

5 Macam Jenis Penyakit Yang Sering Menjangkit Ibu Hamil | Unknown | 5