3 Buah Pantangan / Yang Tidak Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil Muda



Buah Pantangan / Yang Tidak Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil Muda Kodrat dari setiap wanita adalah menjadi seorang ibu, proses menjadi seorang ibu pasti nya mengalami masa kehamilan. Masa kehamilan merupakan masa yang cukup terasa berat, apa lagi pada masa awal kehamilan atau hamil muda. Kehamilan di usia muda biasa nya akan terjadi perubahan hormon yang mengakibat kan berbagai dampak seperti mual, penurunan nafsu makan atau pengaruh terhadap daya tahan tubuh calon ibu.

Asupan makanan yang padat akan gizi dan nutrisi sangat dibutuh kan oleh ibu hamil, karena bisa mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin yang di kandung. Selain memperhatikan asupan makanan yang dibutuhkan ibu hamil, anda juga harus memperhatikan pantangan makanan seperti buah yang tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil.


Buah Yang Tidak Baik Di konsumsi Oleh Ibu Hamil Muda

Mengkonsumsi beraneka ragam buah buahan saat hamil memang sangat dianjurkan, karena ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dari biasanya. Namun harus di perhatikan terdapat beberapa buah yang harus dihindari karena tidak baik jika di konsumsi oleh ibu hamil, terutama oleh ibu hamil muda.


1. Buah Nanas
Nanas merupakan buah yang tidak baik di konsumsi oleh ibu hamil terutama oleh ibu hamil muda. Hal ini  disebabkan kandungan zat bromelain yang terkandung dalam buah nanas bisa menyebabkan pelunak kan pada leher rahim yang bisa mengakibat kan kelahiran dini atau prematur. Pada trimester pertama atau hamil muda yang masih rentan mengalami keguguran, sebaik nya untuk menghindari atau tidak sama sekali mengkonsumsi buah nanas, bahkan sebaik menghindari buah ini selama kehamilan.

2.Buah Durian
Buah durian seperti yang sudah kita ketahui adalah salah satu buah yang harus dihindari oleh ibu hamil,  karena buah durian diduga mengandung alkohol, sehingga menimbulkan efek panas dalam jika kita mengkonsumsi nya. Pada orang normal saja akan merasakan efek panas dan puyeng jika terlalu banyak mengkonsumsi nya apa lagi bagi ibu hamil tentu sangat membahayakan kesehatan janin yang ada dalam kandungan. Selain diduga terdapat kandungan alkohol, buah durian juga mengandung zat asam archidonat yaitu zat yang bisa memicu pembentukan prostaglandin. Prostaglandin adalah senyawa kimia yang bisa merangsang kontraksi rahim, sehingga jika di konsumsi oleh ibu hamil bisa mengakibat kan kelahiran dini atau premature bahkan bisa mengakibat kan keguguran pada wanita hamil muda. Meski pun buah durian sebenar nya sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan, namun buah ini sebaik nya dihindari selama masa kehamilan. 

3.Buah Pepaya
Buah pepaya sebenar nya baik di konsumsi oleh ibu hamil, tetapi pepaya yang baik di konsumsi yaitu pepaya yang benar benar sudah masak yang sudah di kupas kulit nya kemudian dicuci bersih dan bebas dari getah. Pepaya matang mengandung nutrisi seperti vitamin C, betakaroten dan mineral yang baik untuk kesehatan ibu hamil muda. Pepaya yang tidak dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil yaitu, pepaya yang masih muda atau pepaya setengah matang yang masih mengandung banyak getah. Getah dari pepaya ini mengandung zat lateks (getah) bisa merangsang kontraksi rahim yang bisa mengakibat kan kelahiran dini atau keguguran pada masa kehamilan muda. 

Tips memilih dan membersihkan buah agar aman di konsumsi

Selain memperhatikan buah apa saja yang baik atau yang tidak baik di konsumsi oleh ibu hamil, sebaik nya perhatikan juga cara pemilihan dan membersihkan buah agar aman di konsumsi sehingga kita dapat memperoleh manfaat dari buah tersebut.

Pilihlah buah yang masih segar untuk di konsumsi

Pemilihan kualitas buah ini sangat menentukan nutrisi yang masih terkandung di dalam nya. Karena buah yang masih segar tentu nya memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dibandingkan buah yang sudah layu. Buah yang masih segar ditandai oleh warna alami buah tersebut masih terlihat cerah dan mengkilap, sedangkan buah yang kurang segar memiliki warna yang kusam.

Cucilah buah dengan benar sebelum di konsumsi

Jika anda ingin mengkonsumsi buah buahan, sebaik nya untuk mencuci dengan benar bauh buahan tersebut, cara nya dengan mencuci nya pada air mengalir dan menggosok nya perlahan untuk menghilang kan pestisida atau zat kimia lain yang menempel pada buah. Setelah itu jika diperlukan untuk mengupas kulit buah dengan benar sebelum di konsumsi. Pencucian buah ini bertujuan untuk menghilang kan kuman dan zat kimia yang mungkin digunakan oleh para petani buah.

Berikut tadi sajian tentang buah yang tidak baik di konsumsi oleh ibu hamil muda, semoga bermanfaat dan bisa memberikan sedikit informasi tentang buah buahan yang harus dihindari selama kehamilan.

3 Buah Pantangan / Yang Tidak Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil Muda | Unknown | 5