1001 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah,Diet,Rambut & Bibir



Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah,Diet,Rambut & Bibir
Banyak buah yang dijadikan sebagai bahan untuk menambah vitamin dan kesehatan, salah satunya adalah jeruk nipis. Jeruk nipis ini ternyata dikenal mempunyai beragam manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh dan untuk kecantikan. Biasanya jeruk nipis hanya digunakan sebagai bumbu dapur dan membuat masakan, menyegarkan masakan dan menghilangkan rasa amis pada daging. Dan jeruk nipis juga berguna untuk mengobati batuk pada anak. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari jeruk nipis yang mempunyai beragam manfaat dan khasiat.Wanita sangat ingin sekali penampilannya dapat bertambah terlihat cantik ketika mepunyai kulit yang cerah maupun wajah bebas dari kulit berminyak, bibir merah dan rambut yang hitam lebat mempesona. Dimana semua itu dapat diperoleh dari beberapa manfaat dan khasiat jeruk nipis yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Jeruk nipis memiliki rasa yang cukup khas, yaitu rasa asam, dibalik rasa asam ini terkandung banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari khasiat jeruk nipis ini, diantaranya untuk diet dan obat batuk herbal. Banyak sekali orang yang melakukan program diet dengan cara meminum obat kimia atau pun makanan yang sudah ditentukan porsi nya. Program diet memang terbilang susah susah gampang, pasalnya banyak orang yang berhasil dengan program diet nya, dan tidak sedikit pula yang mengalami kegagalan dalam program diet nya. Banyak faktor yang memengaruhi kegagalan dari program diet tersebut, diantaranya pemilihan makanan atau minuman yang bisa merusak program diet itu sendiri.

Pemilihan minuman yang tepat seperti minuman sari jeruk nipis merupakan pilihan minuman untuk program diet yang cukup tepat, karena kandungan senyawa seperti vitamin C, potasium dan kalium yang ada dalam jeruk nipis merupakan satu kesatuan zat yang dapat membantu keberhasilan program diet anda, karena jeruk nipis dapat mempercepat proses pembuangan lemak dalam tubuh anda. Selain itu jeruk nipis juga mengandung zat limonin yang bermanfaat untuk mencegah sel sel pada organ hati untuk memproduksi zat apo B, yang kuat hubungan nya dengan kadar kolesterol di dalam tubuh kita. Selain membantu proses pembuangan lemak dalam tubuh dan menunjang program diet anda, jeruk nipis pun memiliki manfaat lain sebagai obat batuk herbal yang sudah dipercaya cukup efektif dalam mengobati batuk.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah :

Dan tahukah anda, jeruk nipis dengan bentuk buah yang kecil ini ternyata juga dapat digunakan untuk kecantikan wajah. Dimana sangat baik sekali menggunakan jeruk nipis untuk wajah anda. Nah, apakah sebenarnya manfaat jeruk nipis untuk wajah? Berikut ini adalah ulasannya:

1). Manfaat jeruk nipis membantu mengurangi jerawat
Seringkali jerawat muncul pada wajah anda. Kotoran yang menyumbat pori pori pada wajah adalah penyebab munculnya jerawat ini. Anda bisa menghilangkan jerawat di wajah dengan menggunakan jeruk nipis. Sebab kandungan nutrisi yang terdapat dalam jeruk nipis sangat ampuh untuk mengobati jerawat. Caranya adalah dengan mengiris jeruk nipis terlebih dahulu kemudian peras dan ambil airnya. Oleskan pada wajah anda yang berjerawat dan kemudian diamkan beberapa saat. Setelah kering,kemudian segera bilas menggunakan air dingin. Pada awalnya memang terasa perih saat mengoleskan air jeruk nipis pada wajah anda. Tapi jangan khawatir setelah itu perlahan jerawat anda akan menghilang.

2). Manfaat jeruk nipis untuk mencerahkan wajah

Manfaat dari jeruk nipis selain untuk mengurangi jerawat adalah juga bisa bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Anda bisa menggunakan cara ini, jika anda tidak suka menggunakan kosmetik atau bahan apapun selain bahan alami untuk wajah anda. Dalam menggunakan jeruk nipis untuk mencerahkan wajah tidaklah mengandung efek samping.Cara membuatnya adalah iris jeruk nipis menjadi 2 bagian,kemudian peras dan ambil airnya, lalu campurkan madu hingga tercampur rata. Kemudian oleskan kedua bahan yang sudah tercampur tadi pada wajah anda. Tunggu hingga beberapa saat, sehingga pori pori wajah bisa menyerap khasiat jeruk nipis dan madu bisa maksimal. Agar hasilnya maksimal didapat, maka sebelum mengolesi wajah, tentunya bersihkan wajah anda terlebih dahulus

3). Manfaat jeruk nipis untuk mengusir kulit kusam
Penampilan anda tentunya terganggu dengan adanya wajah yang kusam. Namun jangan khawatir, jeruk nipis juga ternyata dapat membantu mengusir kulit wajah yang kusam. Sebab jeruk nipis sangat berguna untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah yang membuat kusam dan menghilangkan kotoran pada pori pori wajah agar wajah anda kembali menjadi bersinar cerah. Noda bekas jerawat juga bisa hilang dengan menggunakan jeruk nipis ini. Cara menggunakannya cukup mudah, hanya dengan memeras jeruk nipis dan diambil airnya lalu mengoleskan airnya ke seluruh wajah anda. Setelah mengoleskannya dan tunggu beberapa menit, lalau anda bisa kemudian mengupasnya dengan kapas.

4). Manfaat jeruk nipis tidak hanya bisa digunakan untuk wanita
Manfaat dan khasiat dari jeruk nipis juga bisa digunakan oleh pria bukan hanya wanita saja. Untuk wajah yang kusam para pria juga bisa mencoba menggunakan khasiat dari perasan air jeruk nipis ini. Sebab minyak pada wajah pria juga dapat dikurangi dengan pemakaian olesan air jeruk nipis secara teratur. Selain itu jeruk nipis juga dapat memberikan rasa segar pada kulit wajah pria. Anda bisa mencoba melakukan tips ini jika anda seorang pria. Lakukan perawatan wajah ini minimal 3 kali seminggu, dan setelah itu anda bisa melihat hasilnya pada kulit wajah anda.

Baca juga : Manfaat masker putih telur untuk wajah berjerawat.

Bagaimana cara membuat masker jeruk nipis?

Anda hanya perlu menyiapkan beberapa buah jeruk nipis yang masih segar untuk membuat masker wajah. Anda dapat membeli buah ini di pasar atau memetik langsung dari pohonnya. Cara membuat masker wajahnya adalah dengan mempersiapakan jeruk, kemudian potong menjadi dua bagian dan tekan sampai airnya keluar. Oleskan pada bagian kulit wajah anda secara merata, ingat yang dimanfaatkan adalah airnya!!, bukan dengan menggosokkan langsung beserta buahnya ke kulit wajah. Lalu selama 30 menit diamkan agar khasiatnya meresap pada pori pori kulit wajah. Setelah 30 menit kemudian basuh muka anda dengan air bersih.

Perubahan wajah anda akan lebih cerah dan terlihat berbeda dari sebelumnya. Dan lakukan terus cara ini secara teratur agar didapatkan hasil yang maksimal dan tahan lama. Satu hal yang pasti, tidak ada efek samping dari penggunaan manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk kecantikan kulit wajah anda agar terlihat kencang,mulus, cerahdan bebas dari jerawat.

Manfaat jeruk nipis untuk diet :

Ketika mendengar kata diet, apa yang ada di benak anda? Apakah mengurangi porsi makan? Atau dengan tidak makan makanan manis dan menyiksa diri sendiri? Ada beberapa yang benar dari pengertian diet tersebut, yaitu mengurangi porsi makan namun intensitas makan tetap dan melakukan pemilihan asupan menu makanan. Jadi tidak sembarang makanan yang berlemak akan dimakan. Dan tentunya akan merubah pola makan menjadi teratur dan lebih sehat. Dan harus membatasi makan makanan yang manis dan mengandung gula berlebih, karena efek yang ditimbulkan selain menjadi gemuk juga akan membuat tubuh rentan terkena berbagai penyakit seperti diabetes dan penyakit komplikasinya jika terlalu gemuk. Dan diet jangan sampai menggunakan obat pelangsing yang ekstrim, bisa menggunakan bahan alami seperti jeruk nipis yang bisa membantu anda dalam mengendalikan berat badan.

Dalam melakukan program diet mungkin akan terjadi pengurangan asupan nutrisi dalam tubuh kita, nah manfaat sehat jeruk nipis untuk diet ini memiliki peranan penting bagi tubuh untuk menunjang program diet yang anda lakukan. Adapun cara penggunaan jeruk nipis ini yaitu dengan membuat air sari jeruk nipis, cara pembuatan nya yaitu ambil 1-3 buah jeruk nipis segar, belah menjadi dua bagian. Setelah itu peras jeruk nipis ini dengan menggunakan alat pemeras atau bisa memeras langsung yang tentunya di tadahi menggunakan saringan teh agar biji dari jeruk nipis tidak ikut terbawa. Siapkan kurang lebih 1 gelas air hangat atau bisa menggunakan air dingin dan campur kan sari jeruk nipis tadi ke dalam gelas. Aduk campuran ini dan minum segera untuk mendapatkan khasiat nya. Berbagai khasiat dari air sari jeruk nipis ini antara lain :

5.Meningkatkan daya tahan tubuh

Asupan nutrisi yang berkurang pada saat menjalani program diet, mungkin akan memengaruhi daya tahan tubuh anda. biasanya dalam melakukan program diet akan terjadi pengurangan makanan yang biasa di konsumsi, hal ini lah yang memengaruhi berkurangnya asupan nutrisi dalam tubuh. Sebagai penunjang dalam meningkatkan daya tahan tubuh asupan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis akan mencukupi kebutuhan vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh anda tetap kuat.

6.Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang lancar akan memengaruhi proses pembakaran lemak dalam tubuh sehingga baik untuk mendukung program diet anda. nah minuman sari jeruk nipis yang dicampurkan dengan air hangat baik diminum setelah makan, karena zat dalam minuman tersebut akan merangsang proses pencernaan dan mengaktifkan nya. Hal ini cukup baik karena akan mempercepat proses pembakaran lemak dan penurunan berat badan anda.

7.Detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh

Keunggulan jeruk nipis untuk membantu program diet dibandingkan dari buah buahan lain yaitu jeruk nipis mempunyai khasiat sebagai detoksifikasi atau membuang racun berbahaya dalam tubuh sehingga menjadikan tubuh anda lebih sehat dan fit. Untuk alasan tersebut minumlah air jeruk nipis atau olahan lain yang terbuat dari jeruk nipis sebagai minuman wajib yang harus diminum pada anda yang sedang melakukan program diet.

8.Mencegah sembelit

Minuman sari jeruk nipis hangat yang diminum setelah makan dapat membantu mengaktifkan proses pencernaan dan dapat melancarkan gerakan usus anda untuk melakukan pencernaan, sehingga dapat menghindari anda dari gangguan sistem pencernaan seperti wasir atau sembelit.

9.Membantu menurunkan berat badan lebih cepat

Secara umum program diet dilakukan dengan mengurangi porsi makan seperti biasanya. Akan tetapi pengurangan porsi makan saja tidak cukup karena jika tidak didukung dengan minuman yang dapat membantu program diet anda, maka penurunan berat badan akan terjadi dalam waktu yang lebih lama. Minuman sari jeruk nipis hangat dapat mempercepat penurunan berat badan, karena dengan meminum air jeruk nipis akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga berat badan anda akan lebih cepat berkurang.

Khasiat jeruk nipis untuk diet :

Vitamin C banyak terkandung dalam jeruk nipis bahkan lebih banyak dari jeruk biasa. Dimana vitamin C mampu membantu tubuh untuk membakar lemak menjadi sumber energi dan mampu membantu tubuh menyerap kalsium dari sel sel lemak. Oleh sebab itu untuk mengurangi tumpukanlemak pada tubuh, vitamin C sangat baik untuk dikonsumsi.Pada jeruk nipis juga terdapat kandungan yang berguna untuk mencegah hati memproduksi senyawa yang dapat mengakibatkan kadar kolesterol naik. Dan jika metabolism naik, maka akan dapat mengganggu system kerja metabolism yang akan berakibat pada penimbunan lemak.

Dikarenakan kandungan asam sitratnya yang tinggi, maka jeruk nipis dapat bermanfaat untuk diet. Asam sitrat dapat berfungsi untuk melancarkan pencernaan,sehingga buang air besar anda lebih lancar. Dan inilah kuncinya yaitu perut buncit bisa dikesilkan jika buang air besar anda lancar setiap hari. Penyerapan gula dalam tubuh juga dapat terkurangi karena tingkat keasaman asam sitrat yang tinggi pada jeruk tersebut. Apabila kadar gula darah darah tinggi maka rentan sekali tubuh terkena penyakitdiabetes. Sedangkan penyakit diabetes tersebut, pada umumnya berawal dari kondisi kelebihan berat badan / obesitas. Oleh karena itu jeruk nipis baik sekali mencegah penyakit diabetes.

Bagaimana jus jeruk nipis dapat menurunkan berat badan?

Karena kandungan asam nitrat dari jeruk nipis yang sangat kaya, jadi apabila masuk ke tubuh dapat membantu melancarkan system pencernan anda. Dan asam sitrat ini berinteraksi dengan asam asam lain, serta enzim di perut untuk menghasilkan sistem pencernaan yang sehat.

Tingkat keasaman yang tinggi membantu mengurangi penyerapan gula dari makanan yang anda konsumsi. Telah dibuktikan para ahli, dimana mereka yang setiap hari mengkonsumsi jus jeruk nipis segar lebih jarang mengalami pertambahan berat badan. Dan secara tidak langsung maka dapat mengontrol diet anda.

Dan menurut para ahli, jeruk nipis dapat membantu menetralisir racun serta mendongkrak metabolism tubuh. Dan bagi anda yang sedang berusaha menurunkan kadar lemak dalam tubuh, maka hal ini sangatlah berguna.

Baca juga : Manfaat teh hijau untuk kecantikan,kesehatan & diet.

Menurunkan berat badan dengan jeruk nipis :

Anda dapat menurunkan berat badan dengan memanfaatkan khasiat dan manfaat jeruk nipis yang luar biasa. Mengkonsumsi jeruk nipis bisa dikonsumsi dengan bahan alami lainnya, atau hanya dengan jeruk nipis saja dibuat jus. Salah satu cara untuk memanfaatkan jeruk nipis adalah dengan mencampurkannya dengan madu murni dan resep yang digunakan adalah
Bahan:
  • 2 sendok teh air perasan air jeruk nipis atau kira-kira 1 hingga 2 buah jeruk nipis
  • 1 sendok teh madu
  • Air hangat matang
Cara membuat jeruk nipis untuk menurunkan berat badan:
Campur semua bahan perasan air jeruk nipis dengan madu menggunakan air hangat dan kemudian minum setelah bangun tidur setiap hari. Dan bisa mengurangi penyerapan lemak dan gula oleh tubuh jika meminum air jeruk nipis sebelum waktu sarapan, sehingga berat badan anda akan berangsur turun. Dengan meminum seara rutin air jeruk nipis yang dipadukan dengan madu, maka system pertahanan sel sel dalam tubuh bisa ditingkatkan. Sehingga akan berpengaruh terhadap penurunan berat badan anda. Untuk mengurangi rasa asam pada jeruk nipis,maka madu adalah bahan tambahannya yang bisa dicampurkan. Dan kenapa lebih madu untuk campurannya? Karena madu mempunyai tingkat kemanisan yang lebih tinggi dibandingkan dengan gula, namun lebih sedikit kalorinya.

Bisa dicampur juga jeruk nipis dengan teh tanpa gula. Teh yang dicampur dengan jeruk nipis bisa lebih bermanfaat bagi tubuh karena tidak ditambahkan dengan gula yang mempunyai kolesterol tinggi. Dan minuman jeruk nipis sebaiknya diminum sebelum makan, atau bisa dibuat jus jeruk nipis agar lebih segar, yang bertujuan agar tubuh tidak dapat menyerap lemak secara berlebihan. Bagi anda jika memiliki pencernaan bagus, maka bisa mengkonsumsi jeruk nipis 2 kali sehari yaitu pada pagi hari dan malam hari. Namun bagi anda penderita maag hal ini tidak disarankan.

Tentunya memanfaatkan jeruk nipis untuk diet, akan jauh lebih baik disertai dengan pengaturan pola makan yang sehat. Untuk menjalankan aktivitas sehari hari, maka sarapan pagi wajib anda lakukan. Dan untuk porsi makan siang dan malam, ada baiknya tetap anda lakukan namun dengan porsi yang lebih sedikit dari sarapan pagi. Aktifitas berolah raga juga wajib anda lakukan agar diet anda cepat menunjukkan hasil, karena akan lebih membantu pembakaran lemak metabolism dalam tubuh. Cukup anda luangkan waktu kurang lebih 30 menit saja, dan 3 kali dalam seminggu untuk melakukan olahraga kecil seperti jogging. Dan ditambah dengan mengkonsumsi jus jeruk nipis sebelum makan agar hasil yang didapat lebih maksimal daripada anda mengkonsumsi obat obatan yang sangat beresiko merusak kesehatan tubuh.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut :

Jika anda kurang suka meminum asamnya jeruk nipis, maka anda bisa mendapatkan manfaat lain dari jeruk nipis yaitu untuk rambut anda. Sejak jaman dahulu kala jeruk nipis dikenal sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Kandungan vitamin C dan zat besi yang terkandung dalam jeruk nipis menjadi pertimbangan kenapa banyak sekali produk perawatan rambut yang terbuat dari berbahan dasar jeruk nipis.Anda mungkin tidak menyadari selama ini, bahwa produk perawatan rambut yang anda pakai berasal dari sari jeruk nipis. Tentunya menggunakan bahan alami yang langsung digunakan untuk perawatan rambut lebih baik daripada telah diolah dan ditambahkan bahan bahan pengawet dan campuran seperti produk kecantikan dan perawatan rambut saat ini.

Bila rambut kusam menghampiri anda atau menginginkan rambut berkilau secara alami,maka anda bisa menggunakan kondisioner alami yaitu jeruk nipis yang sangat mudah ditemukan dan digunakan. Jeruk nipis atau lemon dipercaya dapat mengatasi rambut kusam akibat paparan terik sinar matahari ketika anda sedang beraktivitas di luar rumah. Manfaat jeruk nipis untuk rambut ini dapat anda lakukan dengan perawatan seminggu sekali atau seminggu dua kali saat anda sedang luang. Lalu bagaimana jika perawatan rambut dengan jeruk nipis dilakukan setiap hari? Bukankah hal tersebut lebih baik? Sebenarnya menggunakan jeruk nipis untuk perawatan rambut tidak dianjurkan setiap hari, karena kadar pH dalam jeruk nipis sangat tinggi. Untuk itulah disarankan cukup melakukannya seminggu sekali atau dua kali saja.

Apa manfaat jeruk nipis untuk rambut wanita?

Selain sebagai kondisioner alami, kandungan antiseptik juga terdapat pada jeruk nipis, dimana kandungan tersebut berguna untuk mengatasi segalabentuk kotoran yang mengganggu penampilan rambut anda. Berbagai bentuk bakteri yang bisa disebabkan oleh banyak hal diperangi oleh antipeptik yang selalu aktif ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat lain yang didapat saat menggunakan jeruk nipis sebagai perawatan rambut anda.

10). Sebagai bahan merawat rambut secara alami

Salah satu permasalahan rambut yang diakibatkan oleh sekresi minyak yang berlebihan adalah rambut berminyak. Tanda dari sekresi minyak yang berlebihan ini adalah rambut yang lengket, kusan dan juga berminyak. Manfaat jeruk nipis untuk rambut yang lengket bisa anda dapatkan yaitu dengan cara menggosokkan irisan jeruk nipis dalam beberapa menit, kemudian lanjutkan dengan membilasnya dengan air bersih. Cara ini adalah cara yang mudah dan sederhana untuk mengatasi rambut lengket anda. Car lain yang bisa digunakan yaitu peras jeruk nipis hingga keluar airnya, kemudian perasan air tersebut dicampurkan ke dalam air yang digunakan untuk membilas rambut anda.

11). Jeruk nipis membantu menghilangkan ketombe anda
Maslah yang paling umum dialmi oleh rambut adalah ketombe. Jika kita kurang menjaga kebersihan rambut, bisa dipastikan ketombe akan menyerang pada kulit kepala rambut. Ketombe sendiri berarti kondisi dimana terjadinya pengelupasan pada kulit kepala yang cukup banyak, sehingga akan muncul noda putih di rambut anda.Inilah yang menjadi sebab kenapa banyak produk shampoo yang menggunakan jeruk nipis sebagai bahan dasarnya untuk menghilangkan ketombe. Bagi anda yang ingin menghilangkan ketombe secara alami langsung tanpa produk shampoo, maka anda bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi permasalahan pada kulit kepala anda. Karena terdpat kandungan asam sitrak pada jeruk ,maka banyak yang menggunakan manfaat dari jeruk nipis ini untuk menghilangkan ketombe. Dimana bahan alami yang sangat efektif untuk menyingkirkan ketombe adalah asam sitrat ini.Cara menggunakan jeruk untuk membantu menghilangkan ketombe adalah dengan menggosokkan langsung irisan jeruk nipis pada kepala, dimana sebelumnya menambahkan terlebih dahulu minyak zaitun atau minyak almond pada satu sampai dua sendok jeruk nipis yang dicampur air.

12). Jeruk nipis berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut
Salah satu gangguan rambut yang sangat ekstrim mengganggu penampilan adalah kebotakan dan kerontokan rambut. Banyak cara yang sudah digunakan oleh kebanyakan orang agar rambutnya dapat tumbuh kembali dan terhindar dari kebotakan. Sebenarnya dengan menggunakan jeruk nipis dapat mengatasi hal tersebut, dimana manfaat jeruk nipis dipercaya dapat mengatasi kebotakan karena mempunyai kandungan viamin C yang tinggi. Cara menggunakan jeruk nipis untuk terhindar dari kebotakan adalah dengan melakukan pijat kepala menggunakan jeruk nipis yang langsung digosokkan pada kulit kepala yang mengalami kebotakan.

13). Jeruk nipis membuat rambut anda berkilau secara alami
Bagi seorang wanita rambut yang berkilau merupakan rambut yang sanat didambakan. Namun seringkali rambut menjadi kurang bersinar dan terang dikarenakan terkena terik sinar matahari yang berlebihan. Anda bisa menambahkan madu dan minyak zaitun untuk memperoleh hasil yang maksimal agar membuat rambut anda berkilau cerah kembali.

14). Mencerahkan warna rambut secara alami

Keinginan seorang wanita memiliki rambut yang cerah dan berkilau rela akan melakukan apa saja, termasuk salah dalam melakukan perawatan rambut sehingga justru membuat rambut menjadi kusam dan rusak. Banyak yang menggunakan pewarna rambut untuk mendapatkan hasil yang instan rambut berkilau dan menarik.Namun bagi anda yang ingin mendapatkan rambut cerah alami tanpa menggunakan pewarna rambut, maka menggunakan jeruk nipis adalah solusinya. Maka gunakan jeruk nipis secara teratur agar anda mendapatkan warna rambut yang cerah dan berkilau.

15). Meluruskan rambut secara alami

Seringkali rambut yang bergelombang membuat penampilan seseorang menjadi kurang menarik dan terkesan kusut. Kesan kurang terawatt juga akan terlihat apabila rambut anda bergelombang dan tidak lurus. Gunakan manfaat dari jeruk nipis yang selain berkhasiat menghilangkan rambut berminyak,mencerahkan rambut juga berfungsi meluruskan rambut yang bergelombang. Anda bisa melakuakn perawatan ini dengan mudah tanpa perlu pergi ke salon. Cara menggunakan jeruk nipis untuk meluruskan rambut yang bergelombang adalah sebagai berikut. Gunakan satu jeruk nipis dengan dua cangkir santan, sua sendok bubuk garut dan dua sendok minyak kelapa. Dengan air kecil rebus semua bahan tersebut, dan setelah cukup hangat maka digunakan pada rambut anda dengan menggunakan sisir. Sisir rambut secara menyeluruh kemudian diamkan kurang lebih satu jam agar mendapatkan hasil yang maksimal. Gunakan kerudung kepala, apabila anda mempunyainya yang bertujuan agar selama perawatan dalam 1 jam uap panas dapat terjaga. Ketika sudah cukup waktunya, kemudian bilas rambut anda menggunakan air bersih.

Baca juga : Manfaat kulit manggis mastin untuk kesehatan & kecantikan.

Catatan dalam menggunakan jeruk nipis:

Hal yang menjadi catatan adalah perhatikan lagi kandungan pH yang cukup tinggi pada jeruk nipis. Sehingga bisa membuat kulit kepala anda menjadi kering. Jadi sangat dianjurkan dalam menggunakan jeruk nipis untuk perawatan ,jangan menggunakannya setiap hari. Seminggu 1 kali dan maksimal menggunakannya 2 kali sudah cukup jangan terlalu over.

Manfaat jeruk nipis untuk bibir :

Jeruk nipis mempunyai banyak manfaat dan khasiatnya, diantaranya dapat bermanfaat untuk mengobati penyakit batuk, bermanfaat untuk wajah dan kecantikan, bermanfaat untuk rambut, dan bermanfaat juga untuk bibir. Manfaat jeruk nipis bagi bibir mungkin hanya sedikit yang tahu tentang hal ini. Memiliki bibir yang merah dan menawan adalah dambaan bagi setiap wanita, terkadang justru jalan pintas yang diambil seperti suntik silicon dan operasi plastic demi mendapatkan bibir yang dikehendaki. Namun sebenarnya mempunyai bibir yang eksotis dan merah saja sebenarnya sudah lebih dari cukup, dan hal ini bisa anda dapatkan dengan khasiat dari jeruk nipis untuk mencerahkan bibir anda.

16).Dapat berguna untuk membantu mencerahkan bibir
Lakukan beberapa langkah untuk memutihkan bibir alami dengan menggunakan jeruk nipis adalah sebagai berikut ini,
  1. Siapkan beberapa wadah atau mangkuk kecil, 1 buah jeruk nipis dan satu sendok makan madu murni.
  2. Belah jeruk nipis menjadi 2 bagian lalu peras airnya pada wajah dan campur dengan madu murni.
  3. Kemudian bersihkan bibir terlebih dahulu dengan air bersih agar kotoran-kotoran yang menempel pada bibir hilang.
  4. Lalu keringkan bibir dengan waslap yang bersih.
  5. Campuran ke dua bahan tersebut pada bibir secara merata dengan memijat kecil bibir kurang lebih sekitar 3 hingga 5 menit. Bertujuan agar membuat nutrisi yang ada pada ke dua campuran bahan tersebut meresap ke dalam bibir.
  6. Lakukan minimal 2 kali seminggu secara rutin untuk hasil yang maksimal.
Pada dasarnya jeruk nipis mengandung banyak vitamin C, sehingga sangat baik untuk pembentukan produksi melamin baru pada bibir, dan mengingkatkan kolagen. Sehingga bibir yang berkerut dapat dikencangkn kembali, serta vitamin C yang terkandung dapat meminimalkan hyperpigmention yag disebabkan oleh teriknya sinar matahari. Untuk itulah kenapa jeruk nipis dapat mencerahkan bibir anda dan memerahkan bibir secara alami.

Dapat juga menggunakan campuran madu dan jeruk nipis untuk memerahkan bibir anda. Sebab manfaat madu sudah banyak diketahui karena memliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan bibir. Di dalam cream madu dan jeruk nipis dapat membantu mencerahkan bibir anda dan memerahkan bibir dan juga berguna untuk menjaga agar bibir tetap lembab.

Baca juga : Cara Menghilangkan Minyak di Wajah Secara Alami,Permanen,Cepat!

Manfaat Sehat Jeruk Nipis Sebagai Obat Batuk Herbal

Penggunaan jeruk nipis sebagai obat batuk biasa ditambahkan bahan lain seperti madu, gula atau pun kecap. Ke semua campuran tersebut hanya untuk menetalkan rasa asam dari jeruk nipis sehingga nyaman untuk anda minum, jadi terserah anda untuk menggunakan salah satu campuran yang sudah saya sebutkan tadi. Di bawah ini akan saya berikan resep membuat obat batuk dari jeruk nipis yang bisa anda gunakan untuk mengambil manfaat sehat dari jeruk nipis sebagai obat batuk herbal, berikut ulasan se lengkapnya.

18).Jeruk nipis dan kecap

Untuk mengurangi rasa asam dari jeruk nipis anda bisa menggunakan kecap sebagai campuran nya, ambil 1 buah jeruk nipis segar kemudian belah menjadi dua bagian lalu peras dan ambil airnya. Tambahkan kecap manis sebanyak 1 sendok makan aduk kemudian minum ramuan ini sebanyak 2-3 kali sehari hingga batuk yang anda rasakan benar benar reda. Cara ini sudah lazim digunakan oleh banyak orang dan terbukti efektif mengobati batuk.

19).Jeruk nipis dan madu

Penggunaan madu dalam campuran ramuan jeruk nipis ini memang lebih berkhasiat pasalnya, madu mengandung banyak sekali zat yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh kita salah satunya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cara yang digunakan sama dengan cara di atas, hanya bedanya kita menambahkan 1-2 sendok makan madu sebagai campuran nya. Mungkin ada sebagian yang menyarankan untuk memanaskan terlebih dahulu jeruk nipis yang akan digunakan sebagai obat batuk, saya rasa cara ini kurang baik, karena jika jeruk nipis dipanaskan terlebih dahulu akan merusak kandungan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis tersebut. Sifat dari vitamin C memang mudah rusak pada suhu yang tinggi, sebab itu gunakan jeruk nipis yang segar untuk membuat ramuan obat batuk herbal.

20).Jeruk nipis dan gula

Sekali lagi saya tekankan penggunaan campuran ini hanya bersifat menetral kan rasa asam pada jeruk nipis sehingga lebih enak di konsumsi. Selain kedua campuran diatas anda juga bisa menggunakan gula sebagai campuran dalam mengkonsumsi air jeruk nipis sebagai obat batuk.

1001 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Wajah,Diet,Rambut & Bibir | Unknown | 5