7 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Saat Tidur



Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Saat Tidur

Penyebab hidung tersumbat :

Kenali penyebab hidung tersumbat pada bayi, sebab faktanya bayi tidak bisa secara optimal bernafas lewat mulut. Dapat menjadi masalah yang serius hidung tersumbat tersebut, terutama selama menyusui. Penyebab paling sering hidung ersumbat pada bayi adalah ingus atau lender, sehingga anda harus membersihkan lendir melalui cara yang efektif dan aman.

Biasanya pada bayi, hidung tersumbat juga menjadi cirri gejala awal dari influenza atau flu. Pada momen seperti ini, biasanya hidung bayi banyak mengandung lendir. Tapi dikarenakan udara yang masuk dan keluar melalui hidung, maka di dalam hidung ingus menjadi kering. Dan hal ini yang menyebabkan menutup dan menyumbat saluran pernafasan pada hidung bayi tersebut. Saat itulah bayi sulit bernafas dikarenakan hidung yang tersumbat ingus.

Bayi akan merasa sangat tersiksa disaat hidungnya tersumbat. Untuk tidur pun tidak bisa dan cenderung rewel menangis, dan untuk menyusu kepada sang ibu pun juga sangat sulit bernafas. Untuk itulah pentingnya membersihkan lendir yangada dalam hidung bayi.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi  1 - 9 bulan:

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan hidung yang tersumbat pada bayi anda. Tentunya anda harus hati hati dalam melakukan berbagai upaya yang menyangkut organ bayi karena masih sangat sensitive.

1).Larutan garam
Cara pertama untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan menggunakan larutan garam. Sejak dulu, air garam dipercaya dapat mencairkan ingus, memperlancar sumbatan pada hidung serta mengembalikankelembapan alami selaput bagian dalam hidung. Cara menggunakannya yaitu larutkan satu sendok teh garam, ke dalam setengah gelas air hangat. Ambil botol semprotan hidung, atau bisa menggunakan pipet bayi dan masukkan larutan tersebut ke dalamnya. Sebanyak dua kali teteskan ke pada kedua hidung bayi. Lakukan minimal 3 kali sehari cara ini. Maka lebih mudah untuk dikeluarkan pada nantinya lendir dan ingus tersebut.

2).Penguapan alami
Cara untuk mengatasi hidung yang tersumbat pada bayi yang kedua adalah dengan cara penguapan atau inhalasi. Anda bisa melakukan penguapan alami di rumah, dengan caranya yaitu memberikan uap panas yang telah ditetesi dengan minyak telon. Mudah sekali caranya, dengan meletakkan ember kecil berisi air panas yang sudah ditetesi minyak telon pada pojok kamar. Biarkan bayi enghirup uap panas tersebut, sebab dapat melegakan hidungnya yang tersumbat. Dan bisa juga ibu menggendong bayi dengan posisi telungkup di atas kedua tangan, dan posisikan wajah bayi berada di atas ember penguapan untuk membantu bayi menghirup uap hangat.

3).Hangatkan bayi
Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi selanjutnya adalah dengan memberikan rasa hangat saat hidung tersumbat. Hal itu bertujuan agar melegakan pernapasan pada bayi dan memberikan rasanyaman. Caranya adalah ibu bisa memandikan bayi dengan air hangat, kemudian pada saat pagi hari menjemur bayi yang bertujuan agar mendapatkan sinar matahari pagi yang sangat baik pagi bayi danmampu melegakan sumbatan pada hidung bayi tersebut.

Ada baiknya ibu mengatur suhu AC sesuai suhu ruangan saat tidur. Karena hidung bayi yang tersumbat akan terbantu dengan suhu AC yang rendah dan tidak terlalu dingin. Sebelum tidur, bisa juga anda baluskan olesan balsam khusus kepada bayi pada area dada dan punggung sambil dipijat lembut.

4).Pijat hidung bayi
Cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi berikutnya biasa anda coba dengan melakukan pijat hidung bayi. Caranya pada daerah T (atas hidung dan alis) berikan pijatan lembut dengan tekanan yang ringan, dengan menggunakan olesan minyak telon agar membantu melegakan hidung bayi yang tersumbat. Agar lendir dapat keluar, maka berikan tekanan lembut dengan menggunakan cotton bud atau sapu tangan ke sekitar lubang hidung bayi. Tapi wajib anda ingat,saat memasukkan cotton bud jangan terlalu dalam.

5).Atur posisi tidur
Dengan mengatur posisi tidur bayi, dapat juga digunakan sebagai cara untuk mengatasi hidung yang tersumbat pada bayi dan membantu melegakan pernapasannya. Caranya adalah dengan posisi miring tidurkan si bayi, karena terbukti efektif bila yang tersumbat sebelah (bukan kedua lubang hidungnya). Jadi jika yang tersumbat adalah hidung sebelah kiri, maka ibu bisa memiringkan posisi bayi menghadap ke kanan, begitu juga sebaliknya. Usahakan posisi kepala lebih tinggi dari badannya dengan memakai bantal saat hidung bayi tersumbat.

6).Penyedot ingus
Cara yang juga bisa anda lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi adalah dengan menggunakan penyedot ingus (nasal aspirator) khusus bayi. Di apotik biasanya penyedot ingus bayi ini dijual. Bentuknya botol karet kecil dengan ujung plastic yang berfungsi sebagai penyedot. Sebaiknya bagian ujung plastik yang berfungsi sebagai penyedot dibersihkan terlebih dahulu dengan kapas atau kain kasa yang sudah diolesi alcohol 70%. Ingat ketika memasukkan penyedot ingusnya jangan terlalu dalam dan lakukan juga dengan hati hati agar tidak terjadi iritasi pada hidung bayi. Jadi,sangat tidak disarankan menyedot ingus bayi dengan menggunakan mulut,karena bisa menyebabkan bakteri masuk ke dalam hidung bayi.

7).Tetes larutan saline

Cara mengatasi hidung yang tersumbat pada bayi yang terakhir bisa juga anda menggunakan tetes larutan saline. Dimana larutan saline ini bisa anda dapatkan dnegan mudah di apotek. Dan jika tidak tersedia, maka anda bisa membuatnya sendiri dengan mudah. Caranya yaitu masukkan ke dalam botol semprotan (tetes) hidung ¼ sendok the garam dengan ½ cangkir air hangat.

Baca juga : Cara ampuh menghilangkan biang keringat pada bayi dengan obat herbal alami.

Tempatkan bayi pada permukaan yang datar,kemudian tetesi lubang hidung bayi sebanyak 2 tetes kecil. Dan bisa anda gunakan paling tidak tiga kali sehari., dan hidung bayi yang tersumbat dapat teratasi. Sebab larutan garam (NaC1) dapat mengencerkan ingus dan memulihkan kelembapan alami pada lapisan hidung paling dalam.

7 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi Saat Tidur | Unknown | 5