6 Vitamin Tepat Untuk Ibu Hamil Muda,Trimester Kedua & Ketiga



Vitamin Tepat Untuk Ibu Hamil Muda,Trimester Kedua & Ketiga

vitamin untuk ibu hamil muda :

Di saat ibu sedang hamil mengandung memang diperlukan banyak sekali tambahan vitamin guna perkembangan si buah hati dalam kandungan. Akan lebih baik lagi apabila vitamin yang didapatkan oleh ibu hamil adalah masih dalam bentuk buah dan sayuran, dimana masih terkandung banyak sekali nutrisi segar di dalamnya.

Dimana pada saat ibu hamil muda sangat membutuhkan sekali asupan gizi berupa asam volat yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan janin pada trimester pertama. Sebab berperan penting dalam pertumbuhan organ tubuh bayi agar dapat terlahir sempurna dan tanpa cacat atau adanya suatu kelainan dalam bentuk tubuh.

Masa kehamilan merupakan masa-masa butuh perhatian tinggi terhadap ibu hamil, baik nutrisi bergizi bagi ibu hamil maupun asupan vitamin yang harus dikonsumsi. Berikut adalah penjelasan, apa saja vitamin yang harus dikonsumsi selama kehamilan. Seperti yangdibutuhkan berupa vitamin untuk ibu hamil muda, maupun untuk ibu hamil trisemester kedua dan ketiga. Semua vitamin yang dibutuhkan pada dasarnya adalah sama dalam kebutuhan tiap nutrisinya.

1). Asam folat penting untuk ibu hamil
Sangat penting sekali asam folat untuk ibu hamil, karena dapat membantu cacat lahir dapat dicegah yang didikenal dengan sebagai cacat tabung. Sebuah kelainan kongenital yang disebabkan oleh perkembangan abnormal pada tabung syaraf atau struktur embrio yang berkembang menjadi otak dan sumsum tulang belakang merupakan yang dimaksud dengan cacat tabung syarat menurut kamus kesehatan yang ada.

Jadi sebaiknya mengkonsumsi tablet asam folat setiap hari bagi ibu hamil muda sekitra 0-12 minggu agar terjadinya cacat tabung syaraf saat kehamilan dapat dicegah.

Dari sari makanan bisa didapat asam folat seperti sayuran berdaun hijau dan beras merah. Serta pada sereal dan margarin juga terdapat juga. Kebutuhan ibu hamil akan kandungan asama folat yang terdapat pada makanan tidaklah cukup untuk memenuhinya. Maka dari itu, Sebaiknya ibu hamil muda untuk mengkonsumsi asam folat saat hamil dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli kebidanan tentang dosis yang asam folat tepat.

2). Vitamin D wajib dikonsumsi ibu hamil

Vitamin D mengatur jumla kalsium dan fosfat dalam tubuh pada saat kehamilan. Yang bertujuan agar tulang dan gigi terjaga dengan sehat. Selama kehamilan, ibu hamil perlu mengkonsumsi vitamin D agar bayi anda cukup dengan kebutuhan vitamin D nya.

Setiap hari ibu hamil wajib mendapat suplemen vitamin D. Dan juga saat menyusuinya. Sebab bila vitmin kurang didapat pada anak/bayi dapat mengakibatkan penyakit tulang seperti rakhitis yaitu penyakti yang mempengerahu pertumbuhan tulang apda anak anak.

Dalam minyak ikan seperti salmon, mackerel dan sarden, telur dan daging bisa ditemukan vitamin D secara alami. Beberapa sereal, kacang kedelai, beberapa produk susu, susu bubuk dan lemak seperti margarin biasanya ditambahkan vitamin ini oleh beberapa produsen.

Baca juga : Makanan yang dilarang dimakan saat hamil muda dan tua.

3). Ibu hamil butuh zat besi

Zat besi diperlukan ibu hamil. Bila kekurangan zat besi pada masa kehamilan. Lelah, letih, lesu dan pucat dikenal dengan anemia akan dialami oleh anda.Dalam daging bisa didapat dari zat besi, serta bisa didapat di sayuran berdaun hijau, buah kering dan kacang kacangan. Vitamin ini bisa dikonsumsi oleh anda sebagai bagian dari diet seimbang yang sehat kecuali salah satu makan diatas, anda alergi.

Jika dengan mengkonsumsi jenis makanan diatas tidak mencukupi kebutuhan zat besi dalam darah anda. Maka sebaiknya dokter, bidan atau perawat kesehatan anda untuk dihubungi untuk mengkonsultasikan serta resep suplemen zat besi dapat didapat.

4). Ibu hamil perlu Vitamin C
Saat hamil mengkonsumsi vitamin C bermanfaat agar sel sel dapat dilindungi dan agar kesehatan dan kebugaran dapat dijaga. Diet seimbang dengan jenis makan yang mengandung vitamin C yang anda butuhkan seperti buah dan sayuran, termasuk brokoli, buah jeruk, tomat, paprika dan blackcurrant.

Melalui suplemen yang dijual dipasaran bisa mendapatkan kebutuhan vitamin C. Bila belum tercukupi kebutuhan vitamin c melalu buah buah dan sayuran. Sebaiknya konsultasi pada ahli kesehatan anda dengan dosisnya.

5). Ibu hamil butuh kalsium
Untuk suplai pertumbuhan tulang dan gigi bayi anda dengan komsumsi kalsium saat kehamilan sangatlah penting. Melalui produk susu dan ikan dengan tulang yang dapat dimakan seperti sarden (kaya akan kalsium) bisa mendapatkan kalsium ini.

Sumber kalsium lainnya dapat dari sarapan sereal, buah kering, seperti buah ara dan, almond, tahu (protein nabati yang terbuat dari kacang kedelai) dan sayuran berdaun hijau, seperti selada air, brokoli.Bila melalui makanan atau konsumsi sehari sehari tidak mencukupi kebutuhan kalsium, anda juga bisa melalui suplemen yang tersedia di apotik dapat ditambah tapi tentunya dapat saran dokter kebidanan anda dahulu.

Semoga bermanfaat bagi anda yangsedang mencari referensi tentang nutrisi dan itamin ibu hamil dengan uraian tentang 5 jenis vitamin bagi ibu hamil yang wajib dikonsumsi selama kehamilan.Memakan makanan yang kaya akan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil pastilah selalu disarankan oleh dokter bila anda sedang hamil.

Selama masa kehamilan peran vitamin e sangatlah penting. Vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin E, atau alpha tocopherol atau alpha TE sebutan ilmiah yang dikenal. Vitamin E adalah sumper antikoksida yang memiliki kemampuan agar radikal bebas dinetrallisir.

Baca juga : Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil Tua 5,6,7,8,9 bulan.

Pentingnya suplemen vitamin E untuk ibu hamil :

Selama kehamilan dengan vitamin E yang biasanya diabaikan atau dikonsumsi dalam julah minimal, padahal diperlukan. Mengkonsumsi vitamin E oleh ibu hamil sering kali disarankan oleh dokter bila terjadi hal sebagai berikut yaitu
  • Pada tahap akhir kehamilan terjadi komplikasi
  • Saat hamil tekanan darahnya tinggi
  • Sindrom pramenstruasi
  • Sindrom menopause
  • Gejala kanker payudara 

Manfaat mengkonsumsi vitamin E selama kehamilan:

Mengasup vitamin E dalam menu makanan sehari hari bagi ibu hamil. Beberapa manfaat utama dari vitamin E selama kehamilan sebagai berikut :
  1. Sangat baik sebagai zat pengecer darah (membantu agar pembekuan selama dan pasca kehamilan dapat dicegah)
  2. Sistem kekabalan tubuh ibu hamil dan bayi yang sedang tumbuh dalam rahim meningkat.
  3. Selama kehamilan rambuk dan kulit dapat pemberian ekstra kesehatan. Dan membuat lebih segar dan bercahaya rambut dan kulit segar.
  4. Membantu agar infeksi kulit ringan dapat dicegah seperti penyakit kulit kering dan gatal gatal
  5. Bekas luka, jerawat dan keriput hilang secara alami
  6. Sebagai anti penuaan sangat baik, dan mempercepat regenerasi sel kulit sangat baik
  7. Menbantu dalam kondisi kronis seperti kanker dan penyakti alzheimer. Membantu penyakit jantung dapat diatasi.
  8. Untuk pengobatan diabetes terbukti edektif
  9. Membantu agar kelembaban tubuh terjaga.

Resiko mengkonsumsi vitamin E dalam dosis berlebihan pada saat hamil :

Dosis tinggi vitamin E juga dapat mengakibatkan komplikasi selama kehamilan walaupun banyak manfaatnnya. Biasanya mengenai berapa banyak dosis suplemen vitamin e yang harus dikonsumsi tergantung pada masing masing individu akan dianalisa dan direkomendasikan oleh dokter.

Dosis vitamin E yang direkomendasikan:

15 mg perhari adalah dosis vitamin E yang dianjurkan untuk wanita hamil. Bila mulivitamin yang mungkin sudah mengandung vitamin E sudah dikonsumsi oleh anda maka untuk mengkonsumsi dosis tambahan tidak perlu kecuali bila diperlukan oleh anda menurut dokter.

Resiko pendarahan selama kehamilan:

Vitamin E dikonsumsi dalam jumlah banyak untuk mengatasi berbagi kondisi seperti pre eklampsia yang dulu diperbolehkan oleh wanita hamil.
  • Ambang batas konsumsi vitamin E harus tetap dipertahankan menurut konfirmasi penelitian baru baru baru ini dan jangan sampai berlebihan. Bahwa wanita akan berisiko menderita pendarahan karena konsumsi vitamin E dalam dosis tinggi setelah adanya pengamatan klinins yang mengakibatan hal tersebut.
  • Masalah lain bisa terjadi karena over dosis vitamin E seperti mual, sakit kepala, kelelahan dan lain lain.
Sumber makanan yang mengandung vitamin E yang baik untuk ibu hamil:
Selain komponen inti lainnya seperti besi, protein, natrium dan asam folat, vitamin juga diperlukan untuk mendukung perkembangan yang sehat bagi bayi Anda. Termasuk vitamin E.

Terkandung dalam bahan makan berikut ini, vitamin E dalam dosis yang memadai yaitu :
  • Biji Almond mentah
  • Bayam
  • Kol hijau
  • Kacang-kacangan
  • Alpukat
  • Brokoli
  • Pepaya
  • Zaitun
  • Telur
  • Daun Sup
  • Sereal
  • Teh Hijau
  • Kacang kedelai
Untuk mendukung perkembangan bayi yang sehat maka diperlukan vitamin termasuk vitamin E selain komponen inti lainnya seperti zat besi, protein, natrium dan asam folat.

6 Vitamin Tepat Untuk Ibu Hamil Muda,Trimester Kedua & Ketiga | Unknown | 5