Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil Muda,7 bulan,Sungsang & Menurut Islam



Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil Muda,7 bulan,Sungsang & Menurut Islam
Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda ini patut diketahui oleh ibu hamil dan calon ibu hamil. Mengapa ? karena kehamilan yang berusia muda memang rentan sekali mengalami keguguran. Sudah sepatutnya ibu hamil menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat demi pertumbuhan yang baik bagi si janin. Posisi tidur juga bisa mempengaruhi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Karena posisi tidur yang nyaman dan aman untuk ibu hamil muda berpengaruh pada kualitas tidur sang ibu. Kualitas tidur yang baik dapat menjaga kondisi ibu hamil tetap segar dan bugar karena cukupnya waktu istirahat bagi sang ibu. Selain mencukupi asupan nutrisi dan gizi yang baik ibu hamil juga membutuhkan waktu istirahat yang cukup yaitu waktu tidur yang cukup. Selain ketentuan diatas ibu hamil muda juga harus memperhatikan posisi tidur yang baik, hal ini demi menjaga keamanan dan perlindungan untuk si buah hati yang masih rentan di dalam kandungan.

Kehamilan pada trimester pertama atau kehamilan diusia muda yang masih dirasa cukup rentan, banyak ibu- ibu yang bingung menentukan posisi tidur yang baik agar terasa nyaman dan menciptakan waktu tidur yang berkualitas. Pada kehamilan usia muda justru sang ibu jangan terlalu mengkhawatirkan tentang posisi tidur, karena pada masa awal kehamilan ini perut mempunyai proteksi yang cukup baik untuk si janin. Jadi menggunakan posisi tidur seperti apa pun tidak menjadi masalah. Tetapi pada usia kehamilan menginjak bulan- bulan berikutnya di mana akan terjadi perubahan pada perut sang ibu karena pertumbuhan janin yang semakin membesar. Pada masa usia kehamilan berikutnya setelah trimester pertama sebetulnya sang ibu masih bisa menentukan posisi tidur yang diinginkan. Tetapi terkadang karena perubahan yang ada menjadikan sang ibu kurang leluasa untuk menentukan posisi tidur. Berikut beberap posisi tidur yang masih dapat dipilih oleh sang ibu.

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda :

Masih merasa bingung bagi ibu hamil dengan posisi tidur bagaimana? Aman dan nyamankah bayinya merasa nyaman? Bagi ibu hamil ini merupakan salah satu kekhawatiran. Seorang ibu hamil dapat berisitirahat dengan berbagai posisi tidur apapun pada kehamilan trimester pertama karena yang terpenting untuk ibu merasa nyaman.Sebaiknya tidak perlu khawatir bagi ibu bahwa merasa tak nyaman bagi bayi dalam kandungan, karena Tuhan Yang Maha Kuasa telah menciptakan tubuh ibu dengan begitu unik sehingga bayi dalam kandungan dapat diberi perlindungan.Sehingga kekhawatiran bagi ibu hamil yang selama ini muncul dikarenakan posisi tidur sebenarnya tidak perlu anda khawatir berlebihan.

Tak hanya itu juga, tidak pernah merasa tidak nyaman janin dalam kandungan karena janin dalam kandungan posisinya mengapung dalam cairan air ketuban dan ruang tersediri untuk bergerak dengan bebas sudah dimilikinya. Jadi bisa bebas saja untuk posisi tidur ibu hamil, tapi ada juga bagi ibu hamil untuk posisi tidur yang baik, karena juga memberikan dampak kesehatan bagi sang ibu selain nyaman dan aman.

    Telentang
      Tidur dengan posisi telentang ini sangat cocok digunakan untuk ibu hamil muda maupun untuk semua orang, karena dengan posisi tidur telentang akan memberikan rasa nyaman pada saat tidur anda. akan tetapi posisi tidur telentang sangat tidak dianjurkan untuk ibu dengan usia kehamilan memasuki usia 4 bulanan, karena pada usia ini sudah nampak perubahan pada perut sang ibu. Ukuran perut yang semakin membesar seiring dengan pertumbuhan janin, ada baiknya tidak menggunakan posisi tidur telentang karena dalam posisi ini akan membuat beban rahim bertumpu pada bagian belakang tubuh anda termasuk vena cava inverior dan juga pada usus. Hal ini bisa menyebabkan keluhan kesehatan lainnya seperti akan menimbulkan keluhan sakit pinggang, wasir, gangguan pencernaan bahkan bisa berpengaruh terhadap tekanan darah.

        Tengkurap
          Untuk sang ibu dengan usia kehamilan yang masih muda dan ukuran perut yang belum mengalami perubahan yang berarti menggunakan tidur dengan posisi tengkurap ini dirasa masih cukup aman. Akan tetapi perubahan fisik lainnya yang dialami oleh wanita hamil seperti ukuran payudara yang bertambah besar mungkin menjadikan tidur dengan posisi tengkurap ini menjadi kurang nyaman digunakan. Posisi tidur tengkurap juga tidak cukup baik untuk sang ibu dengan usia kehamilan yang sudah cukup besar, karena hal ini bisa mempengaruhi kelancaran peredaran darah yang akan sedikit terganggu antara sang ibu dan janin sehingga bisa menyebabkan rasa mual.

          Posisi tidur miring

            Posisi tidur miring ini memang merupakan posisi paling aman untuk digunakan oleh ibu hamil dan memperoleh beberapa keuntungan dari posisi tidur miring antara lain dapat memperlancar peredaran darah, membuat fungsi ginjal dalam mengeluarkan sisa sisa kotoran menjadi lebih maksimal, dan tidak menimbulkan beberapa risiko yang dapat ditimbulkan seperti kedua posisi tidur di atas. Terkait kelancaran peredaran darah yang ditimbulkan oleh posisi tidur miring ini juga berpengaruh baik pada janin, karena dengan lancar nya peredaran darah berarti akan melancarkan asupan nutrisi bagi janin.

            Posisi tidur miring ke kiri atau pun ke kanan keduanya cukup baik digunakan oleh ibu hamil muda maupun usai kehamilan yang sudah mempengaruhi perubahan atas bentuk perut. Oleh sebab itu gunakan lah posisi tidur miring ini untuk kenyamanan sang ibu dan janin dalam kandungan.

            Baca juga:


            Baca juga : Vitamin untuk ibu hamil muda,trimester kedua & ketiga.

            Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 7 bulan:

            Posisi tidur ibu hamil yang terbaik, tentang posisi tidur yang aman untuk wanita hamil belum ada penelitian lebih lanjut. Posisi tidur miring adalah posisi tidur yang paling nyaman yang mungkin sampai saat ini bila dilakukan survey. Tergantung kondisi ibu untuk miring ke kiri atau ke kanan hanya saja disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri bila usia kehamilan telah memasuki 16 minggu.

            Kaki ke kiri, mengapa? Karena plasenta bayi dalam rahim bisa mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal dengan tidur miring ke kiri. Menjadi tidak terhalang letak pembuluh vena dibagian kanan apabila posisi tidurnya miring kekiri.Menjadi lebih lancar proses metabolisme tubuh pun dan pembengkakan yang terjadi dikaki dapat dikurangi, serta dipergelangan kaki maupun tangan sang ibu pembengkakan pun dapat dikurangi. Bisa juga berganti posisi tidurnya mirign ke kanan bila merasa pegal. Tidak akan berdampak bagi ibu maupun bayi dalam rahim bila tidur dengan posisi miring kekanan.
            Yang terpenting ibu merasa nyaman dan dapat tidur dengan lelap dengan posisi tidur berganti ganti posisi miring ke kanan atau kekiri selama ibu tidur. Tidak perlua kuatir berlebihan bila saat isitirahat malam ternyata ibu terbangun dan mendapati posisi tidurnya telentang. Karena anda tidak sedang mencelakai bayi dan segera berganti posisi dan lanjutkan tidur.Karena memang pada usia kehamilan lanjut, pada malam hari sanga ibu kerap terbangung disertai dengan gejala kontrasi perut, kram, kebelet kencing, bayi yang menendang, yang semakin meningkat setiap saat intesitasnya. Hal tersebut sering terjai makan ibu harus menenangkan dan merilekskan pikiran anda.

            Baca juga : Wajib diketahui makanan yang dilarang dimakan saat hamil muda dan tua.  

            Si ibu semakin sering terbangun di malam hari karena hal ini dan semakin sering posisi tidurnya berubah, karena tidak mungkin terus menerus tidur dalam posisi yang sama selama tidur.Supaya anda merasa lebih nyaman tidur dengan posisi miring, sedikit tips penting untuk ibu hamil dengan cara bantal diletakan saja di antara dengkul dan diantara punggung.

            Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil Muda,7 bulan,Sungsang & Menurut Islam | Unknown | 5