6 Masa Terpenting Sebelum Hamil Yang Wajib Harus Diketahui



Masa Terpenting Sebelum Hamil Yang Wajib Harus Diketahui

Masa penting sebelum hamil :

Pada dasarnya, tubuh perlu dikondisikan menjadi sangat sempurna pada masa ini yang merupakan alasan pada masa prakonsepsi karena sangat penting. Tujuan dari itu adalah agar sehat pada berlangsungnya kehamilan dan akan terjaga kesehatan janin yang tumbuh di dalam rahim.

Apa sajakah yang biasanya terjadi pada masa ini?

1). Bila pilkontrasepsi anda gunakan, maka jenis kontrasepsi lain selama beberapa siklus mesntruasi biasanya akan direkomendasikan, agar kondisi hormone akan dikembalikan ketingkat normal pada system reproduksinya. Agar dokter bisa menentukan masa pembuahan yang tepat dan tanggal persalinan anda dapat diperkirakan maka tindakan ini juga akan dilakukan.

2).Berbagai bakat gangguan kesehatan yang mungkin dimiliki seorang orang pada masa prakopsei ini akan dipantau seperti asma, diabetes, tekanan darah tinggi. Maka akan dikendalikan sebelum terjadi pembuahan dengan obat yang cocok dengan kondisi anda bila ada gangguan kesehatan tersebut.

3). Risiko gangguan yang mungkin dialami janin akan diperkecil (dicegah) pada masa pra-konsepsi ini.Beberapa jenis vaksin mungkin dibutuhkan oleh anda dan kemudian beberapa bulan akan menunggu sebelum disarankan pembuahan. Bila setelah anda berusia 35 tahun merencanakan kehamilan pertama, maka kemungkinan akan diantisipasi oleh dokter pada gangguan kesehatan seperti keguguran, dan risiko kerusakan kromosan.

4).Pada masa prakonsepsi ini, pada umumnya gaya hidup sehat yang tepat akan direkomendasikan oleh dokter agar kemungkinan anda hamil lebih meningkat. Konsidi anda akan dipastikan oleh dokter apakah benar-benar siap untuk pembuahan, sehingga sering kali mungkin diet perlu dilakukan agar berat tubuh anada dipastikan seimbang. Pola hidup akan disesuaikan seperti berhenti untuk merokok, secara teratur berolahraga, makan menu sehat dan stress diminimalisir.

5). Untuk menyiapkan konsepsi yang baik, maka pasangan anda diajak untuk memeriksakan diri kedokter. Karena pada dasarnya kondisi kehamilan yang akan anda jalani akan terpengaruh oleh kesehatan juga gaya hidup pasangan anda.

Pesan utama :
  • Masa yang aman untuk melahirkan pada usia 20 tahun sampai 30 tahun.
  • Risiko kematian bagi bayi tinggi bila jarak antara 2 kelahiran kurang dari 2 tahun. Maka dari itu ikuti keluarga berencana.
  • Bila muncul tanda-tanda kehamilan (berhenti haid), maka periksalah air kencing anda.
  • Sekurang-kurangnya 4 kali selama kehamilan untuk setiap ibu hamil perlu memeriksakan diri secara teratur.
Upayakan menghindari kemungkinan timbulnya masalah dalam kehamilan melalui pemeriksaan 5 T:
  1. Timbang badan.
  2. Tekanan darah.
  3. Tinggi dasar rahim (fundus uteri)
  4. Tablet besi 90 bufir selama hamil.
  5. Tetanus (sunfikan) 2 kali selama hamil.
Apabila ada tanda oedem (bengkak) pada lungkai kaki ada baiknya segera diperiksakan. Di puskemas/rumahsakit untuk mendapatkan pelayanan ini. Atau dengan dokter ahli kandungan/bidan praktek swasta.

Baca juga : Cara mengatasi mual saat hamil muda alami.

lbu hamil perlu:

Keluarga Berencana memberi kepada pasangan suami istri pilihan tentang kapan sebaiknya mempunyai anak, berapa jumlahnya, jarak antara anak yang satu dengan anak berikutnya dan kapan sebaiknya berhenti mempunyai anak.

6).Hal diperlukan bagi ibu hamil adalah
  • Payudara dirawat secara teratur
  • Lebih banyak makan makan bergizi dari biasanya dan istirahat lebih banyak.
Pasangan suami istri pilihan akan diberikan oleh program Keluarga Berenca tentang kapan sebaiknya mempunyai anak, berapa jumlahnya, Jarak antara anak pertama dengan anak yang berikutnya dan kapan sebaiknya untuk berhenti mempunyai anak.

Tes kehamilan:

Food dan Drug Administration mengatur tes kehamilan. Sejak awal pertengahan 1900-an sudah menggunakan tes kehamilan dengan pengujian terhadap katak, tikus dan kelinci. Sekarang, secara bebas telah dijual alat tes kehamilan sehingga privasi dan hasil cepat diberikan dan sejak enam hari setelah pembuahan atau satuhari setelah keterlambatan periode menstruasi sudah mendeteksi kehamilan. Manfaat awal akan diberikan LNI untuk perawatan prenatal yang vital.

Cara kerja alat tes kehamilan :

Dengan dasar pada adanya suatu hormon, human chorionic gona do tropin (HCG) yang dihasilkan wanita hamil setelah pembuahan merupakan system kerja alat tes kehamilan. Cincin, atau "tube agglufionation", terdiri dari sel darah merah prepackaged untuk mendeteksi HCG dalam urin digunakan pada tahun 1970an merupakan alat test pertama yang dilakukan sendiri. Cincin pada bagian bahwa tube untuk hasil positif terindenfikasi. Sekarang sudah jarang digunakan karena alat tes cicin ini sensitive terhadap gerakan dan kesalahan manusia. Saat ini beredar merek merek seperti e.p.t. dan firs response yang didalamnya terkandung antibody monoclonal dimana Adanya HCG dapatterdektesi. Zat yang mengikat hormone kehamilan melapisi molekul yang merupakan anti bodi ini, bila ada, hasil negative atau positif dapat dihasilkan. Suatu formula kimia rahasia sebagai zat pengikat yang digunakan alat tes ini di tiap parbrik yang berbeda. Urine ditampung oleh pemakai dan anti bodi yang ada di dalam kemasan ditaruhnya. Dan alat tes dini dapat diatur dan untuk mengindikasi hasil dengan perubahan warna garis.

Baca juga :  Vitamin untuk ibu hamil muda,trimester kedua & trimester ketiga.

Tanda-tanda kehamilan yang dapat terlihat:

  • Perubahan awal payaudara pada 3-4 minggu yaitu seperti berkeringat dan geli dan pil Kemungkinan lain: dapat disebabkan oleh pil kontrasepsi
  • Amenorrhea (periode hilang) akibat meningkatnya level Estrogen dan Progesteron di 4 minggu. Kemungkian penyebabnya adalah ketidak seimbangkan, stersemosional, penyakit
  • Morning sickness pada 4-14 minggu. Kemungkinan lain :penyebabnya adalah gangguan gastrointestinal, penyakit pyrexial dan lain lain
  • Gangguan kandung kemih pada 6-12 minggu. Kemungkinan lain penyebabnya oleh infeksi kencing, tumor panggul

Tanda-tanda lainnya :

  • Adanya HCG dalam darah pada 4-12 minggu. Kemungkinan lain: penyebabnya olehhydatidiformole.
  • Adanya HCG dalam urine pada 6-12 minggu. Kemungkinan lain:penyebabnyaolehchoriocarcinoma
  • Perkembangan uterine pada 8 minggu. Kemungkinan lain penyebabnya oleh tumor.
  • Braxton Hicks (kontraksi tanpa rasa sakit) pada 16 minggu
  • Ballottement pada janinpada 16-28 minggu

Tanda- tanda positif hamil:

  • Visualisasi janin melalui ultrasound pada 6 minggu
  • Suara jantung janin melalui fetal stetoskoppada 20-24 minggu
  • Gerakan janin dapat terasa pada 22 minggu
  • Gerakan janin dapat terlihat pada kehamilan akhir.

6 Masa Terpenting Sebelum Hamil Yang Wajib Harus Diketahui | Unknown | 5