14 Makanan Yang Dilarang Dimakan Saat Hamil Muda & Tua



Makanan Yang Dilarang Dimakan Saat Hamil Muda & Tua

Buah yang tidak boleh dimakan saat hamil :

Kehamilan untuk seorang wanita merupakan masa yang paling sulit dan juga bayi yang masih didalam kandungan. Ibu juga perlu untuk mewaspadai beberapa makan dan buah dalam diet harian mereka selain harus memenuhi diet dan aktivitas yang sehat. Sistem kekebalan tubuh seorang wanita juga terpengaruh oleh kehamilan juga. Sehingga lebih rentan bagi ibu dan bayi terhadap bakteri, virus, atau senyawa tertentu yang biasa terdapat dalam makanan. Selama kehamilan ada buah buahan yang harus dihindari. Jadi jika hal yang terbaik bagi bayi anda yang dan inginkan, maka sebaiknya daftar buah buahan yang tidak boleh dimakan selama kehamilan harus diperhatikakan oleh anda.

Buah yang harus dihindari selama kehamilan :

Pada umumnya buah sangat baik dan sehat bagi kehamilan tapi dalam buah tertentu ada zat zat yang bisa menghadirkan resiko buruk dengan kandungan anda dapat keguguran. Sebagai gantinya anda masih banyak memilih buah lain. Bahkan jauh lebih baik dari kualitas nutrisinya.

1).Hindari buah durian
Asam arachidonat yang terdapat pada buah durian juga mengakibatkan keguguran pada bayi. Bahwa didalam buah durian terdapat asah arachidonat yang diketahui serignkali pemicu senyawa prostaglandin terberntu didalam rahim ibu hamil. Bila senyawa ini diproduksi dalam jumlah banyak maka akan mampu merangsang kontraksi dini pada janin terjadi. Bila kontraksi tersebut dalam intensitas yang sering terjadi maka dapat bayi lahir cacat dan bahkan bisa memicu keguguran pada kondisi parah.

Bahaya durian untuk ibu hamil juga disebabkan pada buah ini terkandung adanya alkohol yang cukup banyak selain asam arachidonat. Bagi ibu alkohol dapat mengganggu perkembangan janin sehingga ia tidak dapat optimal pertumbuhannya. Biasanya bila ibu hamil mengkonsumsi alkohol maka akan melahirkan bayi prematur dan bobot badan yang rendah atau kurang.

Sebenarnya durian sangat kaya akan vitamin dan mineral dimana untuk kesehatan sangat baik. Tetapi bila berlebihan mengkonsumsinya bagi ibu hamil bisa mendatangkan resiko yang kurang baik. Saat berada didalam perut, buah durian mempunyai sifat panas, tak hanya itu juga diduga kadar alkohol yang terkandung didalamnya. Jika makan buah durian bagi orang normal saja bisa memperoleh efek puyeng atau pusing. Kemungukian hal ini disebabkan efek zat alkohol. Selain itu asam arachidonat diketahui terkandung dalam buah ini. Zat ini adalah senyawa kimia yang merupakan pemicu pembentukan prostaglanding.

Senyawa yang bisa merangsang kontraksi rahim adalah senyawa ini, senyawa prostraglandin. Sehingga terutama pada trimester pertama berakibat pada keguguran atau pada kehamilan di bawah 36 minggu mengalami kelahiran prematur. Zat yang sangat diwanti wanti oleh dokter agar sepenuhnya dihindari selama hamil adalah alkohol. Meskipun masih banyak perdebatan tentang hal ini akan tetapi kenapa harus mau ambil resiko bila buah lain yang lebih sehat masih banyak.

Baca juga : Vitamin untuk ibu hamil muda,trimester kedua & ketiga.


2).Hindari buah pepaya

Terutama bila buah pepaya muda dikonsumsi sejak kehamilan trimester pertama juga berpontensi menyebabkan keguguran. Penyebabnya adalah dari getah buah ini. Otor sering berkontraksi karena getah tersebut sehingga pertumbuhan janin terganggu. Tapi walaupun buah ini mempunyai efek keguguran tapi lebih dashat efeknya.

Penyebab keguguran ternyata juga bisa karena asupan pepaya. Hal in karena kaya akan lateks (getah) terutama pepaya yang mentah atau setengah matang, yang terkenal dengan pemicu kontrasi rahim. Selama tirmester ketiga dan terakhir kehamil diharapan untuk menghindari buah pepaya ini. Tapi dengan pepaya yang benar telah matang, asalh kulitnya telah dikupas dan dicuci bersih efeknya tidak seperti itu. Kaya akan gizi seperti vitamin c, mineral, serat dan banyak lagi nutrisi sehat lainnya terdapat pada pepaya yang matang ini yang bisa membantu gejala kehamilan seperti mulas dan sembelit bisa dicegah. Tonik yang sangat baik bagi wanita hami terutama pada masa menyusui dengan pepaya yang dicampur dengan madu dan susu.


3).Hindari buah nanas

Kandungan berupa enzim bromelain dalam jumlah banyak terdapat pada buah nanas muda. Seiring matangnya buah maka kandungan enzim ini pada umumnya akan semakin menurun. Penyebab utama pada kerusakan janin adalah enzim bromelain. Enzim ini beraksi terhadap suhu air ketuban dan rahum meningkat sehingga menyebabkan terhambatnya pertumbuhan janin dan akan menyebabkan janin berhenti tumbuh sampai akhir meninggal dalam jangka waktu yang lama.

Buah nanas menimbulkan efek sangat bergantung pada usia kehamilan seorang ibu mengkonsumsinya. Saat usia kehamilan trimeseter ke dua dan ketiga memakan buah nanas muda pada umumnya tidak akan membuat keguguran. Mungkin hanya saja lahir dengan cacat dan mungkin saja dapat terjadi bayi lahir prematur.

Buah yang termasuk harus dibatasi bahkan oleh wanita hami kalau perlu dihindari adalha buah nanas ini. Zat bromelain kaya sekali terdapat pada nanas yaitu pada leher rahim menyebabkan pelunakan yyang mengarah ke persalinan dini/prematur. Makan buah nanas dalam jumlah sedang sering bagi wanita hamil bisa berpengaruh pada persalinan, terutama untuk menghindari kejadian seperti pelunakan leher rahim selama trimester pertama. Buah nanas bisa diganti dengan buah lainnya yang lebih aman dan paling bernutrisi didunia bagi ibu hamil.

Baca juga : Cara mengatasi mual saat hamil muda alami.

Makanan yang dilarang dimakan saat hamil muda & tua :

Faktor yang penting adalah makanan yang berguna membentuk sebuah kehamilan yang sehat. Dengan nutrisi dan gizi yang cukup terdapat pada makanan dapat menjadikan ibu hamil senantiasa fit dan sehat dalam menjalani kehamilannya. Tak hanya itu asupan gizi yang baik dapat didapat oleh janin yang sedang dikandungnya sehingga diharapakan menjadi seorang bayi yang sehat pula ketika lahirnya. Ingatlah bahawa baui dalam kandungan anda berkembang tergantung dari apa yang selam ini anda makan. Agara makan yang bai dan sehat didapat maka prinsip prinsip makan yang baik diperlukan.

Biasa juga banyak sekali muncul pertanyaan dikalangan ibu hamil dalam menentukan makanan ini yaitu tentang makanan apa saja yang boleh dan selama kehamilan yang sebaiknya dihindari yang beresiko atau bahkan sama sekali tidak boleh. Serta juga mengapa makanan itu boleh dan tidak boleh. Selama kehamilan ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari karena dapat mengakibatkan infeksi infeksi seperti salmonella, toksoplasmosis, listeria, ecoli yang pada bayai dalam kandungan dapat berbahaya. Jenis makanan yang harus dihindari sebagai berikut :

4).Hindari daging mentah

Daging mentah (sushi) atau dimasak kurang matang jangan dimakan. Karena toksoplasmosi sebuah parasit yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin anda terkandung didalamnya dan juga ecoli bagi ibu hamil juga sangat berbahaya

5).Hindari sayuran yang tidak dicuci
Pada sayuran yang tidak dicuci dengan baik terkandung juga toksoplasmosi ini maka dari itu bersihkan dengan sayuran tersebut apalagi untuk salad atau lalapan yang dimakan mentah. Kotoran kucing atau bermain main dengan kucing juga terkandung toksoplasmosi juga harus dihindari.

6).Hindari jenis keju
Semua produk ini mempunyai membawa listeria seperti keju lunak seperti brie dan camembert, blueveined, cheese juga keju dari susu kambing dan domba, serta jangan minum susu yang tidak di pasteurisasi. Listeria tipe bakteria yang mampu platesenta tertembus dan mengakibatak infeksi janin. Keguguran, kelahiran prematur dan keracunan dalam dapat terjadi karena listeria ini. Sebaiknya makanan jenis ini dihindari sampai bayi anda terlahir.

7).Hindari makanan laut yang tinggi merkuri

Sebagai sumber nutrisi yang baik adalah makanan laut atau seafood. Terhitung sangati tinggi kandungan protein dan omega-3 pada makan laut. Tapi merkuri yang tinggi beresiko terkandung pada beberapa makanan laut. Pada umumnya, terutama pada ikan yang umurnya tua dan ukuran besar terdapat kandungan merkuri yang tinggi. Makanan yang dilarang untuk ibu hami dari makan laut adalah ikan pesut, ikan hiu dan ikan tenggiri yang dikatakan oleh Badan Kesehatan FDA. Lebih tuna juga anda hindari karena merkuri yang tinggi juga terkandung pada beberapa tuna.

Anda tetap harus mengkonsumsi makan laut karena makanan laut merupakan sumber nutrisi yang baik. Makasan seperti udang, salmon, ikan trout dan teri bisa anda pilih.Bahwa makanan laut yang dimakan haruslah yang matang 100% harus diketahui. Jadi makan an laut yang dilarang untuk ibu hamil adalah sushi yang mengandung makan laut yang tidak matang.

8).Hindari daging dan telur yang tidak matang
Mengapa bagi ibu hami dilarang makan makana daging dan telur yang tidak matang. Alasanya adalah bakteri banyak terkandung pada makanan ini. Bakteri jahat tersebut bisa terbunuh dengan pemanasan sampai 100˚C. Bahwa ibu hamil rentan terkena infeksi bakteri perlu diinggat karena sebab perubahan tubuhnya saat hamil. Juga harus menghindari telur mata sapi setengah matang. Sebaiknya semua makanan dimasak sampai benar benar matang.

9).Hindari makanan yang belum di pasteurisasi

Bila minum susu murni yang belum dipasteurisasi bahwa anda sangat menggemarinya. Maka saat anda hamil diharuskan anda untuk menghindari kebiasaan ini. Pasteurisasi adalah pada makan dilakukan suatu proses yang dilakukan dengan tujuan mikro organisme yang seirng mnegkontaminasi makan tersebut terbunuh. Seringkali ada yang belum dipasteurisasi pada makanan seperti susu, madu, jus dan beberapa jenis keju. Sebelum mengkonsumsinya, anda harus pastikan makanan sudah dipasteurisasi.

10).Hindari buah dan sayuran yang belum dicuci
Mengapa hal yang wajib dilakukan oleh ibu hamil adalah mengkonsumsi buah dan sayuran. Buah dan sayuran juga mengandung banyak vitamin dan mineral selain karena tinggi serat dan membantu ibu agar tidak konstipasi. Tapi makan bila tidak dicuci bersih diharapak dihindari mengkonsumsi makanan ini. Karena mikro organisme banyak terkandung didalamnya yang dapat menginfeksi ibu serta janin. Buah dan sayuran yang diberihkan sendiri di rumah agar kebersihan terjamin dianjurkan untu mengkonsumsi dengan melakukan seperti itu.Buah yang untuk ibu hamil adakah ? tidak ada jawababnnya. Bagi ibu hamil boleh memakan semua seperti pepaya, durian dan anggur. Lebih baik memilih pepaya yang matang daripada pepeya muda yang perlu dingat. Tidak boleh berlebihan mengkonsumsi durian karena gula yang tinggi terkandung didalam.

11).Boleh minum kafein dalam batas yang wajar
Bukanlah merupakan makan yang dilarang untuk ibu hamil yaitu kafein. Namun, mengkonsui kafein yang boleh anda minum dengan batasan setiap harinya adalah 200 mg. Nilai setara dengan kopi instan 2 gelas, teh 4 gelas atau soda 5 kaleng per hari. Pada saat hamil mengkonsumsi kafein yang berlebihan menyebabkan keguguran dan rentan membuat bayi anda dengan berat badan rendah saat dilahirkan. Plasenta dapat tertembus dengan kafein ini juga dan denyut jantung bayi anda juga dapat efeknya.

12).Hindari jamu jamuan
Pada saat hamil dalam hal mengkonsumsi obat sangatlah berhati hati bagi ibu hamil karena takut janin juga terpengaruhi oleh obat tersebut. Jamu jamuan juga berlaku dengan hal ini. Memang terdiri dari bahan bahan alami pada obat tradisional. Namun sayna kandungan jamu dan obat tradisional lainnya tidak kita ketahui. Hala yang ditakurkan adalah bahan yang belum teruji keamannal terkandung pada jamu tersebut yang berpengaruh bila diberikan ke ibu hamil. Pertumbuhan dan perkembangan janin anda dapat terpengaruh dari beberapa macam zat dan obat maka dari itu perlu diingat. Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi jamu sebaiknya yang anda lakukan adalah datang ke dokter anda untuk berkonsultasi dengan hal ini.

13).Hindari minuman beralkohol
Minuman atau makan yang mengandung alkohol sangat digemari oleh anda maka untuk menghentikan kebiasaan tersebut yang kami sarankan karena alkohol dapat menembus plasenta. Penyakit pada janin dapat timbul karena alkohol yang berlebihan yaitu menyebabkan deformitas (bentuk yang tidak normal) wajah,. Kelainan jantung dan retardasi mental. Perkembang otak janin anda juga sangat terpengaruh oleh alkohol tersebut.

14).Berhenti merokok dan hindari asap rokok
Bagi kondisi kehamila anda bisa terkena efek yang buruk karena rokok dan asap rokok. Tak - hanya itu kecacatan pada janin akan timbul. Juga kontrasi dini sebelum waktunya akan terjadi karena rokok juga. Keadaan ini dapat menjadi kelahiran premature yaitu sebelum umur kehamilan mencapai waktu yang matang. Lapisan ketuban anda dapat lemah karena rokok sehingga menjadi mudah pecah ketuban anda.

14 Makanan Yang Dilarang Dimakan Saat Hamil Muda & Tua | Unknown | 5