Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Darah Tinggi / Hipertensi & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Darah Tinggi / Hipertensi & Obat Herbalnya

Hipertensi adalah :

Pengertian hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah pada system peredaran darah ada gangguan yang dapat mengakibatkan tekanan darah naik diatas nilai normal yaitu lebih dari 140/90 mmHg. Bahasa inggris dari hipertensi adalah Hypertension. Ada 2 kata asal kata Hypertension yaitu Hyper berarti tinggi dan Tension berarti Tegangan.

Akan menghasilkan 2 angka yaitu angka yang lebih tinggi dan angka yang lebih rendah ketika pemeriksaan tekanan darah dilakukan. Ketika jantung berkontraksi (sistolik) maka angka yang lebih tinggi sedangkan bila jantung berelaksasi (diastolic) maka angka yang lebih rendah didapatkan. Tekanan darah yang normal bila tekanan darah kurang dari 120.80 mmHg. Pada umumnya terjadi kenaikan tekanan sistolik dan diastolik ketika tekanan darah tinggi terjadi. Ketika tekanan darah mencapai 140/90 mmHg atau lebih, pada umumnya hipertensi terjadi. Pengukuran tekanan darah ini dilakukan dalam jangka beberapa minggu pada lengan 3 kali.

Penyebab darah tinggi atau hipertensi :

Hipertensi terdiri atas 2 macam berdasarkan penyebabnya yaitu hipertensi primer atau esensial dan hipertensi Sekunder.
  • Hipertensi yang tidak atau belum diketahui sebabnya merupakan hipertensi primer atau esensial (dari seluruh hiperntesi terdapat pada kurang lebih 90%)
  • Hipertensi sekunder adalah penyebab hipertensi ini disebabkan akibar dari adanya penyakit lain
Hipertensi primer memiliki banyak kemungkinan penyebabnya. Pada jantung dan pembuluh darah ada beberapa perubahan kemungkinan bersama sama yang mengakibatkan tekanan darah meningkat.

Disebut hipertensi sekunder bila penyebabnya diketahui. Penyebab pada sekitar 5-10% penderita hipertensi adalah penyakit ginjal. Dan penyebab lainnya pada sekitar 1-2% adalah kelainan hormonal atau pemakaian obat tertentu (minum pil KB) Feokromositoma adalah penyebab hipertensi lainnya yang jarang yaitu pada kelenjar adrena ada tumor yang menghasilkan hormone epinefrin (adrenalin) atau norepinefrin (noradrenalin)

Terjadinya hipertensi pada orang orang memiliki kepekaan yang diturunkan pemicunya adalah kegemukan (obesitas), gaya hidup yang tidak aktif (malas berolah raga), stress, alcohol atau garam dalam makanan. Kenaikan tekanan darah untuk sementara waktu bisa cenderung disebabkan oleh stress. Dan tekanan darah biasanya akan kembali normal bila stess telah berlalu.

Beberapa penyebab terjadinya hipertensi sekunder antara lain :

Penyakit Ginjal : Stenosis arteri renalis, Pielonefritis, Glomerulonefritis, Tumor-tumor ginjal, Penyakit ginjal polikista (biasanya diturunkan), Trauma pada ginjal (luka yang mengenai ginjal), ginjal terkena terapi penyinaran.

Baca juga : Ciri ciri gejala penyakit vertigo dan obat herbalnya.

Penyebab darah tinggi pada usia muda :

Salah satu faktor penyebab hipertensi pada remaja adalah genetika. Kondisi ini lebih rentan dialami oleh remja yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi pada keluarganya. Tekanan darah bisa dibantu terkontrol maka disarankan untuk berkunjung ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Disarankan juga remaja yang berada dalam faktor resiko ini untuk memeriksa tekanan darah secara berkala.

Sebagian besar penelitian dan panduan penangan tekanan darah diperuntukan bagi orang yang usianya 30 tahun ke atas dan pada banyak kasus 50 ke atas. Tapi tidak berarti bahwa tekanan darah tinggi tidak terkena pada orang yang berusia muda. Peningkatan tekanan darah diastolik lebih sering terjadi pada usia muda daripada sistolik. Dan juga hipertensi sekunder (tekanan darah tinggi yang disebabkan kondisi spesifik) lebih sering terjadi. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa perubahan gaya hidup dapat memberi keuntungan yang sama berapain usia anda. Bahkan dianjurkan untuk sedini mungkin untuk melakukan perubahan gaya hidup agar efek maksimal pada kesehatan kardiovaskuler didapat. Di saat kita beranjak tua akan merasakan keuntungna dari melakukan olahraga dan menerapakan pola makan yang sehat sejak dini.

Dapat berakibat yang cukup fatal bila tekanan darah tinggi yang terjadi di usia muda. Penyakit baru akibat akan timbul yang disebabkan tekanan darah tinggi akibat dari pembuluh darah arteri yang tak mampu mengalir darah secara normal ke seluruh jaringan pembuluh darah. Penyakit jantng dan stroke berkaitan erat pada tekanan darah tinggi yang merupakan penyakit pendamping dari penyakti tekanan darah tinggi.

Penyakit stroke pada usia muda dapat timbul dari dampak beberapa kejadian ataupun kasus penyakit tekanan darah tinggi yang terjadi di usia muda. Salah satu contohnya seorang ibu usianya 20 tahun, sejak usia 14 tahun sering mengalami migraine. Tak hanya itu saja. Ada hal yang mengejutkan yaitu ternyata ibu muda tersebut memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit diabetes. Tekanan darah tinggi yang datang tiba-tiba dapat membuat seseorang mengalami migrain kronis yang harus mengharuskannya berbaring di tempat tidur.. Selain itu, ibu muda tersebut harus diliputi dengan risiko penyakit diabetes yang dibawa oleh salah satu anggota keluarganya yang memiliki risiko diabetes.

Tergantung pada keadaan, tekanan darah sangat bervariasi. Saat beraktivitas fisik, terpengaruh oleh emosi dan stress akan meningkat dan selama tidur akan turun. Maka dari itu seseorang penderita tekanan darah dibiarkan istirahat kurang lebih selama 10-15 menit didalam kamar yang tenang. Tidak dibenarkan minum zat perangsang (stimulant) seperti teh, kopi dan minuman ringan yang mengandung kafein pada beberapa jam sebelumnya.

Tensi atau tekanan darah normal pada wanita :

Tekanan darah bagi wanita dan laki-laki dalam keadaan normal yaitu 120/80 mmHg. Bisa berakibat serius pada kesehatan seseorang bila tekanan darahnya abnormal tinggi atau rendah. Maka dari itu sebabnya mengapa secara berkala harus memantau tekanan darah. Informasi tentang berbagai tekanan darah yang normal beserta denganf ator riskonya pada wanita akan kami berikan pada artikel ini.

Tekanan darah adalah tekanan yang oleh darah pada dinding arteri. Dengan tanda-tanda vital seperti denyut nadi dll, hal ini sering diukur bersamaan. Pengukuran tekanan darah dalam 2 bagian yaitu tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolic. Tekanan sistolikk adalah pada saat terjadi ventrikel dijantung sebelah kiri maka tekanan maksimum oleh darah terhadap arteri. Sementara tekanan darah diatolik adalah tekanan minimum oleh darah terhadap arteri saat jantung sedang rileks diantara denyutan.

Idealnya, Pada pengukur tekanan darah harus berada di 120/80 mmHg dalam pembacaannya. Mengacu pada tekanan sistolik di angka pertama. Sedangan yang kedua adalah tekanan diastolic. Tensi meter atau sphygmomanometer adalah alat pengukur tekanan darah. Indicator pemompaan jantung dijadikan untuk tekanan darah. Maka dari itulah sebabnya mengapa bila tingkat tekanan darah menjadi abnormal harus mendapatkan pertolongan medis. Secara medis tekanan darah tinggi disebut dengan hipertensi. Sedangkan untuk tekanan darah rendah disebut dengan hipertensi dan hipetensi.


Tekanan Darah (BP)
Tahapan
210/120
Sangat tinggi
160/100
Tinggi
140/90
Batas tinggi
130/85
Tinggi/Normal
120/80
Normal
110/75
Rendah/Normal
90/60
Batas rendah
60/40
Rendah
50/33
Sangat Rendah

Catatan : Seseorang didiagnosis dengan hipertensi bila alata pembacaan tekanan darah sering berada diatas 140/90 mmHg. Perlu diperhatikan bila tekanan darah secara konsisten berada antara 120/80 mm Hg dan 139/89 mm Hg maka bantuan medis sangat dibutuhkan. Dan didiagnonsi dengan prehipertensi bila orang dengan tekanan darah yang berada dikisaran tersebut. Agar bisa menurunkan risiko hipertensi pada orang orang maka dengan merubah gaya hidup tertentu.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tekanan darah pada wanita :

Faktor faktor seperti usia, gaya hidup, kehamilan, berat badan, menopause, riwayat keluarga dll bisa dikaitkan dengan fluktuasi tingkat tekanan darah.

1).Usia
Seiring dengan bertambahnya usia maka tekanan darah rata-rata meningkat. Satu dari setiap 2 wanita mungkin terkena tekanan darah tinggi setelah usia 50 tahun. Rata-rata rentang tekanan darah menurut usia bisa dibaca pada table dibawah ini. Table dibawah ini harap diketahui bahwa bukan hanya karena usia tertentu, tapi peran faktor lain yang banyak juga ikut. Karena bisa bervariasai untuk setiap orang maka hal ini tidak mungking untuk dikatakan sebagai angka kisaran yang normal bagi kesehatan secara keseluruhan.

2).Umur

Umur
Tekanan Darah (mm Hg)
15-19
117/77
20-24
120/79
25-29
121/80
30-34
122/81
35-39
123/82
40-44
125/83
45-49
127/84
50-54
129/85
55-59
131/86
60-64
134/87



3).Gaya hidup

Pilihan hidup yang kita buat bisa mempengaruhi tingkat tekanan darah. Karena kurang olahraga, diet yang tidak sehat, stress dll mengakibatkan tekanan darah bisa meningkat dari faktor risiko tingginya. Tekanan darah bisa terpengaruhi oleh penggunaan pil KB atau asupan zat tertentu seperti kafein atau nikotin. Anda harus menjaga berat badan yang sehat makan tekanan darah yang sehat bisa dipertahankan. Diet dan gaya hidup bisa dijalankan dengan katakana tidak untuk alcohol dan merokok pastilah membantu.

4).Kehamilan
Selama kehamilan, tekanan darah pada wanita sering berfluktuasi. Hormon progesterone yang mempersiapkan rahin untuk kehamilan mala pembuluh darah akan melebar sehinggkan tekanan darah turun. Di sisi lain. Semua nutrisi dan oksigen ke embrio dikirim lewat darah juga sehingga untuk memompa darah ke plasenta maka jantung harus bekerja ekstra kerah. Peningkatan tekanan darah pada wanita hamil akibat dari hal ini. Selama kehamilan diperlukan secara sering untuk melakukan pemeriksaan tekanan darah agar kondisi preeklamsia dapat dicegah. Kondisi preekslamsia bagi wanita hamil merupakan kondisi membahaua dengan tanda tingginya tekanan darah dan retensi cairan.

5).Kegemukan
Tekanan darah tinggi rentan menyerang kepada obesitas. Hal ini karena dilapisan dalam arteri terdapat timbunan lemak sehingga daerah lumen arteri berkurang dan akhirnya tekanan darah meningkat. Dengan menjalani ikut diet seimbang dan latihan/olahraga maka tekanan darah yang bisa dipertahankan.

6).Berhenti haid
Selama menopause maka tingkat tekanan darah bisa berfluktuasi karena kadar estrogen menurun yang merupakan hormone yang ikut menjaga tekanan darah. Kadang-kadang hormone yang tidak seimbang dapat mengakibatkan berat badan menjadi naik dan pada akhirnya tekanan darah dapat meningkat. Mungkin penyebab peningkatan tekanan darah ini adalah terapi yang biasa dilakukan oleh beberapa wanita menopause.

7).Riwayat keluarga
Bila tekanan darah tinggi dimiliki oleh orang tua anda, maka hipertensi lebih besar resiko anda terkena. Anda juga berisiko bola lebih dari satu dari kerabat dekat anda mengembangkan tekanan darah tinggi sebelum usia 60 tahun.

Secara umum dengan memilih gaya hidup yang tepat maka tingkat tekanan darah normal bisa dipertahankan. Saat ini tekanan darah tinggi diderita oleh banyak wanita serta tak sedikit juga tekanan darah rendah dialaminya. Maka dari itu rajin memeriksa tekanan darah secara berkala sangatlah penting.

Tensi atau tekanan darah normal pada pria dewasa :
Orang dewasa biasanya tekanan darah normal mencapai rata-rata 120/80 (100/60) sampai 140/85 mmHg. Hal tersebut biasanya tidak terlalu berarti. Tapi biasanya pengobatan diperlukan bila tekanan bawah atau diastole lebih dari 100. Pada orang dewasa bisa dikatanan tekanan darahnya normal bila tekanan darah rendah mencapai 90/60 sampai 110/70 dan akan menjadi lebih panjang usia hidup seorang wanita. Dan suatu gangguan jantung jarang dialaminya.

Cara mengukur tekanan darah normal orang dewasa adalah :
  1. Harus dalam keadaan santai pasien. Tekanan darah normal bisa naik bila pasien melakukan olahraga, marah, atau kebingingan sehingga nila yang diberikan terbaca palsu.
  2. Pada bagian lengan atas diikatkan kain tekanan darah dan kemudian katup tensimeter ditutup kuncinya.
  3. Pompa terus samapai diatas 200 milimeter
  4. Pada bagian didalam siku siku diletakan stetoskop
  5. Kemudina dengarkan dengan baik baik dan dibuka pelan pelan kunci tensimeter, pada tensimeter, jarum petuntuk akan menunjukkan angka pada saat terdengar suara pulsa denyutan jantung.
Bisa dibaca dengan bacaan pertama denyutan jantung bila tekanan darah yang normal. Ini merupakan suatu konraksi otot jantung yang mendesak darah yang masuk pada arteri. Biasanya sekitar 110-120 mm pada orang yang normal. Kenci tensimeter terus lalau dibuka dengan pelan pelan. Dan bacaan kedua adalah saat denyutan jantung mulai terdengar samar-samar atau juga menghilang. Biasanya hal ini namanya diastole. Dan bisanya terjadi normal pada 60-80 mm.

Ciri ciri gejala darah tinggi / hipertensi :

Berikut ini beberapa ciri darah tinggi yang sering dialami oleh orang menderita darah tinggi, bila ciri ciri darah tinggi seperti dibawah ini dialami oleh anda maka sebaiknya melakukan tensi tekanan darah ke dokter. Anda bisa langsung melakukan pengobatan bila anda benar benar terkena penyakit darah tinggi. Dengan dokter, anda bisa melakukan pengobatan atau beberapa cara biasa anda lakukan dengan membuat obat darah tinggi agar tekanan darah tinggi turun dan sembuh. Beberapa ciri ciri gejala tekanan darah tinggi yang harus diwaspadai adalah sebagai berikut:

a).Sakit kepala
Salah satu tanda yang paling jelas terlihat adalah sakit kepala. Bisa dikatakan sebagai hipertensi maligna atau akselerasi bila tekanan darah anda sangat tinggi diatas 180/110 mmHg. perawatan medis diperlukan secara cepat disaat kondisi ini yang termasuk dalam krisis hipertensi. Tapi bila tekanan darah tidak telalu signifikan maka gejala ini jarang muncul. Bahwa pada orang dengan tekanan darah sistolik lebih tinggi, hanya 40 persen yang yang mengalami sakit kepala dibandingkan mereka yang tekanan darahnya normal hal ini ditunjukan pada salah satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal neurology.

b).Mimisan
Mimisan akan timbul bila tekanan darah yang terlalu kuat karena pembuluh darah yang sangat halu dimiliki oleh area hidung. Namun biasanya hanya terjadi pada penderita tahap awal yang terjadi mimisan. Lebih baik anda berkonsultasi kedokter untuk mencari tahu tahu penyebabnya lebih lanjut bila anda memiliki tekanan darah tinggi dan tiba-tiba mimisan berat yang sulit dihentikan dialaminya.

c).Bercak darah pada mata
Gejala darah tinggi atau diabetes bisa terjadi bila bercak darah pada mata atau subconjunctival hemorrhage. Cobalah dengan dokter untuk berkonsultasi untuk mengetahui apakah pada urat mata ada kerusakan. Kemungkian anda menderita darah tinggi dapat dikesampingkan bila penyebabnya tidak berhubungan dengan mata.

d).Kesemutan di kaki dan tangan
Kerusakan pada otot bisa terjadi karena hipertensi yang tak diatasi dalam waktu lama. Akibatnya, rasa kesemutan atau baal di area tangan atau kaki muncul yang dapat menjadi gejala awal stroke.

e).Mual dan muntah
Mual dan muntah merupakan tanda lain yang sering muncul pada penderita tekanan darah tinggi. Karena penyebab gejala ini juga oleh berbagai penyakit lain. Lebih baik diperhatikan apakah ada tanda lain yang menyertainya seperti sesak nafas atau pandangan mata kabur.

f).Pusing
Dalam 2 bentuk, pusing dapat muncul. Yaitu lightehadedness adalah kepala terasa ringan dan sperti mau pingsan. Dan yang kedua vertigo adalah sekeliling anda seperti berputar yang anda rasakan. Sama-sama tidak boleh diabaikan keduanya. Apalagi bila secara mendadak terjadi kondisi seperti tiru. Bisa menjadi tanda-tanda stroke bila rasa ingin pingsa, kehilangan keseimbangan dan sulit berjalan.

Makanan penurun darah tinggi :

Dulu memang tekanan darah tinggi lebih banyak terjadi pada orang tua, tetapi saait ini banyak dialami oleh para wanita muda. Serangan jantung, stroke dan aneurisma bisa karena kondisi tersebut. Pada kekuatan darah sebagai acuan istilah tekanan darah ketika bergerak melalui arteri. Tidak selalu konstan tekanan ini dan ketika dalam jangka waktu lama, tekanannya tinggi maka tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi.

Konsumsilah sejumlah makanan berikut secara teratur agar anda terhindar dari gangguan tekanan darah ini.
  1. Bayam
    Sumber magnesium yang sangat baik adalah bayam. Tak hanya anda terlindungi oleh penyakti jantung, tetapi juga tekanan darah tinggi bisa berkurang. Tak hanya itu saja, didalam bayam terkandung folat yang dapat melindungi tubuh dari homosistein yang membuat bahan kimia berbaya. Bahwa tingkat tinggi asam amino (homosistein) dapat berakibat serangan jantungan dan stroke menurut penelitian yang pernah dilakukan.
  2. Biji bunga matahari
    Sebutan kuaci yang mungkin anda lebih mengenalnya. Biji bunga matahari terkandung magnesium yang sangat tinggi dan mengandun pitosterol yang agar kolesterol dalam tubuh dapat dikurangi. Pemicu tekanan darah tinggi adalah kolesterol yang tinggi karena pembuluh darah dapat terjadi penyumbatan. Tapi anda pastikan tidak memberi garam saat mengonsumsi kuaci segar.
  3. Kacang-kacangan
    Kandungan magnesium danpotasium terdapat dalam kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, kacang merah. Dikenal cukup efektif, potassium untuk menurunkan tekanan darah tinggi.
  4. Pisang
    Rasa lezat tidak hanya ditawarkan pada buah ini tetapi membuat lebih sehat tekanan darahnya. Kandungan pisang didalamnya terdapat kalium dan serat tinggi yang bermanfaat penyakit jantung. Bahwa satu pisang sehari cukup untuk membantu mencegah tekanan darah tinggi menurut penelitian yang pernah dilakukan.
  5. Kedelai
    Mengkonsumsi kacang kedelai memberikan banyak sekali keuntungan bagi kesehatan anda. Salah satunya adalah kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi bisa diturunkan. Memang sangat bermanfaat bagi kesehatan dari kandungan isoflavonnya.
  6. Kentang
    Karena acara memasaknya yang tidak sehat bisa mengakibatkan nutrisi dari kentang sering hilang. Padahal kandungan pada kentang yang terdapat mineral, serat dan potassium yang sangati tinggi dan juga sangat baik agar tekanan darah stabil.
  7. Cokelat pekat (dark chocolate)
    Pasti akan senang bagi pecinta cokelat karena didalam cokelat terkandung flavonoid yang dapat membantu agar tekandan darah turun dengan merangsang produksi nitrat oksida. Sinyal otot-otot sekita pembuluh darah bisa lebih relaks karena nitrat oksida tersebut dan tak hanya itu aliran darah menjadi meningkat.
  8. Alpukat
    Didalam alpukat terdapat asam oleat yang dapat membantu kolesterol dapat dikurangi. Tak hanya itu bagi kesehatan jantung sangat penting dari manfaat kandungan kalium dan asam folat. 

Obat herbal darah tinggi

Beberapa obat alami herbal untuk mengatasi gangguan tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa anda gunakan obat herbal alami berikut ini:

a).Menggunkan mengkudu
Tidak usah diragukan lagi bahwa obat-obatan herbal banyak yang menggunakan mengkudu. Berbagai penyakit salah satunya adalah penyakti hipertensi atau darah tinggi bisa disembuhkan dengan khasiat yang terdapat dimengkudu. Anda juga untuk mendapatkan mengkudu tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal karena diberbagai tempat banyak tanaman mengkudu bisa tumbuh. Cara membuat ramuan untuk mengobati hipertensi dengan menggunakan mengkudu adalah seperti berikut ini. Pertama-tama buah mengkudu disiapkan yang sudah matang dan cuci sampai bersih. Kemudian buah mengkudu tersebut ditumbuk sampai hallus. Lalu peras mengkudu yang sudah halus dan diambil airnya saja. Lalau 2 kali sehari secara rutin dan teratur minum ramuan tersebut agar bisa segera turun dan normal tekanana darah tinggi anda.

b).Menggunakan bawang putih

Anda bisa menggunakan bawang putih sebagai cara menurukan tekanan darah tinggi selain banyak untuk bumbuk masak kegunaanya. Untuk mengobati hipertensi ini, bawang putih sangatlah ampuh. Caranya satu suing bawang putih bisa anda makan agar bisa membantu tekanan darah bisa diturunkan. Setelah makan bawang putih tersebut anda bisa langsung minum air hangat atau didalam menuh masakan anda bisa ditambahkan lebih banyak putih.

c).Menggunakan teh hijau
Untuk kesehatan teruta untuk menurukan tekanan darah didalam tubuh sangat bagus dari khasiat teh hijau. Teh hijau banyak digunakan banyak orang sebagai resep kesehatan karena bagi tumbuh sangat bagus dari kandungan antioksidanya. Setiap pagi anda bisa menyeduh teh hijau kemudian secara rutin selagi masih hangat bisa minum teh hijau ini. Tekanan darah tinggi anda bisa turun secara alami dan efektif dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin.

d).Menggunakan timun
Untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami bisa anda menggunakan timun. Kadar mineral potassium terkandung didalam timun yang sangat baik agar masalh ginjal bisa diatasi dan tekanan darah pada penderita hipertensi bisa diturunkan. Cara membuatnya sangatlah mudah dna praktis. Siapkan beberapa timun kemudian cuci timun sampai bersih. Anda bisa parut timun tersebut dan peras untuk diambil airnya saja untuk diminum. Tak hanya itu anda bisa saat anda makan, timun bisa anda gunakan sebagai lalapan.

Cara mengobati hepertensi, anda bisa menggunakan beberapa bahan yang alami diatas. Cobalah anda membuat ramuan dengan menggunakan bahan yang alami bila anda mengalami penyakit hipertensi. Karena hasil yang baik pula akan dihasilkan bila menggunakan bahan alami untuk kesehatan tubuh anda. Karena bahan yang alami harganya lebih terjangkau dan bisa anda beli kapan saja anda butuhkan maka cara yang alami ini tidak akan membuat uang anda habis.

Semua penyakit pada dasarnya bisa timbul karena kebiasaan kita dengan pola hidup yang sehat tidak dilakukan. Jadi anda bisa merubah kebiasaan-kebiasaan buruk anda dimulai dari sekarang juga dan pola makan yang benar dan sehat anda mulai lakukan. Hindari sebisa mungkin bekerja terlalu berat hingga malam hari tanpa mengenal lelah, hindari kebiasaan anda begadang. Hindari tekanan yang dan pikiran yang sangat berat pada diri anda, sebab bisa menimbulkan dan memicu berbagai macam penyakit yang dimulai dari hipertensi sebagai awalnya.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Darah Tinggi / Hipertensi & Obat Herbalnya | Unknown | 5