12 Cara Sukses Menurunkan Berat Badan 10 Kg Secara Alami Cepat & Mudah



Cara Sukses Menurunkan Berat Badan 10 Kg Secara Alami Cepat & Mudah

Cara menurunkan dan menguruskan badan:

Penyebab dari tubuh gemuk pada dasarnya adalah asupan makanan yang masuk terlalu banyak, namun tidak diimbangi dengan aktifitas tubuh yang sedikit, sehingga tubuh kurang melakukan gerak yang pada akhirnya kurang terjadi pembakaran kalori dalam tubuh sehingga lemak tubuh tidak dapat terbakar dan menjadi gemuk adalah hasil akhir yang didapatkan.

Masalah berat badan berlebih, kadang bisa menimbulkan ketidak percayaan diri seseorang, karena memiliki tubuh yang gemuk akan menyulitkan anda untuk mencari pakaian yang pantas untuk digunakan, sehingga bisa menjadi kendala seseorang untuk bisa merasa percaya diri dengan penampilannya. Selain itu memiliki berat badan berlebih bisa memicu timbulnya berbagai penyakit seprti diabetes, jantung, hipertensi atau gangguan kesehata lainnya. dengan berbagai alasan tersebut banyak orang yang encari cara untuk menurunkan berat badan mereka dan berusaha mendapatkan berat badan yang ideal.

Banyak dari orang yang tidak menyadari bahwa kunci utama untuk menurunkan berat badan adalah dengan semangat dan gigih fokus untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun faktanya banyak yang hanya mengandalkan ‘diet menahan lapar saja’ namun menginginkan hasil berat badan tubuh dapat turun hingga 10 kg? hasilnya adalah bisa ditebak yaitu dengan mengkonsumsi obat obatan yang ekstrim untuk mendapatkan tubuh kurus secara ekstrim dan cepat juga. Yang jadi pertanyaan adalah, apakah itu suatu cara yang sehat untuk kesehatan tubuh? Tentu jawabannya adalah ‘Tidak’

Tentunya menurunkan berat badan harus dibarengi juga dengan bagian tubuh lain yang terdapat banyak timbunan lemak seperti pada perut, lengan maupun paha. Dimana pastinya banyak sekali orang terutama wanita ingin mengetahui bagaimana cara mengecilkan perut buncit, cara mengecilkan paha dan bagaimana cara mengecilkan lengan yang seringkali membuat berapa wanita tidak pede dikarenakan lengan tangan yang besar karena adanya timbunan lemak.

Pola hidup yang sehat adalah kunci utama untuk menurunkan berat badan tubuh secara sehat dan alami. Bukan dengan bantuan obat obatan yang sangat berbahaya bagi organ dalam tubuh dan kesehatan kita sendiri pada akhirnya. Dan tentunya yang perlu dicatat adalah sangat mustahil untuk menurunkan berat badan secara alami cepat tanpa olahraga. Sebab pembakaran lemak dalam tubuh adalah kunci utama yang baik untuk menurunkan berat badan, sehingga nantinya didapatkan juga metabolisme tubuh yang teratur.

Baca juga : Cara mengecilkan lengan tangan atas dan bahu dengan cepat

Kondisi stress ternyata juga dapat mempengaruhi menurunnya berat badan anda, namun bukan dengan cara ini anda harus menurunkan berat badan anda. Harus bisa mengatur asupan makanan yang masuk adalah kunci utama dalam menjalankan program diet menurunkan berat badan secara alami dan tanpa resiko.

Penyebab badan gemuk dan perut buncit:

Penyebab tubuh gemuk dan perut buncit tentunya bisa jadi disebabkan karena porsi makan yang begitu banyak. Namun karena alasan ini, pada akhirnya banyak yang salah melakukan program diet dengan menahan lapar hingga seharian. Dengan alasan agar tidak ada makanan yang masuk sehingga badan menjadi lebih cepat kurus dan turun beberapa kilogram. Namun apa yang terjadi? Justru pada saat malam hari anda akan merasakan lapar yang luar biasa, karena tubuh justru akan meminta energi lebih saat ada makanan masuk yang kemudian akan disimpan menjadi lemak.

Sebab jika pada malam hari anda mengkonsumsi makanan, maka makanan tersebut tidak akan berhasil dibakar oleh tubuh karena pada malam hari tubuh akan beristirahat dan tidak melakukan aktifitas, begitu juga dengan proses pembakaran metabolisme di dalamnya. Itulah sebabnya kenapa anda tetap bisa menjadi lebih gemuk, meskipun pada pagi hari dan siang harinya anda tidak makan apapun. Maka dari itu bukanlah solusi yang terbaik untuk menurunkan dan menguruskan berat badan anda hingga 10 kg dalam waktu yang singkat.

Baca juga : Cara mengecilkan paha,betis & bokong yang besar dengan cepat.

Penyebab gemuk badan setelah menikah :

Seringkali banyak yang ingin mengetahui apa penyebab gemuk setelah menikah tersebut? Pada dasarnya tidak ada yang salah kenapa menjadi gemuk setelah menikah. Suatu survey banyak yang menyatakan bahwa 6 dari 10 pasangan yang setelah menikah, dipastikan menjadi gemuk dan tambah subur tubuhnya.

Tidak ada yang salah dengan faktor setelah menikah yang menyebabkan badan gemuk, namun faktanya apabila setelah menikah, rasa nyaman banyak dialami oleh pasangan, terutama pria dikarenakan mereka lebih bebas menjadi diri sendiri, sehingga kurang berolahraga seperti saat muda dulu. Dan cenderung tidak bisa mengontrol asupan makanan yang masuk, sehingga tubuh cepat sekali menjadi gemuk.

Penyebab gemuk badan pada wanita setelah melahirkan :

Sudah bukan rahasia lagi, pada umumnya wanita saat tengah mengandung memerlukan asupan gizi yang tinggi untuk janin yang dikandungnya. Namun banyak fakta yang terjadi pada saat mengandung banyak ibu hamil yang mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang sangat banyak. Dikarenakan ingin agar asupan gizi tersebut dapat diserap oleh si buah hati yang tengah berada dalam kandungan

Namun faktanya yang terjadi banyak makanan yang mengandung lemak tinggi dan karbohidrat yang justru diserap oleh ibu yang sedang mengandung tersebut, sehinga badan pun menjadi lebih cepat bertambah 3 kali lipat sebelum hamil. Pada akhirnya setelah wanita melahirkan, banyak tubuhnya yang menjadi bertambah gemuk dan melar 2 – 3 kali lipat dari yang sebelumnya.

Tentunya tidak lepas juga para wanita yang setelah melahirkan mencari cara diet alami dan bagaimana cara menguruskan badan secara cepat. Namun tentunya faktor alami dan bebas dari obat obatab penurun berat badan adalah hal yang utama bagi kesehatan.

Baca juga : Cara mengecilkan perut buncit pada wanita secara alami.

Bagaimana cara diet yang sehat alami?

Program untuk menurunkan berat badan secara alami dan cepat haruslah tanpa mengandung resiko, tidak mencinderai tubuh dan organ dalam tubuh, tidak menyiksa dan tidak dalam waktu yang cepat 1 sampai 3 hari. Semua harus dengan menggunakan proses yang tidak kilat dan cepat begitu saja. Pastikan anda mempunyai semangat yang tinggi untuk menurunkan berat badan anda, sebab itulah kunci utama agar anda dapat menurunkan berat badan tubuh.

Diet yang sehat adalah diet dalam mengkonsumsi makanan yang tidak baik dan berlemak serta diimbangi dengan olahraga yang teratur . Dengan cara tersebut maka tubuh tetap dalam kondisi fit dan berat badan pun dapat turun dengan alami. Tentunya untuk diet sehat harus melakukan pemilihan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman apa saja yang menyebabkan cepat menumpuknya kadar lemak dari dalam tubuh kita.

Sebab asupan makanan yang masuk adalah pemeran utama energi untuk diolah ke dalam tubuh, apabila anda kurang aktifitas maka yang akan terjadi adalah justru penumpukan lemak yang semakin banyak dalam tubuh. Dan tubuh menjadi bertambah gemuklah apabila anda salah dalam memilih makanan yang berlemak dan mengandung gula tinggi masuk ke dalam tubuh.

Makanan dan minuman penyebab gemuk badan :

Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang menyebabkan badan menjadi gemuk, sebab kadar kolesterol gula dalam beberapa makanan dan minuman ini bisa dikatakan cukup tinggi. Berikut ini adalah jenis makanan yang bisa anda ketahui

1). Makanan mengandung banyak gula
Jenis makanan penyebab gemuk badan yang pertama adalah makanan yang mengandung gula pasir. Sebaiknya sebelum mengkonsumsi beberapa makanan, anda harus memperhatikan vitamin dan kalorinya. Sebab makanan yang mengandung gula pasir tidak mengandung vitamin dan mineral namun justru hanya mengandung kalori yang sangat tinggi. Jadi apabila anda ingin menghindari perut tidakbuncit, maka sebaiknya hindari beberapa makanan yang mengandung gula pasir yang berlebih.

2). Makanan mengandung banyak garam
Jenis makanan penyebab gemuk badan yang kedua adalah makanan yang mengandung banyak garam. Seperti diketahui jika terkandung garam di dalam makanan atau dalam proses pembuatannya memakai garam, maka ada baiknya untuk dihindari.

Apa alasannya? Sebab dikarenakan zat natrium yang terkandung dalam garam, dimana zat tersebut sangat disukai air. Akan meningkat secara drastic retensi cairan dalam tubuh kita jika mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam. Dan berat badan dapat meningkat dikarenakan oleh cairan tersebut, namun jika tubuh berlebihan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam, bisa mmebuat badan terlihat gemuk dantubuh terasa lemas.

3). Makanan yang digoreng
Jenis makanan yang dapat menyebabkan gemuk badan berikutnya adalah makanan yang digoreng. Hindari makanan ini apabila anda ingin menjaga tubuh agar tidak gemuk dan perut tidak buncit. Sebab terkandung banyak lemak pada makanan yang digoreng, selain itu dapat menyebabkan berat dan kembung pada perut. Kentang goring adalah salah satu contoh makanan yang dapat membuat tubuh gemuk dan melar, sebab di dalamnya terdapat banyak minyak yang mengandung lemak sangat tinggi.

4). Keju
Keju juga merupakan jenis makanan penyebab gemuk badan yang berikutnya. Jika keju dikonsumsi secara berlebihan maka akan membuat tubuh kesulitan mencernanya. Sebab dalam keju mengandung lemak yang cukup banyak, sehingga dapat menyebabkan perut menjadi buncit. Hindari keju secara berlebihanapabila anda ingin menjaga berat badan tetap ideal.

5). Kelebihan Karbohidrat
Jenis makanan penyebab gemuk selanjutnya adalah makanan yang mengandung kelebihan karbohidrat. Untuk menghindari perut buncit dan agar tubuh tidak gemuk, maka sangat dianjurkan mengurangi asupan karbohidrat yang tidak perlu. Seperti pada nasi yang mengandung karbohidrat putih, serta pada pasta dan roti putih. Dimana indeks glikemik yang terdapat pada karbohidrat putihcukup tinggi, sehingga membuat tubuh menjadi semakin gemuk. Oleh sebab itu sebaiknya konsumsi sesuai dengan kebutuhan sebagai pengantinya bisa mengkonsumsi sayuran dan buah segar yang mengandung banyak vitamin.

6). Makanan olahan dan daging olahan
Jenis makanan yang menyebabkan gemuk terakhir adalah makanan olahan dan daging olahan. Sebab dengan mengkonsumsi makanan olahan dapat menimbukan resiko terkena berbagai macam penyakit. Sebab mengandung banyak kalori yang cukup tinggi serta dapat membuat tekanan darah meningkat dan kolesterol juga naik. Seperti sosis, daging asap dan hot dog.

7). Minuman mengandung asam tinggi
Berikutnya jenis minuman yang menyebabkan badan gemuk adalah minuman yang mengandung asam tinggi. Sebab jenis minuman ini dapat membuat perut buncit, selain itu juga mengandung asam yang tinggi dan pada pencernaan dapat mengakibatkan iritasi serta pembengkakan. Seperti coklat panas, the, jus buah yang mengandung asam serta kopi. Segera kurangi beberapa minuman tersebut demi menjaga kesehatan anda.

8). minuman yang bersoda
Sudah pasti jenis minuman yang dapat menyebabkan badan gemuk adalah minuman yang bersoda. Ada baiknya menghindari minuman ini dan tidak mengkonsumsinya terlalu banyak. Sebab pada minuman bersoda mengandung sangat banyak kadar gula yang tinggi.Bahkan sebuh penelitian menunjukkan jika mengkonsumsi minuman bersoda sebanyak 1 kaleng setiap harinya, dapat membuat lingkar pinggang meningkat lebih cepat sampai 5 kali,jika dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda tersebut.

9). Minuman Beralkohol
Jenis minuman yang dapat membuat tubuh menjadi gemuk adalah minuman yang beralkohol. Sebab dapat menyebabkan pembakaran lemak dalam tubuh menutup dan hormon stress meningkat. Hindari dan jangan menyentuh jenis minuman ini sebab dapat dipastikan tubuh anda akan menggemuk secara perlahan dan anda tidak menyadarinya.

Cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat :

Berikut ini adalah cara diet alami untuk menguruskan dan menurunkan berat badan secara alami dan tanpa resiko bagi tubuh anda tentunya. Ikuti panduan berikut ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam program menurunkan berat badan anda. Tetap fokus dan mempunyai semangat tinggi tentunya dalam menjalankan program ini.


1.Membuat jadwal diet
Buatlah jadwal diet, dan tuliskan makanan atau hal apa saja yang harus anda lakukan untuk mensukseskan program penurunan berat badan anda bahkan anda juga bisa menambahkan lamanya waktu yang harus dicapai untuk program penurunan berat badan anda. pembuatan jadwal ini dimaksudkan sebagai pemicu bagi anda untuk bisa komitmen atas program penurunan berat badan anda.

Tuliskan secara rinci makanan apa saja yang harus anda konsumsi untuk mendukung penurunan berat badan, dan hal apa saja yang harus anda patuhi untuk mensukseskan program penurunan berat badan ini. bila perlu anda juga harus patuh pada pantangan yang dibuat dan harus benar benar komit untuk tidak melakukan pantangan tersebut. Hal ini harus diperhatikan demi tercapainya target untuk menurunkan berat badan.

2.Menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh
Cara selanjutnya ini yaitu menghitung jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh. Hal ini harus dilakukan supaya mengingat asupan makanan adalah salah satu hal yang bisa mempengaruhi berat badan anda. untuk mencapai target penurunan berat badan dalam seminggu, anda harus menghitung jumlah kalori seperti menghindari makanan yang mengandung banyak kalori dan menggantinya dengan makanan bernilai gizi lainnya dengan kandungan protein atau nutris lain yang tidak mempengaruhi berat badan anda. perbanyaklah konsumsi sayur dan buah buahan segar untuk mendukung program penurunan berat badan anda.

Ketiga hal tersebut bisa anda lakukan sebagai cara sehat dan cepat menurunkan berat badan dalam waktu seminggu. Untuk mendukung program ini tentunya anda harus benar benar serius dalam menjalankannya, karena kunci dari kesuksesan program ini adalah kemauan yang kuat pada diri anda sendiri serta komitmen agar tercapainya target penurunan berat badan seperti yang adan inginkan.

3.Berolah raga namun tidak melewati batas
Cara menurunkan berat badan secara alami yang pertama adalah dengan cara berolah raga namun tidak melewati batas. Maksudnya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin pada pagi dan sore hari. Untuk olahragapai hari, anda hanya harus melakaukan jalan kaki saja,tidak perlu lari sampai mengeluarkan tenaga ekstra,karena tubuh juga perlu penyesuaian saat anda akan menjalankan olahraga rutin untuk pertama kalinya. Berikutnya agar pembakaran lemak lebih maksimal, anda harus melakukan olahraga pada sore hari. Sebagai catatan, untuk olahraga sore hari ini anda harus menggunakan jaket parasit dan celana training setelan panjang. Dan jam pada waktu anda melakukan jogging kecil ini adalah jam 3 sore, dan di saat kondisi matahari panas. Anda hanya perlu melakukan jogging kecil paling tidak 2 kali lapangan sepak bola dan tidak perlu cepat. Anda hanya diharuskan jogging pelan agar pembakaran lemak ebih maksimal. Lakukan kegiatan ini dengan target selama 1 bulan.

4.Jangan menahan makan atau tidak makan
Cara menurunkan berat badan yang kedua adalah jangan menahan makan atau tidak makan sama sekali. Ini adalah program utama yang sering disalah artikan oleh semua orang, dimana arti diet disimpulkan menjadi mengurangi jatah makan dan menahan makan seperti berpuasa. Inilah mindset yang salah selama ini, dimana sebenarnya arti “Diet” adalah mengurangi jumlah porsi makanan, dan memilih jenis makanan yang masuk serta menghindari jenis makanan yang mengandung lemak dan gula berlebih. Dalam program diet yang dijalankan ini anda tetap makan 3 kali dalam 1 hari, namun dengan porsi yang diturunkan, ini kuncinya agar anda tetap menjalankan program diet tanpa lemas dan menyiksa.

Untuk porsi makanan pagi, anda bisa mengkonsumsi nasi dan ini diharuskan sebab nasi adalah sumber tenaga dan energi untuk melakukan aktifitas gerak sehari hari. Jangan takut anda gemuk dengan mengkonsumsi nasi pada pagi harinya sebab pembakaran akan lebih maksimal saat seharian nanti anda beraktifitas. Untuk siang harinya sekitar pukul 12 siang anda konsumsi nasi juga, tetapi dengan jumlah yang lebih sedikit setengah piring saja. Dan bisa dibarengi dengan tambahan roti,kemudian untuk sore harinya anda harus mengkonsumsi buah buahan saja dan jangan makan roti maupun nasi. Makanlah buah pada pukul 6 sore, setelah jam tersebut anda tidak boleh mengkonsumsi makanan apapun dan sekecil apapun apalagi “ngemil”

5.Jangan makan makanan pada malam hari
Cara menurunkan dan menguruskan berat badan yang berikutnya adalah dengan cara jangan sekali kali makan atau “ngemil” makanan kecil pada malam hari tepatnya setelah pukul 6 malam ke atas. Kalau anda merasa lapar, maka dapat dipastikan bahwa pada pagi harinya anda tidak makannasi sebagai sumber tenaga, sehingga pada malam harinya anda akan merasa sangat lapar yang luar biasa. Seolah olah anda tidak bisa berhenti ngemil.

Perlu anda ketahui, ketika malam hari anda mulai makan dan mengkonsumsi makanan selain buah dan sayuran, maka dapat dipastikan yang akan terjadi adalah justru berat badan anda semakin naik meskipun anda sudah menahan lapar seharian dan hanya makan 1 kali pada malam harinya. Ini adalah kesalahan setiap orang yang sedang melakukan program diet. Untuk itulah lakukan seperti saran di atas, yaitu tetap makan makanan 3 kali sehari namun dengan pemilihan makanan dan porsi makan yang cukup serta tidak berlebih.

6.Mengurangi asupan karbohidrat yang berlebih
Cara menurunkan berat badan yang berikutnya adalah dengan cara mengurangi asupan karbohidrat yang berlebihan. Dalam artian di sini yaitu mengurangi jumlah karbohidrat yang masuk selain dari makan pagi dengan nasi. Jadi mulai sore dan malam hari, hentikan mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung karbohidrat berlebih seperti pizza, burger, roti bakar, dll memang bukan nasi,tetapi makanan makanan tersebut terdapat karbohidrat yang banyak dan berlebih yang membuat tubuh cepat menjadi gemuk apalagi jika dikonsumsi saat malam hari.

7.Makan daging boleh, tapi buang kulitnya
Berikutnya cara untuk menurunkan berat badan adalah boleh makan daging yang dikukus dan juga dibuang kulitnya. Seperti diketahui bahwa daging yang digoreng adalah sumber lemak yang utama, terlebih dengan kulit daging yang mengandung kalori sangat banyak. Jadi untuk program diet ini tetap bisa mengkonsumsi daging, namun pengolahannya adalah dengan cara dikukus dan tidak menggunakan bumbu terlalu banyak serta dibuang kulitnya. Jadi anda tetap bisa mengkonsumsi daging namun juga dengan kadar kalori lemak yang lebih banyak berkurang sehingga anda bisa lebih cepat menurunkan berat badan anda.

8.Konsumsi buah setelah lebih dari jam 6 sore
Cara menurunkan berat badan yang juga berperan penting adalah dengan cara mengkonsumsi buah saja setelah lebih dari jam 6 sore. Jadi anda tidak diperbolehkan memakan apapun selain buah pada jam tersebut. Terlebih mengkonsumsi cemilan seperti permen,es krim ,burger ataupun jenis makanan kudapan lain yang mengandung karbohidrat atau gula. Sebab pada malam harinya jarak 6 jam tubuh sudah beristirahat dan tidak boleh membakar kalori makanan, karena pada saat istirahat maka hanya akan menjadi timbunan lemak saja pada tubuh.

9.Hindari minuman bersoda
Cara menurunkan berat badan juga bsa dilakukan dengan menghindari minuman bersoda mulai dari sekarang. Sebab walaupun hanya dalam 1 kaleng kecil, minuman bersoda tersebut mengandung gula kalori yang sangat banyak yang tidak baik bagi tubuh. Sekalipun anda tidak makan, tetapi mengkonsumsi jenis minuman bersoda ini maka akan sia sia saja program diet yang anda jalankan. Untuk itulah hindari mulai sekarang jika berat badan anda tidak inginbertambah terus menerus, walapun hanya dengan mengkonsumsi 1 kali saja jenis minuman bersoda tersebut. Lebih baik mengkonsumsi air putih secara rutin agar metabolisme dalam tubuh menjadi baik dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit seperti ginjal yangdisebabkan karena kurangnya mengkonsumsi air putih setiap harinya.

10.Perbanyak gerak kurangi terlalu banyak tidur
Cara untuk menurunkan berat badan dengan alami cepat berikutnya adalah dengan cara memperbanyak gerak dan mengurangi terlalu banyak tidur. Usahakan anda tetap bergerak dan melakukan aktifitas biarpun di dalam rumah, bukan dengan tidur dan terus menerus beristirahat apalagi tanpa melakukan olahraga rutin. Maka sangatlah mustahil semua usaha yang anda lakukan selama ini.

Memperbanyak gerak di sini bukan berarti anda harus berlarian pada saat berjalan atau tidak berhenti selama 24 jam untuk bergerak, namun sesuaikan dengan porsi anda. Semakin banyak aktifitas yan tidak menguras energi itu bagus, daripada hanya melakukan 15 menit aktifitas yang sangat berat. Sebab setiap gerakan aktifitas kita tubuh akan membakar lemak sedikit demi sedikit yang dapat menghambat proses penggemukan badan secara tidak langsung.

11.Konsumsi produk susu rendah lemak untuk diet
(Konsumsi greek yoghurt yang kaya protein, susu skim, dan bahkan keju rendah lemak dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Pilihlah produk tanpa pemanis atau dengan sedikit pemanis, makanlah setidaknya 6 ons yogurt per hari.) Dimana makanan tersebut dapat membantu anda secara perlahan untuk menguruskan dan menurunkan berat badan anda secara terprogram dan tanpa menyiksa tubuh secara ekstrim dengan obat obatan tertentu.

12.Lebih memperbanyak konsumsi air putih
Cara sehat selanjutnya yaitu lebih memperbanyak konsumsi air putih. Air putih tidak mengandung kalori yang bisa mempengaruhi berat badan anda, jadi memperbanyak konsumsi air putih sebelum makan dan sesudah makan bisa mengendalikan napsu makan anda sehingga anda bisa merasa kenyang dan tidak perlu mengkonsumsi camilan. Selain itu air putih bermanfaat untuk melancarkan metabolism tubuh, seperti lancarnya keringat atau urine yang keluar. Lancarnya system sekresi tubuh anda melalui keringat dan urin dapat berfungsi untuk membuang racun yang ada dalam tubuh anda, sehingga adna akan merasa lebih bugar dan sehat meski sedang menajlan kan program diet.Melakukan kebiasaan minum air putih adalah salah satu cara sehat untuk mendukung program penurunan berat badan anda.

12 Cara Sukses Menurunkan Berat Badan 10 Kg Secara Alami Cepat & Mudah | Unknown | 5