22 Cara Mengobati Sariawan di Lidah,Gusi,Bibir Dengan Cepat & Tidak Perih



 Cara Mengobati Sariawan di Lidah,Gusi,Bibir Dengan Cepat & Tidak Perih
Berbagai macam cara tentunya akan anda coba untuk mengobati dan mengatasi sariawan, baik itu di lidah, di gusi,pinggir bibir maupun tenggorokan dnegan cepat dan tidak perih. Cara mengobati sariawan pada anak maupun pada bayi tentunya lebih anda proritaskan,sebab pada anak atau bayi rasa sakit yang ditimbulkan akibat dari sariawan ini cenderung akan membuat menangis dan rewel. Sedangkan pada orang dewasa biasanya akan lebih tahan saat mengalami sariawan di pinggir bibir maupun bagian dalam bibir, ataupun pada gusi yang biasanya juga rawan terkena sariawan karena terkena sodokan sikat gigi yang keras saat menyikat gigi. Di sini juga anda bisa menemukan cara mengobati sariawan dengan menggunakan albothyl dengan cepat dan tidak perih. Sebelumnya adan bisa melihat beberapa penjelasan seputar sariawan berikut ini.

Gejala penyakit sariawan:

Gejala untuk penyakit sariawan pada umumnya dapat kita kenali lewat luka pada daerah bibir yang menyebabkan rasa sakit, perih dan gatal saat kita makan.Bukan hanya daerah bibir saja yang dapat terserang penyakit sariawan, daerah lidah juga dapat terserang penyakit sariawan. Jika penyakit sariawan ini menyerang pada daerah lidah rasa susah untuk kita berbicara dan saat kita mengunyah makanan akan terasa sulit. Penyakit sariawan juga dapat menyerang daerah langit – langit mulut dan pada krongkongan tenggorokan kita, hal ini akan menyebabkan kita susah untuk menelan makanan dan akan terasa sakit saat kita menelan makanan.
 

Penyebab sariawan :

Salah satu penyakit yang timbul pada lidah adalah sariawan. Dengan ciri gejalanya adalah berupa kelainan pada selaput lendir mulut berupa bercak berwarna putih dan permukaannya cekung berbentuk bulat. Biasanya disekitarannya berwarna kemerahan. Tergigit, makanan/minuman yang panas, alergi terhadap cabai atau nanas, kekurangan vitamin C, atau kebersihan mulut yang tidak terjaga merupakan penyebab sariawan di lidah.

Selain kekurangan vitamin C, penyakit sariawan juga banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit sariawan. Kurang nya menjaga kebersihan daerah mulut, alergi terhadap makanan, kelainan sistem pencernaan tubuh kita dan kurang nya asupan zat besi pada tubuh, dapat menjadi penyebab ter jangkit nya penyakit sariawan.

Faktor penyebab sariwan dilidah, lesi sariawan biasanya terdapat pada mukosa bibis, lidah, langit langit lunak dan dasar gusi selain sariawan di lidah. Sariawan di lidah ini penyebabnya adalah kekurangan vitamin C, alergi makanan minuman yang terlalu panas terus dingin dikonsumsi.Sariwan di lidah paling sering penyebabnya adalah ketidak sengajaan lidah tergigit saat makan. Lalu terasa sakit, nyeri pada lidah setelah itu timbul bercak atau tonjolan merah pada beberapa hari kemudian yang cukup menyakitkan sampai menyulitkan seorang penderitanya sulit untuk makan dan minum.

Sariawan adalah bengkak pada selaput lendir. Terjadinya sariawan biasanya pada bagian selaput lendir di bibir dalam dan diujung lidah yang disebabkan dengan serangan virus atau kuman, kurang gizi, kekebala tubuh turun, emosi dan stress yang tegang. Terjadinya sariawan juga bisa karena luka disaat ujung sikat gigi.

Pada umumnya untuk mengobati sariawan sebagian orang menggunakan obat biru yang dioleskan langsung pada area sariawan tersebut atau dengan vitamin C dikonsumsi disetiap dan memperbanyak air putih untuk dikonsumsi. Disaat menggosok gigi dan berkumur usai menyikat gigi juga tidak kalah penting, yaitu ketika menggosok gigi jangan terlalu keras karena hanya akan merusak gigi dan bagian mulut dalam.Sebenarnya banyak obat sariawan alami yang bisa anda gunakan selain dari obat apotik.

Untuk membantu meringankan rasa sakit akibat sariawan di lidah dengan beberapa cara dibawah ini bisa dilakukan sendiri di rumah sebagai berikut :
  1. 2 kali sehari menyikat gigi. Agar menjaga kebersihan mulut lakukan hal tersebut. Gunakan benang gigi atau dental floss bila diperlurkan dalam setiap hari 1 kali. Mengganti sikat gigi dengan sering disaat infeksi jamur. Penggunaan sikat gigi bersama dengan orang lain diharapkan untuk dihindari walaupun kerabat atau pasangan sendiri.
  2. Obat kumur atau spray jangan digunakan. Hal ini agar perubahan suasana dapat dihindari untuk pertumbuhan flora normal mulut kecuali dokter merekomendasi untuk obat kumur tertentu.
  3. Dengan air garam untuk berkumur. Dalam satu cangkir air hangat dicampurkan ½ sendok teh garam lalu beberapa saat untuk berkumur kemudian dibuang. Dalam sehari, anda dapat berkumur dengan air garam ini beberapa kali.
  4. Minumlah minuman dingin atau jus untuk dikonsumsi. Gunakan sedotan bila saat anda minum, sariawan terasa sakit.
  5. Makanan yang tidak perlu banyak dikunyah dapat dipilih. Semisal makan lembur, agar-agar dan es krim.
  6. Yogurt tanpa pemanis. Agat tingkat bakteri baik dalam tubuh bisa kembali maka mengkonsumsi yogurt tanpa pemanis yang didalamnya terkandung lactobacillus acidophilus. Atau dalam bentuk kapsul juga bisa dapat diminum.
  7. Asupan gula dan produk yang mengandung ragi dapat dibatasi. Contohnya seperti roti, bir, serta wine yang semua itu dapat mendorong perkembangan jamur.
Sariawan di lidah jangan dianggap remeh, terutama bisa sudah sangat menggangu dan berlarut larut lamanya. Untuk pengobatan lebih lanjur maka konsultasikan dengan dokter.

Baca juga : Cara mengobati sakit gigi berlubang besar dan gusi bengkak.

Cara mengobati sariawan di lidah :

Sariawan pada umumnya pada mulut timbul luka yang memiliki bentuk bercak berwarna putih agak kuning. Bagian rongga mulut tak terkecuali dengan lidah akan terserang sariawan. Tentunya yang dirasakan adalah sariawan akan menyiksa dan akan sangat menghambat terutama menghambat aktivitas yang berkaitan dengan mulut seperti mengunyah, makan dan berbicara.Obat sariawan yang baik adalah yang tidak mengandung efek samping negatif setelah pengobatan.

Sebenarnya, sariawan baik pada bagian mulut, gusi atau lidah umumnya akan sembuh dengan sendirinya.Namun,memang untuk mengobati lidah yang terserang sariawan memang begitu menyakitkan, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengobati sariawan tersebut.
  • 1.Obat sariawan dengan daun kemangi
    Daun kemangi yang merupakan sebagai bahan pelengkap yang terdapat pada hidangan nasi uduk ini. Bukan hanya disantap ternyata baik untuk mengobati sariawan yang ada pada lidah. Kandungan antiseptik yang alami yang ada di daun kemangi, bahwa ini sangat efektif dan ampuh agar kyja sariawan lengkas sembuh. Cara penggunaannya adalah siapkan daun kemangi 4-5 lembar kemudian daun tersebut ditumbuk sampai halus dan dengan satu sendok gliserin dicampurkan di tumbukan itu. Kemudian ditumbuk kembali sampai halus lalu pada bagian luka daun tumbukan itu untuk mengoleskan pada luka tersebut.
  • 2.Obat sariawan dengan kopi bubuk
    Kopi bukan hanya sebagai minuman yang nikmat saja, tapi sebagai bahan alami obat dari manfaat kopi agar sariawan yang terutama dibagian lidah cepat sembuh. Cara pemakaiannya adalah ambil kopi bubuk murni sedikit saja (jangan dicampur apapun). Lalu selanjutnya ke bagian luka sariawan, kopi tadi dioleskan langsung. Lalu beberapa menit dibiarkan lalu bersih dengan air bersih dengan cara berkumur.
  • 3.Obat sariawan dengan tanaman jambu air
    Tak hanya dapat dimanfaatkan dan dinikmati buahnya saja tanaman yang sering tumbuh diperkarangan rumah ini, tapi tanaman jambu air pada bagian tertentu bisa dimanfaat untuk mengobati sariawan pada bagian lidah. Cara pemakaiannya adalah siapkan kulit batang tanaman jambu air yang masih muda secukupnya. Kemudian kulit batang tersebut dicuci bersih lalau tumbuk sampai halus. Kemudian dengan ½ gelas air matang untuk menyeduhnya. Lalau saring airnya dan airnya bisa dimanfaatkan dengan berkurmur agar sariawan lekas sembuh. 

Cara mengobati sariawan di pinggir bibir :

Ada obat sariawan alami atau beberapa cara mengatasi sariawan dengan alami selain dengan pernyataan yang tertera diatas yaitu sebagai berikut cara alami yang bisa dilakukan :

4).Mengobati sariawan dengan kunyit

Dengan memakai kunyit merupakan cara mengatasi sariawan dengan alami. Cara pemakaian untuk mengobati penyakit ini adalah Siapkan kunyit secukupnya lalu dibersihkan dan dihaluskan. Kemudian pada bagian daerah mulut atau bibir yang terkena sariawan dibaluri dengan kunyit yang dihaluskan. Dengan rutin dan teratur untuk melakukan cara ini selama berlangsungnya penyakit ini. Aman dan efektif tips ini agar penyakti sariawan bisa diobati. Maka dari itu kebersihan mulut dengan baik dan benar untuk dijaga agar penyakit ini tidak mudah dialami. Pada umumnya membuat rasa tidak enak atau tidak nyaman saat ingin memakan sesuatu apapun bila penyakit ini dialaminya.

5).Mengobati sariawan dengan minyak kelapa
Dengan minyak kelapa merupakan cara selanjutnya untuk mengatasi sariawan dengan alami. Cara pemakaian agar penyakit ini bisa diobati dengan minyak kelapa ini adalah siapkan minyak kelapa secukupnya dan madu murni. Lalu campurkan kedua bahan tersebut. Kemudian balurkan campuran bahan tersebut ke daerah bagian mulut dan bibir. Dengan rutin dan teratur terapkan cara untuk mengobatinya. Untuk mengobati penyakit ini dengan tips ini adalah aman dan efektif tanpa efek samping. Maka dari itu kebersihan mulut dengan baik dan benar untuk dijaga agar penyakit ini tidak mudah dialami. Pada umumnya membuat rasa tidak enak atau tidak nyaman saat ingin memakan sesuatu apapun bila penyakit ini dialaminya.

6).Mengobati sariawan dengan madu
Dengan memakai madu adalah cara berikutnya untuk mengobati sariawan dengan alami. Cara pemakaian agar sariawan bisa diobati adalah campurkan dengan minyak kelapa dengan bahan alami, kemudian dibalurkan langsung pada mulut dan bibir secara merata. Dengan rutin dan teratur terapkan cara ini selama penyakit sariawan masih dialami. Untuk mengobati penyakit ini dengan tips ini adalah aman dan efektif tanpa efek samping. Maka dari itu kebersihan mulut dengan baik dan benar untuk dijaga agar penyakit ini tidak mudah dialami. Pada umumnya membuat rasa tidak enak atau tidak nyaman saat ingin memakan sesuatu apapun bila penyakit ini dialaminya.

7).Mengobati sariawan dengan bawang putih
Dengan bawang putih adalah cara berikutnya untuk mengatasi sariawan dengan alami. Cara pemakaian adalah siapkan bawang putih dan kupas bawang tersebut lalu dipotong. Setelah itu dioleskan pada mulut atau bibir yang ada sariawannya. Dengan rutin dan teratur terapkan cara ini selama penyaki sariawan masih dialaminya. Untuk mengobati penyakit ini dengan tips ini adalah aman dan efektif tanpa efek samping. Maka dari itu kebersihan mulut dengan baik dan benar untuk dijaga agar penyakit ini tidak mudah dialami. Pada umumnya membuat rasa tidak enak atau tidak nyaman saat ingin memakan sesuatu apapun bila penyakit ini dialaminya.

8).Mengobati sariawan dengan buah pepaya
Dengan memakai buah pepaya adalah cara megatasi sariawan. Cara pemakaian untuk megatasi sariawan adalah siapkann buah pepaya kemudian jadikan seperti masker wajah. Lalu oleskan pada mulut atau bibir. Secara rutin dan teratur terapkan cara ini. Untuk mengobati penyakit ini dengan tips ini adalah aman dan efektif tanpa efek samping. Maka dari itu kebersihan mulut dengan baik dan benar untuk dijaga agar penyakit ini tidak mudah dialami. Pada umumnya membuat rasa tidak enak atau tidak nyaman saat ingin memakan sesuatu apapun bila penyakit ini dialaminya.

9).
Mengobati sariawan dengan tomat
Dengan memakai tomat adalah cara mengatasi sariawan dengan cara alami. Cara pemakaian untuk mengatasi penyakit sariawan adalah siapkan buah tomat kemudian anda bisa memakan langsung buah tersebut atau bisa dengan dibuat dengan jus. Dengan rutin dan teratur terapkan cara ini selama mengatasi sariawan sampai sembuh.Untuk mengobati penyakit ini dengan tips ini adalah aman dan efektif tanpa efek samping. Maka dari itu kebersihan mulut dengan baik dan benar untuk dijaga agar penyakit ini tidak mudah dialami. Pada umumnya membuat rasa tidak enak atau tidak nyaman saat ingin memakan sesuatu apapun bila penyakit ini dialaminya.

Cara mengobati sariawan di gusi :

Untuk mengobati sariawan di gusi anda bisa menggunakan beberapa obat sariawan berikut ini, dimana cukup ampuh untuk mengatasi dan menyembuhkan sariawan pada gusi anda.
    10) Berkumur dengan air garam
    Agar luka sariawan cepat sembuh. Maka air hangat dan dicampur dengan garam lalu digunakan untuk berkumur sehari dilakukan 3 kali.
    11).Minum yogurt
    Yogurt berguna agar keseimbangan bakteri didalam mulut dan tubuh dapat dikontrol dengan meminum yogurt ini. Anda juga bisa meningkatkan kecepatan penyembuhan dan membantu mencegah luka sariawan
    12).Berkumur dengan ramuan tradisional
    Salah satu dari beberapa ramuan tradisional seperti lidah buaya, ekstrak biji, anggur, peroksida hidrogen, jus plum, minyak pohon teh dan air hangat untuk berkumur dan sebelumnya bahan tersebut dicampur dengan garam karena luka sariawan mampu ditutup.
    13).Bawang putih dan pepaya
    Dengan menggunakan bawang putih adalah cara agar mempercepat penyembuhan luka sariawan anda. Selain itu bisa dengan pepaya dengan cara pada luka sariawan dioleskan dengan buah tersebut.
    14).Air kelapa
    Menenangkan pada sistem pencernaan adalah efek yang bisa diberikan dengan air kelapa. Selain itu sifat pendinginnya dikenal dengan air kelapa ini. Karena dengan meminum air kelapa baik untuk menyembuhkan sariawan selain menghidrasi tubuh.

      Cara mengobati sariawan dengan albothyl :

      Dapat mengkoagulasi protein secara spesifik dalam jaringan yang terluka tanpa memberikan pengaruh buruk terhadap jaringan di sekitarnya yang masih sehat adalah manfaat dari albothyl.

      Cara menggunakan alboltyl sebagai obat sariawan :
      1. Gigi berlubang dan berdarah pasca pencabutan
      Pada cotton bud diteteskan alboltyl secukupnya dan pada bagian gigi berlubang atau berdaras ditempelkan contton bud yang sudah diteteskan albotyl. Dan cairan jangan sampai tertelan harus dipastikan dan lakukan sesuai kebutuhan. Dan selanjutnya bersihkan dengan berkumur pada akhirnya cara ini.

      Terbukti sangat ampuh cara kerja albothyl untuk mengatasi beberapa keluhan pada gigi. Setiap menjelang tidur dan bangun tidur lakukan cara ini secara berkala. Dan dengan mengurangi konsumsi makan panas, manis, dan keras merupakan hal terpenting yang dilakukan untuk pencegahan. Dan juga menggosok gigi secara rutin merupakan hal paling penting juga.

      2. Sariawan dan gusi bengkak

      Sebanyak 10-15 tetes Albothyl diteteskan kedalam air 200 ml atau 1 gelas dan dianjurkan air matang bukan mentah. Dengan air yang telah dicampur tadi digunakan untuk berkumur dan sampai 1 setengah menit untuk ditahannya lalu barulah dimuntahkan. Gigi dan gusi akan terasa kaku merupakan edek dari berkumur tersebut. Dan kemudian berkumurlah kembali dengan air minceral seperti biasa untuk menetralisir kembali seperti semula

      Harga Albothyl :
      Perkiraan harga pasaran Albothyl yang 10 ML sekitar 20 ribu lebih muha dari cataflam.

      Baca juga:

      Cara mengobati sariawan pada anak dan balita :

      Penyakit sariawan memang tidak membahayakan nyawa penderitanya, namun tetap saja rasa nyaman itu dirasakan oleh mereka yang mengalami sariawan, terutama pada saat menggerakkan mulut.Bisa disebabkan oleh banyak hal penyakit ini, mulai dari stress, alergi suatu makan tertentu, dimulut ada luka, siklus haid atau bahkan karena terlalu banyak makan yang asam dan minum antibiotik dikonsumsinya.

      Siapa saja bisa mengalami sariawan dari generasi termuda sampai paling tua. Beberapa obat sariawan yang terbuat dari ban alami untuk anak dan balita sebagai berikut :

      16).Berkumur air garam
      Haruslah yang aman dan tidak begitu dibenci oleh anak untuk obat sariawan bagi anak tersebut atau bisa dikatakan tidak terasa pahit. Mungkin bukan cara yan paling disukai oleh anak anak bila memakai cara berkumur dengan menggunakan larutan garam. Tapi cara ini yang paling muda yang bisa dilakukan dengan segera untuk mengobati sariawan.

      Cobalah sebanyak 3 kali dalam waktu satu hari untuk berkumur dengan larutan hangat yang digunakannya. Karena cara ini yang paling baik agar luka yang timbul karena sariawan cepat sembuh.

      17).Baking soda
      Mengatasi sariawan dengan baking soda tidak ada salahnya untuk mencobanya. Baking soda pada dasarnya populer sebagai bahan pengembang makanan tapi fungsi dari baking soda semakin lama semakin bertambah, salah satunya adalah mengobati sariawan.

      Cara menggunakannya adalah dengan menggunakan air untuk melarutkan baking soda dan gunakan campuran ini sebagai bahan alami sebagai obat kumur atau untuk pasta gigi sebagai penggantinya untuk melapisi sariawan. Sangatlah bermanfaat dari baking soda karena akan membantu melawan bakteri yang didalam mulut dan proses penyembuhan luka sariawan bisa dipercepat.

      18).Minum vitamin
      Asupan makanan yang baik untuk mencegah atau mengobati sariawan adalah dengan asam folat, zat besi, vitamin C dan Vitamin B. Asupan makan anada diusahakan untuk diperbanyak, khususnya yang baik agar sariawan menjadi ringan.


      Cara mengobati sariawan pada bayi :

      Karena adanya pertumbuhan jamur jenis candida albicans yang dapat ditularkan dari puting ibu yang mengakibatkan bayi mengalami sariawan yang sering ditemukan pada beberapa kasus. Dibeberapa titik mulut bayi seperti pada bagian dalam pipi, dilangit langit mulut atau pada gusi dan giginya dapat muncul sariawan pada bayi.

      Sariawan dapat kemungkinan menyerang pada bayi yang berada di usia 2 bulan. Karena semakin meningkatnya infeksi jamur candida tersebut. Sistem kekebalan tubuh masih belum matang maka peningkatan jamur candida dapat terjadi. Sehingga bayi dama melawan infeksi kurang mampu atau tingkat bakteri sehat dalam tubuh bayi karena pemberian antibiotik sehingga kemungkinan semakin luas penyebaran jamur candida. Selain itu sangat berkaitan dengan pertumbuhan bayi dan juga dapat meningkatakanpertumbuhan jamur candida dari peranan anda sebagai ibu seperti disaat menyusui meminum obat antiobiotik, saat menyusui juga anda menderita sariawan atau pemicu sariawan dimiliki oleh anda ketika melahirkan bayi anda.

      Baca juga : Obat batuk tradisional untuk anak,dewasa,bayi & ibu hamil.

      Sangat sulit pada dasarnya mengetahui lebih awal apakakh bayi anda terserang sariawan atau tidak apalagi emosi bayi melalui tangisan harus anda ketahui. Salah satu tanda adanya masalah kesehatan mulutnya bila bayi anda menangis setelah atau sedang mendapatkan ASI. Dengan bantuan cahaya maka anda dapat medeteksi sariawan pada bayi anda. Dengan melihat perubahan pada umumny terdapat bagian putih pada lidah selain residu susu atau dibagian baigan tertentu di mulutnya ada bagian merah. Pencernaan pada bayi akan terganggu karena sariawan ini sehingga ruam popok pada bayi akan timbul. Anda akan dibuat bingung karena keterbatasan asupan pada bayi dalam mengatasi sariawan pada bayi. Maka dari itu karena sensitifitas bayi yang tidak dapat disamakan dengan baalita atau orang dewasa maka anda harus sangat teliti dalam mengatasinya.

      Berikut adalah cara mengatasi sariawan pada bayi yang dapat anda lakukan :

      19). Memperhatikan Konsumsi Ibu Menyusui
      Dalam mengatasi sariawan pada bayi maka harus tingkatakn nutrisi yang dihasilkan dari ASI. Makan yang kaya dengan kandungan probiotik seperti yogurt atau suplemen probiotik )dengan saran dokter) harus dikonsumsi oleh anda untuk membantu dalam menjaga keseimbangan tubuh anda sehingga perkembangan jamur candida dapat diminimalisir. Anda harus memperhatikan pola makan anda seperti makan olahan dan makanan yang mengandung gula terlalu tinggi harus dihindari karena semua itu akan memicu jamur candida berkembang. Salah satu manfaat dari kandungan bawang putih bisa dijadikan nuntuk mengobati sariawan pada bayi.

      20). Cream tradisional
      Cream tadisional dapat anda gunakan yaitu minyak kelapa yang digunakan. Kandungan anti jamur yang alami terdapat pada minyak kelapa. Caranya pada putting payudara anda dioleskan minyak kelapa tersebut sehingga perkembangan jamur candida bisa dikurangi. Selain itu cream tradisional lainnya bisa djjadikan obat alami adalah kandungandari cuka sari apel. Cara sama seperti minyak kelapa dengan cara mengoleskan pada putting payudara anda.

      21). Sinar matahari

      Sariawan pada bayi dapat dihindari dengan bantuan sinar matahari dipagi hari. Dapat anda lakukan pencegahan dengan mengajak bayi anda dipagi hari untuk berjemur karena berkembangnya jamur candida ditempat yang lembab dan gelap. Kamar bayi anda diusahakan mendapatkan sirkulasi udara yang cukup dan paparan sinar matahari ada.

      22 Cara Mengobati Sariawan di Lidah,Gusi,Bibir Dengan Cepat & Tidak Perih | Unknown | 5