14 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Besar & Gusi Bengkak Terampuh



Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Besar & Gusi Bengkak Terampuh 
Pada gigi anda ada kerusakan gigi permanen maka dapat berkembang menjadi gigi berlubang. Sebutan lain dari gigi berlubang adalah kerusakan gigi atau karies gigi. Penyebabnya ada beberapa faktor termasuk adanya bakteri dimulut anda, gigi anda tidak dibersihkan dengan baik, ngemil yang sering dan minum minuman manis.

Masalah kesehatan paling umum didunia adalah gigi berlubang. Terutama pada anak anak, remaja dan orang dewasa yang lebihtua sering terjadi gigi berlubang. Tapi gigi berlubang bisa dimiliki oleh siapapun termasuk bayi. Bila tidak dirawat gigi berlubang tersebut maka gigi berlubang dapat menjadi lebih parah dan lapisan lebih dalam gigi anda terpengaruh. Hal ini lah yang dapat mengakibatkan semakin parah sakit gigi berlubang, infeksi dan kehilangan gigi. Cara mengatasi gigi berlubang atau cara menghilangkan sakit gigi berlubang yang baik adalah dengan mengunjungi dokter gigi secara rutin dan setiap hari menyikat gigi.

Bila semakin besar pembusukan akibat gigi berlubang maka tanda dan gejala seperti dibawah ini akan timbul yaitu : Sakit gigi,gigi sensitif,ketika makan atau minum sesuatu yang manis, panas, atau dingin akan terasa nyeri ringan bahkan sampai nyeri yang menusuk, dan ketika anda menggigit akan terasa nyeri terutama ketika anda menekan pada gigi gusi anda maka akan timbul nanah disekitar gigi.

Penyebab gigi berlubang dan kerusakan gigi:

Kerusakan gigi menyebabkan penyakti gigi berlubang, kerusakan tersebut terjadi dari waktu ke waktu dalam prosesnya. Hal ini terjadi karena permukaan yang keras (enamel) gigi anda telah dirusak oleh bakteri, sebuah proses yang dapat terjadi rasa tidak nyaman nyata tidak timbul. Kerusakan igi kemudian pada lapisan lebih dalam ari gigi anda dapat berkembang dalam langkah-langkah sebagai berikut :

1).Bentuk plak.
Seperti pada bagian lain dari tubuh anda, mulut anda secara alami terdapat berbagai jenis bakteri. Pada makan dan minuman yang mengandung beberapa bentuk gula berkembang beberapa bakteri ini yang juga dikenal sebagai fermentasi karbohidrat. Bila tidak membersihkan gula dari gigi maka gula tersebut akan dimakanoleh bakteri dan asam, bakteri, asam, partikel makan dan air liur akan diproduksi kemudian plak gigi akan terbentuk seperti selaput lengket yang melapisi gigi. Bila lidah digerakan di gigi anda, maka plak ini mungkin anda dapat rasakan yang terbentuk dalam beberapa jam setelah anda menyikat gigi. Terasa sedikit kasar plak ini dan pada gigi belakang atau gigi geraham anda akan lebih terlihat plak ini terutama dekat dengan gusi anda.

2).Serangan Plak.

Mineral pada gigi ada yang keras, enamel luar akan terhapus asam dalam plam. Didalam enamel akan terjadi bukaan yang kecil atau lubang yang disebabkan oleh pengikisan ini. Gigi berlubang adalah efek tahap pertama. Bakteri dan asam dapat mencapai lapisan berikutnya dalam gigi anda setelah enamel menghilang yang disebut dengan fentin gigi. Daripada enamel, lapisan ini lebih lembut dan kurang tahan terhadap asam.

3).Kerusakan berlanjut.
Melalui gigi anda, bakteri dan asam melanjutkan perjalanan mereka, dan bergerak di gigi bagian dalam (pulpa) yang berisi saraf dan pembuluh darah. Menjadi bengkak dan menyakitkan pada pulpa tersebut. Mungkin berpengaruh pada tulang pendukung gigi anda juga. Anda dapat mengalami sakit gigi berlubang yang parah, gigi sensitif, nyeri saat menggigit atau gejala lainnya ketika pembusukan sampai sejauh ini, Serangan bakteri gigi ini akan ditanggapi tubuh anda juga dengan mengirim sel sel darah putih untuk melawan infeksi. Mengakibatkan abses gigi karena hal ini.

Cara mengobati sakit gigi karena berlubang paling ampuh :

Tentang penyebab sakit gigi ini penting untuk kita ketahui karena bisa bermacam macam sumbernya bisa karena infeksi, pada gigi terjadi lubang, dibagian tertentu ada retak rambut, pada gigi terjadi pengikisan dan lain-lain. Tentang obat saki gigi tradisional yang paling ampuh untuk membantu mengatasi penyakit ini kita bahas sama-sama dari sekarang ini.

Baca juga : Cara memutihkan gigi secara alami cepat dan permanen dalam 1 minggu.

Obat sakit gigi paling ampuh:

Dimana menurut beberapa orang yang telah mencobanya, obat tradisional paling ampuh untuk mengobati sakit gigi berlubang besar adalah dengan menggunakan ramuan cengkeh dan spiritus:

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut :
  • Ambil minyak cengkeh sebanyak 1,5 sendok yang bahan tersebut bisa dibeli di toko obat atau apotik. Sudah lama minyak cengkeh meredakan sakit gigi. Ada beberapa orang, cengkeh yang masih segat atau belum dikeringkan ditempelkan langsung ke gigi berlubang
  • Ambil teh spiritus sebanyak 1 sendok.
  • Kemudian kedua bahan dicampur jadi satu dan dalam kapas untuk menaruhnya lalu kapas yang sudah tercampur itu diletakan di atas gigi yang berlubang. Rasa sakit dengan tidak lama akan segera menghilang.
Masih ada juga beberapa macam cara untuk mengobati dan menghilangkan rasa sakit dan linu yang diakibatkan oleh gigi berlubang selain cara diatas. Dan gigi pun tidak jarang menjadi bengkak karena efek dari gigi berlubang ini.

Baca juga : Cara mengobati sariawan di lidah dan pinggir bibir dengan cepat & tidak perih.

Beberapa macam obat sakit gigi :


1).Mengobati sakit gigi berlubang dengan cabe rawit
Pertolongan pertama yang bisa digunakan untuk sakit gigi adalah dengan cabe rawit. Kandungan senyawa capsaicin didalam cabe rawit yang ternyata berfungsi sebagai pereda rasa sakit. Dan disaat sakit gigi kita alami maka dengan ini bisa dimanfaatkann dengan cara memakai adalah dengan melarutkan cabe ini kedalam air panas kemudian kapas dicelupkan di air tersebut lalau peraslah kapas itu sedikit kemudian kapas tersebut dilekatak pada gigi yang sakti. Cara tersebut adlaah cara yang dipakai secara umum dilakukan.

2).Mengobati sakit gigi berlubang dengan teh hangat
Untuk tindakan awal saat sakit gigi ini datang maka minumlah teh hangat. Gigi yang sakit bisa diredakan dengan memanfaatkan teh hangat tersebut. Pada buku yang ditulis oleh Phyllis A.Balch yang berjudul Prescription for Herbal Healing ada bahasan yang menarik bahwa dituliskan disana bahwa untuk mengobati sakit gigi bisa digunakan dengan teh ini. Dengan teh panas maka bakteri bakteri dimulut akan hilang dan rasa sakit akan dikurangi walaupun hanya sementara efeknya. Dibagian gusi letakan kantong teh tersebut yang berguna agar peradangan yang timbul dapat dihentikan. Didalam teh hangat yang kita buat yang perlu diingat adalah sebaiknya jangan ditambahkan gula.

3).Mengobati sakit gigi berlubang dengan kompres es
Lakukan kompres dengan es batu adalah cara kedua untuk mengobati sakit gigi. Dengan hal ini maka rasa nyeri dan pembengkakan pada bagian gusi dan juga pipi bisa dikurangi. Caranya cukup mudah yaitu sediakan kantong kompres dengan diisi es batu didalamnya. Lalau selama 3-4 menit dikompreskan pada area yang sakit. Hal ini hanya meredaka sedikit saja dan bengkak pada poto bisa dikurangi.

4).Mengobati sakit gigi berlubang dengan minyak cengkeh
Sebagian besar diantara kita yang pernah atau sering mengalami sakit gigi, pasti minyak cengkeh dan daun cengkeh sudah distok untuk sebagai obat sakit gigi. Bahwa minyak cengkih ini mampu meringankan sakit gigi menurut penjelasan sebuah penelitian di Journal of Denstistru pada tahun 2006. Cara menggunakannya adalah minyak cengkeh diteteskan 2-3 kali di kapas steril yang biasanya berbentuk bulat bulat kecil kemudian pada gigi ditempelkan kapas tersebut dengan sedikit diperas. Bila minyak cengkih dirumah tidak ada maka daun cengkih bisa dimanfaatkan juga. Caranya yaitu ambil daun cengkih beberapa heali dan cuci daun cengkih sampai bersih. Lalau daun tersebut dilumatkan/dihaluskan lalu diperas dengan kain yang bersih. Cairan yang dihasilkan bisa diambil dan diteteskan pada kapas kemudian pada gigi yang sakit diletakkan kapas yang sudah diteteskan air perasan daun cengkih tersebut.
5).Mengobati sakit gigi berlubang dengan air sereh
Air sereh atau serai untuk berkumur. Khasiat dari bahan alami ini yang biasa dipakai untuk bumbu saat memasak ini sangat ampuh sebagai obat sakit gigi tradisional. Cara penggunaannya adalah siapkan sereh sebanyak 40 gram dan 2 gelas air disiapkan untuk merebusnya sampai tersisa menjadi 1 gelas. Kemudia air yang tersisa tersebut untuk berkumur saja.

6).Mengobati sakit gigi berlubang dengan bawah putih
Pada bawang putih mempunyai khasiat yang tersembunyi yang bisa dimanfaatkan. Bahwa bawang putih ini mampu membantu dalam menyembuhkan sakit gigi dan juga gigi berlubang yang dikarena mempunyai kandungan senyak antiseptik yang ditulis pada buku Jude's Herbal Home Remediesse karya Jude C. Todd. Cara menggunakannya adalah cukup mudah yaitu ambil 1 siung bawang putih dan pada gigi yang sakti letakanlah potongan bawang putih. Biarkan selama 2-3 menist dan dengan berkumur dengan air hangat untuk membersihkan mulut tadi.

7).Mengobati sakit gigi berlubang dengan meniran
Meniran, Penah tahun nama tanaman herbal tersebut ?Khasiat tanaman obat ini sangat ampuh yang mungkin teman teman pernah mendengarnya bahwa bisa untuk mengobati berbagai penyakit seperti ginjal, mengobato gangguan pada saluran kencing, kemudian mengobati hepatitis dan juga desntri. Tetapi akar dari meniran ternyata juga berkhasiat selain itu yaitu untuk mengobati sakit gigi. Cara penggunaannya menurut informasi diberbagai artikel yang kani jadiakn refferensi yaitu akar meniran dicuci bersih terlebih dahulu kemudian tepat pada bagian gigi yang sakit untuk mengunyah akar meniran tersebut.

8).Mengobati sakit gigi berlubang dengan getah jarak
Getah jarak bisa dimanfaatkan juga, Sekarang tanaman jarak ini sedikit susah ditemui. Bagi kehidupan manusia, tanaman ini memiliki banyak sekali manfaatnya. Termasuk sakit gigi bisa diobati dan ternyata getahnya berkhasiat agar sakit gigi berlubang diobati. Cara menggunakannya dengan banyak rekomendasinya adalah dengan cara getah dari pohon jarak diteteskan pada bagian gigi yang berlubang. Kalau getahnya diambil sangat sulit maka mengambil getahnya bisa dengan kapas kemudian pada bagian gigi yang berlubang, letakan kapas yang sudah ada getahnya.

9).Mengobati sakit gigi berlubang dengan akar kangkung
Akar kangkung juga bisa dimanfaatkan untuk obat sakit gigi selain memanfaatkan akar meniran. Cara menggunakannya menurut yang banyak dianjurkan oleh para ahli herbal adalah ambil akar kangkung segenggam dan dengan setengah sendok teh cuka untuk ditambahkan lalau direbus dengan satu gelas air. Setelah mendidih air rebusan ini untuk bisa untuk berkumur.

CATATAN: Bahwa sakit gigi benar benar hilang tetapi terasa kering dan lidah sedikit kehilangan rasa. Hal tersebut menurut teman yang telah mencobat menggunakan akar meniran, getah jarak dan juga akar kangkung. Maka dari itu sebelum anda mempraktekannya maka disarankan untuk menkonsultasikan dulu dengan ahli herbal pilihan.

Cara mengobati gusi bengkak bernanah :

Membuat kita menjadi tidak nyaman untuk menjalani aktivitas bila menderita gusi bengkak. Terjadi nya gusi bengkak karena ada peradangan pada gusi tersebut yang penyebabnya adalah bakteri. Selain itu akan membuat anda menjadi susah untuk mengunyah makan dan berbicara disaat menderita gusi bengkak.

Untuk mengobati gusi bengkak, ada banyak sekali obat yang beredar dipasaran. Tetpai tidak semua obat itu aman untuk dikonsumsi yang harus anda tahu. Sebaiknya untuk menyembuhkan gusi yang bengkak adalah dengan menggunakan obat yang alami. Gusi bengkak bisa diatas secara alami dan juga aman untuk kesehatan yaitu sebagai berikut :

10).Garam
Cara mengatasi gusi bengkakk dan sakit gigi yang paling ampuh adalah dengan garam. Bakteri yang terdapat pada gusi yang bengkak bisa dibunuh dengan zat yang terdapat didalam garam tersebut. Sangatlah mudah cara membuat obat untuk gusi bengkak ini. Ambil garam sebanyak 1 sendok lalau siapkan 1 gelas air hangat untuk mencampur garam tersebut. Sebanyak 2 atau 3 kali untuk melakukan berkumur sampai air larutan garm tersebut habil. Maka akan mereda rasa sakit akibat gusi yang bengkak.

11).Larutan Air Lemon

Air lemon dapat dijadikan cara mengatasi gusi. Rasa sakit akibat gusi bengkak bisa dihilangkan dengan zat yang terkandung didalam air lemon. Caranya adalah siapkan air hangat 1 gelas kemudian campur dengan perasan air jeruk lemon. Lalu campuran itu untuk berkumurr. Lakukan 2 kali dalam sehari untuk berkumur larutan tersebut. Maka akan sembuh gusi bengkak dan mengecil bengkak tersebut. Perasan air jeruk nipis juga bisa digunakan juga selain air perasan jeruk lemon.

12).Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh yang asli harus digunakan untuk mengobatai gusi bengkak ini. Sangatlah mudah cara membuatnya yaitu minyak cengkeh diteteskan di kapas kemudian kapas tersebut tempelkan pada bagian gusi yang bengkak. Dengan 1 gelas air hangat bisa dicampurkan dengan minyak cengkeh selain cara yang tadi yang bisa digunakan untuk mengobati gusi bengka. Lalu campurn air hangat dan minyak cengkeh tadi gunakan untuk berkumur sampai gusi bengkak sembuh.

13).Kantong Teh Celup
Kantong teh celup juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi gusi bengkak selain digunakan utnuk mengobati mata bengkak. Asam tannic yang terkandung pada kantong teh celup yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri akibat gusi bengkak. Sangat mudah cara menggunakannya yaitu ambil kanton teh celup sebanyak 1 buah. Dengan air hangat untuk meredamnya. Setelah beberapa menit kantong tersebut diambil dan didiamkan sebentar sampai dinggin. Pada bagian gusi yang bengkak tempelkan kantong teh tersebut. Lakukan secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal. Hasil celupan dengan air hangat tadi maka anda bisa meminumnya selagi teh hangat.

14).Baking Soda

Bersifat asam dari baking soda yang dapat menetralisir asam pada bagian gusi yang bengkak. Hal ini cukup ampuh untuk mengatasi gusi yang bengkak. Memang dalam penyembuhannya tidak langsung dirasakan tetapi gusi yang bengkak bisa menjadi ringan. Untuk mengobati kerusakan gigi anda, bangking soda juda bisa digunakan selain manfaat diatas tadi. Cara menggunakannya adalah siapkan segelas air hangat untuk mencampur bangking soda. Lalu campuran tersebut dijadikan menjadi obat kumur. Lakukan setiap hari secara rutin untuk berkumur, tidak hanyak itu baking soda juga bisa dicampurkan pada air hangat lalu dengan sikat gigi anda celupkan dilarutan baking soda tadi. Lalu beri pasta gigi di sikat gigi anda untuk menyikat gigi anda dengan bersih.

Tak hanya itu, bawang merah juga bisa digunakan atau bagian pipi dekat dengan leher dipijat dengan benar. Lakukan dengan cara memutar untuk memijatnya dengan menggunakan jari telunjuk. Secara rutin lakukan kegiatan tersebut agar gusi bengkak anda sembuh dengan cepat,.

14 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Besar & Gusi Bengkak Terampuh | Unknown | 5