9 Cara Mengobati / Menghilangkan Panu di Wajah,Badan & Punggung



Cara Mengobati / Menghilangkan Panu di Wajah,Badan & Punggung

Penyebab panu di wajah maupun kadas kurap :

Penyakit versicolor atau disebut tinea vesicolor yang terkenal dengan nama penyakit panu merupakan masalah kesehatan pada kulit dimana muncul bercak bercak kecil. Bisa lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit aslinya bahkan warna bercak tersebut bisa juga merah atau merah muda warnanya.Bercak bercak tersebut seiring waku bisa makin banyak atau bahkan bisa melebar. Panu juga dapat menyebabkan kulit penderitanya menjadi kasar atau terasa bersisik selain menyebabkan kulit tampak berubah warna.

Yang paling sering terkena panu adalah pada bagian tubuh di punggung, lengan, perut, dada, dan leher. Memang tidak berbahaya panu tersebut. Tapi dengan gejala gatalnya. Panu bisa mengganggu penampilan dan bisa berakibat ketidaknyamanan.Terlebih lagi dengan panu yang sudah menyebar di wajah, badan dan pungguh yang sangat mengganggu penampilan

Jamur merupakan penyebab penyakit kulit,salah satunya yaitu penyakit panu. Panu ditandai dengan gejala yaitu bercak akan timbul pada kulit dan disaat berkeringat akan terasa gatal. Tergantung dari warna kulit penderita, bercak bercak tersebut bisa berwarna putih, coklat, ataupun merah. Biasanya panu bisa menyerang semua bagian kulit. Panu pada umumnya bisa menular dari satu orang ke orang lain dan pada kulit kepala, kuku, lipatan lengan, leher, wajah dan kaki biasanya ditemukan panu tersebut. Tentunya untuk cara menghilangkan panu cepat dalam 1 hari itu adalah mustahil, semua perlu proses. Seperti bagaimana cara cepat menghilangkan panu yang membandel dan sudah menyebar ini.

Faktor-faktor yang menjadi penyebab timbulnya panu :

Karena beberapa faktor yang terjadi aktivitas yang biasa kita lakukan, tanpa kita sadari bisa menjadi penyebab timbulnya panu diantaranya adalah :
  1. Mandi atau membersihkan badan sangat jarang. Karena hal ini, pada kulit bisa memicu tumbuhnya jamur. Sangat senang sekali ada jamur bila dengan keadaan kulit kita yang kotor.
  2. Handuk selalu gonta ganti. Perlu diwaspadai bila anda sering bergantian handuk baik dengan keluarga anda atau teman anda. Karena mungkin sarang jamur berada di handuk yang anda pinjam dan penyakit panu dimiliki oleh pemilik handuk tersebut.
  3. Suhu udara dilingkungan mempengaruhinya seperti terlalu lembab udara atau terlalu panas udara disekitar. Hal tersebut akan membuat lebih banyak tumbuh jamur.
  4. Berinteraksi atau bersalaman dengan orang yang jamuran. Hal ini juga membuat anda terjangkit penyakit kulit ini
  5. Berlebihan dalam produksi keringat dan tidak dibersihkan langsung atau dikeringkan langsung. Maka dari itu disana akan berkembang biak jamur tersebut.
Munculnya panu pada wajah disebabkan banyak faktor. Salah satunya adalah ketika wajah sedang berkeringat, kita bersihkan wajah dengan air. Hal tersebut sebgaian orang sering melakukannya dan akhirnya diwajah mereka munculah panu. Sebaiknya keringat dikeringkan terlebih dahulu barulah wajah dibersihkan dengan air.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit kulit herpes & obat herbalnya.

Cara mengobati panu di wajah :

Ada 2 pilihan yang harus anda lakukan bila anda ingin fokus dengan hal ini agar panu diwajah anda cepat hilang. Pertama pergi dan belilah salap dengan merk tertentu yang khusus untuk mengobati masalah panu atau jamur di supermaket atau toko obat. Tapi bila ingin memilih suatu produk, anda harus berhati hati dengan produk yang mengandung bahan kimia. Akan timbul iritasi dan gangguan pada kulit wajah bila produk tersebut tidak cocok terhadap kulit anda (Baca juga : cara memutihkan kulit wajah).

Kedua. Bahan alami yang mudah didapat, aman bisa anda gunakan dan hasilnya tidak kalah memuaskan. Dengan catatan harus teratur dan rutin dalam melakukannya. Dan bahan apa saja yang bisa dimanfaatkan agar panu diwajah bisa hilang. Dan dibawah ini bisa kita lihat dan ikuti langkah langkahnya sebagai berikut:

Cara menghilangkan panu di wajah secara alami:


1). Bawang putih
Cukup ampuh, antibakteri yang terkandung didalam bawang putih dan dalam mengobai masalah jamur atau panu cukup efektif. Caranya adalah bawang putih diiris 2 bagian dan di area bagian wajah anda yang terkena panu langsung diolesi dengan potongan bawang tersebut. Segera dengan air bersih bila sudah beberapa menit mengolesinya. Sebagai catatat bila wajah yang sensitif, maka hindari menggunakan bawang putih karena pada kulit akan berdampak iritasi.

2). Belerang
Kandungan mineral pada belerang sangat baik untuk membasmi kuman dan bermanfaat agar berbagai macam penyakit kulit dapat disembuhkkan termasuk juga penyakit panu. Maka dari itu pergi ke pemandian yang terdapat belerangnya sangat bagus sebab untuk kulit sangat sehat. Cara pengobatannya adalah belerang disiapkan dan ditumbuk sampai halus. Minyak kelapa dan perasan dari jeruk nipis secukupkanya untuk dicampurkan di tumbukan tersebut. Bila sudah siap maka pada area panu diolesi campuran bahan tersebut. 2 kali dalam sehari, lakukan cara ini secara rutin sampai panu pada wajah anda benar benar hilang.

3). Lengkuas
Didalam lengkuas terdapat air yang sangat efekti untuk membasmi panu dan mencegah penyebarannya. Cara sebagai berikut : Pada area yang ditumbuhi jamur penyebab panu diolesi dengan menggunakan air pada lengkuas. Sekitar 10-15 menit untuk didiamkan. Dan setelah itu wajah anda bisa dibersihkan dengan air bersih. Secara rutin, lakukan cara tersebut sampai panu diwajah anda hilang.

4). Belimbing
Belimbing yang sudah dicampur dengan kapur sirih diblender sampai halus. Dan setelah itu aplikasikan langsung dengan mengoleskan pada area panu dan selama 10-15 menit untuk didiamkan dan setelah itu bisa dibilas dengan air bersih.

Cara mengobati panu yang sudah menyebar dengan cepat alami:

Sangat rentan sekali terkena berbagai macam penyakit pada kulit kita ini. Salah satu penyakit kulit adalah panu. Penyebab terjadinya penyakit panu adalah jamur. Biasanya penyaki ini pada permukaan kulit timbul berupa bercak bercak putih. Dibagian punggung, leher, dada dan lengan bisa ditemukan panu tersebut. Penyebab munculnya panu pada kulit karena penderita kurang terjaga dalam menjaga kebersihan tubuhnya. Tentunyan penderita menjadi kurang percaya diri bila muncul panu tersebut. Ketika bagian tubuh terdapat panu, maka penderita akan merasa sangat malu bila terlihat oleh banyak orang. Sebagai orang yang jorok dan jaran mandi akan diterima oleh penderita panu tersebut dari orang lain. Maka dari itu masalah anda yang satu ini harus segera diselesaikan dengan cara mengobati panu tersebut.

5.Cara mengobati panu dengan bawang
Memang tidak menimbulkan rasa sakit dan masalah berat dengan penyakit yang satu ini. Hanya saja, panu adalah perusak penampilann anda. Apalagi pada bagian wajah sudah tersebar panu tersebut. Memang obat obatan yang katanya ampuh untuk mengobati panu sudah tersebera banyak. Tapi bila anda mu, bahan bahan alami bisa anda gunakan untuk mengobati panu. Bawang adalah salah satu bahan yang bisa digunakan untuk mengobati panu. Caranya adalah bawang putih digosok gosokkan di bagian tubuh yang terkena panu yang sebelumnya bawang sudah dibersihkan dari kulitnya dan dipotong kecil kecil. Secara rutin untuk melakukan hal ini sehabis mandi.

6.Cara mengobati panu dengan lengkuas atau belerang
Lengkuas adalah bahan alami lainnya yang bisa digunakan, caranya sangatlah mudah yaitu potong menjadi beberapa bagian lengkuas yang sudah disiapkan. Kemudian pada permukaan kulit anda yang terkena panu digosok-gosok dengan potongan lengkuas tersebut. Agar menghasilkan hasil yang maksimal maka lakukan cara ini sehabis mandi. Selain bahan tersebut, belerang bisa anda gunakan untuk mengobati panu tersebut. Cara adalah dengan jeruk nipis dan minyak kelapa dicampurkan dengan belerang tersebut yang sudah ditumbuk halus. Setelah pada bagian kulit yang terkena panu dioleskan campuran tersebut. Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka lakukan cara ini secara rutin.

7.Cara mengobati panu dengan belimbing
Ternyata untuk mengobati panu, masih banyak bahan alami yang digunakkan. Salah satunya adalah buah belimbing. Kandungan vitamin C pada belimbing sangat kaya dan besar. Cara mengobati panu dengan belimbing adalah belimbing ditumbuk halus lalau dengan kapur sirih untuk dicampurkann pada tumbukan belimbing tadi. Kemudian pada bagian kulit yang terkena panu dioleskan campuran tersebut. Agar panu cepat hilang maka 2 kali sehari lakukan cara ini secara rutin.

8.Cara mengobati panu dengan daun pare dan kapur sirih
Daun pare dan kapur sirih adalah bahan lain yang bisa digunakan untuk mengobati panu. Caranya adalah daun pare dihaluskan lalu dicampurkan daun sirih. Setelah itu pada bagian kulit yang terkena panu dioleskan campuran tersebut. Agar panu cepat hilang maka 2 kali sehari lakukan cara ini secara rutin.

9.Cara mengobati panu dengan daun ketepeng cina
Sejak dulu banyak orang yang memanfaatkan daun ketepeng cina ini sebagai obat yang sangat ampuh untuk mengusir panu, caranya ambil beberapa lembar daun ketepeng cina lalu haluskan dengan cara ditumbuk kemudian hasil tumbukan ini dipakai untuk mengolesi area panu lalu biarkan hingga kering dan kemudian bersihkan menggunakan air.

9 Cara Mengobati / Menghilangkan Panu di Wajah,Badan & Punggung | Unknown | 5