4 Cara Ampuh Mengobati Keputihan Yang Gatal Secara Tradisional & Alami



Cara Ampuh Mengobati Keputihan Yang Gatal Secara Tradisional & Alami
Sebaiknya berhati hatilah bila alat reproduksi wanita terasa gatal sampai mengeluarkan lendir dengan warna putih dan kurang sedap baunya karena kemungkinan mengalami keputihan pada organ alat reproduksi wanita anda. Karena alat reproduksi wanita adalah salah satu organ wanita dengan serangan penyakit sangat rentan.

Akibat yang tidak sehat pola hidupnya, selain itu berubahnya aktivitas dan juga karena stress bisa menimbulkan keputihan dialami alat reproduksi wanita. Keputihan adalah salah satu infeksi yang dibarengi dengan rasa gatal yang muncul didalam alat reproduksi wanita dan juga didaerah sekitar alat reproduksi wanita bagian luar juga terasa gatal, selain itu mengeluarkan cairan putih agak kekuningan atau juga putih kelabu.

Jamur, bakteri, virus dan juga parasit merupakan penyebab dari keputihan ini. Walaupun banyak jenis keputihan, tapi hal ini bisa menjadi berbahaya terlebih bila organ serviks terlah terserang kuman. Sebagai solusi awal adalah pencegahan dini harus dilakukan agar masalah keputihan bisa diatasi.

Penyebab keputihan biasanya disebabkan oleh jamur kandidiasis, yang menyebabkan infeksi pada alat reproduksi wanita, biasanya infeksi ini menyebabkan rasa gatal pada area alat reproduksi wanita dan keluarnya cairan yang menimbulkan bau yang tidak sedap. Pada dasarnya jamur kandidiasis terdapat di dalam tubuh setiap manusia, akan tetapi jumlah nya harus terkendali sehingga tidak menimbulkan infeksi. Jamur ini selain menyerang alat reproduksi jamur ini juga dapat menyerang kulit, tenggorokan, mulut dan sel darah.

Keputihan pada wanita terkadang memang wajar, biasanya keputihan terjadi pada saat menjelang dan setelah masa menstruasi. Pada kondisi yang normal cairan keputihan yang keluar berwarna putih bening dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Kuantitas cairan juga tidak terlalu banyak dan sewajarnya saja. Pada kasus keputihan yang tidak wajar, cairan yang keluar berwarna kuning dan menimbulkan bau yang tidak sedap serta menimbulkan rasa gatal yang luar biasa pada alat reproduksi wanita.

Penyebab keputihan gatal pada wanita:

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya keputihan adalah sebagai berikut ini yang mungkin tidak anda sadari selama ini

1).Salah menggunakan pembalut

Salah menggunakan pembalut disaat sedang menstruasi adalah penyebab keputihan. Karena salah satu cara sederhan oleh wanita yang biasa digunakannya agar darah bisa terserap oleh pembalut dan tidak keluar kemana mana. Dan tahukah bila dalam pemilihan pembalut, anda salah maka justru bisa memicu keputihan, sebaiknya jenis pembalut yang menggunakan bantalan berkualitas anda pilih dan bahan herbal yang terkandung didalamnya bisa anda pilih. Dan yang terpenting adalah 4 jam sekali dalam sehari pembalut diganti.

2).Kurangnya kebersihan alat reproduksi wanita
Akibat kurangnya terjaga kesehatan organ alat reproduksi wanita adalah penyebab kedua dari keputihan. Cara mengatasinya adalah kelembaban alat reproduksi wanita harus dijaga sebagai langkah awal agar masalah keputihan dapat dicegah. Sekitar 3,5 adalah tingkat keasaman yang baik untuk alat reproduksi wanita. Karena tingkat keasaman yang sangat tinggi menyebabkan perubahan dari warna dan bau yang kurang sedap. Dan kemungkinana muncul rasa nyeri di organ kewanitaan bila hal tersebut hal tersebut dibiarkan. Supaya kelembaban alat reproduksi wanita bisa terjaga maka membersihkan alat reproduksi wanita tidak menggunakan douching atau obat semprot air adalah hal yang tidak sarankannya. Hal ini akan mengakibatkan terganggunya keseimbangan pH didalam alat reproduksi wanita. Terjadi resiko iritasi akan meningkat bila menggunakannya dari douches tersebut.

3).Cara membersihkan alat reproduksi wanita yang salah
Penyebab selanjutnya adalah akibat dari kesalahan membersihkan organ alat reproduksi wanita. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan cara yang teratur dalam membersihkan alat reproduksi wanita anda dan sebaiknya disaat sedanh membersihkan alat reproduksi wanita dimulai dari arah depan ke belakang dari vulva ke anus. Tujuan dari itu agar kuman yang menempel dianus dan juga alat reproduksi wanita dapat dihindari.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit kanker serviks & obat herbalnya.

Penyebab keputihan saat hamil :

Keputihan bisa dialami oleh ibu hamil yang disebabkan ada perubahan hormonal yang terjadi padanya atau disebabkan hal lain seperti virus, parasit dan jamur. Pada umumnnya keputihan yang disebabkan pengaru hormon disebabkan karena meningkatnya aliran darah pada daerah kewanitaan sehingga meningkat juga cairan alat reproduksi wanitanya. Cairan alat reproduksi wanita pada umumnya berfungsi untuk mencegah infeksi ke rahim.

Permasalahnya bagi ibu hamil, tidak semua cairan alat reproduksi wanita tersebut tidak bemanfaat. Kadang kala telah terkontaminasi oleh virus dan parasit cairan tersebut. Maka dari itu sebaiknya harus berhati hati bagi ibu hamil terhadap cairan yang keluar dari alat reproduksi wanita.

Banyak wanita pada umumnya keputihan dianggap hal yang normal. Pada nyatanya keputihan adalah tanda adanya masalah kesehatn pada alat organ intim. Pada ibu hamil juga berlaku hal tersebut. Ibu hamil mengalami keputihan yang normal memiliki ciri ciri cairan berwarna bening keputihan, tidak berbau dan tidak terasa gatal atau nyeri. Bila ibu hamil mengalami keputihan maka memiliki tanda seperti keputihan berwarna kekuning kuningan sampai kehijauan, lengket, kental, banyak jumlahnya, gata; dan tak sedap baunya serta berwarna kemerahan pada alat reproduksi wanita. Bila terjadi hal tersebut maka harus berhati hati bagi ibu hamil yang mengalaminya,

Penyebab keputihan pada ibu hamil adalah karena infeksi kuman atau ada gangguan kehamilan. Penyebab infeksi tersebut bisa karena bakteri, jamur, virus dan parasit. Pada masa kehamilan, biasanya keputihan disebabkan oleh jamur candida sp. Jamur merupakan parasit yang pada masa kehamilan yang akhirnya dapat mengakibatkan infeksi karena tingginya kelembapannya.

Sebenarnya hal yang normal bila saat hamil mengalami keputihan. Frekuensi dan kadar keputihan semakin meningkat dimasa kehamilan bila meningkatnya kadar estrogen dan meningkatnya aliran dara ke alat reproduksi wanita

Cairan ini memenuhi saluran serviks di masa awal kehamilan untuk menciptakan lendir pelindung yang terliha seperti putih telur. Lendir ini akan menjadi semakin banyak bila menjelang persalinan.

Penyakit yang mungkin terjadi :

Saat hamil mengalami keputihan terlihat normal bila cairan jernih atau putih dan tanpa bau, maka hal tersebut merupakan kondisi yang normal dan sehat. Namun perubahan hormon dan bentuk tubuh membuat ibu hamil memang lebih cenderung mengalami infeksi alat reproduksi wanita. Maka dari itu, kadang kala perubahan pada keputihan bisa dijadikan tanda infeksi terjadi antara lain sebagai berikut :

1).Vaginosis bakterial
Ketika perubahan hormon, kondisi ini terjadi yang mengakibatkan pertumbuhan bakteri pada alat reproduksi wanita berlebihan. Pada kondisi ini menyebabkan bayi lahir prematur atau lahir dengan berat badan yang kurang. Gejala yang terjadi pada vaginosi bakterial umumnya adalah :
  1. Disekitar alat reproduksi wanita terasa gatal
  2. cairan berwarna abu abu keputihan keluar
  3. Saat buang air kecil terasa nyeri
Kadang kala dengan sendirinya kondisi ini dapat mereda. Tapi ada kalanya pengobatan antibiotik diperlukan. Infeksi ini dapat menyebar dan menjadi penyakit radang panggul bila kondisi ini dibiarkan.

2).Infeksi jamur
Kadar hormon estrogen dan progesteron mengalami penigkatan makan akan meningkatkan pertumbuhan secara berlebihan candidia yaitu jamur yang tumbuh alami pada alat reproduksi wanita. Gejala dalam kondisi ini sebagai berikut :
  1. Cairan berwarna putih kekuningan keluar dan berbau atau tidak cairannya tersebut
  2. Saat melakukan hubungan seksual terasa nyeri
  3. Memerah dan bengkak alat reproduksi wanita atau labia
  4. Pada Vagian terasa atal dan nyeri
  5. Dengan krim atau obat obatan antijamur, penanganna umumnya yang dilakukannya.

Cara mengobati keputihan secara alami & saat hamil :

Dibawah ini adalah cara mengatasi penyebab keputihan dengan bahan alami adalah :

1).Daun sirih
Daun sirih adalah salah satu ramuan alami yang mengandung minyak terbang. Kegunaan dari kandungan kavinol adalah untuk mematikan kuman selain itu didalamnya juga mengandung sumber antioksidan dan anti jamur. Maka dari itu tidak kaget kalau daun sirih sejak lama digunakan agar masalah keputihan dapat diatasi. Cara mengobati keputihan dengan daun sirih adalah siapkan daun sirih sebanyak 10 lembar. Lalu dengan air 2 liter dimasukan dalam panci untuk merebus daun tersebut. Setelah mendidih air rebusan tadi didinginkan dan lalau langsung untuk membasuh ke daerah organ kewanitaan tersebut.

2).Mengonsumsi bawang putih
Bawang putih ternyata berguna juga untuk membantu mengatasi keputihan sangat baik selain terkenal dalam mebantu menyedapkan makanan. Dengan menggunakan bawang bisa mengatasi penyebab keputihan dan cara mengatasinya. Kandungan sifat anti bakteri, anti jamur, dan anti virus pada bawang putih memungkinkan mebantu penghambatan perkembangan dari bakteri jamur, serta virus. Bawang putih memberikan kekuatan sebagai antibakteri yang ditunjukann dari penelitian yang dilakukan.

3).Menghindari stress, melakukan olahraga dan menerapkan pola makan yang seimbang
Sebaiknya anda menghindari dari stress dan seimbang dalam melakukan olahraga adalah sebagai solusi alami untuk membanti anda mengatasi keputihan. Setidaknya dalam seminggu 1 kali atau 2 kali secara teratur untuk melakukan olahraga. Makanan sehat dikonsumsi seperti minum susu atau juga yoghurt karena didalam susu terkandung kandungan alami yaitu bakteri baik yang bisa agar keseimbangan bakteri candida didalam alat reproduksi wanita terjaga.

4).Jauhi makanan manis dan lemak jenuh
Akibat dari berat badan yang berlebih dan juga karena postur tubuh yang tidak ideal adalah salah satu penyebab dari terjadinya keputihan. Maka dari itu untuk membantu mengatasinya adalah jenis makanan yang didalamnya mengandung lemak tidak jenuh, tidak manis dan tidak menyebabkan tubuh anda terasa panas harus dipilih. Bila tidak memilih makanan sepeti itu maka akan mebuat kondisi anda semakin buruk dan berdampak keputihan terjadi. Bahkan olah secara teratur disarankan anda untuk melakunya supaya tubuh anda tetap sehat dan bisa semakin meningkat sistem daya imunnya. Bila meningkatnya sistem imun maka jamur juga tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit asma & obat herbalnya.

Tips menghindari keputihan pada wanita :

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan agar keputihan saat hamil tidak berubah menjadi keputihan tidak normal akibat infeksi sebagai berikut :
  • Begitu selesai berolahraga segera ganti baju olahraganya tersebut
  • untuk mengurangi risiko infeksi dengan tidur tanpa celana dalam
  • Untuk mengurangi kelembapan dan mencegah tumbuhnya bakteri dengan memakai celana dalam dari bahan katun
  • Untuk mencegah bakteri dari anus ke alat reproduksi wanita maka basuh kemaluan dari depan ke belaknag setelah buang air kecil
  • Untuk mengeluarkan racun dan bakteri dari tubuh dengan mengkonsumsi cukup air mineral
  • Secara teratur dalam buang air kecil
  • Untum mencegah terbentuknya lingkungan yang mendukung bakteri untuk berkembang dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan biji bijian utuh
  • Saat berhubungan seksual dengan menggunakan kondom
  • Untuk merawat kebersihan alat reproduksi wanita dengan menghindari penggunaan pembalut, tisu dan sabun beraroma kuat
  • Mengenakan celana ketat terutama yang berbahan nilon harap dihindari
  • Penggunaa penyemprot atau pewangi alat reproduksi wanita dihindari kerena justru berisiko sistem sirkulasi menuju alat reproduksi wanita tertutup sehingga memicu komplikasi serius. 
Baca juga:

Bahan Alami Untuk Mengobati Keputihan

Daun sirih
Sejak dulu manfaat daun sirih banyak digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga organ kewanitaan. Kandungan antibakteri dan anti jamur dari daun sirih ini terbukti ampuh untuk mengatasi masalah keputihan. Menggunakan daun sirih sebagai obat keputihan dengan cara diminum atau pun dicampurkan dengan air yang akan digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan anda, keduanya terbukti ampuh mengobati masalah keputihan.

Bawang putih

Kandungan anti jamur tinggi yang terdapat pada bawang putih berkhasiat mengobati keputihan. Banyak mengkonsumsi bawang putih dalam makanan dapat membantu kita mengobati masalah keputihan.

Baking soda

Salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue ini dapat digunakan untuk menyeimbang kan Ph pada organ kewanitaan. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi bahwa kadar Ph yang baik untuk organ kewanitaan kita adalah 3,5. Ph yang tinggi akan menyuburkan pertumbuhan bakteri dan virus penyebab keputihan. Caranya dengan berendam pada air yang sudah dicampurkan dengan ½ cangkir baking soda. Rendam kan tubuh sebagian tubuh anda agar daerah kewanitaan dapat terendam sempurna.

Cuka apel

Gunakan cuka apel yang sudah dicampur dengan air agar kadar keasaman dari cuka apel ini tidak terlalu tinggi, pakailah untuk membasuh organ kewanitaan. Hal ini dipercaya mampu mengobati keputihan.

Yogurt

Yogurt mempunyai kandungan bakteri baik yang dapat mencegah pertumbuhan jamur yang menyebabkan keputihan. Yogurt merupakan hasil dari susu yang difermentasikan. Penggunaan yogurt sebagai obat untuk mengobati keputihan menggunakan yogurt tanpa kandungan gula, caranya celupkan kapas bersih ke dalam yogurt, kemudian oleskan pada daerah kewanitaan anda yang ter infeksi jamur kandidiasis. Lakukan perawatan ini setiap hari hingga organ kewanitaan anda bebas dari masalah keputihan.

4 Cara Ampuh Mengobati Keputihan Yang Gatal Secara Tradisional & Alami | Unknown | 5