16 Cara Menghilangkan Telur & Kutu Rambut Secara Alami dan Cepat



Cara Menghilangkan Telur & Kutu Rambut Secara Alami dan Cepat
Keberadaan kutu rambut menimbulkan rasa yang membuat anda menggaruk garuk kepala, rasa gatal ini ditimbulkan akibat kutu yang sedang menghisap darah di kulit kepala manusia. Kutu rambut adalah parasit yang hidup di bagian kepala manusia dan setiap hari nya kutu rambut betina akan bertelur sebanyak 6-8 buah per hari yang akan menetas pada 8 hari kemudian. Masalah kutu rambut jika tidak segera dibasmi tentu akan menjadi masalah yang cukup serius, karena kutu rambut dapat mengakibatkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala itu sendiri. Garukkan akibat rasa gatal yang ditimbulkan dari kutu rambut akan membuat luka pada kulit kepala yang bisa menjadi borok atau pun ketombe, apalagi jika anda menggaruk nya dengan cukup keras.

Penyebab kutu rambut :

Kutu rambut adalah hewan atau sejenis parasit yang bisanya hidup dibagian kepala yang berukuran kecil. Sebenarnya tidak menimbulkan masalah serius dengan keberadaan kutu rambut/kutu kepala tersebut. Tetapi akibat dari keberadaan kutu rambut tersebut menimbulkan rasa gatal karena semua kegiatan atau aktivitas kita akan sangat terganggu.

Penyebab kutu rambut bisa muncul pada bagian kulit kepala kita oleh beberapa faktor seperti karena kebersihan rambut kurang dijaga/dirawat sehingga ketombe akan terjadi di rambut dan sangat mudah tumbuh dan berkembang biak kutu tersebut. Mengapa pada kulit kepala anak anak sering kali terserang dan tumbuh kutu rambut? hal itu disebabkan disebabkan karena anak-anak belum bisa merawat dan menjaga kebersihan tubuhnya. Maka dari itu orang untuk menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh anaknya berperan sangat sangat penting, sehingga bisa terbebas dari kutu rambut.

Pada umumnya pada manusia, kutu berukuran kecil sekitar 1-4 mm dengan kaki panjang dan coklat warnanya atau hitam pada tubuh kutu tersebut. Selain itu dengan mata telanjang tidak semua kutu bisa dilihat, ada beberapa jenis kutu untuk melihatnya harus memerlukan mikroskop. Bisa dibilang sangat cepat dengan perkembangan kutu rambut, dalam sehari, seekor kutu betina mampu bertelur sampai 6 butir telur. Dan karena telur tersebut melekat sangat erat dirambut, maka telur tersebut akan sangat sulit untuk dibersihkan. Setelah kurang lebih 8 hari, telur-telur tersebut akan menetas.

Berikut dibawah ini adalah beberapa faktor penyebab munculnya kutu rambut: 

a).Kebersihan rambut yang kurang
bisa menjadi faktor utama dari penyebab kutu pada rambut bisa tumbuh. Kutu dapat hidup dan berkembang bisa dirambut karenan kotoran pada kulit kepala tersebut. Tidak hanya rambut, kebersihan seluruh badan kita dari polusi, debu, dan keringat harus selalu dijaga oleh kita. Juga harus bersih ketitka mencuci rampun jangan sampai pada rambut ada sisa shampoo. Karena hal tersebut bisa menyebabkan kutu rambut muncul.

b).Kebesihan tempat tidur kurang dijaga.
Bisa menjadi penyebab bila tempat tidur yang kotor dan lembab. Maka dari itu, kebersihan tempat tidur harus selalu dijaga seperti sprei, sarung bantal, guling, Kasur, karpet dan lain sebagainya. Sehingga tempat disana itu tidak tertempel bakteri bakteri ataupun kutu. Tak hanya itu secara berkala dengan menggunakan air panas untuk membersihkan sisir rambut juga.

c).Shampoo salah dalam memilihnya.
Rambut bisa menjadi ketombean mungkin bisa karena salam dalam memilih shampoo. Penyebab munculnya kutu pada rambut mungkin karena faktor munculnya ketombe ini. Karena itu kegunaan shampoo perlu diperhatikan agar lebih terjaga kebersihan dan kesehatan rambut kita.

d).Tertular dari orang lain.
Dengan berpindah dari rambut seseorang ke rambut orang lainnya dapat menularkan kutu rambut. Kutu tersebut akan membuta sarang baru untuk tumbuh dan berkembang biak disaat kutu rambut tersebut berpindah. Maka dari itu jangan bergantian dalam menggunakan alat alat perawatan tubuh seperti pakaian, topi, sisir, atau kerudung khususnya dengan orang yang mempunyai kutu pada rambut.
Ciri-ciri rambut kutuan (terserang kutu rambut):
  • Pada rambut/kulit kepala sering merasakan gatal. Karena kandungan zat air liur kutu kepala bisa menyebabkan hal tersebut.
  • Pada permukaan kulit kepala ada tanda tanda merah, serta berada pad kulit belakang telinga dan leher.
  • Di rambut tertempel dengan kuat telur telur kutu rambut dengan ukuranya yang kecil dan berwarna putih. Sekilas akan terlihat seperti ketombe, telur telur kutu ini tapi untuk mengeluarkannya sangat sulit.

Baca juga : Cara memutihkan kulit wajah,tangan,ketiak & selangkangan secara alami

Cara menghilangkan telur & kutu rambut secara alami dan cepat :

Beberapa cara berikut ini terbukti sangat manjur dan ampuh agar dapat menghilangkan kutu rambut dan terlurnya dengan cepat secara alami dan permanen.

1).Menghilangkan kutu rambut dengan alkohol
Anda bisa menggunakan alcohol dengan akdar 70 persen agar kutu rambut secara cepat dapat diusir. Menerapkan cara ini adalah aman dan tidak perlu diragukan tingkat keberharsilannya pun. Tuangkan alkohorl tersebut di sebuah wadah mangkuk. Untuk mengoleskan alkohol pada batang rambut dan kulit kepala gunakan jari jemari kita. Lalu selama beberapa menit untuk didiamkan. Lalu pada rambut tadi gunakan kondisioner kemudian untuk mengeluarkan kutu dari rambut gunakan sisir khusus. Kemudian setelah itu dengan cara berkeramas seperti biasa untuk membersihkan rambut tadi. Tidak perlu sering, cukup satu minggu sekali saja untuk melakukan cara ini

2).Menghilangkan kutu rambut dengan kapur ajaib
Bisaanya penggunaan kapur ajaib atau kapur barus adalah untuk membunuh serangga seperti semut, kecoa dan lain sebagainya. Tapi jangan salah kapur ini untuk membuh semua kutu di kepala anda juga ampuh. Cara melakukannya adalah pada kulit kepala anda digareskan kapur dengan lebih banyak goresa lebih bagus. Selama 30 menit sampai 1 jam didiamkan lalah dengan menggunakan sisir khusus maka akan terlihat hasilnya. Bisaa kutu akan berjatuhan dalam keadaan sudah mati atau pingsan dengan hanya mengusap rambut saja. Tapi membuat kepala agak panas dengan cara ini, tetapo dengan tidak berlebihan dalam penggunaanya tetap aman.

3).Menghilangkan kutu rambut dengan minyak kelapa
Sediakan minyak kelapa secukupnya kemudian dipanaskan sampai agak hangat. Setelah itu oleskan minyak kelapa di kulit kepala dan dengan handuk untuk menutupnya lalu dibiarkan semalam sampai pagi. Kemudian dipagi hari bisa dibersihkan dengan keramas lalu sisir dengan mengunakan serit atau sisir rapat. Selama 3 hari lakukan secara berturut turut.

4).Menghilangkan kutu rambut dengan cuka putih
Cuka putih bisa anda gunakan agar pegangan kutu rambut lepas dari batang rambut sehingga dengan menggunakan sisir rapat anda bisa menghilangkan kutu rambut dan telurnya. Cara penggunaannya adalah pada rambut anda oleskan cuka putih sampai merata kemudian dengan topi mandi untuk menutupnya dan selama setengah jam dibiarkan kemudian isiri dengan sisir rapat setelah itu bersihkan dengan mengkeramas rambut.

5).Menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah
Sediakan bawang merah secukupnya lalu dihancurkan sampai lembut atau blender bisa anda gunakan untuk menghaluskan. Kemudian pada kulit kepala oleskan bawang merah yang sudah halus sampai merata kemudian dengan topi mandi untuk menutupnya. Biarkan selama beberapa menit lalu keramas rambut sampai bersih, lalau dengan sisir dengan sisir rapat atau serit bila kutu rambut masih ada maka dihari berikutnya anda bisa mengulanginya.

6).Menghilangkan kutu rambut dengan jeruk nipis dan minyak kayu putih
Sediakan minyak kayu putih sebanyak 2 sendok makan lalau dengan air jeruk nipis untuk mencampurnya. Kemudian pada kulit kepala oleskan campuran tersebut dan dengan topi mandi untuk menutupnya. Selama kira kira 1 jam untuk dibiarkann kemudian keramas dengan menggunakan shampoo sampai bersih. Kemudian sisir dengan sisir rapat bila kutu rambut masih ada maka dihari berikutnya anda bisa mengulanginya.

7). Membasmi kutu rambut dan telur nya dengan bawang merah
Bawang merah yang biasa kita gunakan untuk memasak, ternyata bermanfaat untuk membasmi kutu rambut dan telur nya, hal ini disebabkan kandungan sulfur putih yang terdapat di dalam nya sangat efektif membasmi kutu rambut sampai dengan telur nya.

Cara nya, ambil 5-6 siung bawang merah berukuran sedang, kemudian kupas bagian kulit nya lalu di halus kan dengan menggunakan blender. Setelah bawang merah halus siapkan selembar kain bersih lalu peras untuk mendapatkan air nya. Oleskan rata ke seluruh bagian kepala air perasan bawang merah ini sambil dipijat lembut dan biarkan selama 10-15 menit. Tutup rambut menggunakan handuk yang sudah di celup kan ke dalam air hangat dan biarkan selama 2 jam. Setelah itu, sisir rambut dengan sisir yang bergigi rapat ( sisir kutu ) untuk menyisir kutu yang sudah mati.

8). Membasmi kutu rambut dan telur nya dengan almond
Almond adalah salah satu bahan alami yang terbukti efektif membasmi kutu rambut dan telur nya, selain itu minyak almond juga dapat memperindah dan menjaga kesehatan rambut anda, untuk itu kita mendapatkan dua manfaat sekaligus dari minyak almond tersebut.

Cara menggunakan almond sebagai pembasmi kutu rambut yaitu, ambil 10 biji almond lalu rendam selama semalaman, keesokan hari nya kupas biji almond tersebut lalu halus kan menggunakan blender atau dengan cobek. Setelah mendapatkan almond yang halus ini, tambahkan perasan jeruk lemon dari 1 buah lemon. Campur kan kedua bahan ini lalu paparkan ke seluruh bagian rambut dan beri sedikit pijatan. bungkus rambut dengan topi mandi dan diamkan selama 2 jam, terakhir bilas rambut dengan menggunakan air hingga bersih. Lakukan cara ini untuk membasmi kutu rambut dan telur nya setidaknya 2 minggu sekali sampai kutu rambut dan telur nya benar benar hilang.

9). Membasmi kutu rambut dan telur nya dengan minyak zaitun
Selain bermanfaat untuk membasmi kutu rambut, minyak zaitun juga bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh kita. Minyak zaitun adalah minyak alami yang bisa dikonsumsi atau digunakan untuk diambil manfaatnya.

Cara penggunaan minyak zaitun sebagai pembasmi kutu rambut dan telur nya yaitu, oleskan minyak zaitun ini pada malam hari sebelum tidur secara merata keseluruh bagian rambut, pijat pijat agar kandungan minyak zaitun ini bisa meresap pada kulit kepala anda. bungkus rambut menggunakan topi rambut, lalu tidur lah seperti biasa. Keesokan harinya bersihkan rambut dengan air dingin atau keramas agar rambut anda benar benar bersih.

10). Membasmi kutu rambut dan telur nya dengan alkohol
Alkohol yang kita gunakan di sini adalah alkohol absolut dengan kandungan 70%. Besar kandungan alkohol ini sangat efektif dalam membasmi kutu rambut dan telur nya. Cara penggunaan alkohol ini yaitu, siapkan wadah dan tuangkan secukupnya alkohol dalam wadah. Setelah itu gunakan sarung tangan plastik lalu oleskan alkohol ke seluruh bagian rambut sampai merata. Setelah semua rambut tertutup alkohol, biarkan selama ½ jam lalu sisir rambut dengan sisir kutu untuk menyisir kutu yang telah mati. Terakhir, bilas rambut dengan air hingga benar benar bersih. Lakukan cara ini cukup 1 minggu sekali hingga kutu rambut dan telur nya benar benar hilang.

11). Membasmi kutu rambut dan telur nya dengan minyak kelapa
Minyak kelapa adalah minyak yang dibuat dari buah kelapa dan memiliki manfaat yang cukup baik bagi kesehatan dan kecantikan manusia, salah satu nya untuk membasmi kutu rambut dan telur nya sampai habis.
Cara membasmi kutu rambut dan telur nya dengan minyak kelapa yaitu, oleskan minyak kelapa ini pada seluruh bagian rambut, sambil dipijat lembut agar kandungan minyak kelapa ini meresap baik di kulit kepala. Setelah itu tutup lah menggunakan shower-up dalam waktu semalaman dan biarkan hingga keesokan hari. Pagi hari nya, buka dan cuci rambut hingga bersih menggunakan shampo, setelah itu sisir rambut menggunakan sisir bergigi rapat ( sisir kutu ) untuk merontok kan kutu kutu dan telur nya.

12). Membasmi kutu rambut dan telur nya dengan minyak kayu putih dan jeruk nipis

Rasa hangat yang ditimbulkan dari minyak kayu putih, berkhasiat untuk menghilangkan masuk angin, dan memberikan kehangatan ketika sedang demam atau flu. Terlebih bagi anak anak minyak kayu putih selalu tidak pernah absen diberikan pada anak ketika selesai mandi, untuk menjaga tubuh dari masuk angin. Selain manfaat tersebut minyak kayu putih jika dipadukan dengan jeruk nipis terbukti cukup efektif untuk membasmi kutu rambut sampai dengan telur nya.

Cara membuat ramuan minyak kayu putih dan jeruk nipis yaitu, ambil sekitar 6 sendok makan minyak kayu putih, simpan dalam wadah. Peras 2 buah jeruk nipis berukuran sedang dan campuran ke dalam wadah tempat minyak kayu putih tadi dan aduk hingga tercampur rata.
Oleskan campuran ini ke seluruh bagian rambut dan berikan sedikit pijatan agar khasiat kedua campuran bahan ini meresap pada kulit kepala. Biarkan selama 2 jam lalu bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan keramas. Setelah rambut dicuci bersih, sisir menggunakan sisir kutu untuk membersihkan kutu rambut agar benar benar habis.

13). Membasmi kutu rambut dan telur nya dengan jeruk lemon
Lemon adalah buah yang mengandung asam sitrat alami yang cukup tinggi, kandungan asam ini yang bisa membasmi kutu rambut dan telur nya sampai habis. Selain manfaat tersebut lemon juga merupakan bahan alami yang cukup baik untuk menghilangkan masalah ketombe.

Untuk penggunaan nya, siapkan 1 buah lemon segar, belah menjadi 2 bagian lalu peras dan tempat kan air perasan ini ke dalam wadah. Oleskan air perasan jeruk lemon ini merata ke seluruh bagian rambut lalu pijat dengan lembut selama 10 menit. Biarkan selama 30 menit dan terakhir bilas rambut menggunakan air hangat yang ditambahkan 1 sendok makan cuka. Bilas rambut hingga benar benar bersih.

14). Membasmi kutu rambut dan telur nya dengan daun sirsak

Daun sirsak mempunyai kandungan senyawa yang baik untuk mencegah penyakit kanker, selain itu daun sirsak mengandung anti bacterial yang terbukti efektif membasmi kutu rambut sekaligus telur dari kutu rambut dengan cepat. Daun sirsak merupakan bahan alami yang dapat dengan mudah kita temui, karena biasanya pohon sirsak ini banyak terdapat di pekarangan rumah atau kebun di tempat tinggal anda.

Ambil daun sirsak sebanyak 10 lembar, cuci hingga bersih lalu rebus hingga mendidih. Setelah mendidih angkat dan biarkan hingga dingin. Setelah dingin oleskan air rebusan daun sirsak ini merata pada seluruh bagian rambut dan biarkan selama 2-3 jam agar bekerja dengan efektif. Terakhir, bilas rambut atau keramas hingga bersih. Lakukan cara ini maksimal 2 kali seminggu hingga kutu rambut dan telur nya habis terbasmi.

15). Membasmi kutu rambut dan telur nya dengan kapur ajaib

Kapur ajaib yang banyak dijual di pasaran, biasanya digunakan untuk mengusir berbagai macam serangga seperti semut, kecoak atau jenis serangga lainnya. Selain itu kapur ajaib ternyata bisa kita gunakan untuk membasmi kutu rambut dan telur nya. Kapur ajaib bisa didapatkan di warung atau toko yang ada di lingkungan anda. Cara menggunakan nya yaitu, ambil 1 batang kapur ajaib lalu halus kan dan campur kan sedikit air sampai menjadi bentuk pasta. Oleskan pasta kapur ajaib ini rata ke seluruh bagian rambut lalu diamkan selama 2 jam, selanjutnya bilas rambut hingga bersih menggunakan shampo.

16). Membasmi kutu rambut dan telur nya dengan lidah buaya
Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang digunakan untuk merawat kesehatan rambut seperti mengatasi rambut rontok, menjadikan rambut hitam berkilau dan mengatasi rambut bercabang. Selain manfaat tersebut menggunakan lidah buaya untuk membasmi kutu rambut berarti kita akan memperoleh dua manfaat sekaligus.

Caranya, siapkan 1 buah daun lidah buaya yang sudah tua. cuci hingga bersih dan belah menjadi dua bagian. Oleskan masing masing bagian daun lidah buaya, rata kan ke seluruh bagian rambut hingga kulit kepala. Pijat selama 10 menit lalu bungkus dengan shower-up dan biarkan sekitar 2 jam agar khasiat daun lidah buaya dapat bekerja dengan efektif. Tahap terakhir bilas rambut hingga bersih menggunakan shampo.

16 Cara Menghilangkan Telur & Kutu Rambut Secara Alami dan Cepat | Unknown | 5