10 Cara Ampuh Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Alami



Cara Ampuh Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Alami

Wajarkah mual dan muntah saat hamil?

Masa kehamilan adalah masa ada perubahan hormon didalam tubuh terjadi. Maka dari itu hal yang wajar dengan mual dan muntah saat hamil. Tapi tidak selamanya dikatakan hal yang wajar dengan mual dan muntah saat hamil. Jika terjadi hal hal diluar kewajaran dari mual dan mutah saat hamil juga bisa menjadi tidak wajar.

Bila mual dan muntah terjadi pada awal kehamilan maka bisa dikatakan wajar terjadi. Hal ini disebabkan karena penyesuain yang dilakukan tubuh terhadap perubahan hormonial yang terjadi pada awal kemailan maka berakibat hal tersebut (mual dan Muntah). Pada trimester pertama kehamilan yaitu 1-3 bulan pada masa awal kehamilan maka wajar terjadi mual dan mutah. Selain itu mual dan muntah yang wajar juga terjadi dalam intensitas yang wajar. Walaupun setiap ibu hamil berbeda beda terjadi mual dan muntah, tapi terjadinya intensitas ringan sampai tidak menimbulkan gangguan yang berarti.

Berbeda bila terjadinya mual dan muntah dengan intenseitas yang tinggi misalnya dalam 1 hari lebih dari 10 kali. Bisa dikatakan tidak wajar dan perlu diwaspadai mual dan muntah seperti itu. Bila terjadi mual dan muntah secara berlebihan (lebih dari 10 kali sehari) dan disertai dengan tubuh lemas maka segeralah kedokter untuk berkonsultas karena sudah tidak wajar dan sangat berbahaya bagi kehamilan dengan mual dan muntah yang seperti itu.

Bagi pasangan yang baru saja menikah, kehamilan merupakan satu hal yang membahagiakan. Begitu ditungu tunggu peristiwa ini sebab fungsi salah saru dari penikahan adalah untuk mendapatkan keturunan. Tapi sayangnya gejala gejala kehamilan atau ciri ciri kehamila yang kurang menyenangkan mengiringi kejadian yang membahagiakan ini seperti pada saat hami merasakan mual tertutapa pada saat trisemester pertama kehamilan.

Penyebab pusing yang biasa berujung pada rasa mual adalah meningkatnya kedua hormon. Sebenarnya hal ini wajar karena tubuh sang calon ibu sedang mempersiapkan diri agar kebutuhan si bayi tersongkong.

Proses metabolisme pada tubuh akan terlambat karena peningkatan kedua hormon. Sehingga akan berjalan lebih lambat dari biasanya dalam proses pencernaan. Biasanya rasa mual yang lumyan menggagu dan sering berujung pada muntah bila si calon ibu terlalu banyak makan.

Baca juga : Vitamin untuk ibu hamil muda,trimester kedua & ketiga.

Meningkatnya Hormon HCG :

HCG atau human chorionic Gonadotrophin adalah hormor khusus kehamilan. Dengan tes HCG (test pack), biasanya seorang wanita dapat dicek hamil atau tidak karena pada wanita yang hamil saja yang mempunyai hormon ini saja.

Peningkatan hormon bertujuan untuk merangsang hormon progesteron yang terdapat pada indung telur. Tapi rasa mual terutama pda trisemester pertama kehamilan terjadi yang disebabkan itngginya kadar HCG pada wanita hamil.

Akan mulai menurun produksi hormon HCG pada saat usia kandungan 3 bulan. Ini alasan mengapa mual tidak sering dirasakan para ibu hamil bila sudah 3 bulan usia kandungannya.

Faktor Makanan

Faktor dari luar yang dijadikan sebagai pemicu rasa mual bagi para waniata hamil, ternyata bias dari factor makanan juga. Maka makan makanan tesebut sebaiknya dijauhi terutama pada kehamilan 3 bulan pertama karena dapat membuat semakin parah rasa mualnya.

Mual terjadi juga bisa karena makanan pedas dan makanan berminyak. Sebaiknya makanan makanan yang dibuat dari cabai dan lada dijauhi karena setelah mengknsumsinya membuat anda menjadi mual.

Setelah makan makanan berminyak juga dapt memicu rasa mual. Makanan yang dimasak dengan menggunakan minyak goreng atau gorengan sebaiknya dijauhi untuk sementara waktu sampai sudah mulai turun kadar horomon HCG dalam diri anda di 3 bulan usia kandungannya.

a).Rangsangan bau dan rasa

Bau dan rasa sangat sensitif bagi wanita yang sedang hamil. Maka dari kebersihan rumah diutamakan sehingga tidak menjadi mual bagi istri yang sedang hamil. Sampah sampah makanan secepatnya untuk dibuang karena menjadikan mual bagi sang calon ibu karena mencium bau sampah makanan yang membusuk.

Rasa mual pada ibu hamil juga dapat disebabkan makanan makanan yangn terlalu manis. Sebaliknya biasanya makanan makanan yangmemiliki rasa asam (masam) justru disukainya ibu yang sedang hamil.

Sebaiknya memberitahu bagi yang memiliki suami atau keluarga yang merokok agar tidak merokok didekat anda karena bagi kesehatan ibu dan janin, bau rokok tidak hanya buruk tapi juga akan merasa mual bagi para wanita hamil.

b).Tingkat stres yang tinggi
Biasanya lebih sensitif terhadap apapun bagi wanita yang sedang hamil termasuk dengan masalah apapun sehingga akan lebih mudah stres biasanya. Maka biasanya wanita sedang hami akan merasa mual yang disebabkan kalau sudah stress.

Cobalah untuk tidak melakukan hal hal yang berat dan tidak usah berpikur yang macam macam bagi anda yang sedang jamil muda karena tingkat stres anda semaking tinggi maka pemicu rasa mual akan terjadi karena hal ini.

Baca juga : Makanan yang dilarang dimakan saat hamil muda dan tua.

Cara mengatasi mual saat hamil muda secara alami :

  1. Makan dalam jumlah sedikit tapi sering,. Anda akan bertambah mual bisa prosi makan anda dalam jumlah besar. Berusahalah makan denganprosi kecil tapi sering sewaktu anda dapat makan.
  2. Untuk membantu mengatasi rasa mual anda dengan makan makanan yang tinggi karbohidrat dan protein. Buah dan sayuran dan makan yang tinggi karbohidrat seperti roti, kentang, biscuit memperbanyak mengkonsumsinya.
  3. Jangan langsung terburu buru terbangun dipagi hari sewaktu bangun tidur. Cobalah terlebih dahulu duduk dan berdiri bangung secara perlahan.siapak snak dan biscuit didekat tempat tidur anda bila anda merasa sangat mual ketika bangun tudur pagi dan sebelum anda mencoba untuk berdiri makan diusahakan anda dapat makan dulu.
  4. Makanan yang berlemak berminyak dan pedas diharapkan dihindari karena rasa mual anda dapat lebih buruk.
  5. Untuk menghindari dehidrasi akibat muntah makan minumlah dengan cukup. Hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat lebih baik minumlah air putih ataupun juice.
  6. Kadang rasa mual lebih buruk karena vitamin kehamilan, tapi kehamilan anda tetap memerlukan vitamin folat. Konsultasikan ke dokter anda bila mual muntah sangat hebat sehingga saran yang terbaik dapat diberikan untuk mengkonsumsi vitamin anda. Dan mungkin obat untuk mual diberikan dokter anda bila memang itu diperlukan.
  7. Vitamin B 6 efektif untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Untuk pemakaiannya, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter.
  8. Pengobatan tradisional. untuk mengurangi rasa mual dengan berbagai pengobatan tradisional seperti menggunakan jahe. Bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi rasa mual dan aman untuk ibu dan bayi menurut penelitian di Australia. Jahe segar atau permen jahe dikonsumsu oleh beberapa wanita hamil agar rasa mualnya bisa diatasi.
  9. Untuk mengatasi rasa mual muntah dengan istirahat dan relax. Karena rasa mual anda lebih buruk bila anda stress. Coba luangkan waktu untuk anda dengan istirihata yang cukup dan santai, mendengarkan musih, membaca buu bayi atau majalah kesayangan anda dan lain sebagainya. Dengan kebahagianlah untuk menghadapi kehamilan anda karena hal inilah sebagai anugerahNya.

10 Cara Ampuh Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Alami | Unknown | 5