9 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Tua 5,6,7,8,9 Bulan




Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil tua :

Dalam dunia kedokteran ada istilah Preeklampsia yang artinya pembengkakan pada anggota tubuh seperti kaki, betis, tangan pada wanita hamil. Karena tingginya tekanan darah (hipertensi) dan kadar protein pada wanita hami mengakibatkan penyakit pembengkakan ini terjadi.

Bila penyakit Pre eklampsia ada pada ibu hamil maka akan mengakibatan penyempitan pembuluh darah terjadi dan secara mendadaka dalam kurun waktu yang singkat yaitu 1 atau 2 hari akan membuat berat badan naik. Bahkan akan sering buang air kencing tanpa keluarnya urine, nyeri dialami dan kejang perut serta fungsi penglihatan akan berkurang (penglihatan akan kabur) bila para penderita pre-eklampsia yang parah.

Malfungsi pada ginjal bisa terjadi bila tekanan darah yang terus menerus meninggi (meningkat). Misalnya taka akan perna sampai pada janin, asupan gizi yang ibu hamil konsumsi. Dan akibatnya dengan berat badan yang kurang dan dibawah normal pada bayi pun akan terlahir.Terjadi pre eklampsia biasanya saat awal kehamilan, tapi bisa juga saat kehamilan memasuki minggu ke 20 juga terjadi atau pada trisemenster kedua bahkan pasca melahirkan pada delapan minggu berikutnya.

Tapi tes kadar proterin tidak semua wanita dianjurkan untuk melakukannya. Bagi wanita yang pernah mengalami pre eklampsia pada kehamilan sebelumnya lebih dianjurkan untuk melakukan test ini. Tapi bila anda melakukan test terseut ada baiknya diawal kehamilan walaupun anda belum pernah mengalaminya. Karena pre eklampsia terdekti semakin awal maka anda akan semakin cepat pula mendapatkan penangan terbaik selama masa kehamilan.

Penyebab kaki, tangan, betis bengkak pada ibu hamil:

Penyebab ibu hamil terkena bengkak dikakinya disebabkan banyak hal, sayangnya semua ibu hamil tidak menyadari semua penyebab dari bengkak kaki saat hamil. Penyebab kaki bengkak saat hamil yang perlu diketahui sebagai berikut :

a). Beban yang berat
Karena kaki yang menerima beban lebih berat dibandingkan sebelumnya yang berakibat pembengkakan pada kaki. Hal tersebut karena berat badan ibu hamil akan meningkat tajam saat hamil, seiring selama kehamilan janin berkembang. Meningkatnya berat badan membuat kaki terbebani tubuh ibu hamil. Beban berat yang ditanggung kaki maka pembengkakan akan dialaminya.

b). Kaki banyak cairan
Rahim akan semakin membesar selama hamil. Dibandingkan sebelumnya cairang tertimbun didalam kaki 30 persent lebih banyak seiring bersarnya rahim. Kaki bengkak saat hamil tersebut disebabkan penimbunan cairan dikaki itu.

c). Aliran darah tidak lancar
Salah satu penyebab kaki menjadi bengkak saat hamil adalah tersumbatnya dan terhambatnya pembuluh darah balik yang adi kaki tersebut. Aliran darah kejantunh juga mengalami gangguan karena pembuluh darah yang tersumbat tersebut. Maka dari itu karena pembuluh darah yang tersumbat itu maka bengkak pada kaki akan timbul. Tidak lancarnya aliran darah bisa dijadikan indikasi hipertensi dalam kehamilan terjadi yang harus diwaspadai.

d). Kurang gerak
Kaki akan bengkak bila ibu hamil dengan usia 24 minggu keatas yang kebanyakan duduk dan tidak banyak bergerak, hal tersebut disebabkan tidak lancarnya aliran darah dikaki sehingga pembengkakan akan dialaminya. Jadi sangat baik melakukan senam hamil disaat tengah hamil tua (sudah hamil tua)

Baca juga : Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil,kesehatan,diet & wajah.

Kaki bengkak ibu hamil yang berbahaya:

Sebanarnya tidak berbahaya bila pada kaki ibu hamil mengalami bengkak, asalkan tanda tanda bahaya tidak mengikutinnya. Masih bisa diatasi bengkak pada ibu hamil selama masih dalam tahap normal. Bila bengkak yang normal akan ada tanda bahaya yang terjadi maka akan menjadi bahaya bagi ibu hamil. Bila tidak diikuti dengan tanda tanda bahaya amaka kaki bengkak tersebut tidak akan berbahaya.

Berikut ini tanda-tanda kaki bengkak pada ibu hamil yang sudah berbahaya :

1).Otot kaki menonjol keluar
Bengkak pada ibu hamil bertanda bahaya bila ada tanda dari salah satunya adalah bila dikaki terjadi pembengkakan disertai dengan tonjolan tonjolan otot dikaki. Bahwa hal itu bisa menjadi tanda bengkak pada ibu hamil menjadi varises. Kaki biasanya terserang varises dengan ciri ciri guratan guratan otot kaki yang keluar timbul.

2).Rasa panas dan nyeri
Rasa panas akan dirasakan oleh ibu hamil dan juga kaki akan terasa nyeri. Bagi ibu hamil hal tersebut merupakan sebagai tanda bahaya. Sebab bukanlah hal normal kembali bengkak pada kakinya. Karena kelainan bisa mengakibatkan rasa panas dan nyeri. Bila penyebab dari rasa panas dan nyeri diketahui oleh ibu hamil maka harus berkonsultasi ke dokter.

3).Preeklamsia
Mana bengkak yang normal dan mana bengkak yang tidak normal harus diketahui ibu hamil. Penyebab kaki bengkak yang tidak normal salah satunya adalah preeklampsia. Perlu diwaspadi oleh ibu hamil dengan pre ekslamsia karena bagi ibu hamil dan jani sangat berbahaya. Adanya pembengkakan pada kaki, muka dan tangan merupakan tanda preeklamsia. Nyeri terjadi juga pada pembengkakaan tersebut dibagian tengkuk, ulu hai terasa nyeri dan pusing. Bahkan bisa sampai kejang kejang bagi penderita preeklamsia.

Baca juga:

4).Selulitis
Tanda bahaya pembengkakna apda ibu hamil salah satunya adalah selulitis. Selulitis merupakan pada kulit terjadi infeksi dan juga peradangan. Bisa terjadi tanda bahaya itu pada hamil dengan tanda kaki ibu hamil berwarna merah dibengkaknya, gatal akan terasa dan juga nyeri. Akan terasa panas di kulit kaki ibu hamil bila diraba. Penyebab rasa panas itu dikarenakan perubahan suhu pada permukaan kulit.

Akan menjalar bengkak tersebut, tapi bisa menyebar ke bagian paha dan tidak hanya ditangkai. Selulitis juga bisa mengakibatkan bagian yang terkena luka akan ada luka dengan nanah. Harus segera konsultasi dokter bila saat hamil dengan kaki bengkak dan menderita selulitis agar bengkak tidak menyebar.

5).Trombosis
Tanda baha pembengkakan pada kaki ibu hamil salah satu berikutnya adalah trombosis. Trombosis merupakan pada kaki terjadi bengkak yang disertai dengan pembuluh darah juga mengalami pembengkak terutama pembuluh darah vena dibagian kaki. Tanda hal tersebut adalah terlihatnya pembuluh darah dibagian otot dan menonjol keluar disertai dengan nyeri yang dirasakan saat digunakan untuk berjalan.

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil tua :


Sebenarnya hal yang wajar bila kondisisi kaki bengkak saat hamil sendiri, tapi anda harus menangani kondisi ini segera bila jika kondisinya semakin serius. Lalu kaki bengkak itu sendiri, apa penyebabnya ? ya. Menurut ilmu medis penyebab kaki bengkak itu sendiri adalah kondisi kaki yang menahan cairan tubuh dan dengan diperparah keadaan rahim yang kiar hari kian besar.

Baca juga : Ketahui vitamin untuk ibu hamil muda,trimester kedua & ketiga.

Cairan akan banyak tertimbun di area kaki pada kondisi ini dan pembengkakan akan timbul. Pada umumnya pada trimester ketiga terjadi kondisi kaki bengkak selama kehamilan. Tepatnya terjadi pada usia 7 bulan lebih di usia kehamilan. Dan sementara sebaiknya diatasi dengan cara sebagai berikut Bagi anda yang khawatir dengan konsisi kaki yang bengkak selama ini.

1.Hindari berdiri terlalu lama

Karena penopang bobot tubuh adalah kaki makan hindari dalam waktu yang lama sebaiknya dihindari. Tak hanya itu bila anda beridiri semakin lama dipaksakan maka akan membuat otot melemah dan jugah semakin terhambat peredaran darah. Maka dari itu berdiri terlalu lama diharapkan terhindar apalagi disaat anda memakai sepatu high heels.

2.Hindari Menyilang Kaki

Aliran darah dikaki semakin tersumbat atau terhambat bila anda menyilang kaki. Dan akan semakin parah pembengkakan kakipun bila terganggu atau tersumbatnya aliran darah.

3.Posisi kaki harus lebih tinggi saat duduk
Kaki bengkak selama kehamilan diatasi dengan cara berikutnya yaitu sebaiknya kaki anda diletakkan lebih tinggin dibandingkan bagian dada sehingga peredaran darah dalam tubuh menjadi lancar. hal ini bagi bunda saat sedang tidur juga berlaku.

4.Posisi tidur miring ke kiri
Dengan posisi tidur anda miring ke sebelah kiri, maka disebelah kanan beradanya pembuluh darah bagian balik. Sehingga tekanan pada tubuh ibu hamil diminimalisir.

5.Lakukan olahraga rutin
Sebenarnya karena tidak lancarnya sirkulasi darahlah yang mengakibatakn kondisi kaki yang bengkak ketika hamil. Jadi untuk mencegah dan mengatasi terjadinya pembengkakan pada kaki maka sebaiknya bunda harus melakukan olahraga secra teratur dengan rutin.

6.Jangan menggunakan sepatu tali

Sebaiknyan pemakaian sepatu tali yang mengikat bagian kaki dihindari bagi bunda saat hamil. Hal tersebut, sirkulasi darah dalam tubuh juga bisa terhambat.

7.Lakukan latihan ringan di area kaki
Agar bengkak di kaki dapat dikurangi, sebaiknya latihan ringan yang menitikberatkan pada bagian kaki dilakukan. Caranyan bagian pergelangan kaki ditekuk atau diluruskan. Tiap harinya, anda bisa melakukan sampai 30 kali gerakan.

8.Mengganjal kaki menggunakan Bantal
Sebaiknya mengganjal kakinya menggunakan bantal bila jika ibu hamil ingi tidur telentang. Hal tersebut bisa membuat lebih tinggi posisi kakinya dibandingkan dengan posisi badang. Efeknya adalah lebih lancarnya aliran darah dari kaki menuju jantug atau ginjal. Lancarnya aliran darah agar bengkak berlebihan pada kaki bisa diatasi sehingga menjadi lebih kecil ukuran bengkaknya dibandingkan dengan yang ukuran bengkak pada sebelumnya.

9.Mengompres kaki dengan air dingin
Untuk meredakan kaki yang bengkak bisa memanfaatkan air dingin. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Siapakan air dan air es untuk dicampurkan
  • Siapkan handuk kemudian dicelupkan kedalam air tersebut
  • Kaki yang bengkak dikompres dengan handuk yang tercelup tadi selama 15-20 menit. 

9 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Tua 5,6,7,8,9 Bulan | Unknown | 5