6 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan,Kiri,Belakang & Depan



Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan,Kiri,Belakang & Depan

1.Penyebab sakit kepala sebelah :

Wanita adalah penderita penyakit sakit kepala sebelah migrain,yang jumlahnya mencapai tiga kali lipat penderita pria. Karena faktor keturunan, ternyata separuh wanita menderita migrain. Tapi apakah keluahan yang diturunkan ini belum jelas karena faktor genetis, lingkungan budaya keluarga (misalnya orangtuanya seorang penuntut) atau disebabkan faktor lain.

Wanita berusia antara 20 tahun dan 30 tahun paling umum menderita penyakit sakit kepala sebelah migrain. Terkadang wanita berumur belasan tahun juga terserang sakit kepala sebelah, walaupun sangat jarang sekali. Tapi ancaman sakit kepala sebelah bukan berarti wanita lebih tua bebas dari ancaman tersebut. Karena penderita migran, 10 persennya adalah wanita berusia 40 tahun.

Apabila anda terserang penyakit sakit kepala sebelah atau migraine, maka dengan merebus akar blustru sebanyak 1 sampai 2 genggam akar blustru dan disaring air rebusanya tersebut kemudian minum selagi hangat dapat mengobati migrain anda.

Sementara migran dapat dicegah dengan tanpa obat yaitu faktor faktor pemicu migran dihindari seperti siklus tidur yang terganggu, keadaan puasa, hormon, merokok, terlalu terang cahaya, menyengatnya bau, gangguan emosi, alkohol, MSG, keju, kafein, cokelat, makan yang terkadung nitrat seperti daging sapi olahan, ham, sosis. Dan untuk menyingkatnya, migrain dapat dicegah dengan gaya hidup sehat harus dilakukan.

Pada kepala bagian kanan, kiri atau belakang dapat terjadi sakit kepala sebelah, kebanyakan orang paling sering merasakan salah satu penyakit ini yaitu penyakit sakit kepala sebelah kanan.

Sakit kepala sebelah dapat berlangsung selama berjam jam saat merasakan sakit kepala tersebut dan pusing kepala sering menyertainya. Sakit kepala sebelah kanan adalah dibagian sebelah kanan kepala merasakan sakit kepala tersebut. Dan bila sakit kepala sebelah kanan dialami secara berulang ulang makan perubahan pada pola hidup harus segera dilakukan oleh anda seperti tidak terlalu stres serta obat sakit kepala yang cocok dikonsumsi.

2.Penyebab sakit kepala sebelah kanan :

Penelitian sudah dilakukan oleh banyak ahli kesehata dan mengasosiakan bahwa masalah gangguan penglihatan berhubungan sangat dengan penyakit sakit kepala sebelah, biasanya pada bagian kanan kepala terjadi rasa sakit ini dan dapat menyebar dengan berjalannya waktu dan bisa bergeser pada sisi kepala bagian lain dan bisa juga ke bagian kepala belakang. Penyebab utama sakit kepala sebelah kanan, salah satunya adalah beban kerja yang disertai dengan kecemasan dan rasa lapar bisa berakibat stress. Pada saat stress dialami anda maka otot oto pada bagian bahu, leher pundak secara otomatis akan menjadi tegang atau kencang maka dari itu akan menyebabkan pada salah satu bagian kepala akan merasakan sakit.

Selain itu penyebab sakit kepala sebelah juga karena beberaoa kegiatan antara lain kebiasaanya merokok. Tentunya hal ini penyebab utama pada jenis penyakti sakit kepala yang salah satunya. Karena dengan merokok, rasa kit akan bertambah serta hanya akan menyebabkan kesehatan tubuh lainnya terganggu.

Untuk mengetahui penyebab sakit kepala sebelah kanan secara pasti bisa dilakukan oleh anda dengan cara yaitu setiap hari untuk mengingat makan atau minuman yang anda konsumsi. Selain itu yang dapat menjadikan faktor penyebab sakit kepala sebelah kanan adalah perasaan bosan pada masa kehamilan dan tidak itu saja, bertambahan sering mengalami muntah bisa menjadi penyebab sakit kepala sebelah kanan.

Tips untuk mengatasi sakit kepala sebelah kanan :

Beberapa tips berikut dapat anda lakukan untuk mengatasi sakit kepala sebelah kanan. Tips ini yang mungkin sakit kepala sebelah yang anda alami bisa ringan.

1).Untuk meredakan sakit kepala dapat menggunakan obat dan penghilang rasa sakit tapi ada rasa efek samping tertentu dengan obat ini. Akan tetapi obat yang akan anda konsumsi jangan asal pilih, apalagi tergolong obat keras yang anda pilih. Dan terasa lebih parah sakit kepalanya dari sebelumnya maka langsung saja ke dokoter untuk berkonsultasi makan resep obat yang sesuai dengan keadaan tubuh anda akan diberkan oleh dokter.

2).Kebiasan buruk dengan makan yang tidak sehat dikonsumsi merupakan yang paling sering ditemukan sebagai penyebab sakit kepala dan ketika gaya hidup yang lebih sehat mulai beralih kepada anda maka sakit kepala secara otomati akan berkurang dratis. Pada intinya makan atau minuman yang masuk kedala mulut harus anda kontrol apakah sudah tepat dan sehat. Karena hal tersebut sakit kepala sebelah dapat diatasi dan merupakan cara yang paling efektif dan juga murah.

3).Siapa saja dapat mengalami sakit kepala sebelah kanan pada umumnya baik itu pria ataupun wanita terlepas dari faktor usia mereka. Dibandingkan dengan pengobatan, pencegahan adalah hal yang paling baik dan tepat yang dapat anda lakukan karena bagaimanapun lebih baik mencegah daripada mengobati. Dan dengan gaya hidup sehat maka berbagai jenis penyakit yang akan dapat menyerang kesehatan tubuh manus dapat dijauhi.

4).Selain itu, duduk terlalu lama didepat layar monitor komputer secara terus menerus juga dapat sebagai penyebab sakit kepala sebelah kanan dan juga dapat semakin parahnya sakit kepala. Dan luangkalah waktu untuk mengistirahat mata dengan cara menjauh dari komputer dan selama 30 menit atau setengah jam untuk menutup mata bila anda merupakan salah satu orang yang diwajibkan untuk bekerja di depan komputer. Dan berguna membuat mata anda menjadi rileks dan lega untuk mencoba menerapkan metode tersebut seperti halnya meditasi atau relaksasi untuk dilakukan. Anda bisa lakukan solusi ini sebagai pengobatan yang sangat efetktif obat sakit kepala sebelah kanan.

5).Adapun anda dapat melakukan cara lain agar sakit kepala sebelah kanan bisa diatasi dengan badan diistirahatkan pada tempat yang tempat gelap dan tenang karena sakit kepala bagian kanan peka terhadap cahaya dan sumber kebisingan dijauhi dan diusahakan untuk tidur , kepala sebelah dikompres dengan menggunakan air dingin atau es sehingga pembuluh darah dapat disempitkan, bagian leher anda juga dihangatkan dan pemijatan dilakukan secara lembut dan untuk terakhir dengan obat pereda sakit kepala dikonsumsi dengan anjuran dokter.

3.Penyebab sakit kepala bagian belakang dan mual :

Jenis keluhan sakit kepala amat banyak, sakit kepala bagian belakang adalah jenis yang sering dikeluhkannya. Keluhannya dapat berupa merasakan rasa nyeri, tegang, di kepala bagian belakang terasa berat sampai menjalar ke leher bagian belakang (tengkuk) seolah olah beban berat dibawa oleh anda.

Kolesterol tinggi seringkali menjadi kambing hitma yang menyebabkan sakit kepala bagian belakan serta tekung ini. Selama ini anggapan ini yang banya dipercaya oleh masyarakat kita adalah tidaklah demikian kenyataannya. Pada umumnya tidak berbahaya penyebab sakit sakit kepala bagian belakang, hanya sementara berlangsungnya an pengobatan sederhana dirumah dapat mengatasi. Akan tetapi sakit kepala pada kasus tertentu tak kunjung sembuh dan berupa kondisi medis yang serius sebagai penyebabnya sehingga pemeriksaan yang intensif harus diperlukan. Beberapa pemeriksaan akan dilakukan dokter agar kondisi kritis dapat tersingkir seperti meningitis, tumor dan stroke yang juga merupakan penyebab sakit kepala bagian belakang.

Baca juga : Ketahui juga penyebab,ciri ciri gejala penyakit meningtis  & obat herbalnya.


Sakit kepala belakang yang pada umumnya disebabkan sakit kepala bagian belakang antara lain sakit kepala cervicogenic adalah sakit kepala yang penyebabnya pada masalah pada leher (ceervic=leher). Sakit kepala bagian belakang yang penyebanya cervicogenic biasnya unilateral atau hanya satu sisi saja yang asal rasa sakitnya dari bagian belakang leher lalu menjalar ke kepala bagian belakang, sampin, sampai depan dekat mata. Pada awalnya sakit kepala hadir sebagai episode intermitern dan lalu menjadi rasa sakit yang berkembang yang hampir terus menerus.

Pemicu dan memburuknya nyeri dapat oleh gerakan leher atau posisi leher tertentu. Penyebab sakit kepala sebelah ada beberapa faktor termasuk kelelahan, buruknya posisi tidur, tulang leher bermasalah, cedera, buruknya sikap tubuh dan stres atau pada otot terjadi tegang. Oksipital Neuralgia Oksipital Neuralgia dapat mengakibatan terasa sangat intens rasa sakit kepala seperti menusuk, dibagian belakang kepala dan leher seperti tersengat listri. Rasa sakit membakar dan dari dasar kepala berdenyut denyut dan menyebar ke kulit kepala, pada satu sisi atau kedua sisi kepala terasa sakit, dibelakang mata terasa sakit, dan saat menggerakkan leher terasa sakti, itu semua merupakan gejala lainnya yang akan terjadi.

Sakit kepala bagian belakang jenis ini, penyebabnya antara trauma (pukulan langsung atau whiplash), kompresi tulang belakang, lesi saraf, infeksi atau peradangan lokal, gout (asam urat), diabetes, pembuluh darah mengalami peradangan, dan tumor lokal. Sakit kepala tipe tegang atau dikenal dengan tension headahe. Gejala awal sakit kepala ini pada leher cenderung fokus sakit dan juga kepala bagian belakang juga seperti itu. Kemudian seluruh kepala sampai dahi dilingkari dengan rasa tegang. Seringkali di kepala seolah olah ada tali yang sangat erat yang melingkarinya.

Ada juga diotot otot kulit kepala terasa nyeri dan juga terasa di leher dan bahu. Ciri khas dengan gejala tertentu dari migrain adalah terutama mual, serta aura, tetapi tidak hadir dalam sakit kepala tipe tegan ini. Penyebab utama sakit kepala jenis ini adalah kelelahan dan stress sehingga untuk mengatasinya adalah dengan istirahat, relaksasi dan refreshing akan membantunya. Istilah yang terkenal migrain sakit epala mingrain adalh sakit kepala sebelah tapi sakit kepala bagian belakang merupakan juga akibat dari sakit tersebut dan hal ini dialami hampir 40% dari penderita migrain.

Mereka juga sering kali akan mengalami sakit leher bagian belakang. Sakit kepala dengan gejala yang khas disertai mual, muntah atau nafsu makan hilang. Kegiatan, cahaya terang atau suara keras menjadikan memburuknya sakit kepala sehingga ruangan gelap dan tenang cenderung akan dicari oleh penderita migrain. Ice-pick Headache Sakit kepala yang menusuh para biasanya hanya beberapa detik berlangsungnya.

Penyebab sakit kepala bagian belakang juga karena hal ini. Akibat makan es krim, es batu, ataupu minuman dingin lainnya maka Es Krim headache sakit kepala muncul. Memang makan es tidak semua orang akan mengalami hal ini dan mayoritas diantaranya sakit kepala bagian depan akan terasa tapi merasa sakit di belakang kepala hanya sebagian kecil orang yang mengalaminya. Dengan penyebabnya sebagai tambahan informasi untuk menyesuaikan pengobatannyan. Perawatan medis akan diperlukan untuk beberapa penyebab sakit kepala bagian belakang dan untuk yang lain dengan pengobatan rumah atau perubahan gaya hidup dapat mengobatinya.

4.Penyebab sakit kepala terus menerus berkepanjangan :

Pusing berdenyut dan menusuk nusuk dibagian tengah kepala pernah anda rasakan?? pada daerah mata dan pelipis biasanya berawal, terkadang disertai mual sampai muntah muntah. Teliti kembali pola makan anda bila anda penderita migrain. Penyebab sekaligus obatanya disebabkan hal tersebut.

Migrain merupakan penyakit kepala yang sangat mengganggu. Gejala paling umum adalah rasa sakit di separuh kepala walaupun bisa juga menyerang seluruh kepala. Awalnya munul disekitar daerah mata atau pelipis diatas ujung alis dan disertai berdenyut denyut dan merasa ditusuk tusuk. Walaupun tidak semua sakit kepala sebelah berarti migrain, itu menurut para ahli kesehatan.

Lama lama akan menjalar rasa sakit setempat disekitar mata atau pelipis, sampai mencengkram sekujuru separuh kepala. Kanan atau kiri. Mata akan terasa sakit bila bola matadigerakan kalau gangguannya sangat berat. Apalagi kalau kepala ditundukkan, badan dibungkukkan, bekerja yang berat, atau terkena cahaya yang cukup terang akan silau.

Wanita adalah kebanyakan yang menderita migrain. Pada umumnya wanita pengidap migrain, uniknya memiliki stereotie tertentu. Yaitu langsing tubuhnya, sangat peduli terhadap penampilan bahkan ingin tampil sempurna, mudah tergugah perasaanya, berkepribadian kompulsif, cenderung ambisius, haus tantang. Tapi sebaliknya mudah meledaknya kemarahannya (tempramental),, mengendalikan emosi sulit, baik kemarahan ataupun kegembiraan atau justru sangat menutup. Mereka berambisi sukses bila bekerja dikantor maupun dirumah.

Bisa berlangsung cuma 2 jam bisa juga sampai 72 jam atau 3 hari 3 malam tanpa henti gempuran rasa sakit akibat migrain. Munculnya migrain tidak kenal waktu alias kapan saja. Dan ada juga secara rutin dan berkala misalnya 2 kali sebulan migrain muncul. Disebabkan dengan rutin antara lain oleh faktor hormonal, seperti disaat haid muncul migrain, atau di masa subur (ovulasi), kadar hormon estrogen melonjak akibat suntik KB atau minum obat KB.

Serangan migrain yang hebat bisa membuat membengkaknya selaput lendir hidung dan mata, maka dari itu hidung tersumbat. Biasanya kemudian hidung buntu seperti pilek berat dideritanya. Mata sakit serasa bola mata mau copot akan membarengi, terkadang menguap terlalu sering, diare, mual, bahkan muntah muntah dan buang air kecil yang sering.

Migrain tidak datang tiba-tiba. Ketika mulai menegangnya serabut otak, gejala khas akan timbul yang menandai akan datangnya serangan migrain yang sesungguhnya yang disebut aura. Kaburnya penglihatan, mata berkunang kunang, pada jari jari kesemutan disetai rasa lemah yang menjalar e seluruh tanga, kemudian ke kapala. Serangan pada migrain berat ditandai gangguan bicara misalan memilih kata kata sulit yang akan diucapkan atau beda berbicara dengan yang dipikirkan. Serangan pusing sebelah yang sesungguhnya dimulai ketika gangguan pembuluh darah melebar ke bagian kepala di luar otak.

Kemudian pada bagian muka merasa nyeri berupa nyeri di sebelah atau di seluruh muka yang menurut perkiraan penyebabnya juga pelebaran pembuluh. Nyeri sering kali dirasakan terus menerus dan sewaktu waktu serangan serangan akan memperhebatnya seperti tertusuk tusuk jarum. Disamping itu pada muka masih dikenal nyeri yang jarang sekali terjadi antara lain radang sarat tertentu (trigeminus neuralgia) yang sebaiknya tidak diobati dengan sendii, seperti halnya dengan nyeri kepala cluster dan migrain hebat.

Baca juga:

5.Penyebab sakit kepala saat haid :

Berbagai keluhan dirasakan oleh tubuh wanita disaat datang bulan mulai dari nyeri, perut, mual, sampai sakit kepala. Sebenarnya wajar pada kondisi ini tapi bisa dikurangi dengan cara cara alami gejala seperti ini.

Dalam simpul yang ketat sakit kepala migrain dan menstruasi bagai terikat bersama sakit kepala lebih banyak dialami oleh wanita karena memiliki lebih banyak hormon yang kadarnya terus berfluktuasi.

tingkat estrogen dalam tubuh turun sangat rendah, tepat sebelum anda mengeluarkan darah menstruasi. Pemicu serangan migrain atau sakit kepala karena hal tersebut. Selama kehamilan, hal ini terbukti. Bahwa akan hilang sendiri sakit kepala hantu ini. Karena kadar estrogen dan progesteron selalu tinggi terjadi pada kondisi ini selama masalah kehamilan.

Retensi air dalam tubuh disebabkan oleh mentruasi. Kondisi ini, semua jenis rasa sakit dan nyeri meningkat dan bukan merupakan pengecualian dengan sakit kepala. Sakit kepa berdernyut selama menstruasi bisa menjai alasa lain untuk hal ini.

Bagaimana mengobati sakit kepala saat haid?

Mentruasi mengalami sakit kepala tidaklah mengancam nyawa, meski gejala yang menjengkelkan akan timbul. Jadi obat penghilang rasa sakit sebaiknya dihindari agar sakit kepala ini bisa sembuh. Meredakan sakit kepala saat menstruasi bisa mencoba bebera cara alami.
  1. Makan makanan kaya estrogen
    Satu atau dua hari sebelum wanita mulai pendarahan menstruasi, tingkat estrogen mulai ngedrop. Jadi makanan kaya estrogen dikonsumsi seperti udang dan jamur selama beberapa hari sebelum jatuh tempo mentruasi.
  2. Anti-diuretik
    Retensi air dalam tubuh adalah salah satu alasan yang mungkin rasa sakit anda bisa memburuk. Jadi dieretik seperti garam dihindari dan makan anti diuretik dikonsumsi sebagai gantinya. Rentensi air dalam tubuh anda akan berkurang.
  3. Minum cukup air
    Keadaan akan menjadi lebih buruk saat dehidrasi. Jadi konsumsi kopi dan the dihindari. Minum air diperbanyak dan cairan untuk menjaga diri tetap terhidrasi.

6.Penyebab sakit kepala saat hamil :

Disaat menjalani kehamilan biasa terjadi sakit kepala, mual, sakit punggung, nyeri pada bagian kaki dan beberapa gangguan kesehatan lainnya.

Walaupun mungkin tidak separah sakit kepala ini tidak separa sakit punggung atau pada kaki terasa nyeri. Akan tetapi tida merasa nyaman oleh para ibu. Dan apalagi anda untuk menurunkan sakit kepala tidak diperkenankan untuk mengkonsmsi obat karea pada keselamatan janin anda bisa berpengaruh.

Oleh sebab itu penyebab sakit kepala harus diketahui yang merupaka cara terbaiik agar sakit kepala yang timbul dapat dicegah.Selama kehamilan, berikut beberapa penyebab utama sakit kepala yang harus anda ketahui :

Baca juga : Ketahui cara mengatasi mual saat hamil muda alami.


5 Penyebab sakit kepala selama kehamilan dan cara mengatasinya

1). Pengaruh stres dan ketegangan
Terjadi ketegangan kepala disaat anda mengalami stres yang berkepanjangan akan menyebabkan sakit kepala bisa timbul. Sebagian besar wanita hamil. Seperti kita ketahui bahwa disaat menjalani kehamilai mengalami stres yangg paling utama pada trimester pertama. Agar strese dan ketegangan dapat dihindari maka beberapa latihan tentang tenik relaksasi sepeeti meditasi dan yoga anda lakukan.

2). Sakit kepala karena hormonal
Bagian yang tak terpisahkan dari ibu hamil adalah perubahan hormonal. Beberapa gangguan seperti mual, gangguan pada kulit dan juga bisa sakit kepala, hal ini disebabkan perubahan hormonal ini. Agar Sakit kepala karena perubahan hormonal ini bisa diatas maka udara segara dan suasana hati yang nyaman anyda dibutuhkan oleh anda dan juga sedikit ngemil makanan yang terbuat dari coklat perlu dicoba juga.

3). Rendahnya kadar gula darah
Sakit kepala bisa timbul disaat menjalani kehamilan bisa terjadi karena rendahnya kadar gula dalam darah. Melalui pemeriksaan medis yang bisa mengetahui sakit kepala karena rendahnya kadar gula darah. Dan tidak itu saja, sering munculnya sakit kepala disore hari, kita bisa mengetahuinya, minuman berenergi dibutuhkan anda untuk mengatasi sakit kepala karena gangguan kurangnya kadar gula darah.

Untuk meningkatkan gula darah, maka makanan dan minuman yang dianjurkan adalah susu, buah dan sayuran yang kaya serat dikonsumsi. Mengkonsumsi kafein harus dihindari, dan tidak itu saja konsumsi karbohidrat dikurangi, dan aktivitas yang berat berat juga harus dikurangi,

4). Penarikan gejala
Sakit kepala selama kehamilan sering dialami pada wanita yang perokok atau pecandu kafein. Dan munculnya sakit kepala ini merupakan gejala penarikan dari stimulan tersebut.

5). Dipicu sakit kepala
Perubahan yang signifikan termasuk perasaan yang sangat sensitif baik terhadap suara bising maupun cahaya lampu yang sangat terang dialami tubuh disaat menjalani kehamilan. Satu satunya cara agari sakit kepala terhindari maka dengan pemicunya harus dihindari. Mencari suasana yang sunyi dimana anda bisa merasa nyaman perlu anda cobat agar sakit kepala disaat kehamilan bisa terhindari.

6 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan,Kiri,Belakang & Depan | Unknown | 5