Obat Batuk Tradisional Ampuh Untuk Anak,Dewasa,Bayi & Ibu Hamil



 Obat Batuk Tradisional Ampuh Untuk Anak,Dewasa,Bayi & Ibu Hamil
Siapa saja bisa mengalami batuk, dimana hal tersebut adalah suatu mekanisme suatu pertahanan pada tubuh yaitu pada saluran pernapasan terutama. Gejala suatu penyakit maupun reaksi tubuh yang disebabkan lendir debu asap maupun makanan yang terjadi di tenggorokan adalah pengertian dari batuk.

Karena rangsangan tertentu bisa menyebabkan batuk terjadi, rangsangan itu dari debu atau tersedak makanan kemudian terbawa ke otak rangsangn atay sinyal tersebut dan rangsangan tersebut diterima otak lalu batuk untuk mengatasi hal tersebut. Ada 2 kategori batuk itu yaitu batuk akut dan batuk kronis yang pengelompoknya berdasakan rentang waktu lamanya batuk. Batuk akut adalah kurang dari 2 minggu seseorang mengalami kondisi batuk dan terjadi lebih dari 2 minggu bahkan 3 bulan berurutan maka itu disebut batuk kronis.

Pada anak terjadi batuk kronis yang penyebabnya adalah asma, pertusis dan tuberculosis. Batuk kronis yang penyebabnya oleh reaksi dan rangsangan dari kuman bordetella pertusi merupakan Penyakti pertusis. Pencegahan kuman ini dengan imunasi secara berkala diberikan untuk anak.

 Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit asma & obat herbalnya.

Bayi atau balita anda yang terserang batuk sebaiknya dilakukan secara benar dan tidak sembarangan. Pengobatan pada bayi dan balita tidak bisa disamakan dengan penanganan pada orang dewasa, apalagi mencoba coba untuk memberikan obat dewasa pada bayi dan balita anda kendati pun dalam jumlah dosis yang kecil karena bisa menyebabkan akibat yang buruk untuk bayi dan balita anda. penggunaan obat batuk pada bayi yang masih berumur 1 bulan jelas sangat berbeda dengan penanganan pada anak balita yang sudah berumur 1 tahun. Keduanya ini jelas mempunyai dosis dan formula yang berbeda beda, oleh sebab itu selalu perhatikan petunjuk pemakaian.

Pada dasarnya bayi dan balita memang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah, sehingga rentan sekali terhadap serangan penyakit seperti batuk. Biasanya bayi atau balita yang terserang batuk akan mengalami penurunan berat badan, hal ini dikarenakan terganggu nya waktu tidur bayi atau balita yang harus terbangun karena batuk yang tiba tiba menggelitik tenggorokan. Tidak jarang bayi atau balita anda sampai mengalami muntah dikarenakan batuk.

Penyebab Batuk Pada Bayi Dan Balita

  • Polusi udara dan debu, udara yang kotor dan debu bisa juga menjadi penyebab terjadinya batuk pada bayi dan balita anda, oleh sebab itu bersihkanlah lingkungan rumah dan hindarilah bayi dan balita anda dari paparan polusi asap pembakaran atau asap kendaraan bermotor.
  • Tertular, bayi dan balita memang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah, karena itu hindarilah bayi dan balita anda dari kontak langsung atau berdekatan dengan orang yang sedang menderita batuk.
  • Minuman / makanan yang menyebabkan batuk, anak balita memang sulit sekali untuk dilarang keinginan nya, jadi hindarilah anak anda untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa menyebabkan batuk, seperti contohnya minuman yang banyak mengandung pemanis buatan / sakarin, atau makanan yang banyak mengandung MSG. Perhatikan makanan yang akan di konsumsi oleh anak anda dan hindari makanan dan minuman yang dapat memicu batuk.


Berikut beberapa obat batuk tradisional untuk anak yang bisa anda buat sendiri:

1).Jahe

Banyak manfaat dimiliki oleh jahe. Salah satunya adalah untuk melegakan tenggorokan dan mengobati batuk. Cara mengobati batuk dengan jahe adalah selama 10 menit rempah jahe direbus sampai mendidih dan tunggu selama beberapa menit mendidihnya. Airnya disaring dan potongan jahe dibuang. Satu setengah cangkir gula merah untuk ditambahkan dan didihka kembali sampai mengentalnya air rebusan tersebut. Lalu tiriskan dan dibiarkan adonan menghangat lalu kemudian bentulah andonan menjadi bulat dan gula putih ditaburkan di adonan yang sudah dibentuk dan ditempat yang bersih untuk menyimpannya. Tunggu sampai dingin adonan tersebut.

Anak umur 1 tahun akan menyukai obat tradisional ini, karena jahe, tenggorokan akan menjadi hangat dan batu akan mereda. Lalu sebagai pemanisnya adalah gula merahnya agar rasanya disukai anak anda.

2).Blueberry
Untuk anak 2 tahun, obat tradisional yang pantas untuk dicoba adalah ramuan yang terbuat dari daun buah blueberry dan buah bery yang sudah kering. Teh yang menyehatkan cobat anda buat dengan cara beberapa lembar daun blueberry dan buah blueberry kering diseduh dengan air panas. Beberapa untuk menunggu teh tersebut dan madu bila perlu ditambahak agar membantu tenggorokan menjadi lega dan lendir bisa dikeluarkan. Untuk anak anak, ramuan obat ini bisa dijadikan sebagai minuman herbal karen untuk anak, buah blueberry dan daunnya sangatlah aman.

3).Daun kemangi
Mungkin obat tradisional ini tidak akan disukai oleh anak anak yang berumur 3 tahun karena tidak enak rasanya. Akan tetapi, kandungan alami yang baik dimiliki oleh kemangi agar batuk pada anak cepat reda. Cobalah untuk membuat ramuan obat herbal tersebut. Sangatlah mudah cara membuatnya. Daun kemangi direbus sampai mendidi dan madu secukupnya untuk ditambahkan dan setelah ramuan tersebut hangat maka minuman tersebut bisa diminum. Itu perlu anda lakukan. Dan tidak rewel pada anak anda maka makan kesukaan anak disertakan selama obat batu herbal berlangsung diberikan bisa anak lebih menyukai.

4).Red clover
And bisa menggunakan red clover untuk meredakan batuk pada anak selain memanfaatkan jahe, daun kemangi maiupun buah blueberry kering. Dari bunga red clover manfaatkan keistimewaannya agar batuk pada anak cepat reda. Caranya bunga red clover direbus dan beberapa sendok madu murni ditambahkan direbusan tersebut. Secara berkala pada anak untuk meminum ramuan obat tersebut sampai sedikit mereda dan sembuh batuk pada anak.

Cara Mengobati Batuk Pada Bayi Dan Balita

  • Kunyit
Rimpang yang berwarna kuning ini memang mempunyai berjuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita, salah satunya untuk mengobati batuk pada bayi dan balita. Caranya mudah saja dengan membuat kunyit menjadi bubuk, lalu campur kan bubuk kunyit ini ke dalam susu bayi anda. bagi bayi yang masih menyusu pada ibunya, oleskan bubuk kunyit ini pada puting susu sang ibu sebelum bayi menyusu. Kunyit dipakai untuk mengobati batuk karena kandungan kunyit yang bisa digunakan sebagai antiinflamasi dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi anda.
  • Jeruk Nipis dan Madu
Cara ini dipakai untuk bayi yang sudah berumur 1 tahun, buatlah minuman hangat yang terdiri dari air hangat yang dicampur dengan air perasan jeruk Nipis dan 1 sendok makan madu, berikan minuman ini pada bayi anda sebelum tidur agar merangsang keluarnya air liur sehingga dapat melegakan tenggorokan yang gatal akibat batuk.
  • Mengolesi Minyak
Banyak terdapat varian minyak yang tersedia di pasaran, seperti contohnya minyak kayu putih, minyak telon, minyak pepermin atau varian lainnya yang memang aman digunakan untuk bayi anda. cara penggunaan nya tentu saja tidak seperti kedua cara diatas. Penggunaan nya dengan cara dioleskan pada bagian dada, punggung dan perut bayi, cara ini biasa digunakan dan terbukti ampuh untuk mengatasi batuk pada bayi dan balita anda.

Obat batuk tradisional untuk dewasa :

Cara menghilangkan batuk berdahak pada orang dewasa
Ramuan obat tradisional yang bisa dikomsumsi oleh orang orang dewasa dijelaskan di sini beberapa contohnya walaupun anak anak sebenarnya boleh mengkonsumsinya. Tapi batasan umur lah yang biasanya yang belum boleh mengonsumsi obat obatan tersebut. Tak hanya itu informasi ini anda harus menyaringnya atau bahkan ke dokter terlebih dahulu untuk berkonsultasi apakah aman atau idak obat tradisional yang anda akan gunakan. Beberapa contoh ramuan obat batuk berdahak secara tradisional untuk dewasa sebagai berikut yang bisa anda buat sendiri.

1).Daun Pegagan

Daun pegagan salah satu tanaman herbal yang bisa anda manfaatkan agar batuk berdahak anda cepat hilang. Cara membuatnya adalah siapkan masing masing 50 gram daun pegagan, kapulaga, kencur dan daun jinten. Bahan bahan tadi direbus sampai mendidih kemudian airnya disaring. Dan anda bisa mencampurkan madu secukupnya agar rasanya lebih manis. Obat tradional yang anda buat dari daun pegagan tadi bisa anda minum sampai sembuh batuk berdahak anda.

2).Kencur

Kencur juga bisa dimanfaat agar batuk berdahak cepat hilang selain daun pegagan. Tidak terlalu sulit untuk membuat ramuan tersebut. Anda cukup siapkan masing masing 10 gram kencur dan bunga belimbing. Dan masing masing 5 gram daung inggu dan parutan temugiring. Lalu siapakan satu buah jeruk nipis. Cara meramunya adala rebus semua bahan tersebut direbus kemudian ambil airnya dengan menyaringnya. Setelah itu dengan gula jawa atau madu boleh ditambahkan di ramuan tersebut agar lebih manis rasanya. Dalam sehari 3 kalim untuk mengkonsui obat kencur tersebut sampau sembuh batuk anda.

3).Apel
Buah apel, tidak disangka bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk berdahak. Terbilang cukup efektif ramuan tradisional dari buah apel ini agar batuk berdahak anda hila secara alami dan cepat. Hanyalah satu buah apel, bahan yang dibutuhkan. Kemudian apel tersebut anda potong menjadi 4 bagian kemudian kurang lebih 10-20 menit potongan apel tersebut dikukus. Setelah bisa anda konsumsi apel tersebut. Sehari 3 kali untuk mengkonsumsinya sampai batuk mereda untuk mendapatk hasil yang maksimal

4).Kantung Semar
Tumbuhan kantung semar ternyat bisa anda manfaat agar batuk berdaha untuk orang dewasa cepat hilang selain tanaman ini populer dengan tanaman yang bisa memangsa serangga. Anda tidaklah perlu repot untuk membuat ramuan tersebut. Akata tetapi daun kantung semar (nepenthes maxima) yang daunnya masih tertutuplah yang harus anda cari dan siapkan. Karena air yang ada didalamnya amasih belum terkontaminasi karena daun kantung semar tersebut masih tertutup. Minumlah air yang ada didalam daun kantung semat tersbut untuk menyembuhkan batuk berdahak.

5).Daun Pare

Ramuan dari daun pare bisa anda coba untuk digunakan untuk menghilangkan batuk berdahak dengan cara alami dan efektif. Ramuan ini bisa anda buat dengan menyiapkan daun pare yang masih segar sebanyak 7 lembar dan air matang sebanyak 2 sendok makan. Pertama 7 lembar daun pare anda tumbuk yang sebelumnya anda cuci sampai bersih. Setelah ditumbuk makan 2 sendok air matang ditambahkan. Hasil tumbuka tadi diperas dan saring airnya. Minum air ramuan tersebut sehari 2 kali untuk mengobati batuk berdahak.

Obat batuk tradisional untuk bayi :

Obat alami batuk dan pilek bayi yang banyak tersedia disekitar rumah banyak dilupakan oleh orang tua, karena dengan keyakinan tidak akan manjur dan sembuh. Karena sudah mengetahui bahwa bayi yang terlalu banyak konsumsi obat kimia tidak bagus dan mempunyai dampak yang buruk bagi masa depan kesehatan bayinya terutama di usia dibawah 3 bulan yang telah diketahu oleh ibu dan orang tua moedernt saini ini dan justru mereka mencari cara agar bayi sembuh dari batuk pilek tanpa obat dokter.

Ketika bayi mengalami batuk pasti sebagai orang tua pasti akan khawatir. Tapi jangan panik dan khawatir mulai sekarang ini untuk menyembuhkan batuk pada bayi anda. Karena untuk bayi anda, kini telah banyak obat batuk tradisional.

Lebih aman mengkonsumsi obat tradisional daripada obat obat yang didalamnya mengandung zat kimia. Memang proses penyembuhannya agak sedikit lebih lama untuk penggunaan obat tradisiolan dibanding dengan obat obatan kimia untuk digunakan. Tapi resiko berbahaya nya lebih kecil dalam penggunaan obat tradisional bahkan sama sekali bisa tidak berberbaya.

Jeruk nipis dan kunyit sebagai obat batuk tradisional untuk bayi :
Jeruk nipis merupakan salah bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk tradisional untuk bayi. Cukup mudah cara pembuatan obat tradisional dengan jeruk nipis. Anda hanya siapakn 3 sendokan makan air jeruk nipis, 4 sendok makan madu murni dan 4 sendok makan air matang. Campurkan ketiga bahan yang sudah disiapak agar dapat dikomsumsi sebagai obat tersebut lalu dikukus sekitar 10-15 menit. Setelah makan bayi bisa diberikan hasil ramuan tersebut.

Kunyit bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi batuk pada bayi selain jeruk nipis tadi. Yang sudah diketahui kita bersama kunyit merupakan salah satu bahan rempah yang mempunyai luar biasa khasiatnya. Cukup mudah cara penggunaan kunyit untuk obat tradisional untuk bayi. Dan caranya adalah kunyit ditumbuk halus lalau hasil tumbukan tersebut dioleskan ke putting payudarasa sang ibu ketika sang bayi menyusu. Atau mungkin susu yang akan diminum oleh bayi dicampuri dengan bubuk kunyit secukupnya. Dalam sehari 2 kali bisa diberikan ramuan tersebut oleh anda.

Walaupun dalam proses penyembuhaan agak lama dalam penggunaan obat batuk tradisional untuk banyi dibanding dengan obat obatan yang kimia yang dijual ditoko atau diberikan oleh dokter. Tapi jika anda mau mencobanya akan lebih baik. Mengingat lebih kecil resiko adanya efek samping dari obat tradisional karena sudah terjamin keamannya dalam menggunakan bahan bahan alami. Jadi mulai sekarang dengan memberikan obat obatan dari bahan alami untuk menyayangi keluarga anda.

Obat batuk tradisional untuk ibu hamil :

Bagi seorang wanita di masa hamil adalah masa paling rentan. Ia diharuskan selektif makan yang dipilihnya dan pola makannya harus diatur. Bila sekali satu atura tersebut dilanggar, berbagai macam penyakit tidak menunutp kemungkinan rentan diderita oleh dia. Batuk adalah salah penyakit yang sering diderita ibu hamil. Bila ibu hamil sudah terkena batuk, pasti sebuah kebingungan tersediri baginya. Sebenarnya apa obat batuk yang cocok untuk ibu hamil itu? Karena mengingat diharuskan sangat hati ibu hamil dalam memilih makanan termasuk obat.

Pada umumnya obat batuk yang beredar mengandung bahan kimia. Tidak menutup kemungkinan akan sangat berbahaya obat batuk yang mengandung bahan kimi tersebut apalika dikonsumsi orleh seorang ibu hamil. Yang bisa dilakukan dengan alternatif lainnya ayaitu obat batuk alami untuk ibu hami dikonsumsinya. Karean lebih baik ibu hamil mengkonsumsi obat batuk alami saja. Hal tersebut yang diingat adalah tidak ada edek samping apapun yang dimiliki oleh obat alami tersebtu. Alternati yang sanga selektif untuk obat batu untuk ibu hamil adalah obat batuk alami tersebut.

Baca juga:

Obat batuk untuk ibu hamil yang aman :

Jelas lebih aman obat herbal atau obat alami daripada mengkonsumsi obat obatan kimiawi, termasuk obat batuk untuk ibu hamil. Selain disekitar kita obat herbal mudah ditemukan dan juga biasanya obat natural ini tidak memberi edek buruk pada ibud dan janin. Jika ingin tahun apa saja yang aman dan mudah mendapat obat batuk?diantaranya sebagai berikut :

1).Air perasan jeruk nipis.

Sangat mudah membuat obat batuk yang aman dari bahan jeruk nipis yaitu cukup diperas jeruk nipis hingga menghasilkan air. Air perasan itu kemudia diminum dan ditambahan kecap secukupnya. Atau dengan alternatif lainnya yaitu madu ditambahkan di air jeruk nipis.

2).Air rebusan jahe.
Dengan satu gelas air untuk merebus jahe kemudian saring air rebusannya tersebut lalu diminum.
Jus jeruk/jeruk hangat dan rebusan air sereh

Siapkan beberapa batang sereh, secukupnya gula batu dan daun jeruk beberapa lembar. Kemudian semua bahan dengan 3 gelas air untuk merebusnya sampai mendidih hingga tersisa hanya satu gelas. Selagi hangat minumlah air ramuan.

3).Air perasan kencur
Siapkan kencur untuk diparut kemudian peras kencur yang sudah diparut. Lalu dengan garam secukupnyan untuk ditambahkan di air perasan tersebut kemudian diminum.

Masih banyak untuk ibu hami untuk mengkonsumsi obat batuk lainnya yang terbuat dari bahan bahan alami. Dan untuk ibu hamil tentunya manjur mengurangi batuknya dan juga untuk janin dalam kandungan aman.

Baca juga : Manfaat buah pepaya untuk ibu hamil,kesehatan,diet & wajah.

Obat batuk berdahak alami kering :


1).Bubuk kunyit
Bubuk kunyit akan menjadi obat batuk kering dan gatal tradisional yang ampuh. Bila memiliki masalah kesehatan, terutaman batu yang sangat menyebalkan, kerasnya suara batuk yang tidak hanya anda terganggu tapi ketenangan orang lain juga akan terganggu. Cara mudah untuk mengatasi batu kering adalah dengan menggunakan bahan tradisional dengan salah satu bahanya adalah dengan bubuk kunyit. Caranya adalah dengan secangkir air untuk memanaskan bubuk kunyit didalam panci dengan takaran 1 sendok the bubuk kunyi dimasukan dan satu sendok the black pepper serta kayu manis dimasukan. Selam 2-3 menit untuk merebus bahan alami tersebut dan 1 sendok makan madu murnin ditambahkan ke dalammnya. Dengan setiap hari minumlah ramuan obat batuk kerinf tersebut sampa anda jauh lebik kondisinya dan tidak lagi batuk.

2).Jahe
Jahe juga sebagai cara alternati untuk mengobati batuk kering selain bubuk kunyit saja yang bisa dipakai untuk obat batuk kereng tradisional untuk dewasa. Cara membuatnya adalah siapkan jahe segar yang diiris tipis. Dengan secangkir air untuk ditambahkan dalam pancu yang sudah dimasukan irisan jahe tersebut. Kemudia air jahe tersebut direbus sampai air berubah menjai minuman herbal. Dalam sehari 3-4 kali ramuan tersebut dimunim secara teratur untuk mengatasi batuk kering tersebut. Atau air perasan jeruk lemon dan madu murni bisa anda tambahan ke dalam air rebusan jaher segar.

3).Jeruk lemon
Obat tradional yang bisa menjadi andalan untuk batuk kering adalah jeruk lemon. Opsi lainnya yang bisa dijadikan untuk obat batuk adalah jeruk lemon disaat anda enggan ramuan obat dari jahe dikonsumsi atau mengunaakn bubuk kunyi. Dari jeruk lemon, anda bisa membuat obat batuk dengan sirup alami. Tidak terlalu sulit cara membuatnya. 2 sendok makan air perasan jeruk lemon dan 1 sendok makan madu murni dicampurkan kemudiakn disetiap hari untuk diminum sirup alami terbesebut.

4).Susu hangat dan madu murni
Susu hangat dan madu murni adalah cocok untuk obat batuk kering tradisional untuk anak. Susu hangat dan madu murni akan meredakan batuk kering dan mengatasi dada yang sakit yang diakibatkan oleh terlalu seringnya anak batuk selama beberapa jam ini. Dimalam hari sebelum tidur bisa anda buat susu hangat untuk diminum untuk menambah khasiatnya maka madu murni untuk ditambahkan sebagai analgesic

5).Bawang merah atau bawang putih
Batuk kering dapat diatasi dengan menggunakan bawang merah atau bawang putih mentah dengan tambahan minyak zaitun dan madu munni. Batuk kering yang sangat menggangu anda dapat diatas dengan cara alamin ini. 

Ternyata banyak sekali bukan?obat batuk kering tradisional yang bisa anda gunakan. Anda bisa mengubah bahan bahan alami atau rempah alami menjadi obat batuk kering

Obat Batuk Tradisional Ampuh Untuk Anak,Dewasa,Bayi & Ibu Hamil | Unknown | 5