1001 Manfaat Temulawak Untuk Wajah, Kesehatan & Obat Lambung



Manfaat Temulawak Untuk Wajah, Kesehatan & Obat Lambung

Manfaat temulawak untuk wajah :

Temulawak adalah salah satu tanaman dimana masyarakat indonesia biasa menggunakannya sebagai bumbu dapur alias penyedap rasa. Jahe merupakan jenis keluarga tanaman herbal ini. Negara negara diasia tenggara merupakan asal aslinya tanaman/tumbuhan temulawak ini dan kemudian dari asia sampai ke seluruh dunia termasuk Eropa dan merata penyebarannya. Temulawak juga bisa digunakan untuk bahan dasar dalam pembuatan obat herbal alami seperti ramuan-ramuan herbal kecantikan wajah selain temulawak digunakan untuk bumbu masakan/penyedap rasa. Dan juga beraneka macam cara mengkonsumsinya, dengan cara memadukannya dengan bahan lain yang bisa dilakukan untuk mengkonsumsinya atau bisa juga diminum secara langsung dan dalam bentuk masker wajah untuk mempercantik wajah juga tak jarang dilakukan sebagai cara untuk memanfaatkan temulawak

Untuk membuat masker temulawak, hal yang dapat dilakukan adalah dengan cara kulit temulawak dikupas sampai bersih. Kemudian temulawak tersebut ditumbuk atau bisa juga diblender sampai lembut, sampai keluar airnya kemudian diperas. Adapula yang langsung mengaplikasikan pada bagian tubuh yang diinginkan atau dengan bahan herbal lain dicampur agar lebih sempurna hasilnya. Bahan herbal lain yang bisa dicampurkan sebagai berikut : madu, lemon, olive oil, milk, putih telur, yonghurt.

Manfaat masker temulawak:

Temulawak bagi kecantikan bisa didapatkan juga manfaat dan khasiatnya, yaitu dengan membuat masker wajah dari temulawak bisa anda buat sendiri. Dan masker temulawak mempunyai manfaat sebagai berikut :

1).Manfaat masker temulawak untuk menghilangkan jerawat
Pada temulawak terdapat kandungan yang berupa antioksidan dimana berbagai macam masalah pada wajah seperti jerawat bisa diobati. Dan cara membuatnya adalah satu sendok bubuk temulawak dicampur dengan bahan herbal lain seperti madu dan yogurt (susu). Kemudian sampai kental menganduk ketiga bahan tersebut sampai berbentuk seperti pasta. Setelah seperti pasta bentuknya lalu pada wajah diolesi pasta tersebut sampai merat dan selama kurang lebih 30 menit didiamkan sampai mengering diwajah. Kalau masker tersebut sudah kering maka dengan air dingin untuk membilasnya dan lap dengan handuk. Dan jangan lupa wana kuning akibat masker tadi dipastikan tidak menempel pada wajah anda.

2).Manfaat masker temulawak untuk Mencegah penuaan dini
Adanya keriput disekitar mata, menandakan terjadi penuaan dini. Penuaan dini yang dimaksud adalah proses seseorang yang sudah menunjukan ketuaan yang sebagai tandanya. Hal ini bagai perempuan yang ditakuti. Penuaan dini akan menimbulkan kerutan kerutan pada wajah, disekitar mata yang terutama dan disamping mulut. Penuaan dini dapat dicegah bisa dengan menggunakan masker temulawak dengan tepung beras yang sudah digiling dikombinasikan serta susu yang untuk masker serta jus tomato. Bahan bahan tersebut dicampurkan dengan perbandingan sebanyak 2 sendok makan untuk bubuk/tepung temulawak dan 1 sendok makan saja untuk bahan bahan lainnya. Campurkan sampai tercampur rata semua bahan yang telah disebutkan diatas, setelah itu pada wajah anda oleskan masker temulawak campuran tersebut sampai merata. Selama 15 menit, masker didiamkan sampai kering kemudian dengan air bersih untuk membilas masker temulawak yang kering itu.

3).Manfaat masker temulawak untuk Antipigmentasi

Dalam mengobati pigmentasi bisa mengandalkan kandungan yang berupa antiseptic dan anti inflamasi. cara pengobatannya adalah dengan cara mengoleskan juice mentimun yang telah dicampur dengan bubuk temulawak. Campur kedua abhan tadi hingga merata, lalu jadikan sebagai masker, selama 30 menit diamkan hingga masker tadi terserap merata ke seluruh wajah . setelah itu bilas dengan air bersih.

4).Manfaat masker temulawak untuk mengangkat sel kulit yang mati.
Selanjuttnya, manfaat masker temulawak adalah sel kulit mati bisa terangkat. Kulit wajah anda akan tampak segar dan bersih bercahaya bila sel kulit pada wajah anda terangakat. Anda bisa lakukan sendiri dirumah dengan membuat scrub/pembersih wajah. Dan begini cara membuatnya, bubuk temulawak dan tepung chicpea secukupnya disediakan. Kedua bahan tersebut dicampur dan sebelum mandi gosokan campuran tersebut pada tubuh kita. Diaplikasikan pada wajah kita, masker ini juga sangat pada wajah.

Manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh:

Sangatlah gampang mengobati bekas luka. Cukup mudah cara membuatnya yaitu dengan masker temulawak hanya ditaruh pada bagian bekas luka kita dengan campuran olive oil secukupnya. Lalu masker tersebut didiamkan sampa mengering luka pada tubuh kita dan secara rutin setiap waktu untuk melakukan ini.

Selama ini khasiat temulawak, sangat bermanfaat dalam dunia kesehatan, baik berguna untuk pengobatan ataupun hanya sekedar menunjang kesehatan guna lebih prima bagi anda. Nama latin dari temulawak adalah Curcuma xanthorrhiza yang merupakan tanaman asli dari indonesia, khususnya dari pulau jawa dan merupakan tumbuhan obat yang termasuk dalam suku temu-temuan. Tapi dimana banyaknya manfaat temulawak sehingga tanaman ini di kawasan asia tenggara lain seperti china, india, jepang dan korea ditemukan seiring perkembangan jaman sekarang.

Baca juga : Manfaat teh hijau untuk kecantikan,kesehatan & diet.

Berikut 10 manfaat khasiat temulawak untuk membantu meningkatkan kesehatan anda.
  1. ASI dapat diperlancar dengan temulawak. Cara membuatnya sediakan temulawak rimpang 20 gram. Lalu temulawak tersebut dicuci bersih selanjutnya diparut. Laru peras hasil parutan itu dan disaring. Kemudian rebus hasil perasan tersebut sampai mendidih. Kemudian didinginkan. Lalu 2 sendok makan madu dicampurkan kemudian diaduk sampa rata. Pagi dan sore hari, ramuan tersebut diminum rutin.
  2. Antioksidan yang terdapat di temulawak dipercaya mampu memelihara kesehatan tubuh serta radikal bebas yang menyerang tubuh mampu diatasi.
  3. Lemak darah dapat diturunkan dengan temulawak dengan adanya kandungan kurkuminoid didalam temulawak. Dan trigliserida mampu diturukan juga pada fraksi kurkuminoid, kadar koleterol total mampu diturunkan serta kadar kolesterol baik (HDL) mampu ditingkatkan.
  4. Nafsu makan dapat dirangsang dengan temulawak adanya efek dari minyak atsiri, yang sifat karminativum yang dimiliki.
  5. Manfaat temulawak memiliki kemampuan menjaga kesehatan fungsi hati. Sebab kalgoga yang terkandung dalam temulawak yang berfungsi untuk mengatu produksi cariran empedu dalam hati serta pengosongan kandung empedu dirangsang.
  6. Temulawak juga dipercaya dapat menyembuhkan nyeri haid.
  7. Temulawak memiliki kemampuan mengobati jerawat.
  8. Manfaat temulawak, terjadinya penggumpalan darah dapat dicegah karena kandungan kurkumin yang terdapat didalam temulawak berfungsi menghambat pembentukan tromboksan B2 yang merupakan senyawa yang sebagai penggumpal darah atas fungsinya.
  9. Radang sendi dan nyeri bisa dikurangi dengan temulawak, hal tersebut kandungan kurkumin didalam temulawak sebagai antiradang sebagaimana nyeri serta radang sendi dapat dikurangi.
  10. Khasiat temulawak juga memiliki kemampuan dimana fungsi pencernaan dapat diperbaiki. Temulawak terdapat serbuk rimpang yang mampu meningkatkan aktivitas cairan yang didalam lambung yang dapat membantu proses metabolisme pencernaa serta kontrasi pada usus besar dikurangi 

Manfaat temulawak sebagai obat untuk lambung :

Mengobati masalah pencernaan
Temulawak terdapat zat didalamnya yang mampu merangsang produksi empedu dikandung empedu dan pencernaan dapat meningkat. Dekungan terhadap berbagai masalah pencernaan diberikan dari khasiat temulawak seperti manfaat kunyit termasuk gangguan pencernaan, kembung, gas dan dispepsia. Sangat baik, temulawak sebagai cara mengatasi gangguan asam lambung, bahkan bisa sembuh secara berangsur angsur maag yang sudah akut. Untuk mengobati penyakit tersebut, kita bisa membuat ramuannya dengan cara yang sangat mudah yaitu satu rimpang temulawak disiapkan. Lalu cuci sampai bersih. Temulawak diiris tipis tipis. Kemudian dengan 5 gelas air putih, rebus irisan temulawak tersebut sampai mendidih. Dalam sehari minum temulawak tersebut 1 gelas secara teratur. Dan dengan madu bisa ditambahkan di ramuan tersebut.

Dalam jurnal Clinical Gastroenterology dan Hepatogy menerbitkan sebuah studi tahun 2006, suplemen temulawak dan kunyit dipakai oleh para pasien di setiap hari mengalami tingkat kekambuhan yang jauh lebih rendah dibandingka memakai plasebo selama 6 bulan oleh para pasien.

Temu lawak digunakan untuk obat herbal alami. Temu lawak secara klinis mengandung minyaka atsiri dan kurkuminyang terdapat pada rimpang tumbuhan ini. Tumbuhan ini disamping bermanfaat sebagai anti inflamasi (anti radang), juga bermanfaat sebagai acnevulgaris.Rimpang temu lawak sudah digunakan oleh masyarakat jaman dahulu sebagai salah satu bahan obat yang ampuh dan sudah tidak diragukan lagi khasiatnya.

Cara penggunaan temu lawak untuk mengobati penyakit maag / lambung:
  • Rimpang adalah bagian yang digunakan. Cara membuat obatnya adalah rimpang temulawak dicuci dari kotoran yang melekat sampai bersih, kemudian kulitnya dikupas dan diiris tipis tipis dengan 7-8 mm ketebalannya, Kemudian selama beberapa hari dikeringkan dibawah sinar matahari dengan diangin-anginkan pada tempat telindungi. Tetapi tempatnya tidak lembab. Atau bisa dikeringkan dalam tanur pemanas selama 7 jam pada temperatur 50-66 derajat celcius. Minyak asiri akan menguap bila temperaturnya terlalu tinggi.
Cara pemakaian :
  • Cara penggunaannya siapkan 3 lapis irisan temulawak kering kemudian dengan 5-7 gelas air untuk merebusnya sampai mendidih dan kemudian disaring. Dan sehari 1 kali diminum air rebusan tadi 1 gelas.
Catatan yang diperhatikan
  1. Jika menggunakan perasan air temulawak mentah , (tidak direbus atau diseduh dengan air panas) maka endapkan dahulu supaya tepungnya tidak ikut terminum sebab dapat menganggu fungsi ginjal tepung yang mentah tersebut.
  2. Tepung temulawak dapat dimakan setelah diolah. Cara membuatnya rimpang diparut kemudian diperas dan diendapkan. Airnya dibuang dan ganti beberapa kali sampai menghilangnya bau dan warna kuning kemudian setelah itu dijemur. Maka dari itu siap digunakan untuk tepung temulawak. 

Manfaat temulawak putih :

Nama latin dari temulawak putih adalah curcuma zedoaria merupakan salah satu tanaman obat dimana masyarakat indonesia sering menggunakan. Tanaman ini di industri makanan sering diguanakan sebagai pewarna dan sebagai bahan dalam industri pafum selain sebagai obat atau campuran obat.Rasa sangat pahit dan pedas merupakan rasa yang dimiliki tanaman ini, dan juga temulawak putih mempunyai sifat yang hangat sehingga bisa lebih hangat untuk tubuh kita. Serta memiliki aroma yang khas pada temu putih sehingga dalam pembuatan parfum, dijadikan sebagai salah satu bahannya.

Memang dipercaya, bahwa tanaman ini bisa mematikan karsinogen yaitu zat zat yang menyebabkan kanker. Manfaat temu putih, masalah kanker juga bisa diatas dan penyakit yang berhubungan reproduksi wanita juga bisa diatasi. Selain itu, fungsi temu putih juga untuk melancarkan darah yang membeku dan peredaran darah dilancarkan dan peradangan dapat diatasi. Dan masalah kesehatan yang berkaitan dengan pencernaan bisa diatasi juga sering dengan menggunakan temu putih.

Kandungan cineole, curcumol, curcumadiol, curdione dan demetoksikurkumin, kurkumin dan minyak atsiri dimiliki pada temu putih. Fungsi dari curcumol dan curdione adalah zat untuk melawan kanker.Temu putih juga berkhasiat meredakan nyeri haid. Mengobati kanker termasuk kanker serviks, kista bisa terobati, pada ibu yang baru melahirkan sebagai penguat, diare bisa diatasi, masalah lambung bisa diatasi, dan sakit perut juga diatasi.

Dan tidak itu saja, sebuah penelitian menghasilkan temuan bahwan didalam temu putih terkandung zat anti lipid peroksida yang berfungsi asam urat untuk diobati, mengobati hipertensi atau tekan darah tinggi, penyakit gula atau diabetes dan juga jantung koroner bisa diobati. Dan untuk mengobati asam lambung atau maag bis diobati dengan fungsi daro zat curcumin yang merupaka zat anti inflamasi atau zat anti peradangan.

Manfaat temulawak cream untuk wajah:

Dimana manfaat temulawak dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat untuk wajah anda. Dan cara mengolah temulawak untuk cream wajah adalah sebagai berikut:

Cara pengolahan:
  • Cara mengolah temu putih untuk obat adalah satu jari rimpang temulawank disiapkan, memarkan temulawak yang sebelumnya dicuci sampai bersih temulawak. Dengan 4 gelas air putih untuk merebusnya sampai mendidih hingaa tersisa setengahnya air rebusannya. Setelah itu didinginkan dan sehari 2 kali dimunum air rebusan tersebut 1 gelas. 

Manfaat temulawak untuk anak :

Umbi temulawak biasanya di indonesia dimanfaatkan sebagai bahan jamu herbal yang memiliki banyak khasiat. Beragam kandungan nutri dan senyawa kimia herbal seperti karbohidrat. Minyak atsiri, kurkumin, serta beberapa kandungan mineral komplesk lainnya yang dimiliki oleh umbi temulawak itu sediri. Bagi tubuh, temulawak memiliki beberapa fungsi dengan berbagai kandungan nutrisi an senyawa kimia tersebut diantara fungsinya adalah sebagai anti iflamasi (anti radang), hepototoksik (anti keracuanan empedu), fungistatik (anti jamur), serta sebagai bakteriostatik (anti mikroba berbahaya).

Berikut adalah manfaat temulawak bagi kesehatan sebagai penambah nafsu makan
Efek karminativum adalah efek yang diberikan kandungan minyak atsiri dalam temulawak sehingga dengan mengkonsumsi temulawak yang berguna nafsu makan dapat meningkat. Mengapa anak anak dianjurkan untuk mengkonsumsi temulawak. Itulah alasannya

Cara Pengolahan:
Cara mengolahnya adalah temulawak 25 gram disiapkan, asam jawa 1 gram dan gula merah secukupnya juga disiapkan, temulawak dikupas kulitnya yang sebelumnya cuci sampai bersih. Kemudian temulawak dimemarkan hinga pecah (jangan ditumbuk hinga halus), lalu Siapakan air putih 600 ml untuk merebus semua bahan tersebut dan temulawak yang sudah dihancurkan. Kemudian direbus sampai mendidih hingga airnya tersisa setengahnya. Setelah itu didinginkan dan saring lalu secara teratur diminum ramuan tersebut.

1001 Manfaat Temulawak Untuk Wajah, Kesehatan & Obat Lambung | Unknown | 5