Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Gejala Penyakit Vertigo & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Gejala Penyakit Vertigo & Obat Herbalnya

Penyakit vertigo :

Vertigo pada dasarnya adalah adalah gangguan keseimbangan pada susunan saraf yang penyebabnya secara pasti kurang dapat dipastikan. Vertigo juga dapat ditimbulkan di berbagai penyakit dibagian tubuh lain maupun di sekitar otak. Sakit vertigo dirasakan dengan dibarengi mual, pucat, keringat dingin, muntah, perubahan denyut nadi, tekanan darah dan diare.

Vertigo didefinisikan oleh beberapa orang adalah penyakit rasa pusing dengan rasa sakit kepala hebat. Bisa muncul rasa sakit nya pada bagian belakang kepada, sekitar mata sampai kepala bagaian atas. Tapi rasa pusingnya sudah mengakibatkan sangat besar penderitaannya seperti contoh bayang yang terbang ketika mata membuka dan semua hal disekitar lingkungan menjadi putar yang disebabkan oleh pusing tersebut. Maka lebih sering disebut dengan vertigo pada kondisi ini.

Pada orang dewasa dan lanjut usia banyak terjadi penyakit vertigo ini. Penyaki ini awalnya hanya disertai rasa pusing kemudian menjadi lebih parah. Oleh karena itu perlu diketahui bahayanya penyakit vertigo ini, agar pencegahan dapat dilakukan sebelum terjadi lebih lanjut sakitnya.

Penyebab penyakit vertigo :

Gangguan pada leher merupakan penyebab vertigo yang dikemukakan oleh seorang dokter ahli syaraf. Vertigo disebabkan gangguan leher yang ditimbulkan adanya pengapuran pada tulang leher. Tulang leher sebagai penyangga kepala ketika mengalami gangguan menyebabkan rasa terhuyung atau sempoyongan.

Ketika pola hidup atau pola kerja tidak seimbang maka mengakibatkan gangguan leher terjadi. Tidak adanya kesempatan berolahraga maupun relaksasi yang dikarenakan stres atau tekanan akibat pola kerja tak seimbang tersebut. Vertigo bisa disebabkan oleh pekerjaan mengetik dengan posisi layar komputer terlalu tinggi karena akan terjadi ketegangan pada leher. Apalagi semla bertahun tahun melakukan kebiasannya tersebut.

Berikut ini adalah beberapa penyebab vertigo secara khusus.

a. Gangguan Telinga Dalam
Fungsi dari telinga bagian dalam adalah sinyal khusus dari luar lingkungan disampaikan ke bagian otak. Telinga akan mendengarkan gambaran suara yang dideskripsikan dari otak. Agar tubuh mendapatkan gravitasi agar tubuh berjalan seimbang maka harus bantu oleh sistem tersebut. Tapi sistem ini tidak berjalan dengan baik pada penderita penyakit vertigo, maka pusing dan berputar putar sering dirasakan. Pada orang tua sering terjadi kondisi seperti ini.

b. Infeksi Telinga Dalam
Pada bagia dalam terjadi infeksi yang juga menyebabkan penyakit vertigo yang serius. Infeksi terjadi awalnya pada bagian dalam telinga, tapi akan merambat ke organ dalam di dalam kepala. Infeksi ini akan menjadi penyebab pada bagian telinga terjadi peradangan dan membuat kepala pusing sampai berputar-putar akan dirasakan.

c. Trauma Kepala
Kecelakan yang pernah dialami oleh seseorang juga akan menyebabkan vertigo dimana trauma pada kepala bisa terjadi. Pada kepala dan leher yang mengalami cedera dan perawatannya tidak dengan tepat maka disaat tertentu vertigo akan terjadi.

d. Konsumsi Obat Jangka Panjang
Selama jangka waktu yang pajang untuk mengkonsumsi obat tertentu juga bisa menjadi penyebab dari kerusakan pada bagian dalam telinga. Karena kerusakan ini, maka vertigo dan gangguan keseimbangan lain akan terjadi. Biasanya tanpa disadari akan terjadi kondisi seperti itu sehingga perawatan yang tepat sulit ditemukan.

e. Migrain
Gangguan penyakit vertigo lebih rentan dialami oleh orang yang menderita migrain. Migrain merupakan salah satu jenis penyakit kepala atau pusing, bila pada salah satu sisi terjadi pusing selama beberapa saat saja. Sebelum menjadi vertigo maka kondisi ini perlu mendapatkan perawatan yang serius.

f. Stroke
Pemicu vertigo karena gangguan stroke pada lanjut usia. Syarat yang berhubungan dengan keseimbangan pada tubuh atau fisik dan penyakit pada otak dan telinga akan terganggu syarafnya yang mengakibatkan penyakit vertigo. Bila vertigo muncul dalam jangka yang sering maka gejala stroke ringan pun bisa saja terjadi.

Penyebab umum penyakit vertigo :

Tanpa disadari gangguan vertigo akan terjadi oleh beberapa penderita vertigo. Biasanya karena kondisi tertentu secara umum, vertigo dapat terjadi. Penyebab umum sakit vertigo seperti dibawah :
  • Berlebihan dalam mengkonsumsi kefein
  • Cukup tinggi dalam mengkonsumsi alkohol dan kebiasaan merokoknya
  • Dalam jangka waktu panjang, mengkonsumsi obat obatan
  • Obesitas, tingkat kolesterol yang tinggi, tingkat gula darah tinggi dan kurang istirahat yang disebabkan karena gaya hidup yang buruk
  • Kurangnya cairan dan padatnya aktivitas
  • Bermacam macam penyakit pembuluh darah 

Apakah penyakit vertigo berbahaya?

Berbahayakah penyakit vertigo? ini yang paling sering menjadi salah pertanyaan yang diungkapkan oleh semua penderita vertigo. Lingkungan ataupun apapun yang terlihat menjadi berputar putar yang disebabkan karena vertigo. Dalam waktu tertentu bisa terjadi gangguan keseimbangan serius yang dialami penderita vertigo.

Berikut ini adalah beberapa bahaya penyakit vertigo:
  • Mengancam Nyawa
    Resiko yang lebih serius akan dihadapi oleh penderita vertigo. Ketika penderita sedang mengendari kendaraan, maka bisa terjadi kondisi tersebut. Akan mengakibatkan penderita mengalami gangguan konsentrasi bila serangan vertigo disaat sedang menyetir atau mengendarai motor. Bila terus menerus dalam kondisi ini maka nyawa penderita maupun orang lain yang memakai jalan akan terancam. Sebaiknya penderita vertigo harus berhenti sementara dan meminta bantuan untuk mengatasi hal tersebut.
  • Menyebabkan Penyakit Lain
    Sebenarnya vertigo memang bukan termasuk dalam salah satu penyakit tertentu menurut seorang ahli. Hal yang selalu biasanya menjadi gejala awal dari sebuah penyakit tertentu yang berhubungan dengan otak dan telinga adalah gangguan yang mengalami vertigo. Biasa penyebab serius dari tumor otaka adalah vertigo juga. Adanya penyebab sakit kepala yang berkelanjutkan daapt tumbuhnya tumr otak tersebut.
  • Kehilangan Pendengaran
    Gangguan pada telinga pada telinga atau organ pendengaran indikasi serius dari gangguan vertigo. Pada bagian dalam telinga, terjadi infeksi yang terjadi bisa mengakibatkan organ telinga rusak sehingga pendengaran penderita bisa hilang secara permanen. Penderita vertigo harus mewaspadai dengan kondisi tersebut.
  • Kehilangan Aktifitas
    Aktivitas seperti biasanya tidak bisa dilakukan oleh penderita vertigo. Karena hal tersebut menyebabkan bisa muncul serangan vertigo. Bisa menjadi kondisi serius dengan ancaman ini karena pekerjaan dan masa produkstif bisa hilang dari penderita vertigo. 

Ciri ciri gejala terkena penyakit vertigo :

Selalu menyimpulkan dari beberapa orang bahwa putaran dan gangguan pendengaran menyertai pada penyakit vertigo ini. Tapi vertigo pada dasarnya mempunyai gejala awal. Yang menjadi cara yang penting dari gejala awal adalah perawatan yang paling segera dicari. Kapan saja bisa terjadi gejala ini dan tanpa perawat bisa pergi.

Berikut ini adalah beberapa gejala awal vertigo.

  1. Merasa dirinya atau benda disekitarnya seperti berputar-putar akan dialami oleh penderita vertigo.
  2. Abnormalnya gerakaan mata. Ini menunjukan di telinga bagiain dalam terdapat kelainan atau pada syarat yang berhubungan dengan otak ada kelainan. Nistagmus merupakan gerakan mata yang cepat dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah atau pun sebaliknya. Sebagai diagnosa vertigo dengan mendeteksi nistagamus dengan merangsang dengan secara tiba tiba. Kepala si pendertia vertigo digerakan. Atau di dalam telinga penderita ditetesi dengan air dingin.
  3. Demgan sangat hebat merasakan sakit kepala seperti menggerakan kepala ke salah satu arah akan tersa sakit.
  4. Ketika kepala bergerak, goyang maupun bangun dari tidur mengalami putaran yang hebat,
  5. Muntah disertai mual yang hebat akan dirasakan
  6. Kurang pekanya reaksi mata karena mendadak ada gerakan maka kepalas lebih pusingnya
  7. Keringat dingin
  8. Disaat sakit kepala mengakibatkan pendengaran terganggu
  9. Kabur dalam memandang dan telihat ganda saat melihat semua objek atau benda
  10. Lebih lemah terasa di tubuh dan aktivitas sulit untuk dilakukan
  11. Menurunnya nafsu makan dan saat menelan terasa sulit 

Cara penyembuhan penyakit vertigo :

Dengan faktor faktor yang mendasari dari penyakit vertigo ini harus sesuai untuk mengatasi penyakit vertigo. Jika Benign Parpxysmal Positional Vertigo (BPPV) sebagai dasarnya maka untuk mengobatinya dengan cara terbaiknya adalah kepala digerakkan berfungsi untuk deposit kalsium dipindahakan ke telinga dalam saluran semisirkularis.

Juga disarankan unuk melakukan terapi khusus dengan merehabilitasi vestibular. Dengan rehabilitasi vesbular ini maka anda akan diajak untuk serangkaian latihan dilakukan agar rasa pusing dapat diminimalisir. Pada bagia telinga kita merupakan salah satu penyebab dari vertigo, bisa jadi bakteri sebagap penyebab terjadinya gangguan pada telinga kita. Maka dari itu juga dapat dicoba dengan obat tetes. Disarankan juga untuk mengkonsumsi garam bila penyakit meniere merupakan penyebab penyakit vertigo ini. Mengkonsultasikan kepada dokter adalah langkah terakhir yang terbaiknya.

Bila penyakit vertigo ini tidak ingin dialami lagi oleh anda, maka beberapa hal berikut untuk mencegahnya yang bisa anda lakukan. Latihan vestibular untuk mengatasi vertigo dapat anda lakukan. Berikut latihan vesbular yaitu :
  • Lakukan 5 kali dengan membuka menutup mata secara bergantian dalam posisi anda berdiri tegak.
  • Lakukakn 3 kali dengan menggerakan kepala memutar dengan posisi dagu di didada. Kepala digeraka memutar kekiri dan sebaliknya.
  • Lakukan 3 kali dengan wajah digerakan menghadap wajah kemudian perlahan lahan turun sampai menghadap ke bawah. Kemudian dinaikkan lagi sampai menghapad keatas secara berlahan lahan.
  • Gerakan kepala miring dilatih yaitu dengan mencoba dibahu kiri diletakan telinga bagian kiri kemudian tahan 15 detik. Kemudian lakukan pada telinga yag satunya kekanan sampai ke bahu kanan. Ulangi masing masing 3 kali disetiap bagian telinga.
  • Dengan mata terbuka disaat duduk dengan posisi pungung lurus. Lalu berdiri. Mata ditutup disaat andar beriri. Lakukan terpai tersebut diulangi 3 kali
  • Bola mata anda dilatih dengan gerakan kekanan dan ke kiri secara horizontal dalam posisi mata terbuka. Pada setiap arah diulangi masing masing 3 kali. Kemudian dilanjutkan dengan bola mata digerakan ke atas dan ke bawa secara vertikal.
  • Praktek otot mata dilakukan dengan mengikuti kemana arah objek bergerak. Mata fokuskan pada objek stasioner 

Obat vertigo alami herbal :

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati penyakit vertigo secara alami dengan menggunakan ramuan herbal tradisional. Beberapa cara alami mengobati penyakit vertigo dengan menggunakan ramuan herbal tradisional yang bisa dilakukan dirumah anda untuk vertigo yang anda derita dapat diatasi, yaitu sebagai berikut :
  • Mengobati Penyakit Vertigo dengan Jahe.
    Yang pertama bisa dengan ramuan herbal yang terbuat dari jahe bisa digunakan. Caranya, jahe diolah sebagi minuman herbal alami. Pertama tama jahe secukupnya disiapkan kemudian dihaluskan dan diberi air panas sedikit lalu ditambahkan gula merah. Tunggu sampai air menjadi hangat lalu ketika sakit kepala datang mendera maka minum ramuan herbal.
  • Mengobati Penyakit Vertigo dengan Kayu Manis, Jahe Merah, Kapulaga, Biji Pala, Daun Cocor Bebek.
    Menyembuhkan penyakit vertigo secara alami dengan cara yaitu kayu manis dengan menambahkan jahe merah, kapulaga, biji pala dan daun cocor bebek. Semua bahan bahan tersebut direbut kemudian disaring. Sebanyak 2 kali setiap hari dengan meminuma air rebusannya tersebut.
  • Mengobati Penyakit Vertigo dengan Kulit Manggis.
    Kandungan kulit manggis antioksidan, vitamin B1, B2 dan C serta kaya akan kalsium, sodium, potassium dan zat besi yang berfungsi sel tubuh yang yang rusak akibat dari serangan radikal bebas dapat dicegah. Dapat dipercaya dengan kulit manggis yang mampu mencegah penyakit yang merusak sistem syaraf dengan cara protein yang tubuh anda, sel, serta jaringan dan organ oragan tubuh lainnya dapat terlindungi.
  • Mengobati Penyakit Vertigo dengan Daun Sirsak.
    Kandungan yang memiliki daun sirsak seperti acetogenins, lemak, fosfor, fruktosa, besi, vitamin A, kalsium dan vitamin B. dapat dipercaya senyawa acetogenins agar tekanan darah, strees serta depresi dapat diturunkan. Kandungan ini juga agar sistem syaraf yang kurang baik dapat seimbang.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Gejala Penyakit Vertigo & Obat Herbalnya | Unknown | 5