Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Sinusitis & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Sinusitis & Obat Herbalnya

Penyakit sinusitis :

Apakah anda pernah mengalami pilek yang berkepanjangan yang tak kunjung sembuh dengan warna ingus kuning atau hijau? Da juga sering sakit kepala bahkan terkadang badan deman?. Kalau seperti itu, gejala sinusitis bisa terjadi. Anda mungkin dengan penyakit yang satu ini pernah mendengar bahkan beberapa ciri-ciri gejala penyakit sinusitis tersebut, mungkin telah anda ketahui. Kalau seperti itu /gartiker ini dibaca dengan seksama, mudah mudahan dapat memberi lebih kejelasan.

Sebuah organ disaluran pernafasan yang letaknya dibelakang hidung adalah sinus. Sangatlah penting peranan sinus bagi pernafasan manusia. Sinus juga sebagai tempat menghasilkan lendir untuk menghalau indeksi dan kontaminasi kotoran atau debu yang masuk lewat hidung. Sayangnya dengan penyebab penyebab tertentu, sebagai dampak dari terganggunya organ satu ini sehingga bisa muncul penyakit sinusitis ini

Jenis penyakit sinus yang paling sering ditemukan diarea sinus merupakan penyakit sinusitis. Sinusitis adalah kasus terjadinya peradangan pada area sinus yang disebabkan dari alergi atau infeksi. Penyebab masalah sinusitis sebagian besar oleh infeksi bakteri yang terperangkap disinus dalam waktu yag lama sehingga memicu inflamasi dan kemudian gejala gejala penyakit timbul.

Khusus untuk sinusitis yang penyebabnya dari alergi maka cara pengobatan dengan anti pengobatan anti histamin seperti mengatasi alergi dengan menggunakan cetirizine yang cukup ampuh sehingga di kemudian hari tidak berkembang menjadi sinusitis.

Bila anda menderit gejala gejala yang megarah pada gangguan sinus, makas haruslah anda pergi kedokter, untuk pengobatan penyakit sinustis. Hidung berlendir atau bahkan ada yang mengeluarkan darah merupakan gejala khas dari sinusitis. Pada area depan kepada dekat hidung akan terasa pening dan nyeri yang menunjukan area peradangan disinus. Lebih dari 2 minggu, gejala tersebut tidak akan menghilang, meskipun anda sudah minum obat flu yang dijual bebas.

Gejala khas dari infeksi kuman adalah Dapat terjadi demam, bila sinusitis yang disebabkan infeksi. Jika gejala gejala tersebut dirasakan oleh anda atau keluarga maka berkonsultasi ke dokter sesegera mungkin agar penangan yang tepat segera didapat.

Penyebab sinusitis:

Penyebab utama kemunculan sinusitis disebabkan karena adanya infeksi virus merupakan penyebab penyakit sinusitis yang umum. Hal ini disebabkan dari saluran pernapasa atas oleh sinus, maka tersebarnya virus flu. Infeksi sekunder dapat terjadi bila sesudah terjadinya pilek ataupun flu. Hal ini dapat menyebabkan peradangan di dinding sinus infeksi yang mengenai gigi juga dapat membuat infeksi di sinus.

Baca juga : Ketahui juga penyebab,ciri ciri gejala penyakit polip  & obat herbalnya. 

Berikut ini adalah faktor yang menjadi penyebab penyakit sinusitis:
  • Penyakit ini dapat diperberat oleh alergi, sehingga radang sinus ini lebih mudah diderita oleh orang yang memang mengidap alergi
  • Penyebab hidung tersumbat antara lain infeksi pada saat kurang fit tubuh kita. Tak jarang menjalar ke sinus (rongga di sekitar hidung yang mengalir lendir) infeksi yang menyerang disekitar hidung.
  • Pada rongga hidung mengalami peradangan, ini disebabkan oleh cara yang salah saat kita membuang ingus. Ingus malah tersedot masuk ke rongga yang seharusnya keluar sehingga mengeluarkannya sangat sulit. Hal tersebut penyebabnya adalah oleh virus, bakteri atau jamur.
  • Hampir pada 70% kasus ditemukan kuman yang biasa menyerang yaitu Streptococcus pneumoniae dan Haemo philus influenzae
  • Penyebab lainnya adanya peradangan di tempati lain yang berdekatan misalnya radang tenggorokan ,radang Amandel ,radang pada gigi geraham atas ,kadangjuga disebabkan karena berenang ,menyelam ,trauma tekanan udara (biasanya pada awak pesawat) 

Jenis penyakit sinusitis berbeda-beda, dari mulai kronis, akut dan kambuhan :
  1. Penyakit sinusitis akut
    Pada orang dewasa dan orang tua terutama pada anakan, tipe yang paling umum dijumpai tentang peradangan sinusitis akut. Sementara hampir mirip gejala yang ditimbulkan dengan gejala saat terjadi flu yaitu batuk, hidung tersumbat, ingus keluar. Hanya saja ingus atau lendir itu demam tidak menyertainya dan warna lendir ingus yang keluar hijau.
  2. Penyakit sinusitis kronis
    Selama hampir 3 bulan berlangsungnya sinusitis kronis dan kemudian munculnyan rasa nyeri dibagian kepala yang menjadikan semkin para. Tidak itu saja pada sinusitis jenis ini, lapisan sinus terjadi penebalan dan jaringan yang bersifat menghambat dan menghalangi yang dikenal dengan sebutan polip akan timbul.
  3. Penyakit sinusitis kambuhan
    Gejala sinusitis jenis ini serupa dengan sinusitis akut. Hanya saja, sering kambuh sinusitis ini. Biasanya anak dapat kembali terjangkit lebih dari empat kali dalam waktu satu tahun. Dan masa berlangsungnya bisa mencapai 10 hari kalau setiap sinusitis ini kabuh. 
 

Bahaya penyakit sinusitis :

Komplikasi berbahaya yang disebabkan infeksi sinus dapat terjadi bila tidak ditangai dengan baik. Itu merupakan dalam kasus yang jarang terjadi. Infeksi sinus mengakibatkan pembengkakan dan peradangan di rongga sinus. Dan kemudian dapat berakibat gangguan yang parah dan bernapas semakin sulit karena pilek atau alergi.

Berlangsung lebih dari 8 minggu infeksi sinus ini bila orang yang sudah menderita sinusitis kronis. Dana berada tekerna komplikasi berbahya pada risiko yang lebih tinggi. Pernyataan tersebut menuruh Mayo Clinic. Infeksi sinus menyebabkan beberapa bahaya adalah osteomyelitis, infeksi mata socket dan meningitis.
  • Osteomielitis ( Infeksi Tulang )
    Bakteri atau jamur merupakan penyebab infeksi tulang atau disebut osteomielitis. Pada risiko tertinggi berada pada laki laki muda adalah menderita penyakit osteomielitis yang disebabkan dari infeksi sinus. Infeksi dirongga sinus dapat mempengaruhi tulang sekitar sinus seperti tulang pipi dan tulang dahi yang merupakan pada kasus yang jarang terjadi.Mungkin tidak diketahui gejalanya gejala umum untuk osteomielitis karena hampir mirip gejalanya dengan gejala sinusitis, termasuk demam, sakit kepala yang sangat menyakitkan dan di dahi mengalami bengkak.
  • Infeksi Mata
    Nyeri ringan, sensitivitas dan sensasi berdenyut akibat tekanan di belakang mata, hampir semua akan mempengaruhi infeksi sinus. Pada kasus yang jarang terjadi, rongga mata tersebar infeksi sinus. Infeksi seperti itu disebut infeksi orbital.Infeks orbital adalah kerusakan permanen akan terjadi bila kondisi yang serius tidak segera diobat. Akibat dari infeksi orbital adalah kehilangan penglihatan (buta)
  • Radang Selaput Otak ( Meningitis )
    Infeksi sinus dapat menyebabkan pada kondisi paling berbahaya adalah meningitis (radang selaput otak). Pada otak dan sumsum tulang belakang terjadi pembengkakan dan tekanan yang disebabkan infeksi disekita otak. Ini diakibatkan oleh bakteri anaerobke tersebar ke otak, baik lewat tulang atau pembuluh darah.
    Suatu kondisi serius yang dapat mengakibatkan kematian adalah meningitis. Miningitis disebabkan oleh bakterial yang merupakan bakteri yang lebih parah dan tiba tiba bisa datang dan pengobatannya lebih sulit.Penurunan kualitas hidup merupakan efek signifikan yang dimiliki dari gejala lain sinusitis kronis, nyeri dan kelelahan
    Bila selama seminggu, kondisinya tidak membaik misalnya memburuknya sinusitis atau terus menerus kembali sinusitis maka temuilah dokter sesegera mungkin. Tapi tidak perlu menemui dokter, sekitar 60% penderita sinusitis. Kebanyakan kasus, akan hilang infeksi virus dengan obat sinusitis yang diberikan yang mempunyai manfaat khusus untuk mengobati sinusitis. 

Ciri ciri gejala penyakit sinusitis :

Gejala awal infeksi sinus (sinusitis) dari ciri ciri dan gejala sinusitis adalah warna ingus hijau atau kuning dan bercampur wajah yang nyeri di sekitar pipi, mata atau dahi. Setelah infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek atau flu maka biasanya sinusitis terjadi. Sinusitis dibagi menjadi 2 berdasarkan dimensi yaitu kronis dan akut.

Biasanya bagian dari pilek atau alergi merupakan sinusitis akut bila berlangsung dalam jangka waktu yang singkat. Sedangkan bila berlangsung lebih dari 8 minggu atau kembali terus berulang adalah sinusiti kronis

Secara lebih lengkap maka ada perlu mewaspadi ciri ciri  gejala sinusitis sebagai berikut :

a).Sakit Pada Wajah dan Dahi

Di sekitar wajah mengalami rasa sakit dan nyeri yang merupakan gejala sinusitis yang paling sering ditemui. Dan peradangan sinus itu berada di dahi, antar mata, belakang, hidung kedua sisi hidung, rahang atas depan, gigi rahang atas, dibelakang mengalami nyeri, dipuncak kepala atau disepanjang tengkuk.

b).Ingus
Bila infeksi sinus dialami anda, maka sering muncul gejala adalah dari hidung keluar ingus yang warnanya kuning atau hijau serta berbau tajam. Dapat mengalir kebelakang ke arah tenggorokan, ingus tersebut mengalirnya sehingga gatal akan dirasakan dan dibagian belakang tenggorokan tidak nyaman. Hal tersebut yang dinamakan dengan postnasal drip.

c).Hidung Tersumbat
Pada keluarnya ingus secara bersamaan, gejala hidup tersumbat juga akan terjadi sinusitis. Terjadinya pembengkakan pada sinus dan hidung bagian dalam yang disebabkan infeki atau peradangan.penciuman dan perasa (pengecapan) akan berkurang yang menyertai akibat dari hidung tersumbat tersebut.

d).Sakit Kepala
Terjadinya tekanan tinggi dan pembengkakan pada sinus yang terus menerus dapat bergema di seluruh tengkorak, maka sakit kepala akan terjadi. Ditempat tak terduga juga bisa muncul rasa sakit seperti di sakit telinga, sakit gigi, dan pada rahang dan pipi akan terasa nyeri. Dipagi hari sering kali semakin berat sakit kepala akibat sinusitisnya karena sepanjang malam cairan telah mengumpul.

e).Batuk
Gejala sinusitis yang satu ini terjadi akibat ingus yang ke bagian belakang tenggorokan, hal ini dapat menyebabkan iritasi, terutama jika terjadi berkepanjangan. Hal ini mengakibatkan terus menerus batuk dan menjengkelkan. Sangat menjengkelkan batuk akibat sinusitis karena pada malam hari cenderung lebih buruk, sulitnyan tidur malam hari. Dengan posis setengan duduk dengan kepala tegak pada posisi tidurnya akan dapat membantu frekuensi dan intesitas batuk seperti itu akan berkurang.

f).Sakit Tenggorokan
Telah disinggung sebelumnya yaitu postnasala drip yang merupakan gejala sinusitis. Gejalanya adalah radang dan sakit di tenggorokan walaupun hanya gatal yang terasa pada awalya tapi bila selam minggu atau lebih berlangsungnya, maka tenggoroka meradang dan sakit karena iritasi lendir.

Obat sinusitis tradisional alami dari tumbuhan :

Diawali pengobatan sinusitis dengan cara medis merupakan umumnya yang dilakukan oleh penderita sinusitis. Medisnya seperti suplemen atau obat obatan dikonsumsi, terapi sampai bisa sinusitis dioperasi. Tapi sering kali selalu menuai masalah atau efek samping yang merugikan tubuh akibat pengobatan sinusitis secara medis.

Perlu dilakukan pula untuk pengobatan kombinasi seperti pengobatan tradisional sinusitis yang berfungsi dalam pengobatan sinusitis sebagai pendamping. Dapat pengobatan dilakukan sinusitis secara tradisional dengan cara tanaman herbal dimanfaatkan yang berasal dari berbagai jenis tumbuhan tradisional. Minim dengan efek samping negatif yang terjadi bila pengobatan sinusitis dengan menggunakan resep pengobatan tradisional.justru dengan bahan tradisional alami digunakan, maka gejala sinusitis bisa diturunkan dan dapat menyembuhkan penyakit sinusitis dan yang paling penting adalah keseimbangan sistem imun tubuh terjaga. Tips membuat obat sinusitis tradisional sebagai berikut :

Berikut ini ada beberapa resep obat tradisional sinusitis, diantaranya adalah :

1. Resep obat tradisional sinusitis dengan batang sereh
Dengan aroma khas yang dimiliki oleh batang sereh dan bumbu rempah dalam dalam beberapa sajian masakan yang biasa digunakan. Tapi sereh telah digunakan dalam dunia pengbatan herbal, minyak sereh merupakan hasil minyak sereh yang sebagai minyak urut sebagai manfaatnya. Tak hanya itu saja, manfaat dari batang sereh sebagai obat tradisional sinusitis. Cara membuatnya sediakan batang sereh 2-3 dan direbus dengan air secukupya serta gula aren atau gula pasir secukupnya untuk ditambahkan. Atau dengan cara lain yaitu batang sereh dimemarkan sampai keluar cairan dihasilkan dari batang sereh, kemudian teteskan cairan ke dalam hidung sampai beberapa saat. Kemudian secara perlahan dikeluarkan. Maka dari itu salah obat sinusitis tradisional aalah batang sereh.

2. Resep obat tradisional sinusitis dengan kunyit

Salah satu obat sinusitis tradisional adalah kunyit. Dikenal sebagai herbal tradisional untuk penyakti organ hati adalah kunyit dengan buah rimpan berwarna kuning untuk mengobatati penyakit seperti hepatitis, sirosis hati dan kanker hati. Obat tersebut juga obat tradisional sinusitis yang dapat digunakan. Cara membuatnya rimpang kunyit dengan campuran madu secukupnya direbus. Lalu dalam keadaan hangat diminum airnya. Kunyit dapat membantu sumbatan yang ada didalam rongga hidung hilang, serta bisa digunakan antibakteri dan anti radang.

3. Resep obat tradisional sinusitis dengan daun krisan
Ketahuilah bahwa ada juga menjadi obat sinusitis tradisional lainnya adalah daun krisan. Sebagai penurun panas atau deman merupakan efek yang dimiliki dari daun krisan. Salah satu gejala penyakit sinusitis adalah demam. Selain itu, sifat anti radang dan antibiotik sinusitis yang dimiliki dari daun atau bunga krisan. Cara memanfaatkan daun atau bunga krisan adalah beberapa lembar daun krisan ditambah sedikit air dimemarkan atau dihaluskan. Kemudian pada hidung, langsung teteskan air dari tumbukan daun sebanyak 2-3 tetes dan pemakaian 2-3 kali dapat digunakan.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Sinusitis & Obat Herbalnya | Unknown | 5