Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Leukemia & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Leukemia & Obat Herbalnya

Penyakit leukemia adalah:

Salah satu penyakit yang menjadi momok menakutkan adalah penyakit leukemia. Penyebab dari penyakit leukemia ini adalah karena produksi sel darah putih berlebih dan tidak terkendali sehingaa menyebabkan fungsi normal darah menjadi terganggu. Biasanya terjadi apda anak anak penyakit leukemia limfoblastik dan terjadi sekitar 75% dari semua khasus. Usia yang paling tinggi terjadi adalah pada anak yang berusia 4 tahun. Pada usia di atas 30 tahun, penyakit leukemia limfoblastik akut ini jarang terjadi oleh mereka. Namun, banyak dari khasus ini biasanya merupakan suatu gejala awal dari terjadinya transformasi akut leukemia kronis.

Belum diketahui dengan pasti apa penyebab dari penyakit leukemia limfoblastik ini bisa terjadi. Namun beberapa penyebab kemungkinan bisa memicu terjadinya penyakit ini. Kombinasi dari virus genetic adalah salah satunya, faktor imunologik dan tidak tahannya terhadap suatu zat kimia dan radiasi.

Pada penyakit leukemia limfoblastik akut gejala yang ditunjukkan adalah pendarahan yang terjadi dengan tidak normal dalam bentuk mimisan, radang gusi, memar yang lebih mudah terjadi, bintik merah pada tubuh,penyakit anemia berat badan yang menurun secara drastic, terasa lelah dan lemah serta hilang tenaga, disertai dengan detak jantung yang sangat cepat, rasa sakit pada lambung, kulit yang pucat dan infeksi yang terjadi menjadi lebih sering dialami karena lebih rentan.

Diagnosis yang dilakukan pada penyakit leukemia limfoblastik akut ini yaitu penghitungan yang lebih spesifik pada sel darah yang disertai dengan meningkatnya atau defisiensi variable dari hitung sel darah putih dan bergantung dari jenis sel yang juga terlibat. Pada sumsum tulang yang dilakuakn dnegan pemeriksaan dengan cara memperlihatkan proliferasi klonal dan juga penimbunan yang terjadi pada sel darah. Cairan spinal serebral nii diperiksa untuk menyingkirkan keterkaitan dari sistem saraf.

Agar bisa berhasil dalam mengobati penyakit ini, salah satu penatalaksanaan yang dilakukan pada penyakit leukemia limfoblasti akut ini adalah dengan melakukan pencangkokan pada sumsum tulang

Ciri ciri penyakit leukemia awal :

Kita harus waspadai dan mengetahui ciri cir penyakit leukemia stadium awal. Ciri-ciri penyakit lemukia gejalanya tidak jelas menyebabkan ciri-ciri penyakit leukemia tidak dapat segera dikenali, tapi sebaiknya kita harus mengenal tentang penyakit leukemia ini. Dengan deteksi lebih dini dan pengobatan dini sejak dari tahap awal sudah dapat diketahui, jadi perkembangan dan pertumbuhan penyakit leukemia dapat ditunda, karena penyakit leukemia atau kanker darah putih tersebut termasuk penyakit yang dapat berakibat fatal dan sulit disembuhkan. Bila penyakit tersebut dapat dilakukan pengobatan lebih dini atau awal akan meningkatkan harapan hidup kita.

Sebenarnya masyarakat awam mengetahui pengetahuan tentang penyakit keras sangatlah bermanfaat. Bahka sesorang yang di hari sebelumb terlihat sehat bisa langsung jatuh saki di hari berikutnya, karena penyakit tersebut bukanlah sesuatu yang bisa diprediksi. Masyarakat tak jarang menemui penyakit ini yaitu leukemia. Sebab dalam hitungan hari atau minggu penyakti leukemia ini dapat bertambah buruk, kecuali justru tipe kronis berkembang secara lambat.

Ciri ciri gejala penyakit leukemia :

Seperti yang tertulis didepan tadi penyakit leukemia tidak memiliki gejala yang jelas. Sebab tanda penyakit leukemia tidak mempunyai satu gejala untuk menunjukkan ciri-ciri gejalanya. Tapi penyakit ini masih memiliki gejala untuk bisa mendekteksi penyakit leukemia. Penyakit ini gejalanya mirip dengan penyakit biasa, karena itu ada baiknya lebih waspada dan anda harus lebih jeli.

Saat stadium awal, saat penderita terluka dan lukanya berdarah merupakan ciri-ciri gejala leukemia yang mudah dikenali. Darah yang tubuh akan segera menggumpal dan aliran darah yang keluar pun akan berhenti terjadi pada orang normal. Tetapi aliran darah sulit dihentikan kalau yang terkena penderita leukemia. Penderita leukemia akan mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah merupakan gejala leukemia. Darah yang keluar merah muda, bukan berwarna merah pekat bila lebih memperhatikan.

Bila sering mengalami mimisan atau pendarahan dari hidung penderita leukemia masih tahap stadium awal. Orang yang tidak sakit leukemia sebab mimisan pun berbeda. Mimisan bisa disebabkan suhu badan yang sangat tinggi. Darah yang keluar biasanya berhenti dalam wakti yang singkat. Akan tetapi mimisan yang sering terjadi dan tidak cepat berhenti dialami oleh penderita leukemia. Mimisannya pun di sertai rasa pusing yang sangat luar biasa. Nah bila anda sering mimisan dan tidak berhenti secara cepat juga disertai pusing terjadi pada anda, segeralah periksa diri ke dokter untuk lebih waspadai ciri-ciri gejala penyakit leukemia.

Pendarahan hebat dari gigi dan gusi yang dialami oleh pendrita leukemia adalah ciri gejala penyakit ini. Pada umumnya kekurangan vitamin C atau terkena beda asing dari mengakibatkan saat seseorang mengalami pendaraha pada bagian tersebut. Seharusnya darah yang keluar cepat dihentikan dan lukanya juga cepat sembuh, Akan tetapi pendarahan justru sering keluar dan sulit untuk dihentikan pendarah tersebut dan sulit untuk membeku inilah yang diderita oleh seseorang yang menderita leukemia.

Nyeri pada persendiannya atau di bagian tulan belakang sering juga dirasakan penderita leukemia. Rasa nyeri yang luar biasa ini menyebabkan penderita mengalami demam tinggi, karena sel – sel kanker telah sedang menyerang tulang belakang. Sel darah putih yang berlebihan berkumpul di hati, ginjal, dan empedu merupakan ciri-ciri gejala penyakit leukemia. Nafsu makan yang makin hari makin berkurang organ tubuh tersebut membngkat dan nyeri itu yang akan terjadi pada penyakit leukemia.

Selain itu virus atau penyakit sangat rentan menular pada penderita kanke darah atau leukemia. Dimana sel darah putih seharusnya berfungsi menjaga tubuh dari penyakit tapi tidak berfungsi secara normal disebabkan sel darah putih di dalam tubuh yang berlebihan. Oleh sebab itu tubuh penderita leukemia renta sekali terkena virus dan penyakit. Penyakit leukemia ini sangat berbahaya sekali bukan??Apalagi penderita leukemia sudah menderita stadium 4, pada stadium awal saja aktivitas seseorang telah terganggu.

Sel darah putih terkonsentrasi di area kelenjar limpa yang disebabkan karen penyakit leukemia yang mengakibatkan kelenjar limpa seseorang bisa membengkak. Hal yang paling sering terjadi adalah penderita mengalami kesulitan bernafas (Baca : ciri gejapa penyakit asma). Jika ciri gejala seperti yang telah dijelaskan didepan itu ternyata dialami pada diri anda, Bila ternyata benar menderita leukemia jadi sebaiknya berkonsultasi dan periksan diri anda ke ke dokter agar mendapatkan perawatan yang secepatnya.

Beberapa ciri ciri gejala tanda leukemia:

Gejala Leukemia yang ditimbulkan umumnya berbeda diantara penderita. Tapi secara umum dapat dijabarkan sebagai berikut :
  1. Anemia.
    Yang dirasakan penderita leukemia adalah cepat lelah dan bernafas cepat. Hal ini diakrenakan pada sel darah merah di bawah normal dan oksigen dalam tubuh kuran, akibatnya penderita menjadi bernafas cepat sebagai kompensasi pemenuhan kekurangan oksigen dalam tubuh.
  2. Perdarahan.
    Ketika sel darah putih memdominasi mengakibatkan sel pembeku darah tidak memproduki dengan wajar, jadi pendarahan atau banyak jentik merah lebar atau kecil di jaringan kulit yang dialami penderita leukemia
  3. Terserang Infeksi.
    Terutama melawan infeksi dari penyakit adalah fungsi sel darah putih berperan sebagai pelindung daya tahan tubuh. Pada penderita leukemia, sel darah putih tidak berfungsi dengan semestinya sebab sel darah putih yang tidak membentuk normal / abnormal. Tubuh si penderita akibatnya rentan infeksi virus dan bakteri. Bahkan akan menampakkan keluhan adanya demam dan keluar cairan putih dari hidung / meler dan batuk dengan sendirinya.
  4. Nyeri Tulang dan Persendian.
    Sel darah putih menyebabkan sebagai akibat dari sumsum tulan (bone marrow) mendesak menjadi padat sebagai akibat dari sumsum.
  5. Nyeri Perut.
    Salah satu indikasi gejala leukemia juga nyeri perut. Pembesaran pada organ-organ tubuh ini dan timbulah nyeri disebabkan dimana sel leukemia dapat terkumpul pada organ ginjal, hati dan empedu. Hilangnya nafsu makan penderita leukemia dampak ari nyeri perut ini.
  6. Pembengkakan Kelenjar Lympa.
    Pembengkakan pada kelenjar lympa, baik itu dibawah lengan, leher, dada dan lainnya kemungkinan besar dialami oleh pederita leukemia. Sel leukemia dapat berkumpul disini dan menyebabka pembengakan adalah tuas kelejar lympa untuk menyaring darah.
  7. Kesulitan Bernafas (Dyspnea).
    Gejala kesulitan bernafas dan nyeri dada yang mungkin nampak pada penderita leukemia. Pertolongan medis segera didapatkan setelah terjadi hal ini.

Ciri ciri penyakit leukemia pada anak:

Nah, pada orang dewasa menderita gejala penyakit leukemia jika mendapatkan gejala dan ciri-ciri tersebut. Namun ternyata anak-anak juga bisa mengalami kanker darah harus anda ketahui? Jadi Anda disaranan lebih berhati-hati dan menjaga kesehatan anak anda agar tidak terjangkit kanker darah atau leukemia. Mengapa ciri-ciri penyakit leukemia pada anak harus sangat diwaspadai oleh orang tua?Penyebab gejala kanker leukemia seirng tidak dirasakan oleh anak-anak tidak terlalu merasakan rasa sakit. Berat badan yang menyusut atau menurun adalah gejala yang umum terjadi pada anak yang menderita kanker darah.

Si anak kurang nafsu makannya yang mengakibatkan penyusutan berat badan pada anak. Mudah kehilangan keseimbangan adalah gejala lain yang biasanya dialam oleh si anak. Mudah terjatuh saat berjalan atau berlari yang terjadi pada anak yang menderitta kanker darah. Darah sulit membeku saat si anak terluka adalah ciri-ciri penyakit leukemia pada anak yang gejala ini sama persis dengan yang dialami oleh orang dewasa yang menderita leukemia.

Tipe penyakit leukemia atau kanker darah :

Anda juga harus mengetahui beberapa tipe penyakit leukemia selain mengetahui ciri-ciri penyakit leukemia agar Anda bisa lebih mewaspadi penyakit ini. Pada umumna ada 4 tipe penyakit leukemia atau kander darah. Pada anak menderita leukemia limfostik akut, bahkan belum ditemukan penyebabnya. Kemudian pada orang dewasa usia 40-50 tahun yang terjadi leukemia limfostik kronis. Perkembangan sel kankernya lamban dan jika pada tipe penyakit leukemia ini. Dan jenis leukemia yang cukup ganas dan sangat berbahaya adalah leukemia mielositik akut dan kronis.

Ciri-ciri penyakit leukemia pada stadium awal telah kita bahas tadi tentunya tidak separah gejala atau ciri penyakit leukemia stadium 4. Anda dapat lebih mewaspadai penyakit leukemia atau kanker darah dengan mengetahui ciri-ciri gejala tadi, baik untk anda sendiri atau anak anda.

Jenis jenis penyakit leukemia:

Kanker darah atau leukemia dibedakan menjadi 2 tipe secara garis besar, sebagai berikut :
  • Leukemia akut
    Perjalan penyakit yang sangan cepat, mematikan dan memburuk menandai leukemia jenis ini. Penderita dapat meninggal dalam hitungan minggu atau hari apabila penderita tidak diobati dengan segera dan cepat.
  • Leukemia kronis
    Perjalan penyakit yang tidak begitu cepat merupakan kanker darah ini sehingga dapat berharap hidup yang lebih lama.
Jenis darah putih yang terinivasi yaitu limfosit atau myeloid juga mengkasifikasikan leukemia. Sedikitnya ada 4 jenis leukemia umum sebagai beriku:
  1. Chronic Lymphocytic Leukemia (CLL)
    Pada orang tua yang berusia diatas 55 tahun yang sering menderita CLL. Tapi pasien dewasa muda terkadang menderita penyakit ini. Sebaliknya pada anak-anak hampir tidak ada kasus.
  2. Chronis Myleoid Leukemia (CML)
    Sedikit terjadi pada anak-anak, sebalik pada orang dewasa yang sering menderita jenis leukemia ini.
  3. Acute Lymphocytic leukemia (ALL)
    Terjadi pada anak-anak juga terjadi pada orang dewasa terutama berusia 65 tahun atau lebih yang menderita penyakit ini.
  4. Acute Myleoid Leukemia (AML)
    Sering terjadi paa orang dewasa menderita tipe leukemia ini dibandingkan anak-anak.

Penyebab penyakit leukemia :

Beberapa faktor yang diduga mempengaruhi frekuensi terjadinya leukemia dapat diketahut akan tetapi penyebab penyakit leukemia belum diketahu secaa pasti sampai saat ini.
  1. Radiasi.
    Para pegawai radioloi lebih sering menderita leukemia berdasarkan faktor ini ditunjang dengan beberapa laporan dari beberapa riset yang menangani kasus Leukema. Leukemian sering diderita oleh penderita dengan radioterapi. Kejadian bom atom Hiroshima dan Nagasaki, jepada telah ditemulaka korban hidup yang menderita leukemia.
  2. Leukemogenik.
    Frekuensi leukemia dapat dipengaruhi beberapa zat kimia yang dilaporkan telh diindentifikasi, misalnya racun lingkungan seperti pada kemoterapi yang menggunakan obat-obatan, bahan kimia industri seperti insektisida, benzena.
  3. Herediter.
    Insidensi leukemia akut 20 kali lebih besar dari orang norma yang dimiliki penderita Down Syndrom.
  4. Virus.
    Retrovirus, HTLV-1 pada orang dewasa, virus leukemia feline adalah beberapa jenis virus dapat menyebabkan leukemia.

Tanda dan gejala penyakit leukemia:

Berikut gambaran umum yang ditimbulkan gejala leukemia yang berbeda diantara penderitanya :

1. Anemia.
Cepat lelah, pucat dan bernafas cepat penampak pada penderita penyakit ini (Oksigen dalam tubuh berkurang disebabkan sel dara merah dibawah normal, jadi penderita bernafas cepat sebagai akibat kompensasi pemenuhan kekurang oxygen dalam tubuh).

2. Perdarahan.
Sel darah putij akan medominasi saat produksi platelet (sel pembeku darah) dengan tidak wajar. Pendarah dijaringan kulit (banyaknya jentik merah lebar/kecil dijaringan kulit) akan dialami oleh penderita penyakit ini.

3. Terserang Infeksi.
Terutama melawan penyakti infeksi, sel dara putih sangat berperan sebagai pelindung daya tahan tubuh. Sel darah putih akan terbentuk tidak normal (abnormal) pada penderita leukemia menjadikan tidak berfungsi semestinya. Rentan terkena infeksi virus/bakteri di tubuh si penderita atas akibat tersebut. Bahkan akan menampakkan keluhan adanya demam, keluar cairan putih dari hitung (meler) dan batuk dengan sendirinya.

4. Nyeri Tulang dan Persendian.
Sel darah putih menyebabkan sebagai akibat dari sumsum tulan (bone marrow) mendesak menjadi padat sebagai akibat dari sumsum.

5. Nyeri Perut.
Salah satu indikasi gejala leukemia juga nyeri perut. Pembesaran pada organ-organ tubuh ini dan timbulah nyeri disebabkan dimana sel leukemia dapat terkumpul pada organ ginjal, hati dan empedu. Hilangnya nafsu makan penderita leukemia dampak ari nyeri perut ini.

6. Pembengkakan Kelenjar Lympa.
Pembengkakan pada kelenjar lympa, baik itu dibawah lengan, leher, dada dan lainnya kemungkinan besar dialami oleh pederita leukemia. Sel leukemia dapat berkumpul disini dan menyebabka pembengakan adalah tuas kelejar lympa untuk menyaring darah.

7. Kesulitan Bernafas (Dyspnea).
Gejala kesulitan bernafas dan nyeri dada yang mungkin nampak pada penderita leukemia. Pertolongan medis segera didapatkan setelah terjadi hal ini.

Obat alami tradisional mengobati penyakit leukemia :

Virus, mutasi gen, radiasi dan kemoterapi adalah banyak faktor yang menyebabkan leukemia. Leukemia bisa terjadi karena paparan radiasi penyinaran dosis tinggu dan pemakaian beberapa jenis obat kemoterapi anti kanker. Maka sebelum mengambil tindakan, pasien yang dikemoterapi bisa menyadari resikonya, agar melakukan konsultasi kepada tenaga medis dengan cermat.

  • Buah mengkudu, temu putih, daun pegagan, sembiloto, buah mahkota dewa adalah perpaduan ramuan tradisional untuk mengatasi leukemia.
  • Untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kini bisa memanfaatkan tanaman perdu yang dulu dianggap buah simalakam.
  • Buah mahkota dewa mengandung flavonoid, antihistamin untuk alergi, polifenol, alkaloid, dan saponin.
    Rasa pahit, antihipertensi, antiseptik, antitumor, antikanker, adstringent, adalah dapampat fama kologi yang timbul.Menambah stamin, menurunkan kolesterol, ketergantungan narkoba, aneka penyakit kulit, sirosis hati, sakit paru-paru, alergi, flu, darah tinggi, ginjal jantung. Diabetes, asam urat, serta rematik, bisa disembuhkan dengan buah pusaka para dewa dengan dikomsumsi dengan dengan dosis dan anjuran tertentu bahakan bisa mengobati kanker.
  • Rewong sebutan dari orang dayak, kodhuk sebutan dari madura, Mangkudu sebutan dai Nias, cengkudu atau cangkuang sebutan dari tatar parahyangan, pace(morinda citrifolia sebutan dari orang jawah. Buah tersebut kini menjadi idola dan banyak di cari orang tak disangka tanaman buah tersebut dulunya disia-siakan.
  • Setelah melalui berbagai penelitian, ternyata buah mengkudu mengandung zat xeronin yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh -meningkatkan aktivitas enzim dan struktur protein, polisakarida (asam glukonat, glikosida) sebagai imunostimulan, anti kanker, antibakteri, skopoletin berfungsi memperlebar pembuluh darah. Di dalam akar terkandung antrakuinon yang berfungsi sebagai antiseptik, senyawa morindin dan morindan sebagai antibakteri dan zat pewarna.
    Didalam daun terkandung antrakuinon, glikosida sebagai antikanker dan karotin yang merupakan sumber vitamin A. 

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Leukemia & Obat Herbalnya | Unknown | 5