Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Kuning & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Kuning & Obat Herbalnya

Penyakit kuning adalah:

Wajar jika anda merasa panik dan takut bila melihat kulit atau mata bayi anda berwarna kuning, Cukup banyak kasus terjadinya kuning pada bayi yang baru lahir, Dengan usia kandungan yang cukup terjadi sekitar 60% pada bayi yang lahir dan pada bayi yang lahir kurang bulan sekitar 80%. Ikterus adalah bayi kuning yang sebenarnya tidak selalu membahayakan. Walaupun begitu kerusakan otak disebabkan karena perlu penanganan yang tepat karena jika terjadi terus menerus.

Icterus atau jaundice merupakan bahasa ilmiah dari penyakit kuning adalah adanya perubahan pada warna kulit menyebabkan penyakit ini. Pada mata bagian putihnya atau sclera, dan meningkatanya bilirubin pada tubuh manusia menyebabkan kelenjar ludah. Jika kadar bilirubin dalam tubuh kapasitas melebihi normal maka akan pecah bilirubin dan darah akan bercampur kemudian perubahan warna kulit dan mata menjadi kekuningan terpengaruh.

Bilirubin bahasa inggrisnya : bilirubin, hematoidin adalah produk katabolisme enzimati biliverdin oleh biliverdin redktase adalah senyawa pigmen berwarna kuning.

Kedalam hati bilirubin akan dibuang ke dalam usus dan melalui urine dikeluarkan. Jika terganggu proses pembuangan bilirubin, maka akan mengendap bilirubin dan semakin meningkat kemudian masuk ke aliran darah yang menjadi penyebab joundice.

Apabila meningkatnya kadar bilirubi dalam darah, dapat berakibat :
  1. Di hati mengalami peradangan atau kelainan lainnya, dimana proses pembuangannya ke dalam empedu terganggu.
  2. Di luar hati ada penyumbatan saluran empedu oleh tumor atau batu empedu
  3. Sejumlah besar sel darah merah pecah, seperti pada bayi baru lahir yang mengalami sakit kuning terkadang terjadi. 

Pada sindroma Gilbert, kadar bilirubin sedikit meningkat, tetapi biasanya tidak menyebabkan jaundice.
Biasanya kelainan yang diturunkan ini ditemukan pada pemeriksaan rutin tes fungsi hati, tidak memiliki gejala lainnya dan tidak menimbulkan masalah.

Pada bayi yang baru lahir umumnya mudah ditemukan penyakit kuning dan pada orang dewasa jarang sekali ditemukan. Namun karena penyalahgunaan alkohol yang berlebihan, maka menyebabkan orang dewasa mendera penyakit ini dalam kebanyakan kasus.

Ciri ciri gejala penyakit kuning pada bayi / anak :

Penyakit kuning pada bayi yang baru lahir,Tingginya kadar bilirubin yang terkandung dalam tubuh menyebabkan penyakit kuning pada bayi. Meningkatnya kadar bilirubin apabila yang dihasilkan bilirubin lebih tinggi dibandingkan tubuh yang mampu mengeluarkan kadar bilrubin, Jika lebih dari 5 mg/dl kadar bilirubinnya, hasilnya berwarna kuning pada kulit dan mata bayi.

Ikterus fisiologis adalah kuning pada bayi bukanlah suatu penyakit dan masih tergolong wajar. Keadaan ini bayi tidak tersakiti itu sendiri, tetapi juga jangan dibiarkan terlalu lama dan harus diwaspadi karena akan terjadi komplikasi yang merusak otak yang disebabkan kadar bilirubin tinggi.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit kanker otak & obat herbalnya. 

Pada kening dan bagian putih mata biasanya tampak warna kuning. Kemudian turun ke dada, perut, lengan dan kaki. Cara memeriksanya adalah dengan satu jari untuk menekan pada bagian kening atau hidung bayi, bila pada saat jari diangkat kulit bayi menjadi kuning, kemungkinan besar tingginya kadar bilirubin, dan untuk mengatasi masalah ini segera konsultasikan ke dokter.

Bilirubin menghasilkan warna kuning, apa itu bilirubin? Pemecahan sel dara merah asal dari bilirubin. Dalam hati akan memproses bilirubin ini menjadi terkonjugsi, melalui urine atau fase nantinya akan dibuang. Bayi menjadi kuning disebabkan karena bilirubin yang tidak terkonjusi.

Penyebab penyakit kuning pada bayi :

Sebenarnya sakit kuning pada bayi adalah hal yang wajar dimana 3-4 hari setelah kelahiran biasanya terjadi dan 1-2 minggu kemudian akan menghilang. Tetapi ada juga sebelum 24 jam kelahiran bayi terlihat kuning atau tingginya kadar bilirubin dalam tubuh. Keadaan seperti ini disebut sebagai hiperbilirubinemia. Jika terjadi, penangan medis harus segera didapat oleh bayi. Karena didalam darah terdapat bilirubin yang berlebih yang dapat masuk ke dalam otak dan sisa permanen yang merusak yang ditinggalkannya.

Beberapa penyebab ikterus atau bayi kuning, antara lain:
  • Fungsi usus dan hati yang belum sempurna
    Belum sempurnanua kerja usus dan hati pada bayi sehingga bilirubin banyak yang tidak terkonjugsi da tidak terbuanga dari tubuh. Pada minggu pertama sampai minggu ketiga umumnya terjadi setelah kelahiran. Bisa berlangsung lebih lama sampai 10 minggu pada beberapa kasus yang terjadi.
    Apalagi, produksi pada orang dewasa lebih sedikit dibandingkan produksi bilirubinnya. 2-3 kali bayi memproduksi bilirubin, yang membuat bayi menjadi kuning adalah banyaknya bilirubin dalam tubuh.
  • Kurangnya asupan makanan
    Setelah kelahiran pada 2-3 hari pertama, susu belum dapat dikeluarkan oleh ibu untuk bayinya, sehingga karena kurangnya makanan bayi menjadi kuning. Tetapi jangan kuatir dengan hal ini karena pada beberapa hari kemudian setelahnya, kebutuhan ASI untuk bayi dapat dikeluarkan.
  • Memar
    Seorang bayi dapat mengalami memar atau lebam saat proses kelahirannya. Darah beku yang berkumpul adalah memar. Memar ini akan disembuhkan upaya dari tubuh dengan cara darah yang beku tersebut dihancurkan, yang juga bilirubi akan ditingkatkan.
  • Penyakit hemolitik
    Hal ini dikarenakan ada ketidak cocokan antara golongan darah atau rhesus ibu dengan si bayi. Akibatnya sel darah merah bayi akan diserang pembentuk antibodi ibunya. Sehingga menghasilkan banyak bilirubil dikarena sel darah merah yang terserang akan terpecah.
  • Kekurangan enzim G6PD
    Peningkatan bilirubin disebabkan kurangnya enzim ini di dalam tubuh. Kelainan bawaan adalah kelainan enzim G6PD. 

Cara menyembuhkan bayi kuning :

Kalau tidak terlalu tingginya kadar bilirubin, terapi khusus tidak diperlukan, untuk memantu bilirubin dalam tubuh dikeluarkan, dengan cara berikut dapat dilakukan :
  • Memberi asupan yang cukup
    Cukup asupan makan yang diberikan, Asi merupakan makan terbaik bagi bayi. Dengan makanana yang masuk banyak maka pembuangan urine dan deses dapat proses lebih lancar sehinggan dari tubuh bilirubin dapat terbantu keluar.
    Dengan memperhatikan dari urine dan feses, cukup atau tidaknya asupan diberikan. Dari frekuensi bayi berkemih dan warna feses merupakan hal yang dapat diperhatikan. Sebanyak 5-6 kali umumnya bayi buang air kecil dalam sehari dan perubahan warna dari hijau tua warna fesesnya.
  • Menjemur bayi
    Ikterus dapat diatasi dengan menjemur bayi dibawah sinar matahari pagi dapat membantu. Pemecehan bilirubin dibantu dengan sinar matahari. Dalam menjemur harus patutu diperhatikan waktu dan durasi. Jangan sampai matahari membakar kulit bayi tersebut. Jangan sampai lebih dari 10 menit bayi terpapar sinar matahari secara langsung. 
Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit kulit herpes  & obat herbalnya.  

Sebaliknya, dengan kadar bilirubin tinggi maka itu tergolong berat. Biasanya agar dilakukan terapi sinar atas anjuran dokter. Yang akan membantu mengubah bilirubin dengan bayi akan dipaparkan sinar biru agar didalam urine atau feses menjadi bentuk yang lebih mudah dikeluarkan.

Salah satu cara mencegah sakit kuning pada bayi adalah pemberian air susu ibu atau ASI. Selain itu bayi kuning atau ikterus ringan dapat juga disembuhkan. Walau pada awalnya ibu harus merasakan sakit pada payudara, jadi jangan ragu untuk memberikan ASI pada buah hati, tetapi hal ini bayi mungil anda sangat membutuhkan.

Sakit kuning (jaundice) merupakan satu dari dua bayi yang baru lahir, karena proses penghancuran normal sel darah merah belum sempurna oleh fungi hati (liver), sehingga penumpukan bilirubin dalam darah akan terjadi kemudian 2 hari setelah lahir pada kulit dan bagian putih menjadi kuning. Tidak perlu bayi dirawat khusus kecuali terlalu tinggi kenaikan tingkat bilirubinnya. Namun penyakit kuning membuat bayi mengantuk dan malas menyusu.
  • Cobalah dua jam sekali bayi diberi bayi ASI. Untuk sementara waktu bayi akan butuh cairan dan sakit kuning akan hilan, begitu juga hati telah sempurna. Dari air susu bisa didapatkan cairan ini. Terutama dalam 48 jam pertama sering menyusui akan membantunya karena dengan dipindahkan meconium dalam perut yang mengandung birubin dari colstrum yang memliki efek laksatif alamiah yang biasanya di dalam darah akan menyerrapp kembali.
  • Dengan meletakan bayi dibawah cahaya ini akan membantu menurunkan tingkat bilirubin 

Bila pada hari pertama, sakit kuning atau penyakitnya terjadi pada bayi saat terlahir, berarti membutuhkan perawatkan dan dia mempunyai masalah dengan darahnya. Dia dapat mengalami kerusakan otak karena bila terlalu tinggi tingkat bilirubinya. Setelah hari pertama atau kedua bila sakit kuning tidak hilang. Maka untuk memantau tingkat bilirubinnya, bayi diberikan tes darah pada tumitnya.

Bayi akan diberi terapi cahaya (phototherapy) bila tingkat bilirubinya terlalu tinggi. Pada kulit pigmen bilirubin akan pecah dengan perawatan sinar ultra violet. Selimut yang mengeluarkan cahaya saat diselimutkan pada bayi akan digunakan di kebanyakan unit bersalin moderan yang disebtu biliblanket.

Bila bayi tidak dapat mencerna laktosa dalam susu (kondisi ini jarang terjadi, memnyusui dapat diteruskan. Susu fomula sebagai suplem jarang sekali bayi memerlukannnya dan untuk melakukan nya jika dirasa sangat perlu, sebaiknya :
  • Masalah penyakit kuning pada bayi segera ditangani dengan menghubungi para ahli.
  • Sediakan ASI untuk meningkatkan persediaan. Bila beberapa hari pertama bayi belum banyak menyusu, berati mungkin belum cukup suplai susu ibu. 

Ciri ciri gejala penyakit kuning pada orang dewasa :

Hepatitis A adalah penyakit kuning pada orang dewasa. Akiba cairan empedu mencemari darah disebabkan bocornya empedu. Karena itu wajah orang tampak kuning karena orang tersebut terkena penyakit ini dan juga putih mara kuku dan air seninya. Karena tidak beresnya empedu mengakibakan proses pencernaan makan terganggu dan menampak warna kekuningan tersebut.

Pada orang dewasa bisa terjadi penyakit kuning karena kecapaian seseorang yang sering dialami dan asupan karbohidrat (zat gula) tidak didatangkan ke tubuh yang memadai. Sehingga darah teracuni oleh empedu, karena organt tubuh memaksa enzim dikeluarkan dari empedu secara tidak terkontrol, dan hal ini akan membuat hati menjadi bengkak pada gilirannya dan akhirnya fungsi hati tidak bejalan sebagaimana mestinya.

Adanya peradangan dijaringan hati hepatitis akan terjadi. Hepatitis dikenal secara awam dengan sebutan Penyakit liver atau penyakit kuning. Namun, peradangan hati tidak semua menyebabakan penyakit kuning, hal ini perlu diketahui dan penyakit kuning tidak semua disebabkan peradangan hati.

Organ terbesar dalam tubuh adalah hati, beratnya mencapai 1200-1600 gram pada orang dewasa. Karena menjadi pusat metabolisme tubuh, organ ini sangat penting untuk mempertahankan hidup yaitu organ hati ini.

Hati yang kapasitas cadangannya sangat besar memiliki fungsi sangat banyak dan kompleks yaitu sebagai berikut :
  1. Fungsi produksi dan ekskersi empedu.
    Dalam hal ini, sangat sentral untuk pencernaan dan penyerapan lemak atas fungsi hati ini.
  2. Fungsi metabolik.
    Dalam proses metabolisme bahan bahan makanan, hati sangat memegang peranan penting, antara lain metabolisme vitamin dan mineral, karbohidrat, protein.
  3. Fungsi pertahan tubuh.
    Bisa mengubah zat zat racun, baik dari luar maupun dari dalam tubuh sebagai detoksifikasi dari fungsi hati menjadi secara tidak aktif zat fisologisnya. Selain itu sebagai pelindung. Dengan cara fatositosis sel kupffer dalam hati agar supaya tidak menyebar didalam hati dibersihkan kuman kuman yang masuk.
  4. Fungsi vaskular.
    Dengan volume 1,3-1,5 liter per hari dapat menampung dan mengalirkan darah adalah fungsi dari hati. 

Gangguan didalam penernaan umumnya memicu sakit kuning. Cukup mudah mengenali tanda atau gejala dari sakit kuning. Penderita sakit kuning di indonesia memang belum ada data yang pasti jumlah banyak.Pada mereka yang berusia aktif dan produktif, sakit kuning banya terjadi. Kerap kali yang menjadi suatu penyebab terjadinya suatu penyakit adalah kebanyakan dari mereka dengan gaya hidup yang salah.

Penyakit kuning ini tidak bisa diremehkan begitu saja, karena jika terlambat mengobati penyakit terlambat maka pada hati (sirosis hati) akan timbul pengerasa atau pembengkakan.Adanya suatu riwayat penyakit terdahulu yang kemudian berdampak pada gangguan fungsi hati menyebabkan penyakit kuning pada orang dewasa juga, hal ini dari banyaknya kasus yang terjadi.

Gejala penyakit kuning pada orang dewasa:

Gejala penyakit kuning ini ini dapat dilihat dari gejala-gejala yang dapat ditimbulkan seperti:
  1. Urine kuning
    Dari penyakit kuning gejala umumnya adalah hal ini (urine kuning), Penurunan asupan air yang akhirnya berkonsentrasi pada urine menyebabkan warna menjadi kuning tua merupakan perubahan warna urine.
  2. Kulit dan mata menjadi kuning
    Sebagai tanda kulit karena anemia merupakan gejala ini yang dianggap. Sedangkan gejala ini sulit terdekti pada orang yang memilikan kulit gelap.
  3. Nyeri pada perut
    Disisi perut tepat dibagian bawah tulang rusuk dan tersambung sampai ke pinggul bagian atas merupakan gejala nyeri pada perut yang terjadi, kerusakan sel hati atau batu empedu, karena menyebabkan mejadi indikasi penyakit kuning.
  4. Nyeri sendi
    Ada beberapa alasan terjadi gejala ini. Jika dengan gejala yang berkaitan dengan penyakit kuning akan terjadi komplikas, maka gejala ini harus sefer diperiksakan kepada indonesia.
  5. Kehilangan nafsu makan
    Hampir sering tidak disadari gejala ini, akan tetapi awal terjadinya penyakit kuning ini disebabkan karena hal ini. Yang kemudian disusul gejala muntah serta urine yang berwarna kuning dikarenakan hal ini terus berlanjut/
  6. Gatal
    Penyakit kuning jenis obstruktif biasanya diserang oleh gejala ini yang membuat tersumbatnya saluran empedu dan metobolism bilirubin gagal diberikan dari dalam empedu. 

Penyebab penyakit kuning pada orang dewasa :

Virus yang berasal dari penyakit hepatitis A, B, C, D, E, F dan G adalah salah penyebab penyakit kuning. Bakteri, virus, parasit atau jamur, obat-obatan, bahan kimia, serta sinestisis yang merusak hati, alkohol, gizi buruk dan penyakit autoimmun merupakan juga penyebab penyakit ini. Yang sering menjadikan penyakit kuning berlanjut pada kondisi menahun adalah virus hepatitis B. Hepatitis B ini menyebabkan menjadi penyakti kanker hati jika menjadi ganas virus ini.

Penularan penyakit kuning pada orang dewasa :

Melalui hubungan seksual dapat menularkan penyakit ini, selain itu lewat jarum infus, jarum suntik, peralatan bedah, peralatan menicure pedicure yang digunaka bergantian disalon dan peralatan dokter gigi, jarum akupuntur, tatto, jarum tindik dan lain sebagainya yang merupakan salah satu cara penularannya. Maka dari gejala gejala penyakit hepatitis B dan C kita harus diwaspadai. Karena penyakit hepatitis ini belum dapat disembuhkan sampai saat ini. Kecuali suntik vaksinasi baru untuk mengebalkan dari penyakit hepatitis B.

Obat tradisional penyakit kuning :

Pasti ada obatnya di setiap penyakit. Dan juga dengan penyakit kuning. Justru ada yang alami obat untuk penyakit kuning. Sangat mudah ditemukan dan langsung dari alam. Penyakit kuning dapat disembuhkan menggunakan obat alami. Antara lain sebagai berikut:

1).Jus Tomat
Salah satu bahan makanan sumber likopen yang baik untuk kesehatan darah dalam tubuh adalah tomat. Akan membantu memulihkan kesehatan hati dengan setiap pagi minum jus tomat.

2). Kunyit
Tanaman yang berwarna kuning ini atau disebut tanaman kunyit bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Penyakit kuning adalah salah satunya yang bisa disembuhkan. Penyakit kuning dapat diatasi dengan kunyit yang antibakteri, antimikroba, anti inflamasi dan bersifat antioksidan jika secara rutin mengkonsumsinya. Caranya dua ruas kunyit dengan madu dicampur dan setiap 3 kali sehari diminum.

3).Jahe
Yang mampu menyembuhkan dengan baik salah satunya adalah tanaman jahe yang bersifat sebagai tanaman antibiotik dan antioksidan. Cukup jahe yang sudah dihaluskan dicampur dengan air jeruk nipis dan ekstra mint kemudian setiap hari diminum.

4).Pepaya / kates
Yang dapat membantuk menyembuhkan penyakit kuning adalah pepaya yang memiliki kandungan enzim peptin pepaya mentah dan daun pepaya dicampur, ditambah madu dan haluskan semua bahan. Kemudian campurkan sedikit air dan sehari sekali diminum.

5).Bawang Dayak
43 macan penyakit bisa disembuhkan dengan bawang dayak menurut sejumlah penelitian. Penyakit kuning adalah salah satu yang bisa disembuhkan. Didalam bawang dayak ada senyawa yang secara alami mampu menyembuhkan penyakit.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Kuning & Obat Herbalnya | Unknown | 5