Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Kanker Payudara & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Kanker Payudara & Obat Herbalnya

Penyebab penyakit kanker payudara pada wanita :

Pada dasarnya belum dipastikan apakah bawah wanita dapat atau tidak mengembangkan penyebab kanker payudara dalam dirinya. Tapi, kemungkinan berkembangnya kanker payudara disebabkan beberapa penyebab yang mempengaruhinya. Ada yang Tidak dapat diubah beberapa faktor penyebab kanker payudara ini dan ada yang dapat diubah dari beberapat faktor lainnya agar timbulnya kanker panyudara ini dapat dicenggah. Dan yang perlu diketahui oleh para wanita, penyebab umum penyakit kanker payudara sebagai berikut : 

Ada beberapa kebiasaan atau alat yang dikhawatirkan menjadi pemicu kanker yang terkait dengan penyebab kanker ganas ini. Tapi hanyalah mitos hal tersebut. Dan beberapa diantaranya menurut ((NBC, cause of breast cancer. diakses 2015-02-22))sebagai berikut : Kafein, Deodoran, Microvae,
  • Kafein
  • Deodoran
  • Microwave
  • Telepon
  • Berhubungan dengan penderita kanker payudara. 
Secara pasti apa yang menjadi penyebab kanker payudara memang belum jelas. Saat kanker payudara ini telah terjadi saat sel-sel payudara mulai tumbuh secara abnormal, barulah dokter mulai mengetahui. Sel-sel abnormal tersebut dengan lebih cepat membelah diri dari sel sehat dan juga menumpuk terus menerus.

Penyebab kanker payudara dari faktor genetik :

Yang menjadi penyebab kanker yang wajib diwaspadai oleh anda, sedikitnya ada 8 faktor genetik. Memang tidak dapat dicegah dari beberapa diantara faktor tersebut.

1). Jenis Kelamin
Tentu sudah tidak asing lagi dengan faktor genetik yang satu ini. Betul bilan dibandingkaa dengan pria, wanita 100 kali lebih berisiko terkena kanker payudara

2). Usia Senja
Seiring dengan meningkatnya usia maka kanker payudara dapat timbul. Pada wanita diatas usia 50 tahung, kanker payudara terjadi sekitara 8 dari 10 kasus tersebut. Dan para wanit yang telah mengalami menopause paling banyak terserang dengan kondisi ini ((NHS.uk, Breast Cancer Female-Causes, diakses 04 November 2014)).

3). Riwayat Dalam Keluarga
Kanker payudara ini kemungkinan besar terkena lebih tinggi, bila didalam keluarga terdapat kerabat dekat yang terkena kanker payudara atau kanker ovarium. Herediter atau diturunkan dalam keluarga tidak dialami oleh beberapa kasus kanker, tapi yang meningkatkan resiko kanker payudara adalah gen tertentu.

Skrining genetik kanker payudara dilakukan, bila kerabat dekat seperti ibu kandung atau saudara perempuan atau anak ditemui menderita, dibawah usia 50 tahun yang telah menderita kanker payudara, aaka kepada tenaga medis yang berwenang, konsultasikan hal ini sebelum terjadi.

4). Ras
Dari data yang dihimpun dari National Breast Cancer Wanita “Blue” bahwa mungkin perlu mempertimbangkan masalah, jenis kanker payudara lebih terkena.

5). Riwayat kesehatan pribadi
Bila salah satu bagian payudara anda telah terdiagnosis terkena payudara. Maka pada payudara yang lain, kemungkinan besar faktor riseko akan meningkat. Bila sebelumnya telah terdeksi sel sel abnormal di sekitar payudara maka risikonya juga sangat tinggi.

6). Masa Menstruasi & Reproduksi
Risiko kanker payudara mungkin lebih tinggi terkena, bila menstruasi dini pada usian kurang dari 12 tahun telah anda alami dan terlambatnya monopause (lebih dari dari 55 tahun). Faktor lain yang menjadikan risiko terkena kanker payudara lebih besar adalah tidak memiliki anak dan diusia yang cukup tua untuk melahirkan.

7). Perubahan Gen
Salah satu yang memicu kanker payudara terjadi adalah perubahan gen BRCA1 dan BRCA2. Dengan mengambil salah satu tes genetik maka perubahan gen ini dapat diketahui. Bila dalam keluarga terdapat penderita kanker payudara, maka sangat dianjurkan tes genetik ini.

8). Kepadatan Payudara
Wanita memiliki payudara yang di dalamnya terdapat jaringan kelenjar yang menghasilkan susu Didalam payudara wanita yang dimiliki, terdapat jaringan kelenjar yang yang dapat menghasilkan susu (lobulus). Sel-sel payudara yang lebih tinggi yang dikandung jaringan payudara yang padat dan memungkinkan kanker payudara terjadi karena lebih banyak sel sel, maka kanker dapat terjadi. Juga Sulit mendektsi keberadaan jaringan abnormal dengan pemeriksaan jaringan payudara dengan mamogram (scan payudara)

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit kanker serviks  & obat herbalnya.

Penyebab kanker payudara dari faktor genetik ini diantaranya tidak dapat dicegah, beberapa diantaranya adalah :
  • Usia
  • Ras
  • Riwayat keluarga
  • Riwayat kesehatan pribadi
  • Menstruasi dini
  • Monopause telat
Penyebab dari faktor lingkungan dan gaya hidup ternyata tidak kalah penting dari selain penyebab dari faktor genetik.

Penyebab kanker payudara dari faktor lingkungan :

Anda jangan menyepelekan faktor lingkungan, bahkan paparan lingkungan yang tidak bersahabat dengan jenis kanker, telah banyak ditemukan kasus penyebab kanker payudara.

Radiasi
Salah satu penyebab kanker payudara adalah paparan sinar radiasi yang merupakan salah satu tindakan medis dalam dunia kodokteran, seperti sinar X dan computerized tomography (CT). Hodgkin yang pernah dialami oleh orang disemasa kecilny dan radioterpai pernah dilakukan ke daerah dada, seharusnya konsultasi dengan spesialis telah dilakukan pemeriksaan untk keberadaan kanker payudara. Kemudian bila pengobatan yang membutuhkan radioterapi, pada saat dibutuhkan, maka diskusi terhadap tenaga medis harus dilakukan mengenai kemungkinan risiko kanker payudara terjadi sebelum berlangsungnya pengobatan.

Penyebab kanker payudara dar faktor gaya hidup :

Nah. Gaya hidup merupaka faktor penyebab yang dapat kiat minimalisir dalam kaitan pemicu kanker payudara terjadi. Salah satu cara mencegah kanker payudara yang cukup ampuh adalah pola hidu sehat, nah faktor dari gaya hidup yang harus kita kenali :

1). Kelebihan Berat Badan

Seseorang yang mengalami kelebihan berat badan, ternyata menjadi penyebab kanker payudara yang terkadi dengan hormon estrogen alam tubuh. Selain itu menopause yang telah dialami lebih berisiko menderita kanker payudara. Jumlah estrogen dalam tubuh yang diduga terkain dengan hal ini, karena berat badan yang berlebih atau obesitas setelah monopause menyebabkan produksi estrogen lebih banyak.

2). Implan Payudara

Tak terkeuali pada bagian payudara , implan sering ditanam dalam tubuh. Dibandingkan dengan perempuan yang tidak memakai implan, wanita yang menggunakan implan dapat mempengaruhi lebih tinggi terjadinya kanker payudara. Hal ata dikemukakan yang dilaporkan oelh para peneliti dari kanada dalam BMJ (British Medical Journal) May 2013 ((medicalnewstoday.com , What Is Breast Cancer? What Causes Breast Cancer?, diakses 04 November 2014)).

4) . Melakukan Pekerjaan Tertentu
Pekerjaan wanita ada keterkaitan terhadap kanker payudara terjadi yang telah ditunjukkan dari beberapa penelitian. Penyebab kanker payudara dapat terjadi pada wanita yang bekerja pada malam hari dan yang belum pernah mengalami kehamilan yang ditunjukan dari penelitian di perancis. Selain itu, bahwa pekerjaan tertentu, mungkin tubuh manusia kontak langsung ke dalam karsinogen misalnya pekerjaan di dalam bar, otomotif, perusahaan manufaktu plastik dan perusaah makan kemasan (kaleng, plastik) juga dapat pemicu terjadi kanker payudara yang dikemukakan di penelitian dari kanada.

5). Konsumsi Alkohol
Penyebab berkembangnya sel kanker seperti kanker payudara, salah satunya bahayanya alkohol. Dikemukakan di sebuath penlitian, bahwa etiap 200 wanita yang secara teratur disetiap hari mengkonsumsi alkohol. dibandingkan deng wanita yang tidak sama sekali mengkonsumsi alkohol, terdapat 3 wanita menderita kanker payudara.

6). Terapi Penggantian Hormon (HRT)
Terapi penggantian hormon (HRT) sering dihubungkan dengan lebih tingginya resiko kanker payudara. Bahwa akan ada tambahan 19 kasus kanker, diperkiraan untuk setiap 1000 wanita yang menggunakan HRT selama 10 tahun akan teruse meningkatnya resiko kanker payudara bila melakukan HRT semakin lama. Harus dihentikan untuk pemakaian HRT untuk membuat hormon kembali normal selama atau lebih dari lima tahun. Cara yang paling efektif untuk mencegah kanker payudara adalah pemakaian HRT dihentikan.

7). Terdapat Benjolan Jinak

Benjolan payudara, sering orang mengira hal tersebut merupak ciri ciri kanker payudara. Padahan belum benar bonjolan payudara, walaupun yang bisa menjadikan penyebab kanker payudara adalah dari beberapa jenis benjolan. Pada jaringan payudara ada jenis benjolan jinak misalnya sel yang tumbuh abnormal di saluran atau sel sel abnormal yang ada didalam lobus payudara dapat meningkatkan kemungkinan kanker payudara.

Ciri ciri gejala kanker payudara secara umum :

Dengan mengambil sampel jaringan sel payudara yang mengalami pembejolan lah dapat diketahui kanker payudara tersebut. Tindakan tersebut merupakan biopsy. Dengan cara ini, jenis pertumbuhan sel yang terjadi akan mampu diketahui, apakah yang bersifat tumor jinak ataupun tumor ganas (kanker). Mengenali perubahan yang terjadi pada payudara anda merupakan cara yang dapat melakukan deteksi dini secara mandiri oleh anda.

Skema gejala dari kanker payudara :

Secara umum kanker payudara akan menyebabkan pertama pada payudara ada benjolan yang muncul. Kedua dari putting susu mengeluarkan cairan yang tidak normal seperti berupa nanah, darah dan cairan encer. Bisa juga pada ibu yang tidak hamil atau tidak menyusui mengeluarkan berupa air susu. Ketiga bentuk dan besarnya payudara ada perubahan. Ke empat berkerut atau melekuknya kulit putting susu ke dalam.

Pada tahap awal, kanker payudara tidak menimbulkan gejala apapun, tapi akan muncul gejala-gejala bersamaan dengan berkembangnya penyakit tersebut yang menyebabkan pada payudara mengalami perubahan. Oleh sebab itu, secara berkala, anda perlu melakukan pemeriksaan.

Faktor resiko terkena penyakit kanker payudara :

Jangan menunda lebih lama lagi karena jika terlambat kanker payudara sulit disembuhkan. Faktor-faktor risiko kanker payudara antara lain:

Faktor faktor risiko kanker payudara sebagai berikut :
  • Mempunyai anggota keluarga yang terkena kanker payudara (ibu, nenek, saudar perempuan)
  • Pada usia dini (muda) sudah menstruasi, terlambatnya menopause
  • Wanita yang tidak punya anak atau pada usia 30 melahirkan anak pertama
  • Sebelumnya pernaj mempunyai tumor atau kanker payudara
  • Dalam jangka panjang mendapatkan terapi penggati hormon
Faktor faktor lainnya adalah obesitas atau tingginya konsumsi lemak, berlebihan mengkonsumsi alkohol, mutasi genetik. Tapi perlu diingat semua faktor tersebut masih berdasarkan kemungkinan. Karena tetap saja berisiko kanker payudara dapat terkena, walaupun seseorang yang tidak memiliki faktor tersebut. Alat yang tepat untuk menurunkan resiko kematian yang ditimbulkan oleh kanker payudara ini adalah skrining dan deteksi dini.

Secara individu tidak dapat mengendalikan faktor-faktor berisiko yang paling penting dalam perkembangan kanker payudara. Peningkatan risiko dikaitkan dengan beberapa faktor yang ada, tetapi masih belum jelas dengan hal tersebut. Beda dengan tembakau yang selalu erat berkaitan dengan kanker paru paru. Hanya sedikit untuk menghindari kanker payudara dapat melakukan beberapa faktor seperti terapi hormon dihindari untuk jangka panjang, sebelum usia 30 tahun sudah mempunyai anak, menyusui, berat badak dihindari dengan melakukan olahraga dan diet yang tepat, konsumsi alkohol dibatasi.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit kanker otak  & obat herbalnya.

Kanker payudara stadium awal / 1 pada wanita :

Ciri ciri gejala kanker payudara stadium 1 dapat dilihat dari ukuran tidak melebihi 2 benjolan kanker yang terjadi. Biasanya tidak dapat terdeksi dari luar untuk kanker payudara stadium 1. karena kanker paydara hanya pada stadium 1 maka dibutuhkan perawatan yang sistematis dengan tujuan tidak menyebarnya sel kanker dan tidak berlanjut yang lebih tinggi pada stadiumnya. Selain gejala tersebut, biasanya pada stadium 1, nyeri tidak ditimbulkan oleh penderita dan memiliki piggiran yang tidak teraturnya benjolan kanker

Benjolan bisa digerakkan dengan muda dibawah kulit bila didiring oleh jari tangan. Hal terseu merupakan genjala kanker payudara stadium 1. Pada stadium lanjut, biasanya benjolan melekat pada dinding dada atau kulit disekitarya. Kadang kala mengkerutnya kulit diatas benjolan dan terlihat seperti kulit jeruk.

Gejala Kanker Payudara Stadium 1 bisa dibagi menjadi lima kelompok, yaitu:
  1. Gejala lokal : yang tidak biasa terjadi pembesaran atau pembengkakan seperti tumor, pendarahan, rasa dan lain lain-lain
  2. Gejala sistemik : turunnya berat badan, berkurangnya secara signifikan nafsu makan, serta yang berlebihan kelelahn dan keringat.
  3. Gejala pembesaran kelenjar getah bening (lymph node), batuk, hemoptisis, hepatomegali (pembesaran hati), pada tulang terasa sakit, dan gejala gejala neurologis
  4. Gejala angiogenesis adalah antara sel tumor, sel stromal, sel endotelial, fibroblas dan matriks ekstraselular saling berinteraksi.
  5. Gejala migrasi sel tumor. 

Kanker payudara Stadium 2 pada wanita :

Pada kanker payudara stadium 2, sudah semakin berkembangnya sel sel kanker dan semakin menjadi besar pertumbuhannya. Harus segera diobati pada tahap stadium dua ini. Apabila tidak sehera diobat pada taha stadium 2, maka semakin berkembannya sel sel kanker yang akan menjadi kanker stadium 3. Sekitar 30% sampai 40%, kemungkinan pada kanker payudara stadium 2 akan sembuh. Penyakit kanker stadium biar dapat diobati, maka ciri dari kanker payudara stadium 2 ini, kita harus mengenalinya terlebih dahuu.

Sel kanker dapat menginfeksi kalenjar getah bening didaerah ketika pada stadium 2. puting juga. Pada payudara stadium 2 ini, secara tiba tiba keluar cairan berwarna kehijauan atau nanah dari putting juga, selanjutkan pada sekitar payudara dan ketiak timbul luka yang tidak kunjung sembuh juga dan disertai rasa nyeri muncul.

Ciri-ciri gejala kanker payudara pada stadium dua:

  • Adanya benjolan yang berukuran 2 sampai 5 cm
  • Akan mengerut dan menjadi kasar kulit diata benjolan juga
  • Biasanya timbul rasa nyeri paa payudara yang disebabkan oleh sudah semakin berkembangnya sel sel kanker dan ke bagian ketiak sel sel kanker sudah menjalar.
  • Warna putting payudar berubah, serta sear mendadak tanpa harus dipecet mengeluarkan darah.
  • Berubah menjadi kecoklatan warna kulit payudara
  • tetapi belum menyebar ke bagian lain walaupun terkadang ukuran benjolan sudah mencapai 5 cm
  • Pada payudara, bukan hanya benjolan yang muncul. Tetapi juga muncul pada bwah ketiak benjola tersebut. 

Kanker payudara stadium 3 pada wanita :

Kanker payudara stadium 3 adalah lanjutan dari kanker payudara stadium 1 dan kanker payudara stadium 2. Kanker payudara stadium 3 adalah fase dimana semakin ganasnya sel sel kanker dalam tubuh dan juga mengringkan. Pada tahap stadium ini, sebakin berkembang ke tubuh di sekitar payudara lainnya sel kanker tersebut. Kanker payuda stadium 3 adalah akan semaki sult untuk menangani kanker tersebut dan sangat tipis juga peluang sembuhnya.

Bila tidak segerah disembuhkan kanker payudara yang telah mencapai stadium 3 ini, maka semakin berkembang, meluas, dan menjadi lebih ganasnya sel kanker ini.

Ciri ciri gejala kanker payudara tahap 3

Perkembangan dari kanker stadium sebelumnya, yaitu stadium 1 dan kanker payudara stadium 2 adalah gejala dan ciri ciri kanker payudara stadium 3. Si penderita tidak bisa menunda pengobatatan lagi pada kanker payudara stadium 3. Pada kanker payudara stadium 3 mempuyai gejala yang terjadi sebagai berikut :
  • Diameter lebih dari 5 cm benjolan yang ada
  • Mulai terinfeksinya kelenjar getah bening oleh sel kanker payudara
  • Berubah menjadi kemerahan warna kulit payudara
  • Mengerutnya kulit payudara
  • Pada kulit payudara terjadi proses peradangan
  • Tak kunjung sembuh dan bernanah adanya luka. 

Pencegahan kanker payudara :

Pekerjaaan untuk mencegah kanker payudara, sebenarnya tidak berat. Contohnya adalah dengan diet dan gaya hidup sehat. Satu dari 3 kasu kanker diperkirakan disebabkan oleh pola makan (dietary habits). Agar membantu mempertahankan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta juga untuk mencegarh penyakit adalah dengan diet yang baik. Untuk proses menurunkan berat badan, membantu mengurangi prolaktin dan estrogen, dua hormon yang terbukti “berperan” dalam pembentukan kanker (karsinogenesis), maka dengan makan berserat bisa membantu hal tersebut.

Konsumsi dan kadar lemat jenuh di dalam tubuh dikurangi juga membatu resiko mengidap penyakit ini berkurang juga. Diketahui bahwa makanan seperti kedelai dapat menghambat pertumbuhan tumir. Selaini itu, sayuran kaya vitamin A seperti wortel, labu, ubi jalar, dan sayuran-sayuran berdaun hijau seperti bayam, sawi hijau, kale dll juga dapat membantu resiko penyakit ini berkurang. Sebab vitamin A, pembentukan mutasi sel penyebab kanker dapat tercegah. Buah buahan dan sayur-mayur yang kaya vitamin C juga bisa membantu resiko penyakit ini berkurang.

Cara mencegah penyakit kanker payudara :

Beberapa tips mencegah kanker payudara yang dapat anda lakukan antara lain sebagai berikut :
  • Berat badan dijaga stabil
  • Alkohol dihindari sebab mengkonsumsi yang mengandung alkohol lebih dar minuman dalam sehari, maka resiko meningkat 20%-25%
  • Buah dan sayur seperti brokoli, kecambah, kubis, berry, buah jeruk, ceri sering dikonsumsi. Dan sebaikan dalam pemasakan dengan sebentar saja atau dengan cara mentah memakannya.
  • Minimal 30 menit sehari berolahraga secara teratur
  • Lemak jenuh dikonsumsi seminimal mungkin, lemak trans dan omega-6 dan lemak omega-3 dimaksimalkan. Lemak tak jenuh tunggl karena bersifat anti kanker
  • Sesuai dengan porsinya mengkonsumsi karbohidrat atau dengan kacang kacangan dapat sebagai penggantinya karena mempunyai serat tinggi
  • Secara teratur mengkonsumsi produk produk dari kedelai misalnya tahu, tempe susu
  • Polusi lingkungan dihindari dan produkk non organik dicuci sebelum dimakan kara pestisida yang menempel bisa dibersihkan
  • Bepikir positf dan merokok dikurangi atau berhenti
  • Menyusui dan memberikan ASI
Belum dapat diketahui pasti, faktor seseorang memiliki penyakit ini, namun penyakit kanker payudara disebabkan oleh beberapa pengaruh penyakit tersebut antara lain faktor reproduksi dengn resiko utama adalah bertambahnya umur, penggunaan estrogen, penyakit fibrikistik, obesitas, lemak lemak jenuh dikonsumsi, belebihanlemak trans dan omega-6. Radiadi, faktor genetik atau penyakit ini diderita oleh salah satu anggota keluarga.

Pendeteksian dini kanker payudara :

Benjolan pada payudara merupakan hal yang paling lazim dibicarakan dalam upaya kanker payudara bisa didekteksi secara mandiri. Namun demikian, benjolam pada payudara tidak semua gejala kanker. Oleh karena itu, setelah positif pada payudara anda mesana adanya benjolan, maka darit segelah lebih lanjut melakukan ddiagnosa kepada ahlinya.

Pada ketiak muncul benjolan lain yang merupakan indikasai lain dari kanker ini. Selain itu pada payudara merasa nyeri, warna dan atau tesktur payudara ada perubahan, mencuatnya puting, aerola (daerah sekitar puting) ada perubahan warna menjadi kecoklata tidak seperti biasa di puting. Dalam beberapa kasus, melakukan deteksi dari puting muncul cairan yang berwana kekuningan, kehijauan, atau bernanah.

Sedini mungkin medekteksi adalah kunci untuk bisa segera bertahan dari serangan kanker ini. Yang berujung pada kematian di sebagian besar kasus kanker payudara adalah kesadaran yang kurang akan gejala awal dan kurangnya dekteksi sedini mungkin. Pada umumnya yang terjadi adalah setelah kasus kanker payudara berada pada stadium tingkat lanjut barulah pasien berkonsultasi dengan dokter. Tentunya akan semakin sulit dalam proses penyembuhannya bila sudah berada pada stadium stadium akhir kasus kanker payudaranya.

Cara Deteksi dini kanker payudara :

Dengan beberapa langkah sederhana maka anda bisa melakukan pendekteksian secara mandiri untuk pencegahan kanker payudara sejak dini. Sebaiknya setiap bulan melakukan pemeriksaan secara rutin. Setelah menstruasi 4-7 hari. Langkah langkahnya sebagai berikut :
  1. Dengan bahu tegak berdiri depan cermin. Di pinggul letakkan tangan anda. Coba perhatikan, apakah ada perubahan warna bentuk atau ukuran payudara anda dengan melihat secara teliti.
  2. Tangan diankat keatas dan apakah pada payudara anda terlihat ada perubahan fisik dengan melihat secara teliti.
  3. Puting anda tekan dan lihat apakah ada yang keluar berupa cairan.
  4. Berbaringlah dan coba dengan tangan kanan anda raba payudara bagian kiri dan sebaliknya. Buat gerakan cara memutar dan apakah pada payudara anda ada benjolan yang anda rasakan.
  5. Sambil berdiri atau duduk, payudara dipijar dan apakah ada benjolan yang ada rasakan. Lalukan hal yang sama mulai dari ketiak sampai bagian perut. 

Obat kanker payudara alami tanpa operasi :

Di indonesia mempunyai tumbuh tumbuhan yang terbukti mampu untuk mengobati ataupun mencegah kanker. Walaupun penelitian dan pengembangan diperlukan lebih lanjut, tapi sejumlah tanaman yang bisa digunakan adalah kunyit putih, tapak dara, dun dewa sampai benalu oleh penderita kanker telah digunakan sebagai ikhtiar mengobati penyakit payudara ini. Yang sembuh juga banyak sehingga pengobatan trandisonal, pada penderita kanker payudara menjadikan obat tersebut sebagai tumpuan harapa baru.

1).Obat kanker payudara alami tanpa operasi dengan kunyit putih
Ada 2 jenis yang dikenal oleh masyarakar sejak lama yaitu jneis pertama kunir putih gombyok atau kunir putih pepet. Manfaat dari kunir ini untuk terapi penyakit diare da disentri saja, seperti yang ditulis dalam buku Obat Asli Indonesia karangan Prof. Dr. Seno Sastroamijoyo. Dan jenis kedua adalah Curcuma Zedoaria & Curcuma Mangga atau disebut dengan jenis kunir putih beraroma mangga. Kedua jenis dari jenis kedua tersebut fungsinya untuk menyembuhkan kanker atau tumor.

Fungsi Curcuma Zedoaria adalah lebih tinggi efektifitasnya untuk kanker dan tumor bisa diatasi. Hal tersebut menurut hasil peneilitan Chan Minyi dkk dalam bukunya Anti Cancer Medical Herbs.Dan juga di American Institute Cancer Report ( New York Time ) 1 Juni 1999 dan juga oleh pakar Fakultas Farmasi ataupun PAU Bioteknologi serta PPOT UGM Yogyakartadalam penelitiannya bahwa kandungan kunir putih adalah :

1. RIP ( Ribosome Inacting Protein ) berfungsi:
  • a. Perkembangan sel kanker mampu dinonaktifkan
  • b. Sel kanker mampu dirontokkan tanpa jaringan sekitarnya rusak
  • c. Pertumbuhan sel kanker diblokir
2. Mencegah kerusakan gen dengan zat anti Oksidannya

3. Anti inflamasi (anti peradangan) dengan zat anti Curcuminnya

Dengan memadu curcuma zeodaria dengan curcuma mangga dapat menyembuhkan :
  1. Kanker : yang berhubungan dengan kanker dan tumor seperti payudara, hati , paru – paru, leukimia, otak dan penyakit lainnya.
  2. Peradang dalam : maag, ambeien, radang tenggorokan, radang hati, bronkhitis, amandel, nyeri haid, keputihan, jerawat atau bisul, diabetes, asma.
  3. Fungsi yang lainnya adalah anti lemak : darah tinggi, stroke, jantung, asam urat, menurunkan kolesterol
Dosis anjuran :
Kunir non gula : teh sebanyak 1 sendok diseduh dengan air sebanyak ½ gelas (100cc) lalu diendapkan terlebih dahulu kemudai airnya saja yang diminum.
Pencegahaan : Sehari 1 kali sebelum tidur malam diminum
Pengobatan : Sehari 23 kali (pagi, siang dan sore hari)

Ciri ciri tertentu yang dimiliki dari kunyit putih adalah bintik umbinya seperti umbi jahe dan berwarna kuning muda (krem). Baunya seperti mangga kweni pada keadaan segar dan warnannya teta kuning muda (krem) walaupun sudak diekstrak atau dijadikan bubuk

Masih sebatas penelitianin vitro (laboratorium), menurut penjelasa dr maksum dari khasiat kunyit putih dalam melawan sel kanker dan uji klinisnya belum dicapai. Tapi sudah banyak memkai kunyit putih sebagai obat alternatif untuk penyakit kanker.

Dengan uji bioaktivasi, hal yang dilakukan dalam penelitian secara in vitro. Dengan mengembangbiakkan sel kanker dalam laboratorium dan setelah konsentrasi tertentu diberikan dari kunyit putih, maka matilah sel kanker tersebut. Yang didapatkan selain itu juga bahwa lebih baik dalam mematikan sel kanker dengan aktivitas kunyit putih dibandingkan dengan tanaman mahkot dewa.

Disalah satu RS kanker di Indonesia sempat dilakukan penelitian terhadap pasien kanker pada tahun lalu, bawah sekitar 30-40% pasien, pengobatan herbal dengan kunyit putih diberikan dan digabung dengan pengobatan medis seperti kemoterapi atau pengobatan kanker lainnya. Bahwa banyak pasien yang menuturkan dirinya merasakan ada perbaikan pada kondisi kesehatan setelah diberikan terapi gabungan tersebut. Termasuk dalam testimoni klinis dalam tahap pengujian ini.

2).Obat kanker payudara alami tanpa operasi dengan daun tapak dara
Sementara telah teruji sebagai bahan pencegah dan penumpas sel kanker , pengobatan dengan daun tapak dara (Catharanthus roseus). Tanaman ini termasuk dalam keluarga tanaman Apocynaceae atau kamboja-kambojaan memiliki kandungan 2 senyawa golongan alkaloid vinka yaitu vinkristin dan vinblastine yang mempunyai khasiat perbanyakan dan penyebaran sel kanker bisa dihambat.

Pengobatan dengan bahan vinkristin berfungsi sebagai pengobatan kanker bronkial, tumor ganas pada ginjal, kanker payudara, dan berbagai jenis tumor ganas yang awalnya menyerang urat saraf maupun otot. Rumput jalang merupakan sebutan tanaman ini di sumatera yang juga memiliki kandungan alkalori cabtharanthin yang diperkirakan inti sel kanker bisa dapat didesak dan dilarutkan.

RAMUAN :
22 lembar daun tapak dara rebus dengan buah adas (foeniculum vulgare) serta kulit kayu pulasari (alyxia reinwardti) dengan disertai 3 gelas air. Ditambah dengan bubuhi gula merah secukupnya. Setelah mendidih samapi hanya tinggal setengahnya maka saring ramuan tersebut. Dalam sehari 3 kali dengan masing masing setengah gelas untuk diminum ramuan tersebut. Paling tidak selama sebulan untuk melakukan pengobatannya.

3).Obat kanker payudara alami tanpa operasi dengan keladi tikus
Juga sudah diteliti keladi tikus (Typhonium Flagelliforme/Rodent Tuber) yang berfungsi sebagai obat yang dapat menghentikan dan mengobati berbagai penyakit kanker.

RAMUAN :
Agar pertumbuhan sel kanker terhambat, maka keladi tikus disiapkan 3 batang lengkap dengan daunnya sekitar 50 gram. Kemudian selama 30 menit rendam ramuan tersebut, dan setelah itu haluskan ramuan tersebut dengan menumbuknya dan peras ramuan tersebut diambil airnya. Saring air perasan tersebut kemudian diminum.

Khasiat keladi tikus sudah ada uji ilmiah di malaysia. Bahkan sudah dipasarkan negeri jiran tersebut dalam bentuk ekstrak keladi tikus dalam bentuk pil dan teh bubuh yang dikombinakan dengan tanaman lainnya dalam dosis tertentu.

Obat kanker yang mujarab lainnya adalah air perasan temu lawak (curcuma zedoaria). Dalam temulawak mengandung curcumol dan curdione yang berkhasiat antikanker dan anti tumor mennurt Andrew Chevallier Mnimh, herbalis asal London. Temulawak telah lama digunakan di cina untuk mengobati kanker leher rahim. Dengan tanaman ini, sel kanker dapat dimatikan dengan efek mematikan yang lebih meningkat ketika radioterapai dan kemoterapi dilakukan.

4).Obat kanker payudara alami tanpa operasi dengan mengkudu
Yang tengah populer sebagai tanaman obata obatan yang manjur adalah mengkudu. Kandungan daging menkudu atau pace (morinda citrifolia L) adalah dammacanthel, zat antikanker yang mampu melawan pertumbuhan sel abnormal pada stadium prakanker dan perkembangan sel kanker dapat dicegah. Perasan 2 atau 3 buah mengkudu dengan memanfaat saringnya dan bisa dibubuhi madu agar rasanya lebih nikmak. Serta sebaiknya mengkudu yang tidak terlalu masak yang dipilihnya karena alkohola yang terbentuk akibat proses fermentasi pada mengkudu yang terlalu masak, zat zat penting yang terkandung didalamny akan rusak.

5).Obat kanker payudara alami tanpa operasi dengan Daun dewa (Gynura divaricata)
RAMUAN :
Cara membuatnya : daun dewa 30 gram, temu putih 20 gram, jombang 30 gram, air 600 cc. Rebus bahan ramuan tersebut sampai airnya tersisa 300 cc kemudian saring rebusan air tersebut lalu minuma airnya yang berfungsi sebagai pengobatan kanker.

Cara lain untuk membuatnya : daun dewa segar 30 gram, tapak dara segar 30 gram, rumput mutiara 30 gram, rumput lidah ular 30 gram, air 1000 cc. Rebus bahan ramuan tersebut sampai tesisa airnya 500 cc. Kemudian saring air rebusanya tersebut lalu diminum dengan menambahkan madu secukupnya.

6).Obat kanker payudara alami tanpa operasi dengan Daun ceremai (Phyllanthus acidus)
RAMUAN :
Cara membuatnya. Daun ceremai mudah sebanyak segenggam, daun belimbing sebanyak sejumput, sejari bidara yang diupas, sejari gadung cina, dan gula aren. Rebus semua bahan ramuan tersebut dengan 3 gelas air sampai air yang tersisa hanya segelas. Sehari 3 kali masing masing 1 gelas untuk meminumnya.


7).Obat kanker payudara alami tanpa operasi dengan benalu
Sementara telah lama diperkirakan senyawa dalam benalu bekerja sebagi penghambat keganasan kanker. Terbukti dapat dipakai sebagai obat penunjang selama menjalani kemoterapi (terapi dengan mengonsumsi obat antikanker) dengan merebus benalu menjadi teh.

Bagi yang belum terkena kanker : tumisan brokoli, sawi, kembang kol, wortel, tomat dan daging ikan dicampur dengan bumbuk sedikit garam dan bawang putih. Merupakan masakan yang mampu menjadi masakan yang kaya akan zat antikanker. Bagi mereka yang resiko terkena kanker prostat yang memakan 10 kali hidangan yang mengandung tomat per minggu turun sampai hampir separuhnya menurut penelitian Universitas Harvard terhadap 48.000 orang pada tahun 1995 Note : Untuk segala macam obat meskipun itu obat herbal sebaiknya saudara tidak melebihi dosis yang dianjurkan.

Dari berbagai sumber

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Kanker Payudara & Obat Herbalnya | Unknown | 5