Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Hernia & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Hernia & Obat Herbalnya

Apa itu penyakit hernia :

Selama ini hernia atau turun berok ini lebih dikenal sebagai penyakit pria karena kaum prialah yang mempunyai bagian khusus dalam rongga perut sebagai pendukung fungsi alat kelaminya. Hernia dapat dibedakan menjadi hernia bawaan (congenital) dan hernia dapatan (akuisita) berdasakan penyebab terjadinya. Sedangkan hernia inguinal, umbilical, femoral, diafragma dan masih banyak lagi nama lainnya. Merupakan berdasarkan tata letaknya.

Cincin, kantong dan isi hernia adalah bagian dari hernia itu sendiri. hernia dibedakan menjadi hernia inguinal, umbilical, femoral, diafragma dan masih banyak lagi nama lainnya merupakan isi dari hernia. Jika usus dapat keluar ke tempat yang tidak seharusnya, yakni bisa ke diafragma (batas antara perut dan dada), bisa di lipatan paha, atau di pusar, bila ada bagian yang lemah dari lapisan otot dinding perut. Hernia tidak menyebabkan nyeri pada umumnya. Namun kalau hernia terjepit oleh cincin hernia maka akan terasa nyeri. Penderita merasakan nyeri hebat disebabkan infeksi akibat dari hernia. Dan akhirnya akan mejalar dan meracuni seluruh tubuh karena infeksi tersebut.

Maka segera mungkin dokter harus menanganinya, karena penderita akan terancam nyawa. Pada semua umur, baik tua maupun muda hernia dapat terjadi. Jika disebabkan oleh kurangnya procesus vaginali lebih sering terjadi pada anak anak atau bayi untuk seiringi penutupan dan turunnya testis atau buah zakar. Biasanya pada bayi atau anak laki laki sering terkena hernia. Jika adanya tekanan yang dalam rongga perut dan kelemahan otot dinding perut biasanya hernia terjadi pada orang dewasa karena faktor usia.

Batuk yang kronis, susah buang air besar, adanya pembesaran prostat pada pria, juga orang yang sering mengangkut barang-barang berat dapat menyebabkan tekanan dalam perut meningkat. Sesuai dengan penambahan umur maka penyakit hernia akan meningkat. Melemahnya jaringan penyangga usu menyebabkan hal tersebut atau karena tekanan didalam perut meningkat yang disebabkan penyakit lain.

Penyebab hernia:

Penonjolan keluar suatu organ atau bagian dari organ melalui dinding rongga yang normalnya tempat organ tersebut merupakan penyakit hernia. Gagalnya penutupan suatu lubang normal tertentu selama perkembangan janin atau karena terjadinya peningkatan tekanan intraabdominal saat batuk atau saat kita mengangkat suatu benda yang berat.

Usus dapat mengalami protrusi melalui area otot yang lemah di dinding abdomen anterior atau suatu lubang yang ada merupakan salah satu contohnya. Jika Tekanan intra abdomen intermiten terdapat peningkatan, atau pada pria yang sering bekerja mengangkat beban berat, itu semua merupakan penyebab hernia terjadi.

Kemungkinan akibat hernia ini terdiri dari :
  • Jika tekanan intraabdomen kembali normal maka reduksi spontan
  • Reduksi manual dengan memberikan sedikit tekanan
  • Strangulasi yang mengakibatkan kongesti vena, iskemia, gangren dan osbtruksi usus
  • Tempat terjadinya hernia adalah diafragma (hiatus), inguinal, femoral umbilikus, dan area insisi.
Penyebab hernia pada laki laki hampir semua memiliki potensi pada resiko gagalnya menyediakan darah menjadi strangulasi. Saat hernia keluar karena isi tonjolan hingga menyebabkan terputusnya sediaan darah. Jika sediaan darah terputus maka terjadi pembukaan hernia pada dinding perut yang menyebabkan keadaan darurat yang memerlukan perawatan secara medis dan memerlukan tindakan pembedahan untuk mengangkut sediaan darah dan kebutuhan oksigen.

Turun berok atau yang dikenal dengan herinia yang terjadi pada pria, kebanyakan pria yang berusia tua dan seringnya bekerja mengangkat beban berat merupakan penyebabnya. Selain itu karena penurunan kondisi fisik yang semakin melemah yang disebabkan oleh beberapa penyakit serta kelelahan yang merupakan penyebab hernia.

Pada bayi, penyebab hernia bisa terjadi di perut juga dapat disebabkan pada saat lahir terjadi kelainan, ada juga bayi atau anak yang baru lahir menunjukkan hernia pada saat beranjak dewasa. Pada bayi, tekanan rongga perut yang terjadi ketika lahir atau dalam beberapa bulan akan akan berkontribusi dalam pembentukan atau memburuknya penyebab hernia.

Beberapa penyebab hernia yang umumnya sering terjadi adalah :
  1. Mengangkat benda atau beban berat secara rutin (sering)
  2. Seperti pada ibu yang melahirkan normal atau ketika seseorang BAB karena mengedan terlalu lama atau sering
  3. Hernia dapat terjadi pada rongga dada, terasa sakit di belakang tulang dada
  4. Di dada perasaannya panas dan dibagian atas perut sakit Disebabkan isi perut, terutama lambung, menonjol ke rongga dada. Kadang kadang terjepitnya isi perut , hingga menimbulan perasaan sakit sekali karena tidak dapat kembali lagi.
  5. Bila pada sela paha, kadang isi perut menonjol masuk ke dalam kantung buah zakar merupak penyebab terjadinya hernia pada pria, Biasanya tidak begitu berbahaya bila dapat kembali lagi isi perut ini, tapi pergerakan penderita akan terganggu. Segera dioperasi kalau tidak dapat kembali lagi yang merupakan sangat berbahaya. 

Jenis penyakit hernia :

Penyakit hernia disebabkan karena kondisi bagian organ pencernaan yang keluar dari letak yang seharus nya dan ada nya bagian otot di dalam tubuh atau melemahnya di posisi perut. Akan lebih banyak oleh laki laki yang mengalami walaupu penyakit hernia bisa dialami oleh siapapun karena lebih banyak yang menyebabkan penyakit hernia yang dipengaruhi oleh kegiatan yang dilakukan laki laki. Akan lebih lemah kondisi tubuh yang sedag menderita penyakit hernia dan sehingga ketika dibuaat beraktifitas akan menyebabka sering sakit. Dari usia keci juga dapat mengalami penyakit hernia dan hingga besar penyakitnya bisa bertahan jika tidak baik dalam melakukan pengobatan penyakit hernia.

Jenis jenis penyakit hernia :

Ada berbagai jenis penyakit hernia, oleh laki laki atau pun perempuan yang mungkin terjadi. Dan dengan jenis yang berbeda beda, untuk penyakit hernia dapat dialami beberapa orang. Dan jenis penyakit yang bisa dialaminya sebagai berikut :

1).Hernia inguinalis
Oleh laki laki cukup sering mengalami jenis penyakit hernia atau turun berok yang biasa kita kenal. karema adanya benjolan pada tubuh dibagian perut atau selakangan akan muda mengetahui jenis penyakit hernia. Sehingga pada saat berjalan atau melakukan aktifitas lainnya akan bisa merasakan sakit. Batuk, obesitas atau juga dapat dikarenakan oleh angkat beban dan konstipasi yang berlangsung lama merupakan hal penyebab dari jenis penyakit hernia ini.

2).Hernia insisional
Jika sebelum nya telah melakukan operasi dibagian perut jadi dapat dipastikan mengalami jenis penyakit hernia ini. Dapat membuat bekas operasi akan terdapat benjola pada saat gejala jenis penyakit hernia insisi ini. Pada pembedahan operasi akan menyebabkan efek sampi seperti hal ini, sehingga menjadikan rasa sakit. Lebih banyak orang tua yang mengalami kondisi tubuh seperti ini.

3).Hernia femoralis
Ketika terjadi turun berok pada laki laki, kondisi tubuh yang hampir sama merupakan jenis penyakit hernia femoralis, tetapi wanita lah yang mengalami kondisi ini. Turun berok ini sama juga penyebab nya denga penyakit ini yang merupakan adanya keluarnya usus. Dan wanita muda hingga wanita tua juga bisa mengalami jenis penyakit ini, laki laki yang mengalami turun berk yang terlalu sering terjadi tetapi tidak banyak yang terjadi seperti halnya itu pada wanita.

4).Hernia umbilikus
Pada bayi juga sering mengalami penyakit hernia ini, kemungkinan pada setiap bayi yang baru lahir, sangat besar mengalami. Tetapo tidak terlalu berbahaua dengan penyakit hernia ini, karena cepatnya proses penyembuhannya, bahkan tidaklah terlalu menggang karena secara alami dapat sembuh dengan sendirinya

5).Hernia hiatus

Penyakit hernia yang juga umum dialami adalah jenis penyakit hernia hiatus. Rasa sakit pada perut dapat disebabkan penyakit hernia hiatus ketika setelah makan hingga ulu hati.

Ciri ciri penyakit hernia pada bayi / anak :

Saat anak berusia 1 tahun sebagian besar hernia umbilikalis menutup dengan sendirinya. Agar bagian yang keluar dapat masuk kembali terkadang dokter hanya melakukan sedikit penekanan. Agar tidak menonjol seringkali penderita datang data ke pengobatan alternatif selanjutnya dilakukan penekanan dan pembebatan. Dimana dapat mengakibatkan masalah serius hingga kematian karena melakukan tindakan yang sangat ceroboh. Untuk kasus hernia umbilikalis, tindakan penangan hernia ada penganan hernia pada anak secara khusus.

Penyebab dari terjadinya penyakit hernia pada anak adalah akibat serangan berbagai faktor seperti dibawah ini :
  1. Kelemahan yang terjadi pada otot atau juga terjadi pada jaringan.
    Salah satu faktor terseringyang menyebabkan terjadinya penyakit hernia padaanak adalah hal ini. Dimana kelemahan pada bagian tersebut, bisa mmebuat organoragan internal dan yang paling otama adala bagian usus mengalami penonjolan keluar dari jaringan adipose yang ada di perut , yang kemudian bisa mengembangkan hernia karena menonjol keluar.
  2. Cacat bawaan.
    Beberapa kasus, akanalis inginalus yang tidak bisa ditutup dengan benar dan juga tepat sehingga setelah proses melahirkan anak akibat faktor tertentu disebabkan cacat bawaan merupakan penyebab penyakit hernia selanjutnya. Terjadinya perkembangan penyakit hernia bisa berkembang karena salah satu resiko yang terjadi karena hal ini
  3. Faktor keturunan atau genetik.
    Penyakit hernia umbilikal yang bisa melewati generasi.
Ciri ciri Gejala penyakit hernia yang muncul pada anak adalah :
  • Peradangan yang terjadi pada daerah yang menonjol
  • Intens nyeri
  • Jarang, testis dan juga usus yang terpengaruh
  • Perasaan yang kemudahan
  • Mengalami muntah
Selain itu, disaat anak sedang menangis dan mengalami batuk akan meningkatkan terjadinya tekanan pada daerah perut dan akan membuat gejala dari penyakit hernia ini semakin memburuk. Beberapa organ bisa mengalami kerusakan bila terjadi komplikasi yang paling utama dan berhubungan dengan penyakit hernia. Cara yang paling baik melakukan penanganan hernia pada anak adalah dengan mencari seorang ahli bedah pediatrik jika Anda melihat beberapa gejala hernia. Jika memang terlihat beberapa gejala hernia yang muncul, seperti benjolan pada perut konsultasikan dengan dokter bedah. Selain itu pada anak anak yang berada di bawah usisa akan mengalami resiko penyakit hernia yang akan berkembang menjadi lebih parah. Penegakkan diagnosis dari ahli bedah kondisi dengan cara melakukan beberapa pemeriksaan yang bisa membantu menentukan diagnosis. Dimana anak diminta oleh dokter bedah untuk batuk sehingga hernia akan terlihat lebih jelas

Biasanya disaat anak baru saja saja lahir penyakit hernia sudah muncul, namun dalam waktu beberapa minggu atau beberapa bulan setelah proses kelahiran berlangsung hernia juga tidak terlihat. Penyakit hernia tidak akan berakibat bila ketegangan dan juga menangis, namun pada perut ada tekanan yang muncul biasanya akan membuat terlihat dengan lebih jelas penyakit hernianya. Masing masing hernia inguinalis dan umbilical pada kasus penyakitnya, gejalanya akan terlihat seperti pada daerah selakangan atau juga dibagian skrontum akan ada benjolan dan juga pada daerah pusar juga akan muncul. Selain itu disaat bayi sedang menangis benjolan juga kemungkinan akan menjadi lebih terlihat. Dan disaat bayi sudah tenang maka kemungkinan akan mengempis dan hilang. Disaat anak sedang dalam keadaan berbaring dengan tenang maka biasanya dokter akan mendorong masuk tonjolan tadi agar menjadi kecil hernianya.

Dengan melekukan usus yang menonjol tadi lewat hernia yang bisa terjepit adalah hal yang bisa dilakukan seskali dan juga bila tidak bisa dengan cara yang lembut menuju ke rongga perut dengan dimasukkan kembali, biasanya terjadi ketika hal ini, biasanya asuan darah bisa kehilangan di bagian dari usu ini dan kerusakan akan dialami. Pasokan darah yang baik juga sangat dibutuhkan supaya membuat usus sehat dan bisa menjalankan fungsinya dengan baik lagi.

Penanganan hernia pada anak :

Biasanya tidak perlu dilakukan operasi pada anak, terutama jika sekitar 1 cm diameter cincin henia. Dalam tiga tahun biasanya akan menutup sendiri perlu dilakukan intervensi pembedahan pada kondisi terntenty seperti contoh :
  • Bila cincin hernia 2 cm diameternya atu lebih dan tidak spontn menutup maka pada usia 2 atau 3 tahun akan dilakukan tindakan pembedahan.
  • Penutupan spontan tidak akan terjadi setelah usia 3 tahun keatas
  • Hernia terperangkap dan menghambat [ergerakan usus, hingga mengakibatkan kegawatdaruratan.
Tindakan operasi pada orang dewasa lebih diutamakan, untuk komplikasi dapat dihindari terutama makan membesar dan terasa nyeri hernia yang dirasakan. Dengan membuat lupa apada rongga perut untuk tindakan pembedahan yang dilakukan, selanjutnya bagian usus yang terperangkap akan dilihat dan apakah terjadi kerusakan jaringan atau tidak untuk melakukan evaluasi.

Penangan hernia dilakukan jika sudah mengalami kerusakan dan tidak dapatdipertahankan. Pemotongan susu akan dilakukan pada anak, namun jika masihbaik usus akan dimasukkan kembali kemudian dilakukan penjahitan agar tidak keluar kembali. Penderita dapat pulang beberapa jam kemudian setelah operasi. Setelah dua hinga 4 minggu kemudian penderita dapat melakukan aktivitas harian kembali, dan terjadinya keluhan berulang jarang sekali terjadi.

Ciri ciri penyakit hernia pada wanita :

Pada wanita penyakit hernia mempunyai beberapa ciri ciri dan gejala seperti berikut ini :
  1. Bagian bawah di daerah perut timbul nyeri
  2. Ketika ada tekanan di dalam perut seperti saat batuk, mengejan atau mengangkat beban yang berat, akan lebih sangat terasa rasa sakit dan nyeri.
  3. Di daerah perut atau selakangan akan muncul benjolan, ketika berdiri atau tekanan perut meningkat maka bejolan ini akan meningkat ukurannya.
  4. Tanpa disertai dengan rasa sakit pada beberaa kasus timbul tonjolan. Maka bisa membuat hernia masuk ke dalam skrotum bila jika terus dibiarkan.
  5. Rasa sakit yang disertai dengan demam terkadang muncul
  6. Dalam jangka waktu lama bila usus sudah terjebak atau terjepit dan bisa mual dan muntah menandai adanya mengalami kerusakan.
  7. Timbul nyeri yang selalu hadir diikuti dengan gejala gangguan pencernaan
Hernia sendiri adalah kondisi ketika organ pada tubuh berada di luar dari posisi yang semestinya. Otot otot yang melemah menyebabkan hal tersebut sehingga organ tersebut tidak kuat menahan. Melalui celah celah otot yang melemah jadi sebagai akibatnya, organ dalam tubuh akan keluar melalui celah-celah otot yang melemah hingga terus menjalar ke bagian dalam kulit dan membentuk tonjolan jika dilihat dari permukaan luar kulit.

Pada wanita ada empat jenis hernia yang dapat ditemui, Hernia fermoralis, hernia hiatus, hernia umbilikus, dan hernia inguinalis tidak langsung merupakan jenis jenis hernia pada wanita.

1)Hernia fermoralis.

Disaat usus mencuat ke bagian paha atas atau selakangan maka akan terjadi pada kondisi ini. Dan selanjutnya pada area tersebut anda akan melihat tonjolan. Dibanding pada pria wanita lebih beresiko tiga kali lebih tinggi terkena jenis ini. Jika anda mengalami obesitas atau sedang hamil maka resiko ini menjadi lebih tinggi. Karena tonjolannya muncul pada tempat yang sama kadang kala hernia ini kerapa disangka hernia inguinalis yaitu terjadi diarea di selakangan.

Hernia jenis ini sulit terlihat ketika ukurannya masih kecil. Penderita pun umumnya tidak merasakan sakit pada area paha atas atau selangkangan. Namun tonjolan dan rasa sakit akan mencuat ketika ukuran hernia sudah membesar. Rasa sakit itu bisa terasa ketika Anda berdiri atau mengangkat benda berat.

Disaat ukurannya masih kecil menjadikan hernia jenis ini sulit terlihat. Pada area paha atas atau selangkngan, pada umumnya penderita tidak merasakan sakit diarea tersebut. Tetapu disaat ukuran hernia sudah membesar maka tonjolan dan rasa sakit akan mencuat. Disaat anda berdiri atau mengangkat benda bera maka rasa sakit itu bisa terasa.

2).Hernia hiatus.
Pada daerah rongga dada ada tonjolan maka anda dikatakan memiliki hernia jenis ini. Dari bagian perut ada bagian yang naik keatas dan melalu diafragma maka akan muncul tonjolan itu,, rongga dada dari peut yang dipisahkan sebuah kubah otot. Pada wanita lebih sering kondisi ini terjadi. Saat berusia diatas 50 tahun dan bila anda mengalami obesitas maka akan lebih tinggi resiko yang dihadapi.

Terutama disaat ukurannya masih kecil hernia jenis ini juga tidak memberikan tanda-tanda pada tubuh. Hal ini seperti ama hernia fermoralis. Namun disaat sudah membesar barulah terasa kehadirannya, Pada dada atau perut, sering bersendawa, asam lambung naik, dan sulit menelan anda akan merasakan hal hal tersebut.

3).Hernia umbilikus.
Disaat ada usus, lemak, atau cairan yang mencuat ke dinding rongga perut dekat pusar maka terjadilah kondisi seperti itu. Pada sekitar pusar anda maka hasilnya ada tonjolan. Terutama yang obesitas atau memiliku banyak anak, hernia ini sering terjadi atau menimpa pada wanita hal tersebut.

4).Hernia ingunilis tidak langsung.
Jenis ini merupakan salah satu enis hernia inguinalis. Pada umumnya pria lebih banyak tertimpa/ terkena hernia inguinalis. Tapi secar tidak langsung pada wanita, untuk jenis ini lebih sering ditemua. Bila pada selangkangan anda terlihat ada tonjola maka anda memliki hernia jenis ini. Pada cincin ingunal internal, adanya ketidak normalan kare hal ini terjadi. Pada ibu hamil, resiko ini yang lebih tinggi terjadi.

Disaat batuk sedang membungkuk atau mengangkat benda berat, maka tonjolan pada selangkangan itu bisa menimbulkan rasa sakit.

Bila anda sering mengangkat benda bena berat maka resiko anda terkena hernia lebih tinggi lagi, tanpa otot otot perut distabilkan, tidak kunjung sembuh disaat menderita batuk, mengalami konstipasi dan kurang gizi serta senang merokok.



Ciri ciri penyakit hernia pada pria :
    Berbagai macam gejala penyakit hernia pada pria adalah :
    • Pada bagian perut akan terasa mual pada daerah terjadinya hernia
    • Adanya rasa nyeri yang sangat keras
    • Akan terjadinya benjolan pada lokasi hernia
    • Terjadinya gelembung pristal yang mudah didengar
    • Jika otot-otot sudah mengendur atau jika sedang dalam keadaan berbaring, maka benjolan mulai menghilang
    • Perut kembung disertai mual atau muntah. 

    Obat penyakit hernia tradisional alami :

    Ada juga beberapa cara mengobati penyakit turun berok atau hernia selain dengan pernyataan yang ada diatas, maka obat penyakit hernia yang ampuh dan mujarab bisa digunakan. Dan jadi obatnya yaitu sebagai berikut :

    1).Dengan menggunakan daun sirsak
    Dengan menggunakan daun sirsak merupakan salah satu obat penyakti hernia. Untuk menyembuhkan penyakit turun berok atau hernia dengan menggunakan daun sirsak caranya adalah daun sirsak dibersihkan kemudian rebus sampai matang daun sirsak tersebut. Kemudian dengan teratur dan rutin untuk meminum air ramuan daun sirsakyang sebelumnya disaring dulu, agar segera sembuh dengan cepat penyakit tersebut. Jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat Karena bisa membahayakan penyakit ini pada umumnya.

    2).Dengan menggunakan kulit manggis
    Dengan mengunakan kulit manggis merupakan salah satu obat penyakit hernia yang ampuh dan mujarab. Untuk menyembuhkan penyakit hernia dengan menggunakan kulit manggis denan cara membuat ramuannya seperti berikut kulit manggis tersebut dibersihkan dan kemudian rebus sampai matang. Lalu dengan rutin dan teratur dengan minum air ramuan kulit manggis tadi yang sebelumnya minuman tersebut disaring terlebih dahulu.agar dapat segera sembuh dengan cepat dengan penyakit turun berok atau hernia tersebut. Jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat Karena bisa membahayakan penyakit ini pada umumnya.

    3).Dengan menggunakan teh
    Teh merupakan salah satu obat penyakit hernia yang ampuh. Untuk menyembuhkan turun berok atau hernia bisa dengan cara membuat ramuan dengan menggunakan teh. Dengan cara dengan air hangat seduh teh, tersebut dan agar segera sembuh dengan cepat penyakit tersebut maka kemudian dengan rutin dan teratur minum teh tersebut. jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat Karena bisa membahayakan penyakit ini pada umumnya.

    4).Dengan menggunakan akar manis
    Menggunaka akar manis merupakan salah satu dari obat penyakit hernia yang ampuhdan mujarab untuk menyembuhkan penyakit turun berok atau hernia dapat dengan cara membuat ramuan dengan menggunakan akar manis yaitu sebagai berikut bersihkan akar manis tersebut dan tumbuh dan dihaluskan kemudian dengan susu hangat untuk campurannya. Lalu aduk sampai rata. Agar penyakit ini dapat segera sembuh dengan cepat maka dengan teratu dan rutin minum air ramuan akar manis. ika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat Karena bisa membahayakan penyakit ini pada umumnya.

    5).Dengan menggunakan yoghurt
    Dengan rutin dan teratur untuk mengkonsumsi yoghurt merupakan salah satu obat penyakit hernia yang ampuh dan mujarab. Minum secara rutin sampai penyakit turun berok dan hernia atau turun berok ini hilang dan sembuh. ika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat Karena bisa membahayakan penyakit ini pada umumnya.

    6).Dengan menggunakan jahe
    Dengan menggunakan jahe merupakan salah satu obat penyakit hernia yang ampuh dan mujarab. Memang jahin untuk digunakan sebagai bumbu masakan. Dengan harga yang cukup murah dan terjangkau dan jahe itu mudah sekali untuk ditemukan dan didapat. Dengan menggunakan jahe berikut cara membuat ramuannya. Jahe dibersihkan dan ditumbuk terlebih dahulu kemudian rebus jahe tersebut sampai matang. Selain itu jahe juga bisa dijadikan dengan wedang jahe. Agar penyakit turun berok atau hernia dapat segera sembuh dengan dengan cepat maka dengan rutin dan teratur untuk meminum air ramuan tersebut sebelumnya ramuan tersebut disaring dulu. Jika tidak segera diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat Karena bisa membahayakan penyakit ini pada umumnya.

    Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Hernia & Obat Herbalnya | Unknown | 5