Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Gondok & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Gondok & Obat Herbalnya

Penyakit gondok :

Penyakit gondok sering kenal adalah penyakit yang disebabkan oleh yodium yang kuran didalam makan sehari hari. Kekurangan yodium mengakibatkan sesuatu bila terjadi terutama pada ibu hamil yang dapat menimbuka kematian bayi ataupun mengalami keterlambatan mental atau tuli pada bayi yang akan dilahirkan. Walaupun penyakit gondok tidak diderita oleh sang ibu sekalipun, terjadinya gondok juga berakibat kelenjar tiroid terganggu dan homon tiroida tidak mampu mensekresikan yang sesuai dengan tubuh yang mebutuhkannya.

Sebuah penyakit yang ditandai dengan pembesaran kelenjar gondok/ tiroid (kelenjar yang memiliki bentuk seperti kupu-kupu dan terletak di bawah pangkal tenggorokan/ depan leher) merupakan penyakit gondok. Biasanya penyakit gondok dibedakan menjadi dua macam yaitu gondok biasa dan gondok beracun atau dengan sebuatan lain hiper tiroid.

Penyakit gondok pada awalnya dari gondok biasa tapi bila gondok biasa dibiarkan terus menerus maka akan berakibat gondok beracun. Adanyak gangguan yang terjadi pada kelenjar yang merupakan yang biasanya penyebab penyakit ini. Sehingga hormon tiroid tidak mampu mensekresikan dengan sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu dikarenakan dalam tubuh kita kekurangan yodium yang kita butuhkan.

Penyakit gondok disebabkan oleh :

2 hormon utama yang dihasilkan dari kelenjar tiroid yaitu tiroksin (T-4) dan triiodothyronine (T-3). Dalam aliran darah anda, hormon hormon tersebut beredar dan membantu mengatur metabolisme tubuh anda. Dimana anda menggunakan lemak dan karbohidrat dipertahankan tingkat oleh mereka, membantu suhu tubuh anda terkontrol, detak jantung dipengaruhinya, dan dalam darah anda, hormon akan membantu jumlah kalsiumnya.

Dimana hormon ini diproduksi akan dikontrol oleh kelenjar hipofisis dan hipotalamus. Proses ini ketika hipotalamus dimulai, Didaerah di dasar otak anda yang bertindak sebagai termostat untuk sistem seluruh tubuh anda, sinyal kelenjar pitutari yang disebut dengan hormon perangsang tiroid yang bertujuan untuk membuat hormon. Di dasar otak anda, terletak juga kelenjar hipofisis anda, sejumlah hormon perangsang tiroid yang terlepas, tergantung banyaknya pada tiroksi dan T-3 dalam darah anda.

Mempunyai penyakti gondok tidak berarti bahwa kelenjar tiroid anda tidak bekerja dengan normal. Bahkan disaat membesarnya gondok tersebut. Jumlah hormon yang dihasilkan tiroid anda juga normal, tapi hal ini mungkin tiroksi dan T-3 yang dihasilkan terlalu banyak atau malah terlalu sedikit.

Kelenjar tiroid anda membesar, dipengaruhi sejumlah faktor. Dan yang paling umum sebagai berikut:
  • Kekurangan yodium.
    Tujuan yodium sangant penting yaitu untuk produksi hormon tiroid. Terutama dalam makanan laut dan tanah diwilyah yang sering ditemukan kandungan yodium. Orang orang pedalaman yang tinggal di pedalaman atau pada ketinggian yang berada di negara berkembang sering kekurangan yodium. Dan saat kelenjar tiroid membesar maka penyakit gondok dapat berkembang.
  • Penyakit Graves.
    Disaat kelenjar tiroid anda menghasilkan hormon tiroid (hipertiroidisme) terlalu banyak, terkadang dapat terjadi penyakit gondok. Kelenjar tiroid anda telah diserang sistem kekebalan tubuh secara keliru yang memproduksi antibodi pada penyakit graves. Mengakibatkan ia menghasilkan kelebihan tiroksi. Overstimulasi ini menyebabkan membengkaknya tiroid anda.
  • Penyakit Hashimoto.
    Penyebab penyakti gondok juga oleh tiroid (hypothyroidism) yang kurang aktif. Seperti penyakti graves, gangguan atoimun atau penyakit hashimoto, namun bukannya menyebabkan telalu banyak hormon yang dihasilkan oleh tiroid, kerusakan hashimoto sehingga menghasilkan terlalu sedikit tiroid anda.
  • Gondok Multinodaula.
    Dalam hal ini berkembang di kedua sisi tiroid anda, ada beberapa benjolan padat atau berisi cairan yang disebut nodul. Sehingga keseluruhan kelenjar mengalami pembesaran.
  • Nodul tiroid soliter.
    Dalam kondisi ini, di salah satu bagian dari kelenjar tiroid anda bahwa nodul tunggak akan berkembang. Sebagian besar nodul merupan non-kanker (jinak ) dan tidak akan berakibat kanker.
  • Kanker tiroid.
    Daripada nodul tiroid jinak, kanker tiroid ini kurang umum. Dengan pembesan, di salalh satu sisi tiroid akan muncul kanker tiroid ini.
  • Kehamilan.
    Selama kehamilan akan menghasilkan sebuah hormon yaitu human chorionic gonadotropon (HCG). Kelenjar gondok anda akan memperbesar sedikit.
  • Peradangan.
    Tiroiditis merupakan rasa sakit dan pembengkakan di tiroid yang di sebabkan kondisi peradangan tersebut. Maka dari itu produksi tiroksin akan rendah disebabkan hal tersebut. 

Jenis penyakit gondok :

Gondok memiliki beberapa jenis seperti gondok konginetal atau di dapat, endemik atau sporadik dll:

a. Gondok konginetal
Gondok ini dapat dari akibat pemberian obat obat antitioid, terjadinya disaat kehamilan atau pernah melakukan pengobatan tirotoksikosis dan yodium dan secara umum bersifat sporadis. Plasenta dilewati oleh yodium dan obat obat goitrogenik dan dapat menggangu sintesis hormon tiroid disaat pemberian dosis yang tinggi.

b. Gondok endemik dan kretinisme.
Selama lebih dari setengah abad yang lalu, telah diketahu hubungan antara definis diet yodium dan prevalensi gondok atau kretinisme.

c. Gondok yodium.
Mengobati pada sejumlah keci penderita dengan sediaan yodium akan berkembang menjadi gondok selam periode. Yodium pada umumnya akan dimasukkan pada ramuan paten untuk asma dan obat batuk karena pengaruh ekspektorannya.

d. Gondok sederhana (gondok koloid).

Gondok sederhana diderita oleh beberapa anak dengan gondok non toksik eutiroid, tidak diketahu keadaan yang etiologi yang hiportiroidisme atay hipertitoidismenya tidak terkait dan radang atay neoplasia penyebabnya. Pada anak perempuan, keadaanya ini terutama dan sebelum dan selama masa pubertas merupakan puncak terjadinya hal itu. Pada dan epitel pipih, pemeriksaan histologis tiroid normal atau menunjukkan berbagai ukuran kolloid.

e. Gondok Multinodular.
Jarang dijumpai gondok yang kerasa dengan permukaan berlobusi da tunggal atau banyak nodulus yang dapat diraba. Mungkin ada, di daerah perubahan kistik, perdarahan dan fibrosis. Dengan penggunaan garam beryodium, insiden semacam ini telah menurun secara tajam.

f. Gondok intrakea.
Didalam trakea yang merupaka salah satu dari banyak lokasi ektopik jaringan tiroid. Terletaj dibawah mukosa trakea, tiroid intrlumen berada dan dengan tiroid ekstratrake sering berlanjut yang berada secara normal.

Ciri ciri penyakit gondok beracun :

Penyakit gondok adalah suatu penyakit yang memang sangat berbahaya dan seseorang merasa tersiksa karenanya serta untuk jiwa kita sangat berbahaya. Kepada siapa saja bisa terserang oleh penyakit gondok ini, termasuk pada anak anak yang harus dalam pengawasan orang tua. Agar lebih jelas lagi berikut diulas tentang penyakit gondok beracun sebagai berikut. Gondok beracun adalalah kelenjar tiroid yang berbentuk kupu kupu di pangkal tenggorokan mengalami pertumbuhan atau pembengkakan. Sebenarnya gondok itu dibagi menjadi 2 bagian yaitu gondok biasa dan gondok beracun. Nah bila tidak segera kita obati sedini mungkin, penyakit gondok beracun ini akan berbahaya.

Penyebab penyakit gondok beracun adalah pada kelenjar tiroid yang beraksi dengan hormon tiroid yang bekerja sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia mengalami gangguan. Begitu pula, pada ibu hamil yang kekurangan yodium terkadang menyebabkan bayinya meninggal dunia atau mengalami keterlambatan mental dan atau tuli (kretinisme) pada bayi yang dilahirkan. Walapun ibu tidak menderita penyakit gondok, hal tersebut dapat terjadi. Maka dari itu bagi anda segeralah melakukan penangan ataupun pengobatan secara alami yang tidak ada efek samping apapun untuk penderita bila anda menderita penyakit gondok beracun tersebut.

Ciri ciri dan gejala penyakit gondok beracun yang patut diwaspadai adalah sebagai berikut :
  • Pada tenggorokan timbul tonjolan kecil, terus membengkak dan semakin terlihat besar tonjolan tersebut di tenggorokan.
  • Mulai menurunnya dan berkurang selera makannya. Ketika terganggunya kelenjar tiroid pada tenggorokan, selera makan menjadi menurun yang cukup drastis. Penyebabnya adalah karena susah menelan.
  • Ketika mengunyah atau menelan makanan, mulut terasa tegang dan nyeri
  • Suhu tubuh tinggi (panas) disaat malam hari.
  • Kadang kala sering dengungan di telinga
  • Sakit tenggorokan. Gejalan umum yang dirasakan adalah gejala sakit tenggorokan, walaupun tidak dapat dijadikan sebagai tolak ukur dari timbulnya penyakit gondok karena gejala sakit tenggorokan.
  • Menurunnya konsentrasi
  • Di bagian leher atau tenggorokan merasakan sakit.

Ciri ciri penyakit gondok pada anak :

Penyebab distres pernapasan yang mengganggu menyusui dan bahkan dapat menyebabkan kematian merupakan penyebab pembesaran tiroid pada saat lahir yang kadang kala.

Pada bayi hepertiroid kongenital, hampir selalu ada gondok. Pada anak ini, biasanya tidak besar penyakit gondoknya, bayai memperlihatkan gejala klinis hipertiroidisme dan ibu sering mempunyai riwayat penyakit gravers. Kalau tidak dapat mengetahui faktor penyebabnya, harus mencurigai defek pada sintesis hormon tiroid. Defek yang demikin ini banyak diderita pada program skrining neonatus yang ditemukan satu dari 30.000 – 50.000 kelahiran hidup.

Salah jenis penyakti yang menular adalah penyakit gondongan atau penyakit gondok. Bisa terjadi penularannya lewat tetesan air liur yang terinfeksi yang berasal dari mulut dan selanjutnya lewat bersin dan juga batuk cara penyebarannya. Di saat infeksi paparan dari virus penyakti gondongan dialami oleh orang sehat, jadi untuk bisa menimbulkan suatu gejala gondongan, biasanya membutuhkan waktu sekitar 12-25 hari. Dan selama 1-2 hari yang dibutuhkan bila anak yang tidak sehat sebelum munculnya pembengkakan yang terjadi di bagian bawah didekat telinga.

Penularan virus yang terjadi pada seseorang paling tidak sekitar 6 hari sebelum mengalami sakit, sampai sekitar 9 hari sesudah terjadinya proses. Bila sebelum 9 hari, pembengkakan memang sudah kempes terjadi, maka dari itu orang tersebut tiakan akan lagi menular. Dan haru tinggal jauh dari orang yang sehat, bagi anak anak serta orang dewasa yang mengalami penularan. Serta bisa menularkan penyakit ini kepada orang lain, walaupun orang itu tidak mempunyai masalah pada pembengkakan.

Gejala penyakit gondok :

Gejala penyakit gondok pada anak adalah :
  1. Penyakit gondok yang sedang tidak sehat atau dalam keadaanya sakit diderita sekitar kurang lebih dari 50% anaka anak yang sakit gondok.
  2. Demam, penurunan nafsu makan dan mengalami sakit kepala merupakan gejala pertama yang biasa terjadi.
  3. Kemungkina mengalami pembengkakan pada kelenjar liur atau parotis yang letaknya berada diantara rahang bagian belakang serta pada bagian telinga, setelah sekitar 1-2 hari menderita penyakit ini.
  4. Setelah pembengkakan terjadi pada kelenjar parotis, maka menjadi sangat berat sakit kepala yang terjadi juga. Dan tidak nafsu makan dan muntah terkadang terjadi.
  5. Sekitar 5-10 hari, biasanya gondongan yang muncul akan kempes dengan sendirinya.

Ciri ciri penyakit gondok pada orang dewasa :

Kelenjar tiroid bisa membesar pada gondok, sehingga menyebabkan membengkakknya leher. Bila saluran pernafasan dan saluran pencernaan tertekan oleh pembengkakan tersebut, jadi sulit bernafas dan susah menelan akan dirasakan oleh penderita. Dan ciri ciri penyakit gondok sebagai berikut :
  1. Pada tenggorokan timbul tonjolan kecil, terus membengkak dan semakin terlihat besar tonjolan tersebut di tenggorokan.
  2. Tidak nafsu makan terjadi pada tenggorkan, kelenjar tiroid terganggu.
  3. Saat makan dan minum merasakan sakit. Hal tersebut disebabkan oleh susahnya menelan
  4. Mulai terasa tegang dimulut dan kering
  5. Mengunyah atau menelan makan terasa nyeri
  6. Suhu tubuh tinggi (panas) disaat malam hari
  7. Kadang kala pada telinga mengalami dengungan.
  8. Adanya infeksi kelenjar akan menimbulkan peradangan yang sakit
  9. Deman dengan rasa sakit kepala akan terjadi.
  10. Dibagian wajah atau telinga akan menimbulkan rasa sakit

Pencegahan penyakit gondok :

Karena kekurangan yodium, timbul penyakit gondok, jadi dengan mengkonsumsi garam yang mengandung yodium tinctura (larutan yodium dalam alkohol) merupakan langkah utama untuk mencegah penyakit gondok.
Pada makanan dicampurkan ganggang laut untuk dikonsumsi selain itu seafood (seperti kepiting, kerang, ikan laut dll) juga dikonsumsi merupakan hal yang juga dipercaya
makanan yang dapat mengurangi hormone tiroksin, seperti kol, kacang kedelai, kacang tanah, kacang polong, bayam dan stroberi harus dihindari.

Obat herbal tradisional alami penyakit gondok :

Apakah ada obat penyakit gondongan pada anak dengan cara alami?. Karena disebabkan oleh virus, maka gondongan tidak akan merespon obat antibiotik. Tapi untuk mengatasi gondongan, ada banyak resep yang patut dicoba. Bisa menggunakan resep alami dan tradional buatan sendiri disaat anak anak atau anggota keluarga yang lainnya terkena penyakit ini dan anda ingin membantu.

Berikut beberapa resep alami untuk gondongan yang dapat dicoba adalah:

Menggunakan rempah tropis
Rempah tropi merupakan salah satu resep untuk mengobati gondongan. Dengan cara sebagai berikut biji klabet danbisji asparagus ditumbuk sampai seperti pasta. Setelah pasta dioleskan pada area yang terkena gondongan, oleskan pasta secara tipis saja kemudian dibiarkan hingga kering.

Menggunakan obat herbal jahe
Jahe merupakan salah satu obat herbal yang digunakan untuk mengobati gondongan. Dengan cara sebagai berikut, tumbuk jahe hingga halus yang sebelumnya dikupas kulit jahe terlebih dahulu. Setelah ditumbuk lembut, maka ditambah sedikit air agar bisa dioleskan di area bengkak akibat gondongan. Atau bisa dengan cara lain yaitu tumbukan tersebut dikompreskan untuk mengompres di area yang bengkak.

Menggunakan kunyit dan bubuk margosa
Kunyit dan bubuk margosa merupakan resep alami selanjutnya. Dengan cara sebagai berikut campurkan antara kunyit dan bubuk margosa. Setelah itu dibentuk sampai menyerupai pasat untuk digunakan sebagai obat. Campuran tersebut dioleskan pada area tubuh yang bengkak.

Dengan memanfaatkan bahan bahan yang bisa dibuat sediri dirumah dengan mudah tanpa harus menggunankan resep dari dokter karena pada dasarnya gondongan dapat diobati dengan mudah. Virus penyebab gondongan akan segera menyingkiri dari anda dengan kesabaran dan sedkikit ketelatenan.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Gondok & Obat Herbalnya | Unknown | 5