Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Gagal Ginjal & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Gagal Ginjal & Obat Herbalnya

Penyakit ginjal kronik :

Ginjal merupakan salah satu organ pengeluaran atau ekskresi, ginjal berfungsi untuk membuang atau mengeluarkan sisa dari sistem metabolisme yang terjadi pada tubuh kita. Dan selain itu dalam sehari, secara sistematis ginjal mengeluarkan atau membuang cairan yang menumpuk dan berlebih didalam tubuh 750 ml sampai 1500 ml. Dan jika fungsi ginjal tidak berjalan dengan baik, maka hal tersebut bisa dikatakan dalam kondisi gagal ginjal. Dari tubuh tidak bisa mengeluarkan sisa sistem metabolisme yang mengakibatkan berubah menjadi racun dan bagi kesehatan tubuh kita pasti sangatlah berbahaya.

Keluhan seperti muntah dan mual, sakit kepala yang luar biasa serta kesadarang akan menurun, hal tersebut disebabkan oleh toksin atau racun ini. Dan cairan dalam tubuh yang tidak dapat dikeluarkan akan bisa menyebabka penumpukan akan muncul dari cairan didalam rongga tubuh. Sehingga nafas akan menjadi sesak dan sembab. Dan jika tidak segera mendapatkan penangan, maka mereka beresiko gagal ginjal yang akan dialaminya. Dan atau dapat beresiko mengalami kematian.

Ada 2 jenis menurut kejadian dari gagal ginjal yaitu gagal ginjal akut yang muncul tiba tiba dan gagal ginjal yang mucnul dalam hitungan hari atau minggu saja. Tapi yang kejadianya menahun adalah penyakit gagal ginjal kronik karena biasanya muncul dengan perlahan lahan. Penyakit ginjal yang satu dapat terjadi disebabkan karena adanya kejadian secara akut seperti saluran ginjal tersumbat karena batu, selain itu mengalami diare yang mengakibatkan kekurangan cairan kare tidak segera mendapatkan penanganan, serta kekurangan darah oleh mereak akibat luka atau operasi. Bila tidak segera mendapatkan penanganan, maka statusnya dapat berubah dari penyakti gagal ginjal akut menjadi penyakti gagal ginjal kronik.

Gejala penyakit ginjal biasanya diawali dengan rasa nyeri muncul di daerah pinggang dan rasa nyeri ini aka tersebar ke seluruh bagian tubuh sampai bagian pangkal paha. Anda akan merasakan sakit disaat anda sedang buang air kecil. Tapi warna urine yang keluar kemerahan bukan berwarna putih kekuningan dan bahkan ada warna urine nya sampai berwarna cokelat. Muntah serta mual akan biasanya menyertai di gejala penyakit ginjal. Selain gejala tersebut semakin sering frekuensi dari buang air kecil dibandingakan sebelum menderita penyakit ini. Bahkan disaat terjadi infeksi, para penderita penyakit ginjal akan mengalami demam dengan suhu yang sangat tinggi.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit batu ginjal  & obat herbalnya. 

Penyakit ginjal bocor:

Istilah ginjal bocor, masyarakat awam masih asing mendengarnya. Juga tidak jelas dengan penyakit ginjal bocor dalam kedokteran, sebenarnya penyakit ginjal bocor tidak ada melainkan yang ada sindro nefrotik. Kita harus mewasdai dengan kondisi ini, karena dalam dunia kedokteran, masalah ginjal bocor diartikan suatu kondisi dengan ditanadi kumpulan gejala yang menyangkut mengenai kinerja organ ginjal. Istilah ginjal bocor biasanya digunakan lebih mengacu pada protein yang ditemukan disaat sedang melakukan pemeriksaan urine, dan tidak ditemukan kandungan protein didalam urine pada kondisi normal. Dan setelah melakukan olahraga, atau juga mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu dalam kondisi ini, biasanya didalam urine hanya mengandung sedikit protein yang terkandung dimana ditujukan dengan nilai positif 1 dalam suatu pemeriksaan dan bersifat sementara saja pada hal tersebut.

Dalam dunia kedokteran penyakit ginjal bocor disebut dengan sindrom nefrotik merupakan suatu keadaan pada penyakit ginjal yang biasanya anak anak yang lebih sering terserang. Hal ini adalah suatu keadaan yang ditandai dimana urine atau proteinuria didalamnya mengandung protein. Selain itu kadar albumin didalam darah mengalami penurunan, kadar kolesterol menjadi meningkat inggi didalam darah serta pada tubuh ada pembengkakan. Biasanya pada anak-anak dan juga dewasa, penyakit ginjal bocor ini menyerangnya. Anak-anak usia 3-4 tahun biasanya lebih sering terserang. Dan dalam bentuk sindrom nefrosis atau disebut dengan minimal change disesase yang biasanya sebagian besar dialami oleh anak-anak. Perubahan minimal merupakan tanda dari penyakit ini.

Fungsi ginjal adalah untuk menyaring saat dalam keadaan normal, sehingga dari dalam tubuh, protein tersebut tidak bisa keluar, dan proteine yang keluar dari tubuh dengan jumlah berlebih, maka secara otomatis kadr protein akan ikut menurun yang ada didalam tubuh.

Dan sifat albumin tadi adalah dari dalam pembuluh darah supaya bisa menahan cairan agar tidak keluar. Ketika kekurangan albumin dialami oleh tubuh, maka dari dalam pembuluh darah, cairan tadi akan merembes keluar dan pada akhirnya akan menyebabkan pembengkakan tubuh. Dan jika sudah seperti itu, maka penyesuaian akan dialami tubuh kit karena asupan albumin berkurang. Dan cara yang dilakukan salah satunya dengan lemak yang ada disemua tubuh dipecah, sehingga kolesterol sebagai akibatnya.

Jadi ginjal bocor mempunyai gejala yang paling utama sebagai berikut :
  • Dari dalam urine akan keluar protein
  • kadar albumin akan berkurang
  • pembengkakan pada tubuh
  • kolesterol meningkat 

Perbedaan gagal ginjal dan ginjal bocor :

Penyakit gagal ginjal tidak sama dengan penyakit ginjal bocor. Bila berhubungan dengan fungsi ginjal adalah penyakit gagal ginjal, sedangkan berhubungan denan saringan ginjal adalah penyakti ginjal bocor. Dan biasanya saja ginjal bocor dialami oleh seseorang, namun ginjal masih berfungsi dalam keadaan normal dari fungsi ginjal. Walaupun seperti itu, dengan penanganan pada penyakit ginjal bocor bisa memberi resiko gagal ginjal.

Agar bisa menegakkan diagnosis apakah penyakit ginjal bocor dialami seseorang atau tidak, maka dari lewat tes laboratorium, anda dapat mengetahui tentang penyakit yang dideritanya. Dan supaya bisa menegakkan diagnosis penyakit bocor maka dari itu hal tersebut harus dilakukan (tes laboratorium). Selain itu, ginjal bocor ditandai dengan salah satu gejalanya yaitu pada tubuh mengalami pembengkakan. Tapi ginjal bocor itu tidak semua ditandai oleh tubuh membengkak. Dan dengan lewat tes urine adalah diagnosis yang paling awal yang harus dilakukan. Bila didalamnya mengandung kadar protein yang tinggi, maka untuk mengatasi ginjal bocor dan penyembuhan harus segera mendapatkan penanganan.

Faktor penyebab gagal ginjal:

Akan berbahaya bila fungsi ginjal tidak dapat bekerja dengan baik dan ada penyebab fungsi ginjal tidak dapat digunakan dengan baik yang disebabkan oleh beberapa penyebab gagal ginjal. Oleh karena itu penyebab gagal ginjal yang disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut :
  1. Penyakit darah tinggi
    Seluruh kesehatan tubuh akan terganggu karena akibat dari tekanan darah menjadi tinggi dan akhirnya berbagai penyakit komplikasi akan terjadi. Gagal ginjal pun disebabkan akibat tingginya tekanan darah ataupun akibat penyakit darah tinggi. Maka dari itu sebaiknya segera diatasi dengan baik bila memiliki tekanan darah tinggi yang tidak normal agar tidak akan semakin terus dan penyebab gagal ginjal terjadi.
  2. Penyakit kencing manis
    Berbagai penyakit juga bisa diakibatkan karena kadar gula darah yang tidak normal selain dari tekanan darah tinggi. Jika terlalu tinggi kadar gula darahnya maka fungsi ginjal pun bisa mengalami penurunan. Maka dari itu penyebab gagal ginjal salah satunya dari penyakit kencing manis.
  3. Batu ginjal
    Penyebab gagal ginjal bisa disebabkan karena pengcristalan pada zat purin dan zat lain didalam ginjal yang menyebabkan batu ginjal. Bila sering terjadi batu ginjal dan juga tidak mengeluarkan dengan baik. Oleh sebab itu segera dikeluarkan bila memiliki batu ginjal agar penyebab gagal ginjal tidak terjadi.
  4. Infeksi ginjal
    Akibat batu ginjal terjadi maka infeksi ginjal bisa terjadi. Oleh sebab itu dinding ginjal bisa tergores karena terlalu besarnya batu ginjal dan infeksi ginjal terjadi karena akibatnya dan semakin parah juga infeksi ginjalnya, sehingga bisa terjadi penurunan fungsi ginjal juga dan juga penyebab gagal ginjal terjadi.
  5. Minuman tidak sehat
    Minuman, minuman berenergi, minuman berwarna, minuman beralkohol dan minuman bersoda bisa juga menjadi penyebab gagal ginjal. Karena terjadinya penyebab gagal ginjal bila fungsi ginjal terjadi penurunan akibat tidak sehatnya kandungan minuman tersebut.

Ciri ciri gejala penyakit ginjal pada wanita :

lalu bagaimana pada wanita mengalami gejala sakit ginjal? Seperti pembahasan pada awal yang tadi sudah dikatakan. Pada dasarnya gejala atau ciri ciri sakit ginjal pada wanita tidak terlalu berbeda dengan pada pria yang mengalaminya. Dimana ciri ciri gejala tersebut yaitu :

1).Rasa gatal yang berlebihan
Saat fungsi ginjal anda sudah tidak normal, maka dari itu tumpukan kotoran dari sisa metabolisme karena yang diakibatkan hal tersebut. Rasa gatak yang berlebihan dan tidak sewajarnya disebabkan hal tersebut. Bahkan bisa secara terus menerus rasa gatal itu terjadi sampai luka dan pendarahan akan timbul karena menggarukanya terlalu sering. Ada bagian tangan, pergelangan kaki atau pergelangan tangan, dan bisa juga dirasakan di bagian tubuh lain akan merasakan gejala sakit ginjal. Jadi jika gejala gatal yang terlalu berlebihan berulang kali anda rasakan, maka diri anda harus diperiksakan ke dokter.

2).Menderita sesak napas
Merasakan sesak napas atau sulit bernapas merupakan gejala selanjutnya yang anda rasakan. Akan membuat penumpukan cairan didalam tubih anda karena ginjal yang tidak berfungsi secara normal. Bahkan cairan tersebut di paru paru anda aan memungkinakan menumpuk sehingga seolah olah paru paru anda dan sesak napas atau sulit bernapas akan anda rasakan. Pasokan oksigen yang membawa sel darah merah berkurang, maka akan kekurangan oksigen untuk tubuh atau mudah habisnya napas anda.

3).Menggigil kedinginan
Juga ditandai dengan rasa dingin yang dirasakan tubuh sepanjang waktu yang merupakan salah satu gejala batu ginjal pada wanita. Karena gangguan pada ginjal yang disebabkan hal tersebut yang juga bisa mengakibatkan anemia atau kekuran sel darah merah diderita oleh anda. Dan yang mengakibatkan anda bisa merasa kediinginan karena anemia itu pula. Di beberapa kasus sakit ginjal, biasanya akan merasa dingin bahkan sampai menggigil saat mulai tengah malam yang akan dirasakan oleh penderita penyakit ginjal ini. Oleh sebab itu bila suhu tidak terlalu dingin tapi anda sangat mudah merasakan kedingian, maka harus diwaspadai oleh anda tentang kondisi tubuh anda sendiri dan segeralah ke dokter untuk memeriksakan diri anda.

4).Pusing dan sulit konsentrasi
Seperti pada poin sebelumnya yang sudah dibahas, salah satu gejala sakit ginjal pada wanita adalah anemia yang disaat tengah malam bisa mengakibatkan rasa dingin. Nah selain rasa dingin, ternyata anemia juga penderita sakit ginjal, otaknya tidak bisa menerima cukup asupan oksigennya. Hal tersebutlah yang menjadikan sering pusin dan sulit konsentrasi saat melakukan aktivitas karena penderita sakit ginjal. Bahkan anda bisa jatuh karena rasa pusing yang semakin parah karena saat berjaln anda kehilangan keseimbangan.

5).Merasa sakit di sekitar pinggang
Sudah cukup umum diketahui oleh masyarakat dan sudah sering dibahas dengan gejala sakit ginjal pada wanita ini yaitu merasa sakit di sekitar pinggang. Pada bagian pinggang akan biasanya terasa sakit yang diakibatkan karena gangguan atau sakit yang terjadi paa ginjal. Salah satu ciri ciri atau gejala batu ginjal pada wanita adalah terjadi dalam kondisi ini yang biasanya mengakibatkan terjabaknya batu ginjal dalam ureter. Hal itulah yang mengakibatkan rasa nyeri tersebut. Walaupun hanya sesekali terasa pada awal rasa nyeri terjadi mengakibat penyakit ginjal yang anda rasakan semakin lama semakin parah karena kondisi tersebut. Maka akan lebih sering muncul rasa sakit itu dan lebih lama berlangsungnya.

6).Gangguan hormon
Ginjal tidak bekerja optimal dalam memproduksi hormon atau ekstra hormon diakibatkan gangguan yang menyerang ginjal. Dan akibatnya, semakin meningkatnya tekanan darah. Sedangkan hormon-hormon lain justru berkurang produksinya. Hal ini yang nantinya menyebabkan para penderita ginjal baik wanita ataupun pria akan mudah lelah yang dirasakan, anemia atau sel darah merah berkurang dan osteoporosis dialami oleh penderitanya.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit ginjal  & obat herbalnya. 

Ciri ciri gejala penyakit ginjal pada pria :

Oleh penderitanya, gagal ginjal pada tahap awal akan tidak disadari, karena tidak terlalu menunjukan gejalanya. Tetapi ada pula gejala yang akan di rasakan pada saat sakit gagal ginjal. Dan bila mengalami sakit gagal ginjal, berikut beberapa gejala yang akan terjadi :
  1. Sesak nafas
    Gejala sakit gagal ginjal yang sering dialami adalah sesak nafas. Sesak nafas itu menyebabkan oleh terlalu kuatnya paru-paru dalam bekerja untuk membantu tubuh untuk didalam tubuh bisa menetralkan atau menyeimbangkan tingkat keasamanya yang disebabkan tidak dapat bekerja secara maksimal ginjal tersebut.
  2. Urin berbau
    Karena tidak melakukan pengobatan dengan baik maka pada saat buang air kecil bisa dirasakan karena mengalami sakit gagal ginjal yang semakin hari semakin parah. Karena aroma urine yang tercium sangat menyengat dan tidak sedapa pada saat buang air kecil.
  3. Kencing darah
    Tanda sakit gagal ginjal yaitu kencing yang bercampur darah. Ginjal mengalami infeksi yang telah cukup parah mengakibatkan kencing darah mungkin dialami dan ginjal berakibat terluka dan menyebabkan sakit gagal ginjal dan gejala yang ditimbulkan adalah pada saat buang air kecil keluar bersama dengan darah.
  4. Pembengkakan
    Pembengkakan pada tubuh bisa terjadi dan penumpukan cairan di karena gejala dari sakit gagal ginjal. Karena hal tersebut terjadi pembengkakan dibagian kaki atau terlihat ukurannya bertambah besar. Bisa semakin parah pembengkakannya sampai tidak hanya pada bagian kaki saja semakin membesar tapi pembengkakan dialami dibagian lain akitba dari sakit ginjal yang dideritanya.
  5. Mudah lelah
    Daya tahan tubuh menjadi turun yang disebabkan oleh sakit gagal ginjal, sehingga akan membuat sangat lemah kondisi tubuh penderita. Hal ini disebabkan racun yang tidak dapat disarig dengan baik yang tercampur oleh darah. Sehingga kondisi tubuh menjadi lemah sebagai efek sampingnya. 

Ciri ciri gejala penyakit ginjal bocor:

Salah satu kondisi serius yang terjadi pada ginjal adalah ginjal bocor, dimana kebocoran pada ginjal terjadi akibat penurunan sel sel pada ginjal dalam menghambat protein keluar atau albumin didalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan fungsi ginjal tidak baik atau fungsinya hilang. Penyakit ginjal termasuk penyakit berbahaya dan jiwa bisa terancam, utnuk itu anda harus mengetahui gejalanya sejak dini yang merupakan langkah baik.

Ciri ciri gejala penyakit ginjal bocor :
  • Berbusanya air kencing atau urine
  • Didalam urine ada protein
  • Pada pergelangan tangan dan kaki dan sekitar mata mengalami pembengkakan
  • Karena penyimpanan cairan yang banyak maka berat badan bertambah
  • Berkurangnya volume urine
  • Menyusutnya massa otot
  • Penyumbatan pertumbuhan pada anak akan terjadinya
  • Pada lapisan perut akibat infeksi mengalami peradangan
  • Pada perut mengalami pembengkakan 

Obat penyakit ginjal alami herbal yang ampuh :

Daun sukun sebagai pengobatan gagal ginjal
Bukan hanya asal dipilihnya daun sukun, tapi memang sudah mengalami dengan sangat rumit dalam penelitiannya. Diketahui bahwa berbagai unsur kimia alami yang dibutuhkan oleh tubuh terkandung pada daun sukun. Tanpa cuci darah, bahan herbal ini akan menjadi pengobatan gagal ginjal, serta dapat membatu kondisi ginjal kembali seperti sedia kala. Kandungan yang terdapat di daun sukun adalah asam hidrosianat, tannin dan flavoid. Tidak hanya itu jufa terdapat aseticolin dan juga riboflavin memiliki sifat recovery yang cukup baik bagi ginjal.

Daun sukun juga terbuksi ampuh utuk mengobati penyakit yang lainnya selain untuk mengobati penyakit ginjal. Seperti kadiovaskuler yang bisa diobati dengan obat herbal ini. Bahan hal ini sangat baik oleh penderita diabetes yang mengonsumsinya, bahkan tanpa di laboratorium pabrik untuk mengolahnya secara canggih.

Daun sukun berkhasiat sebagai obat gagal ginjal
Selain cuci darah anda bisa menggunakan daun sukun sebagai alternati pengobatan gagal ginjal. Tentunya jauh lebih ekonomis pengobatannya dan efek samping tidak ditimbulkan. Berikut cara membuat obat herbal dengan daun sukun :
  • daun sukun disiapkan beberapa lembar daun, kemudian terlebih dahulu cuci bersih daun sukunnya
  • dengan air secukupnya rebus daun sukun tersebut, tunggu sampai mendidih dan diusahakan daun sukunt tersebut sampai hancur didalam air
  • dinginkan air rebusan tersebut dan saring air rebusan daun sukung tersebut dan hanya menyisakan air rebusannya saja.
  • Seusai makan berat, konsumsi air rebusan tersebut 2 kali sehari di pagi dan sore hari
Terbukti ampuh cara pengobatan ini agar nyeri pada ginjal bisa berkurang dan secara perlahan fungsi ginjal bisa dikembalikan seperti semula. Air rebusan daun sukun juga bisa membantu agar gula darah dalam tubuh turun.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Gagal Ginjal & Obat Herbalnya | Unknown | 5