Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Campak & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Campak & Obat Herbalnya

Pengertian penyakit campak :

Penyakit Campak ( Measles, Campak 9 hari, Rubeola ) adalah suatu infeksi virus yang sangat menular. Penyakit campak di tandai dengan batuk, demam, konjungtivitisikat dan ruam kulit.Penyakit campak ini di sebabkan karena oleh infeksi virus campak golongan Paramixovirus.Penularan infeksi virus campak terjadi karena menghirup udara yang sudah terkontaminasi serta terkena percikan ludah penderita campak. Penderita penyakit campak bisa menular ruam kulit ada.

Sebelum vaksinasi campak digunakan secara meluas, biasanya wabah penyakit campak terjadi setiap 2-3 tahun, terutama pada anak-anak usia pra-sekolah dan anak-anak SD.Jika seseorang pernah menderita penyakit campak, maka seumur hidupnya biasanya dia akan kebal terhadap penyakit ini.

Penyakit virus yang mudah sekali menular dan dapat mendatangkan komplikasi adalah penyakit campak. Penyakit ini menyerang hampir semua anak dibawah umur 5 tahun, anak remaja atau dewasa muda pun yang tidak terlindungi oleh imunisasi bisa juga terserang penyakit campak. Anak-anak yang sehat dan bergizi baik apabila terserang penyakit campak sebetulnya tidak berakibat fatal, sehingga bila sistem imunitas kurang menjadi sangat berbahaya yang disebabkan oleh virus ini. Bila daya tahan tubuh kuat, bisa juga anak tidak terkena campak sama sekali, karena campak hanya akan menulari sekali seumur hidup.

Saat penderita batuk atau bersin biasanya menularkan campak melalui udara didalamnya. Infeksi manusia yang paling muda ditularkan salah satunya adalah campak. Infeksi campak dapat diakibatkan bedara didalam ruangan yang sama dengan seseorang penderita campak.

Setelah ruam atau bercak merah makulopapuler (istilah kedokteran bercak merah) timbul di saat sebelum gejala ada samapi empat hari, biasanya penderita penyakit campak dapat menularkan penyakitnya.

Dalam waktu sekitar satu minggu biasanya bercak memenuhi seluruh tubuh. Namun jika bercak merahnya tak terlalu menyebar dan tak terlalu penuh bila daya tahan tubuhnya baik. Bercak merah pada capak harus keluar sebab kalau tidak dikeluarkan justru membahayakan, semua itu anggapan yang salah dan harus diluruskan. Tanda ringan beratnya penyakit adalah jumlah bercaknya, semakin banyak bercaknya semakin berat penyakitnya. Agar pada anak tidak sampai muncul disekitar tubuh akan diusahakan oleh dokter.

Virus RNA beruntai tunggal merupakan keluarga pramyxovirus dan genus mobillivirus disebut dengan Virus Campak / Virus Rubella. Virus campakini tidak aktif oleh panas, cahaya, pH asam, eter dan tripsin (enzim) melainkan virus campak hanyak menginfeksi manusia. Kelangsungan hidupnya singkat di udara, atau pada benda dan permukaan dalam waktu singkat.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit herpes  & obat herbalnya. 

Mekanisme virus campak/ virus rubella menular dan komplikasinya :

Di dalam lendir di hidung dan tenggorokan orang yang terinfeksi terdapat virus campak. Saat bersin atau batuk penularan campak dapat terjadi. Saat mereka bernapas atau memasukkan jari-jari meraka di dalam mulut atau hidau setelah menyentuh permukaan yang terindeksi, lendir yang terinfeksi dapat hingga di hidung orang lain. Selama 2 jam di permukaaan yang terinfeksi viru tetap aktif dan menular. Siapa pun yang tidak diimunasai campak akan ditramisi campak terjadi secara begitu mudah.

Orang yang terinfeksi virus campak/ virul rubella sebagian besar sembuh, tapi jangan dianggap sepele komplikasi campak. Komplikasi campak akan berkembang sekitar 6 sampai 20 persen orang yang terkena penyakit. Hampir 1 dari setiap 10 anak yang mendapatkan infeksi virus campak disebabkan infeksi telinga. Campak yang mendapat pnemonia sebanyak 1 dari 20 anak dan campak berkembang ensefalitis terdapat pada sekitar 1 di setiap 1.000 anak.

Penyebab penyakit campak :

Penyebab campak dikarenakan terdapat 2 jenis virus yaitu rubeola dan rubella. Jenis campak disebabkan virus yang berbeda. Campak merah yang terkenal atau disebut juga campak keras disebabkan virus rubeola. Kondisi juwa sepeti pnemonia dan ensefalitis disebabkan penyakit ini, walaupun kebanyakan orang sembuh dari penyakit ini.

Disisi lain, campak jerman disebabkan virus rubella. Beberapa kerusakan terutama pada ibu hamil yang juga disebabkan campak jerman, walaupun dianggap bentuk campak yang lebih ringan, yang membuat anak yang belum lahir beresiko lebih tinggi memiliki cacat lahir yang yang disebabkan campak jerman ini.

Baik rubeola maupun rubella bersifat sangat menular. Rubeola merupakan salah satu virus yang paling cepat menyebar, yang diketahui manusia.. Untungnya, banyak tersedia vaksin campak ini, itu sebabnya kenapa wabah campak jarang terjadi di banyak negara lain sebagai alasanya di seluruh dunia. Tapi, virus ini dapat tersebar dengan cepat di daerah yang sangat rentan terserang. Karena hal ini Sebelum gejala utama dari penyakit campak muncul membutuhkan 7-18 hari.

Campak, rubeola atau measles (di beberapa daerah disebut juga sebagai tampek, dabaken atau morbili) adalah penyakit infeksi yang menular atau infeksius sejak awal masa prodromal, yaitu kisaran 3-4 hari pertama sejak munculnya ruam pada kulit.

Campak di sebabkan oleh virus campak ( Paramiksovirus ). Penularan terjadi melalui percikan ludah dari hidung, mulut maupun tenggorokan penderita campak (air borne disease). Masa inkubasi adalah 7-14 hari sebelum gejala awal muncul.

Kekebalan terhadap campak diperoleh setelah vaksinasi, infeksi aktif dan kekebalan pasif pada seorang bayi yang lahir ibu yang telah kebal (berlangsung selama 1 tahun). Orang-orang yang rentan terhadap campak adalah: - bayi berumur lebih dari 1 tahun - bayi yang tidak mendapatkan imunisasi - remaja dan dewasa muda yang belum mendapatkan imunisasi kedua.

Gejala penyakit campak secara umum:

Gejala penyakit campak mulai timbul dalam waktu 7-14 hari setelah terinfeksi, berikut tanda – tanda nya :
  • Batuk
  • Pilek
  • Badan Panas
  • Nyeri Tenggorokan Nyeri Otot
  • Mata Merah Bercak Koplik
Gejala penyakit campak pada 3-4 hari kemudian muncul bintik yang berwarna putih dengan ukuran kecil yang terdapat pada bagian mulut bagian dalam ( Bintik Koplik ).

Kemudian di 4-5 hari kemudian timbul ruam yang berwarna kemerahan pada bagian  kulit yang terasa agak gatal. Ruam ini bisa berbentuk ruam kemerahan yang mendatar ( Makula ) maupun ruam kemerahan yang menonjol ( Papula ).

Pada awalnya ruam tampak di wajah, yaitu di depan dan di bawah telinga serta di leher sebelah samping. Dalam waktu 1-2 hari, ruam menyebar ke batang tubuh, lengan dan kaki, sedangkan ruam di wajah mulai memudar.

Pada masa puncak penyakit, penderita merasa sangat sakit, ruam nya meluas serta suhu tubuhnya mencapai 50° Celsius. Pada 3-5 hari kemudian suhu tubuhnya turun, penderita mulai merasa baik dan ruam yang tersisa segera menghilang.

Penderita penyakit campak 4-7 hari mengalami demam, kecapaian, pilek, batuk dan mata yang radang dan merah selama beberapa hari diikuti dengan ruam jerawat merah yang mulai pada muka dan merebak ke tubuh.

Ciri ciri gejala penyakit campak pada bayi / anak :

Paramiksoviru, genus morbili menyebabkan penyakit campak pada anak. Di selaput lendir tenggorok, hidung dan saluran pernapasa dapat hidup dan berkembang biak virus campak. Udara atau semburan ludah (droplet) yang terisap lewat hidung atau mulut dapat dilalui penularan penyakit campak dengan berlangsung sangat cepat. Setelah bercak merah timbul pada fase kedua hingga 1-2 hari terjadilah penularan penyakit ini.

3 tahap pembagian penampilan klinis penyakit campak pada anak :
  1. Pada tahap ini orang yang sakit belum memperlihatkan gejala dan tanda di masa inkubasi yang berlangsung sekitar 10-12 hari yang merupakan fase pertama.
  2. Mulut muncul bintik putih ( bercak koplik dan kadang disertai mencret, mata merah berair, batuk pilek dan demam tinggi dapat mencapai 38-40 derajat celcius disebut timbil gejala yang mirip penyakit flu baru yang merupakan fase kedua (fase prodomal)
  3. Terjadi demam tinggi seiring yang ditandai dengan keluarnya bercak merah, tapi diseluruh tubuh bercak tidak langsung muncul, dengan kata lain secara bertahap dan merambat. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil dan warnapun khas merah, berawal dari belakang telinga, leher, dada, muka, tangan , kaki. Dalam waktu sekitar 1 minggu biasanya bercak memenuhi seluruh dan bila bercak merahnya sudah keluar, akan turun dengan sendiri demamnya. Ini merupakan fase ketiga. 

Ciri ciri gejala penyakit campak pada anak:

Penyakit ini terjadi bisa disebabkan dari beberapa tanda-tanda atau ciri-ciri yang merupakan gejala penyakit campak pada anak. Pada bagian kulit tubuh atau badan yang terjadi penyakit ini adalah campak. Pada tubuh diserang virus atau kuman, bakteri menyebabkan terjadi campak. Siapapun baik anak-anak atau pun dewasa bisa terjadi penyakit campak ini.

Mengkonsumsi air putih yang cukup dan melakukan imunisasi adalah cara pencegah penyakit campak. Kemudian pada anak-anak penyakit campak mempuyai gejalanya. Salah satu dengan menggunakan akar alang-alang juga sebagai obat tradisional untuk mengobai penyakit campak.

Gejala penyakit campak pada anak :
Ada beberapa gejala penyakit campak pada anak-anak selain dengan pernyataan yang tertera diatas. Berikut gejala gejala yang terjadi adalah :

1).Penyakit diare
Penyakit diare akan dialami pada anak merupakan gejala penyakit campak. Bagi yang sudah pernah mengalami campak, juga bisa mengalami penyakit diare karena bisa dialami pada siapa saja. Campak ini datang dan muncul bisa disebabkan jenis gejala ini. Oleh sebab itu, kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan harus dijaga oleh anda dengan benar, supaya tidak mudah terkena campak. Secara umum tubuh lain bisa juga terkena penyakit ini, bahkan siapa saja bisa tertular, bila tidak tepat dan cepat dalam mengatasi atau menangani dengan tindakan atau penanganan.

2).Mual dan muntah
Rasa ingin mutah akan dialami pada anak yang menderita campak sebagai gejala. Bagi yang sudah pernah mengalami campak akan mengalami muntah-muntah ini kepada siapa saja. Campak ini datang dan muncul bisa disebabkan jenis gejala ini. Agar tidak mengalami campak dengan mudah, maka anda harus bisa menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan benar. Bahkan siapa saja bisa tertular, pada umumnya penyakit ini bisa menjalar tubuh lain, apabila dengan penanganan yang tepat dan cepat tidak dilakukan dengan dengan benar.

3).Nyeri pada tubuh
Rasa nyeri pada bagian otot otot atau sendi akan dialami sebagai gejala penyakit campak pada anak. Bagi yang sudah pernah mengalami campak akan mengalami rasa nyeri atau sendi ini bisa terjadi pada siapa saja. Campak ini bisa datang dan muncul yang disebabkan jenis gejala ini. Agar tidak mengalami campak dengan mudah, anda harus bisa menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan benar. Apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yang tepat dan cepat maka secara umum siapa saja bisa tertular karena penyakit bisa menjalar ke tubuh lain.

4).Sakit tenggorokan
Gejala penyakit campak berikutnya adalah anak akan mengalami sakit tenggorokan. Bagi yang sudah pernah mengalami penyakit campak, sakit pada bagian tenggorokan ini pasti akan dialami. Jenis gejala inilah yang bisa menyebabkan campak ini datang dan muncul. Oleh karena itu jaga kesehatan tubuh dan kesehatan anda dengan benar agar tidak mudah terkena campak.Dimana umumnya penyakit ini bisa menjalar ke tubuh lain, dan bisa menularkan kepada siapa saja apabila tidak diatasi dengan penanganan yang tepat.

5).Penurunan nafsu makan
Nafsu makan yang hilang akan dialami sebagai gejala penyakit campak pada anak. Bagi yang sudah pernah mengalami campak akan mengalami hilang rasa nafsu makan ini bisa terjadi pada siapa saja. Campak ini bisa datang dan muncul yang disebabkan jenis gejala ini. Agar tidak mengalami campak dengan mudah, anda harus bisa menjag kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan benar. Apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penangann yang tepat dan cepat maka secara umum siapa saja bisa tertular karena penyakit bisa menjalar ke tubuh lain.

6).Batuk kering
Batuk kering akan dialami sebagai gejala penyakit campak pada anak. Bagi yang sudah pernah mengalami campak akan mengalami batuk kering ini bisa terjadi pada siapa saja. Campak ini bisa datang dan muncul yang disebabkan jenis gejala ini. Agar tidak mengalami campak dengan mudah, anda harus bisa menjag kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan benar. Apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penangann yang tepat dan cepat maka secara umum siapa saja bisa tertular karena penyakit bisa menjalar ke tubuh lain.

7).Sensitif dengan cahaya
Kesensitifan pada sinar cahaya akan dialami sebagai gejala penyakit campak pada anak. Bagi yang sudah pernah mengalami campak akan mengalami Kesensitifan pada sinar cahaya ini bisa terjadi pada siapa saja. Campak ini bisa datang dan muncul yang disebabkan jenis gejala ini. Agar tidak mengalami campak dengan mudah, anda harus bisa menjag kesehatan dan kebersihan tubuh atau badan dengan benar. Apabila tidak diatasi atau ditangani dengan tindakan atau penanganan yangt tepat dan cepat maka secara umum siapa saja bisa tertular karena penyakit bisa menjalar ke tubuh lain.

Apakah campak itu menular?

Penularan Penyakit Campak,Hal yang mempengaruhi atau juga distribusi dari penyakit campak atau Orang
Anak-anak usia dibawah 15 bulan, anak usia sekolah dan juga untuk anak remaja bisa diserang oleh salah satu bentuk penyakit menular yaitu penyai campak atau tampek. Tergantung dari kepadatan penduduk dan terisolasi atau tidak daerah itu penyakit campak atau tampek bisa tersebar berdasar dari usia dari satu daerah pada daerah lain. Tramisi dari penyakit campak atau tampek bisa terjadi dengan sangat tinggi terjadi pada daerah urban dengan penduduk yang tinggi.
  • Tempat
    Penyakit campak atau tampek berbeda berdasarkan dari lokasinya, biasanya terjadi setiap kurang lebih 2-3 tahun sekali terjadi di daerah perkotaan yang menjadi siklus campak, da sedangkan penyakit campak atau tampek di daerah seperti pedesaan biasanya frekuensinya jarang terjadi, tapi kemudian golongan umur yang rentan akan diserang bila sewaktu-waktu terjadi penyakit campak.
  • Waktu
    Penyakit campak atau tampek di indonesi terjadi sepanjang tahun berdasarkan dari suati hasil penelitian retrospektif yang dilakukan. Bulan mei, Agustus, September, serta Oktober menjadi puncaknya yang dibulan Maret sebagai awal peningkatan kasusnya. Tahun 1989 telah melakukanhal ini.
Terjadi kompikasi bisa ditimbulkan penyakit campak atau tampek. Karena adanya penurunan imunitas tubuh dengan umum bisa mengakibatkan komplikasi terjadi, sehingga infeksi bisa dengan mudah dialami secara tumpangan. Kematian pada balita bisa terjadi diakibatkan dengan komplikasi, hal ini yang tidak inginkan, seperti komplikasi sukunder : sakit telinga akut atau otitis media akut, ensefalitis, bronchopneuumoniae dan enteritis yang mudah terjadi dalam keadaan seperti ini.

Pencegahan Penyakit Campak

Jika anda atau anak anda tidak ingin terjangkit penyakit campak segera berikan vaksin campak yang di berikan pada saat imunisasi rutin pada anak-anak. Vaksin biasanya diberikan dalam bentuk kombinasi dengan gondongan dan campak Jerman yang di suntikkan pada otot paha atau lengan atas.
Jika hanya mengandung campak, vaksin diberikan pada bayi umur 9 bulan. Dalam bentuk MMR, dosis pertama diberikan pada usia 13-15 bulan, dosis kedua diberikan pada usia 3-6 tahun.

Ciri ciri penyakit campak pada orang dewasa:

Munculnya ruam atau bercak-bercak merah pada tubuh adalah gejala campak pada orang dewasa yang paling jelas. Tiba-tiba nampak menyerupai polkadot merah putih di kulit yang mulus. Tentu saja dengan kondisi ini menggangu pemilik kulit. Gejala puncak dari sakit campak adalah bukanlah gejala awal sakit campak tetapi munculnya ruam-ruam merah. Gejala lain yang mungkin terabaikan begitu saja harus sudah dikenal oleh penderita, dengan kata lain munculnya bercak merah sebelum campak.

Setelah 10-14 hari seseorang terinfeki virus campak akan muncul sebagai gejala campak pada orang dewasa. Jadi sebelum 10-14 hari gejala bintik merah tidak akan terlihat. Melalui udara yag dihirup akan masuk ke tenggorokan dan berkembang didalam tenggorokan, virus akan masuk di dalam tubuh. Jika kondisi fisik sedang lemah atau tidak memiliki imun yang cukup kuat untuk menghalaunya bisa saja orang lain tertular penyakit campak dan mudah menular.

Sakita batuk kering dan pilek, sakit mata (mata merah dan berair) serta peningkatan suhu tubuh atau demam adalah gejala yang akan muncul selanjutnya. Biasanya suhu tubuh akan naik hingga 38 °C. Sering kali sang penderita terkecoh dengan jenis penyakit yang dideritanya karena gejala inipun hampir menyerupai dengan penyakit lainnya, kelak akan menimbulkan bintil merah diseluruh tubuhnya menganggap bukan penyakit campak.

Bintil merah pada mulut dimana terdapat bintil-bintil berwarna putih dibagian ujung berwarna merah atau merah muda akan muncul sebagai gejala selanjutnya. Dengan kondisi itu rasa lidah menjadi tidak enak, biasanya nafsu makan yang berkurang drastis sebagai akibatnya. Selama beberapa hari bintil bintil ini bisa bertahan.

Beberapa simptom seperti diare, sensitif pada caha , kelelahan, tidak nafsu makan dan pusing biasanya menyertai gejala campak juga pada beberapa penderita. Penderita menjadi lebih cepat lelah dan malas sehingga inginnya terus berbaring diranjang dalam kondisi diare. Bagian tubuh lainnya, leher tangan, perut, dan kaki akan tersebar bercak bercak merah mulai muncul di wajah setelah 3-4 hari. Bercak merah ini makin lama akan makin jelas. Akan tampak membesar bila bercak merah ini menyatu. Atas gejala gejala awal campak tadi sebagai mana bercak bercak merah ini bereaksi dalam tubuh. Kerap kali bercak merah inilah yang meningggalkan bekas pada penderitanya, sehingga diharapkan dengan perawatan yang tepat maka bekas campak ini tidak terlihat dengan jelas.

Beberapa gejala awal tadi akan semakin parah, misalnya suhu tubuh yang meningkat hingga 40 °C, batuk yang semakin parah, atau diare yang semakin parah, tapi,sakit ini tidak akan bertahan lama disaat bercak-bercak merah muncul dan menyebar. Seiring dengan menurunnya suhu tubuh dan pulihnya kondisi tubuh penderita, londisi penderita akan lebih baik dalam waktu 3-5 hari akan mulai hilangnya bercak bercak merah. Bercak bercak yang nampak coklat pada akhirnya hilang ini terjadi pada beberapa kasus.

Lambatnya penanganan campak mengakibatkan komplikasi yang lebih parah atau penularan pada orang lain, hal hal seperti itu yang tidak diinginkan, tentu bisa mencegahnya, jika gejala campak pada orang dewasa yang dikenali sejak dini. Kondisi tubuh bisa memburuk akibat komplikasi yang dihasilkan oleh penyakit campak ini. Jadi sebisa mungkin hindari tertular atau terkena campak, jadi campak jangan sampai diabakan. Penyakit berbahaya seperti radang otak, diare berat higga radang paru paru bisa ditimbulkan dari komplikasi pada penyakit campak. Pada anak anak, kerapkali pada kondisi peralihan musim terserang campak yang rentan menjangkitnya, tetapao waspada juga kepada orang dewasa. Faktor lingkungan yang kurag bersih bisa memperparah kondisi campak.

Bukan hanya untuk anak-anak terkena campak berbahaya, tetapi penyakit ini harus diwaspadai oleh orang dewasa juga. Mari, dengan melakukan vaksin campak dan menjaga kebersihan lingkungan dapat mencegah campak sejak dini

Komplikasi penyakit campak

Beberapa komplikasi yang biasa menyertai penyakit campak:
  1. Pneumonia dan Infeksi telinga tengah ( Infeksi Bakteri )
  2. Infeksi otak ( Ensefalitis ) sangat jarang terjadi
  3. Kadang terjadi penurunan jumlah trombosit ( Trombositopenia ), sehingga
  4. Penderita mudah memar dan penderita mudah mengalami perdarahan
  5. Pada anak – anak yang mempunyai gizi yang seimbang dan daya tahan tubuh yang baik, biasanya tidak ada komplikasi yang serius yang biasa menyertai penyakit campak.

Diagnosa penyakit campak:

Diagnosis dilakukan berdasarkan gejala dan ruam kulit yang khas pada pasien
Pemeriksaan darah, pemeriksaan darah tepi
Pemeriksaan Ig M anti campak
Pemeriksaan komplikasi campak : Ensephalopati, enteritis dan bronkopneumoni

Obat campak tradisional untuk balita terbaru :

Mencoba mengkonsumsi salah satu atau beberapa ramuan obat tradisional (herbal) yang dipercaya maka tidak ada salahnya selain melakukan langkah – langkah diatas bagi penderita campak. Karena penyakit campak diobati, Ramuan tradisional ini sebagai berikut :
1).RAMUAN PERTAMA (HERBAL) MENGATASI PENYAKIT CAMPAK
Bunga mawar serta air 800 cc, pegagan segarkan kurang lebih 100 gram sediakan sebagai bahan-bahannya.
  • Cara membuatnya yaitu cucilah hingga bersih bahan yang tersedia terlebih dahulu. Kemudian rebuslah sampai mendidih bahan bahan tersebut sampai didiamkan air menjadi setengahya. Kemudian disaring setelah matang. Sehari 3 x setelah makan untuk menkonsumsinya. 

2). RAMUAN KEDUA (HERBAL) MENGATASI PENYAKIT CAMPAK
Gula batu, air secukupnya serta sepuluh biji bunga cengkih disiapkan untuk bahan-bahannya.
  • Rendam semalam air bunga cengkeh dengan air matang terlebih dahulu. Kemudian gula batu masukkan didalamnya. Aduk hingga rata. Secara sedikit demi sedikit mengkonsumsinya. 

3). RAMUAN KETIGA (HERBAL) MENGATASI PENYAKIT CAMPAK
Satu sampai 2 batang benalu, dan secukupnya adas pulasari disediakan sebagai bahan-bahannya.
  • Cara membuatnya dengan mencuci bersih dulu adas dan benalunya. Lalu tumbuk hingga halus kedua bahan tersebut sampai halu jadikan bedak untuk menggunakannya. 

4). RAMUAN KEEMPAT (HERBAL) MENGOBATI PENYAKIT CAMPAK
600 cc air, secukupnya gula batu, 60gram daun ketumbar, 50 gra akar alang alang, 150 gram tebu, 150 gram worter disiapkan untuk bahan-bahannya.
  • Membuatnya dengan cara bersihkan bahan-bahan yang ada, rebus sampai mendidih semua bahan sampai air menjadi setengahnya. Sehari 2 kali secara teratu mengkonsumsi air rebusan tersebut. 

5). RAMUAN KELIMA (HERBAL) MENGOBATI PENYAKIT CAMPAK
600 cc air untuk merebus, 60 gram daun pegagan yang masih segar disediankan sebagai bahan-bahanyan.
  • Cara membuatnya yaitu cuci sampai bersih daun pegagan terlebih dahulu, lalu rebus hingga mendidi daun pegagan agar menjadi setengah airnya. Sebanyak sehari 2 kali dalam keadaan masih hangat untuk meminumnya untuk mengkonsumsinya. 

6).RAMUAN KEENAM (HERBAL) MENGOBATI PENYAKIT CAMPAK
Satu sendok makan madu serta satu gelas air matang, seperempat daun asam muda, seperempat gengga, daun biduri, kunyit setengah jari rimpang disiapkan untuk bahan-bahannya.

  • Cara membuatnya yaitu dengan mencuci sampai bersih bahan tersebut, lalu tumbuh hingga halus bahan tersebut, kemudian Saring campuran adukan tumbukan yang halus dengan madu serta air, sehari 2 kali mengkonsumsi sampai langsung habis. 

7).RAMUAN KETUJUH (HERBAL) MENGOBATI PENYAKIT CAMPAK
600 cc air, 15 tangkai bunga mawar disediakan sebagai bahan-bahannya.

  • Cara membuatnya adalah dengan cara cuci hingga bersih bunga mawar terlebih dahulu, kemudian rebus sampai mendidih bunga mawar, dibiarkan menjadi 500 cc airnya. Disaring setelah matang, sehari 2 kali untuk diminum, Dalam keadaan hangat sebaiknya meminumnya, sebanyak 1 gelas dalam sekali minum.

Obat tradisional campak dewasa :

1. Obat Campak Tradisional Pertama
Bahan-Bahan :
– 100 gram pegagan segar
– 10 kuntum bungan mawar
Cara Pemakaian :
Cuci sampai bersih semua bahan. Lalu bahan direbus dengan air 800 cc sampai 450 cc sisanya, kemudian saring dan minum 3 kali sehari 150 cm setiap kali minum

2. Obat Campak Tradisional Kedua
Bahan-Bahan :
– 20 gram kunyit
– 10 gram sambiloto segar
– 30 gram akar alang-alang segar
– 15 gram temu giring
– 2 sendok teh madu
Cara Pemakaian :
Kupas kunyit, kemudian bersama bahan lainnya dicuci sampai bersih, kemudian direbus dengan 60 cc air sampai mendidih dan tersisa setengahnya, Lalu tambahkan madu dan disaring, Bahan bahan diaduk sampai rata. 2 kali sehari diminum sebanyak 150 cc.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Campak & Obat Herbalnya | Unknown | 5