Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Batu Ginjal & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Batu Ginjal & Obat Herbalnya

Penyakit batu ginjal adalah :

Sebuah benda padat seperti batu yang terjadi akibat pengkapuran kristal hasil sekresi tubuh atau zat-zat sisa yang terjadi pengendapan disebut denganbatu ginjal. Batu ginjal paling sering terbentuk oleh kalsium yang berlebihan didalam tubuh. Nyeri yang luar biasa hebat bisa disebabkan adanya batu pada ginjal. Bahkan bisa terjadi penyumbatan aliran kemih yang disebabkan perdarahan pada urin karena adanya infeksi.

Salah satu penyakit yang paling sering ditemui dan dialami oleh banyak masyarakat indonesia adalah penyakit batu ginjal yang umumnya pria yang sering mengalami. Runtinitas pekerjaaan adalah penyebab penyakit ginjal pada umumnya sehingga membuat tidak teratur pola makannya. Yang juga memilikan peranan penting adalah adanya faktor keturunan karena bila penyakit ginjal dimiliki keluarga, 6 kali bisa penyakti ginjal diturunkan pada anak, kurangnya air putih untuk dikonsumsi, sering menahan air kecil dan jarang buang air kecil, makanan atau minuman yang mengandung bahan kimia bayak mengkonsumsi, suhu udara lingkungan disekitar rumah dan bahan pengawet dan tidak mendukung aktivitas sehari hari untuk tempat bekerja.

Orang asia dan afrika memang banyak dilanda penyakit batu ginjal, yang diliputi berbagai kultur khususnya indonesia, sering kali suhu udara yang cenderung berubah tidak menentu, yang terkadang salah pada pola hidup dan gaya hidup dsb. Kaum pria memang lebih dominan dibanding wanita yang diserang penyakit ginjal. Dibanding wanita, diperkirakan bahwa pria yang berusia 70 tahun keatas 80% resiko memiliki lebih besar terserang penyakit ginjal hal ini terbukti dari survei.

Adanya peningkatan pada bakteri menyebabkan terbentuknya batu ginjal dan terinfeksiya bakteri pemecah urea dan urine saluran kandung kemih yang kemudian pada kandung kemih terbentuk batu. Jika kurang minum air putih atau kekuranan cairan pada tubuh, kepekatan urine akan terjadi yang mempermudah pembentukan batu ginjal yang semakin meningkat.

Melalui proses pembentukan batu ginjal, batu ginjal memiliki komponen penyusu batu ginjal, yang terdiri batu kalsium 80 % , kalsium fosfat dan kalsium okalat.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit gagal ginjal  & obat herbalnya. 

Penyebab penyakit batu ginjal :

Pola hidup yang atau kurang baik adalah faktor penyebab utama penyakit batu ginjal. Sehingga akan terganggu kesehatannya, makan makan enak dan mudah dibuat(yang membantu pada saat terburu buru) dan makan instan dikonsumsi, dijadikan pilihannya namun itu semua adalah makanan tidak karena bisa menjadi pemicu terbentuk nya batu ginjal karena saat proses pembuatanya gizi dikurangi maka ada zat tambahan untuk mengawetkan makanan tersebut.

Sering minum minuman yang mengandung soda bisa juga berakibat terjadi penyakit batu ginjal. Memang tidak terlalu mahal minuman bersoda dan yang segar rasanya dan karena itu mengkonsumsinya sering, akan beribat penyakt ginjal yang disebabkan minuman alkohol, kerja ginjal bisa terganggu karen zat yang terkadung didalam minuman alkohol dan didalam tubuh zat tersebut dapat menumpuk. Sehingga lebih sedikit air putih yang diminum dan juga akan memicu terjadinya penyakit batu ginjal karena kurang air putih.

Berikut adalah faktor yang mempengaruhi terjadinya penyakit batu ginjal :

  • Kebiasaan Minum.
    Orang yang mengkonsumsi air putih kurang dari 1 liter per hari dinyatakan lebih rentan terkena kencing batu.
  • Jenis Kelamin.
    Pria lebih rentan terkena kencing batu daripada wanita dengan perbandingan 3:1
  • Bentuk Kandung Kemih.
    Sisa kalsium dari air seni terhambat disebabkan bentuk kandung kemih yang tidak normal dan pada satu tempat terhenti sehingga sebuah batu batu kecil ditimbulkan.
  • Kebiasaan Bergerak.
    Orang yang tidak berolahraga secara rutin rentang terkena penyakit yang satu ini daripada orang yang lebih serin berolahraga.
  • Faktor Genetik.
    Orang yang rentan terhadap timbulnya batu pada kandung kemih adalah orang yang mempunyai ayah atau ibu, kakek atau nenek yang perna mengidap kencing batu.
  • Infeksi.
    Salah satu penyebab munculnya batu pada saluran kandung kemih adalah infeksi pada saluran kandung kemih. 

Ciri ciri penyakit batu ginjal pada pria:

Pada pria batu ginjal sering terjadi, namun faktanya sekarang pada statistic menunjukkan lebih banyak kasus batu ginjal yang terjadi pada wanita dan anak anak. Faktor yang mungkin memainkan peran utama dalam peningkatan angka khasus batu ginjal tersebut adalah faktor makanan.
  • Tanpa Gejala
    Batu ginjal tanpa gejala apapun (asimtomatik) banyak orang yang menderitanya. Jika batu ginjal yang anda miliki sangat kecil, biasa tidak terasa dan tidak akan ketahui. jika Anda menjalani tes pencitraan (X-ray, CT scan, atau USG) terkadang batu keci seperti ini ditemukan untuk dengan masalah ginjal yang tidak terkait masal tersebut. Mungkin pendekatan “wait and see” yang akan diambil dari dokter anda jika anda memiliki batu ginjal ditemukan yang menggangu tanpa gejala.
  • Nyeri
    Bisa terasa ringan sampai berat bila nyeri akibat batu ginjal. Rasa sakitnya lebih mungkin disebabkan batu ginjal yang lebih besar ketika ke ureter sudah turun dan dari tubuh keluar melalui urine. Punggung bagian bawah (di kedua sisi), bagian bawah perut serta daerah selakangan juga dibawah tulang rusuk merupakan situs nyeri paling umum yang terkait batu ginjal. Mungkin datang bergelombang rasa sakitnya. Nyeri buang air kecil sering mungkin juga dialami oleh anda.
  • Mual dan Muntah
    Anda mungkin juga mengalami mual dan dan muntah karena mungkin begitu parah rasa sakit yang diakibatkan batu ginjal. Rasa sakit yang digambarkan sebagai lebih buruk daripada melahirkan disebabkan dengan hal ini yang ketita batu ginjal bergerak ke ureter dan menghalangi aliran urine. Obat nyeri kuat, antiemetik, dan cairan infus untuk mengobati nyeri hebat, mual dan muntah.
  • Demam dan Menggigil
    Gejala batu ginjal yang terjadi juga terkadang demam dan menggigil . gejala yang mengganggu dan segere diperlukan ecaluasi medis adalah gejala ini, karena bisa berarti bahwa anda juga mengalami infeksi karena demam dan menggigil ini (jika tidak diobati berpontesi mengacam nyawa). Jika mengalami demam ini dan menggigil yang terkait dengan batu ginjal anda harus segera mencari pengobatan bahkan nyeri ringan yang anda alami.
  • Darah dalam Urine
    Salah satu gejala umum dari batu ginjal adalah dara dalam urin yang disebut “hematuria” . ketika saluran kemih sudah dilewat batu ginjal, ureter suda diiritasi oleh itu dan berakibat pendarahan. Tergantung pada beratnya perdarahan, anda mungkin melihat urine anda merah muda atua kemerahan. Gejala serius ini yaitu darah dalam urine yang dipastikan dokter anda memberikan evaluasi cepat.
  • Perubahan Urine Lainnya
    Bila urin anda terlihat keruh dan sangat berbau, mungkin ini yang berhubungan dengan batu ginjal yang menjadi tanda tanda infeksi nya. Tapi justru tanda masalah medis lain yang merupakan bisa juga dengan gejala ini seperti infeksi saluran kemih (ISK), infeksi kandu kemih, sistitis atau bahkan seperti gonore yang merupakan penyakit menular seksual (PMS). Bila urin anda terlihat keruh dan berbau busuk, maka anda harus segera temui dokter anda. 

Ciri ciri penyakit batu ginjal pada wanita :

Bagaimana gejala sakit ginjal pada wanita? Sepeti pada awal pembahasan yang tadi sudah dikatakan, pada dasarnya tidak terlalu berbeda dengan yang terjadi pada pria untuk gejala atau ciri ciri sakit ginjal pada wanita yaitu :

1).Rasa Gatal Yang Berlebihan
Saat sudah tidak lagi berfungsi secara normal ginjal anda, maka bisa mengakibatkan adanya tumpukan kotoran dari sisa metabolisme tubuh. Akan muncul gatal yang berlebihan dan tidak sewajarnya yang disebabkan dengan hal ini terjadi pada anda. Bahkan sampai menimbulkan luka dan pendarahan bisa terjadi karena rasa gatal yang terus menerus dan karena terlalu sering digaruk. Pada bagian tangan, pergelangan kaki atau pergelangan tangan, dan bisa juga dirasakan di bagian tubuh lain biasanya bisa merasakan gejala sakit ginjal pada ini. Jadi segera periksakanlah diri anda ke dokter jika gejala gatal terlalu berlebihan berulang kali anda rasakan.

2).Menderita Sesak Napas
Sesak nafas atau sulit bernafas akan anda rasakan pada gejala selanjutnya (Baca : ciri ciri gejapa penyakit asma). Akan membuat penumpukan cairan didalam tubuh anda karena ginjal yang tidak berfungsi secara normal. Bahkan di paru paru anda kemungkinan cairan tersebut akan menumpuk sehingga seolah olah paru paru anda tertutup dan sesak nafas dan sulit bernafas anda akan rasakan. Bahkan tubuh anda juga akan kekurangan oksigen atau nafas yang mudah habis karena kurangnya pasokan oksigen yang membawa sel darah merah.

3).Menggigil Kedinginan
Pada wanita, gejala batu ginla juga bisa ditandai dengan rasa dingin yang dirasakan tubuh sepanjang waktu. Hal juga bisa menyebabkan anda menderita anemia atau kekurangan sel darah merah yang menyebabkan karena gangguan pada ginjal. Dan Anda bisa merasakan kedinginan, anemialah penyebabnya. Rasa sangat dingin biasanya akan dirasakan penderita penyakit ginjal ini bahkan sampai mulai tengah malam merasakan menggigil, hal tersebut terjadi pada beberapa kasus sakit ginjal. Kondisi tubuh anda sendiri juga harus anda waspadai. Dan segeralah ke dokter untuk memeriksakan diri anda.

4).Pusing dan Sulit Konsentrasi
Pada poin sebelumnya seperti yang sudah dibahas, pada wanita salah satu gejala sakit ginjal adalah anemia yang juga bisa mengakibatkan rasa dingin saat tengahmalam. Penderita sakit ginjal juga bisa membuat otak tidak bisa asupan oksigen yang mencukupi, nah tenyata akibat dari anemia selain rasa dingin. Hal tersebutlah yang kemudian membuat penderita sakit ginjal menjadi sering pusing dan sulit untuk konsentrasi saat melakukan aktivitas. Bahkan membuat anda bisa jatuh karena rasa pusing semakin parah karena saat berjalan anda kehilangan keseimbangan.

5).Merasa Sakit di Sekitar Pinggang
Oleh masyarakat mungkin sudah cukup sering membahas mengetahui tentang gejala sakit ginjal pada wanita. Pada bagian pinggang biasanya membuat seseorang merasakan sakkit karena gangguan atau sakit yang terjadi pada ginjal. Pada wanita yang biasanya dalam kondisi ini menjadi salah satu ciri ciri atau gejal batu ginjal yang mengakibatkan di dalam ureter menjebak batu ginjal tersebut. namun semakin lama dan semakin parah penyakit ginjal yang Anda rasakan walaupun pada awalnya rasa nyeri tersebut hanya terasa sesekali saja. Jadi akan lebih sering muncul dan lebih lama berlangsungnya rasa sakit tersebut.

6).Gangguan Hormon
Ginjal tidak bisa bekerja optimal dalam memproduksi hormon atau ekstra hormon karena gangguan yang menyerang ginjal tersebut. Dan akan semakin meningkat hormon tekanan darah karena akibat tersebut. Akan merasa mudah lelah, anemia atau kekurangan sel darah merah dan mengalami osteoporosis. yang dirasakan para penderita ginjal baik wanita ataupun pria yang dikarenakan hal tersebut.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit ginjal  & obat herbalnya. 

Pencegahan penyakit batu ginjal :

Agar batu ginjal didalam tubuh tidak terbentuk jadi agar tidak akan pernah terjadi sebaiknya batu ginjal bisa dicegah. Yang bisa dilakukan untuk pencegahan penyakit batu ginjal, jadi berikut cara yang harus dilakukan :
Kurangi gara.

Sebaiknya menghindari pengguna garam yang terlalu banyak yang mengakibatkan makanan yang memiliki rasa yang begitu asin, karena bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal selain itu memang bisa memicu nafsu makan yang tinggi. Oleh karena itu sebaiknya kurangi asupan garam pada makanan kalau jika anda tidak memiliki batu ginjal.
  1. Hindari minuman bersoda
    Fungsi ginjal bisa berat dan kerja yang diakibatkan minuman berkarbonasi atau pun minuman yang mengandung soda yang tidak baik untuk ginjal bila terus menerus dikonsumsi. Olelh sebab itu sebaiknya mengkonsumsi minuman bersoda atau pun tidak terlalu sering diminum agar bisa mencegah penyakit batu ginjal.
  2. Olahraga
    Dengan menjalani olahraga yang teratur dapat mencegah penyakit batu ginjal pun bisa dilakukan. Sehingga akan menjaga kesehatan ginjal juga dengan melakukan olahraga yang teratur. Lakukan yang mudah untuk lakukan olahraga seperti olahraga berlari, berenang atau pu bersepeda agar batu ginjal dapat dicegah dan sehat.
  3. Minum air putih
    Hal yang terpenting untuk dilakukan adalah minuman air putih. Oleh sebab itu jika kekurangan air, keseimbangan tubuh bisa terganggu kare tubuh terdiri air. Dengan minum air putih yang cukup maka akan dapat mencegah penyakit batu ginjal juga. 

Obat batu ginjal alami tradisional :

Jika salah satu ginjal tidak dapat berfungsi lagi atau tidak ingin menderita gagal ginjal jadi sebaiknya segera mengobati penyakit batu ginjal. Akan berakibat penumpukan batu ginjal bertambah banyak karena jika tidak dengan cepat mengobati penyakit batu ginjal. Bisa secara medis atau pun secara herbal adalah cara mengobati penyakit batu ginjal. Bisa dilakukan dengan cepat dengan pengobatan medis karen bisa melakukan operasi batu ginjal dengan pengobatan medis maka batu ginjal yang didalam tubuh bisa terangkat seluruhnya atau batu ginjal dihancurkan dengan menggunakan alat khusus.

Tetapi juga membutuhkan biasa yang besar utnuk menyembuhkan penyakit ginjal dengan teknologi seperti itu. Dan untuk mengobati penyakit batu ginjal dengan hanya menggunakan bahan bahan alami dari tumbuhan bilak memakai pengobatan herbal, memang akan jauh lebih lama dibandingakan dengan cara medis dalam proses penyembuhan penyakit batu ginjal dengan cara herbal. Namun cukup aman dilakukan dan juga tidak banyak memperlukan biasa. Oleh sebab itu dapat memilih jenis pengobatan yang sesuai dan yang ingin dilakukan untuk menyembuhkan penyakit batu ginjal. Ada bahan baha yang bisa digunakan jika secara herbal yang ingin menggunakan secara herbal. Secara herbal bisa mengobati penyakit batu ginjal dengan cara sebagai berikut :
  • Kumis kucing
    Daun kumis kucing adalah salah satu bahan yang bisa digunakan dalam pengobatan batu ginjal secara herbal. Dengan menggunaka daun kumis kucing dapat dicoba untuk mengobati penyakit batu ginjal kare penyakit batu ginjal cukup efektif untuk menyembuhkan. Menggunakan daun kumis kucing bisa dengan cara rebus daun kumis kucing dan seteah dingin ari rebusan dan dapat diminum setelah disaring.
  • Daun alpukat
    Daun alpukat adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk cara mengobati penyakit batu ginjal yang aman. Batu ginjal bisa memantu keluar karena daun aplukat.
  • Daun tempuyang
    Daun tempuyang juga salah satu bahan alami untuk cara mengobati penyakit batu ginjal dengan ampuh. Batu ginjal yang ada didalam tubuh juga dapat dibersihkan dengan daun tempuyang karena bahan tersebut seperti bahan sebelumnya.
  • Daun seledri
    Daun seledri juga salah satu bahan alami untuk mengobati penyakit batu ginjal secara alami. Dengan mengkonsumsi air rebusan daun seledri tanpa ada bahan tambahan apapun atau juga bisa daun seledri mentah di buat jus untuk dikonsumsi merupakan cara mengobati penyakit batu ginjal secara alami.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Batu Ginjal & Obat Herbalnya | Unknown | 5