Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Amandel & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Amandel & Obat Herbalnya

Penyakit amandel adalah :

Pengontrol masuk kuman ke dalam difungsikan dari benteng pertahanan tubuh adalah amandel. Peradangan akan terjadi bila amandel bekerja terlalu berat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan anorganik diakibatkan karena jika didalam tubuh menumpuk sisa-sisa makanan berakibat pekerjaan amandel akan bertambah berat.

Mengoperasi amandel bukanlah jalan terbaik karena akan menghilangkan fungsi amandel . Bahkan operasi amandel sama dengan mengebiri orang menurut perkataan orang ahli. Jadi jangan buang amandel anda, bila tidak terpaksa.

Dengan cara mengatur pola makan yang sehat sebenarnya dapat mencegah dan menghindari penyakit amandel, selain itu hindari konsumsi pajanan makanan yang banyak mengandung gula tambahan, makanan yang digoreng (gorengan), garam berlebihan. Juga makan yang diawetkan, minuman dan makan dingi seperti es krim harus dapat dihindari. Mencoba mengganti pola pengolahan makanan agar dapat menghindari dan menjaga fungsi amandel tetap baik, misalnya merebus beberapa jenis makanan yang diolah, jus buah-buah segar dan sayur mayur untuk dikonsumsi, makanan yang mengandung bahan pengawet dan penyedap dikurangi untuk dimakan dan cukup yang beristirahat.

Demam di malam hari dapat dialami oleh beberapa penderita amandel, terutama dimalam hari menjelang tidur, sulit bernafas tiba-tiba, tubuh bersuhu panas, makanan yang sulit ditelan, di dalam tenggorokan berasa oksigen atau udara tertahan, dan sakit kepala.

Penyebab amandel:

Makanan dan juga virus banyak yang menjadi penyebab amandel. Penyakit amandel disebabkan virus dari penyakit kulit paling sering, jenis virus flu itu merupakan dari jenis virus. Penyakit amandel bisa disebabkan oleh imun tubuh tidak bisa mengatasi virus tersebut. Dan juga iritasi pada mulut atau pun iritasi tenggorokan yang disebabkan dari komsumsi jenis makanan terlalu banyak, itu akibat yang menyebabkan penyakit amandel. Sehingga lama kelamaan kelenjar akan membengkak dikarenakan sering mengonsumsi hal itu, jadi penyakit amandel itu terjadi. Selain itu penyakit amandel pada mulut juga bisa terjadi karena stress, kurangnya makanan yang bernutrisi, dan penyakit amandel juga bisa disebabkan kurangnya air putih.

Fungsi amandel :

Amandel makan menyaring virus dan bakteri yang masuk melalui hidung dan mulut, itupun bila dalam keadaan yang normal. Namun amandel menyaring virus dan bakteri berakibat dalam penyaringan, mulai penurunan fungsi kerja dialami amandel, timbul peradangan dan pembengkakan amandel yang cukup jerius adalah dampak negatif yang terjadi, kemudian peradangan didaerah faring disebabkan pada amandel infeksi yang menjalar hingga di tenggorolan meras nyeri.

Infeksi sekunder di telinga bagian tengah dan timbulnya di gejala sinusitas terjadi kompalikasi yang disebabkan gejala penyakit amandel yang dirasa semakin parah dan keadaan semakin memburuk. Amandel semakin membengkak disebabkan jika makanan atau minumam dingis sering dikonsumsi berakibat memburuknya juga gejala amandel. Akan membuat jaringan baru yang disebabkan bakteri dan virus penyebab amandel ini.

Virus Epstein-Barr dan Virus Coxsackie adalah amandel yang paling umum dan banyak terjadi yang disebabkan virus dan bakteri. Dan Streptokus A adalah virus atau bakteri yang paling umum pada penyakit amandel.

Penyakit amandel bengkak:

Radang Amandel. Dari usia anak-anak sampai dewasa dari 3000 orang mengalami radang amandel menurut penelitian yang pernah dilakukan. Radang amandel akut dan amandel kronis adalah 2 bagian dari penyakit radang amandel. Dalam waktu biasanya setahun akan mengalami 5 kali kambuh untuk amandel kronis dan biasanya selama satu minggun akan mengalami sakit untuk amandel akut. Salah satu fungsi amandel itu sendiri yaitu melalui mulut ataupun hidung segala bentuk racun akan disaring yang masuk kedalam tubuh.

Warna yang sesuai dengan organ akan dimiliki oleh amandel yang sehat tapi jika berwarna kemerahan, amandel mengalami infeksi dan bercak putih akan timbul. Berbagai faktor yang dilakuklan oleh anda senderi bisa mengakibatkan radang amandel. Berbagai gejala yang akan ditimbulkan dimiliki oleh penyakit tonsilitis atau disebut Penyakit radang amandel. Streptococcus adalah kuman yang menyebabkan penyakit radang amandel dan amandel anda akan mengalami penbengkakan.

Radang amandel :

Beberapa gejala radang amandel adalah :
  1. Makan dan minuman saat ditelan terasa sakit
  2. Kelenjar getah bening akan membengkak
  3. Muntah muntah
  4. Demam yang tinggi
  5. Berkurangnya nafsu makan
  6. Mulut berbau dan kepala terasa sakit
  7. Bagian Tenggorokan terasa sakit 

Jenis-jenis penyakit radang amandel :

  1. Radang Amandel Akut
    Bakteri akan menyebabkan radang amandel akut dan disertai saat menelan ada gejala sakit di telinga, nafas tidak sedan dan sakit tenggorokan dan deman disertai air liur.
    Kemungkinan warna menjadi merah terang atau ke abu-abu lapisan di permukaan amandel didalam kasus ini.
  2. Radang Amandel Kronis
    Di amandel terjadi infeksi yang terus menerus disebut dengan radang amandel kronis. Dimana bakteri dapat menyimpan dikarenak infeksi ini berulang-ulang, diabadikan pada atau kantong dapat terbentuk amandel. Ditemukan pada yang terbuat dari tingginya jumlah sulfa yaitu sering, kecil, busuk berbau batu. Gejalan sesuatu yang tertangkap di belakang dimiliki tenggorokan atau tenggorokan yang penuh disebabkan batu batu ini. Gejala dari kondisi ini adalah bau telu busuk (karena dari sulfa) mencirikan nafas busuk. 

Cara mencegah radang amandel:
  1. Makan ikan (bairk air tawar atau air laut) dihindari
  2. Makanan yang berminyak (gorengan)
  3. Tidak minum minuman yang dingin (es) 

Obat radang amandel / amandel bengkak :

Sebaiknya segera diobati radang amandel bila gejala radang amandel yang tidak kunjung membaik atau malah bertambah parah. Untuk membantu menyembuhkan penyakit radang amandel bisa menggunakan cara alami yaitu menggunakan obat radang amandel alami untuk mengobati radang amandel. Agar bisa membantu menyembuhkan penyakti amandel tanpa melakukan operasi amandel dengan menggunakan obat radang amandel, sehingga kebersihannya akan terjamin. Untuk menemukan bahan bahan yang bisa dibuata menjadi obat radang amadel tidak terlalu sulit. Dan obat radang amandel yang bisa digunakan sebagai berikut :
  • Cengkeh
    Untuk mengatasi infeksi bakteri atau pun virus dengan cara berkumur dengan air cengkeh. Dan jika merebus dan meminum air cengkeh bila pada saat infeksi yang parah, karena bisa menyembuhkan radang amandel salah satu adalah cengkeh tersebut.
  • Daun benalu
    Penyakit radang amandel bisa dibantu disembuhkan dengan salah satu obat radang amandel berbahan daun benalu. Obat radang tenggorokan alami ini bisa dibuat dari daun benalu, jadi tumbuk dahulu daun benalu sampai halus, dan air bisa dicampurkan dengan hasil tumbukkannya. Agar menyembuhkan radang amandel minum air tadi secara teratur.
  • Bawang merah
    Dengan menggunakan bahan alami juga bisa untuk mengobati radang amandel. Bawang merah adalah bahan alami untuk obata randang amandel. Untuk mengobati radang amandel dengan bawang merah cukup efektif juga. Bawang merah langsung yang telah dikupas salah satunya dengan diunyah untuk menyembuhkan radang amandel jika menggunakan bawang merah. Sehingga sakit radang amandel agar segera sembuh lakukan dengan cara ini secara teratur.
  • Buah mengkudu
    Obat radang amandel juga bisa menggunakan buah mengkudu, akan membantu menyembuhkan radang amandel dengan mencampurkan madu atau tanpa madu dengan buah mengkudu untuk diminum. Akan membantu memberikan nutrisi dengan mengkonsimi buah mengkudu oleh sebab itu akan menyembuhkan radang amandel pada saat sakit radang amandel.
  • Jeruk nipis
    Buah yang bisa menyembuhkan radang amandel adalah jeruk nipis, karena cukup banyak mengandung vitamin c. Dengan jeruk nipis sehingga jeruk nipis bisa di minum setiap hari nya untuk menyembuhkan radang amandel. Jadi dengan air jeruk nipis bisa menyembuhkan gejala radang amandel.
  • Jahe
    Obat radang amandel adalah bisa juga dengan jahe rempah, Yang membuat sakit tenggorokan dan juga batuk kering adalah radang amandel juga. 

Ciri ciri gejala penyakit amandel pada anak (umur 5 tahun) :

Anak susah untuk makan bisa disebabkan di awal terjadinya amandel pada anak, Pada anak mulai merasakan susah makan yang terjadi akibat karena amandel. Karena pada saat menelan makan mulai terasa tidak nyaman, jadi anak akan sangat sulit diberi makan, selain itu pada anak setelah beberapa hari terjadi amandel anak juga mulai demam. Jika anak berisitirahat demam akan berangsur menurun.

Namun, pada anak gejala amandel tetap masih dirasakan oleh anak-anak, seperti halnya pada anak terjadi diare, atau pun muntah dan mual mual. Juga bisa disalah artikan dengan penyakit flu tentang kondisi gejala amandel pada anak, karena tidak jarang terjadi gejala batuk dan hidung berair, namun pembengkakan kelenjar di leher dialami pada saat anak akan mudah di ketahui dan sehingga bisa terjadi bau mulut disebabkan dilangit langit mulut menjadi bintik merah.

Amandel pada anak-anak adalah dua tonjolan daging kecil yang menyerupai kelenjar yang terdapat di kiri kanan tekak.

Yang bersifat akut atau kronis adalah tonsillitis atau radang amandel. Sekitar 4-6 biasanya berlangsung tonsillitis akut tidak parah. Pembedahan diperlukan jika biasanya pada tonsillitis parah.Dengan sakit tenggorokan ringan hingga menjadi parah menandai randang amandel. Kedinginan dan biasanya sakit pada telinga. adan terasa sakit, sakit pada otot dan sendi, panas, kesukaran menelan dapat disebabkan karena radang amandel. Jalan pernapasan dan dapat dihalangi oleh jika pembengkakan sudah terlalu besar dan akan menyatu. Keluarnya nanah pada lekukan tonsil dapat diakibatkan pada tonsillitis yang kronis.

Jika terinfeksi oleh virus ataupun bakteri terjadi amandel pada anak, sehingga akan anak menjadi sakit. Jadi pada anak yang akan merasakan gejalan amandel, jika anak sakit amadel. Pada anak yang terjadi gejala amandel pada anak yaitu sebagai berikut :
  • Demam
    Virus juga akan menginfeksi tubuh pada saat sakit amandel, sehingga salah satunya demam sebagai respon tubuh. Pada anak yang sedang sakit mempunyai gejala amandel oleh deman. Oleh sebab itu pada anak cenderung rewel atau sering menangis jika sedang mengalami gejala amandel.
  • Sakit tenggorokan
    Selanjutnya mulai terasa sakit pada tenggorokan atau pada bagian kelenjar yang di infeksi adalah gejala amandel pada anak. Sehingga saat bersamaan sakit tenggorokan anak akan bernafas panas.
  • Sakit telinga
    Akan terasa sakit tidak hanya pada tenggorokan saja, namun ketika gejala amandel mulai menyerang akan terasa sakit pada bagian telinga juga. Ketika menelan makanan akan terasa sakit di telinga pada gejala amandel pada anak.
  • Mual dan muntah
    Akan mudah mual dan muntah pada anak anak yang sedang sakit, karena ketika gejala amandel pada anak akan terjadi ganggungan pencernaan juga. Anak juga bisa terserang diare selain mual dan muntah.
  • Sulit menelan
    Kesulitan untuk menelan juga akan dialami ketika gejala amandel pada anak karena tenggorokanya yang sakit. Kelenjar yang membesar mengakibatkan sulit menelan, maka akan terasa sakit. Dan juga biasanya tidak mau makan pada kondisi ini pada anak.
  • Batuk
    Ketika tenggorokan yang sakit, panas tenggorokan dan juga sakit pada saat menelan tejadi bersamaan pada anak, jadi salah satu gejala amandel pada anak anak adalah batuk, dan terasa akan menyiksa anak tersebut.
  • Pembengkakan kelenjar
    Jika amandel terinfeksi maka kelenjar getah bening juga akan membengkak. Dengan pembesaraan atau pun bengkak jika terdapat bakteri pada gejala amandel pada anak, karena kelenjar getah akan meresponnya.
  • Sakit perut
    Perut akan terasa sakit merupakan gejala amandel pada anak yang lainnya. Dan akan lebih sering menangis pada anak. 

Penyebab amandel pada anak:

Akibat virus bisa terjadi amandel pada anak. Dan dapat mengakibatkan anak mengalami penyakit amandel disebabkan karena anak terserang flu dengan jenis virus influenza. Selain virus influenza, Amandel pada anak juga diakibatkan karen pita suara diserang penyakit ataupun sakit pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Penyebab sakit amandel pada anak, kontak langsung ataupun pada saat bersin mengeluarkan berbagai jenis virus lainnya juga. Oleh sebab itu sebaikannya harus diatasi dengan baik infeksi pada virus anak, sehingga amandel pada akan bisa menyebabkan amandel.

Penyakit amandel pada orang dewasa :

Banyak orang yang sering terganggu dengan masalah ini yaitu penyakit amandel, karena amandel akan mengalami radang dan bengkak bahkan bisa menimbulkan rasa sakit bagi orang yang mengalami jika amandel mengalami infeksi. Tentu penyakit amandel sering mendengarnya karena dikalangan masyarakat sekitar anda sering terjadi penyakit ini. Penyakit amandel bisa juga banyak terjadi pada orang dewasa tak hanya penyakit amadel terjadi pada anak anak. Dan faktor karena makanan atau minuman yang dikonsumsi dengan orang tersebut adalah dari kebanyaka kasus penyakit amandel terjadi.

Tonslitis adalah randang amandel yang terjadi akibat infeksi virus atau bakteri. Agar tidak menjadi parah pada penyakit amandel pada orang dewasa sebaiknya segera mengambil tindak yang tepat jika amandel mengalami peradangan dan agar bisa sembuh dengan cepat. Walaupun tidak berbahaya penyakit amandel dibanding penyakit diabetes atau penyakit jantung tapi tentunya akan merasa terganggu dan tidak nyaman saat bagi orang yang mengalami sakit amandel karena radang amandel tersebut menimbulkan rasa sakit dan bisa membuat menjadi deman seseorang itu.

Penyakit amandel banyak dialami oleh orang orang dan untuk menyembuhkan penyakit tersebut dengan melakukan operasi, jika anda bisa menemukan obat amandel yang tepat tindakan operasi untuk mengangkat amandel sebenarnya tidak diperlukan. Dan sebelum amandel tersebut berubah menjadi parah, anda harus mencari cara mengobati amandel. Sebenarnya untuk diri seseorang, amandel mempunyai fungsi penting karena racun yang masuk kedalam tubuh melalui mulut dan hidung akan disaring oleh amandel tersebut. Diri anda sendiri bisa dirugikan jika amandel sudah diangkat karena racun yang masuk ketubuh kita akan kehilangan benteng yang bisa menyaringnya. Dengan beberapa cara yang bisa mencegah penyakit amandel seperti makan yang berlemak atau makan yang digoreng harus dihindari, minum minuman dingin aau es dikurangi, makanan yang mengandung pemanis buatan atau bahan pengawet jangan dikonsumsi, minum air putih diperbanyak, dan dengan orang yang sedang sakit radang tenggorokan kontak langsungnya harus dihindari.

Ciri ciri gejala penyakit amandel pada orang dewasa :

  • Mengalami nyeri dibagian tenggorokan.
  • Badan menjadi demam.
  • Tubuh terasa lemas.
  • Mengalami batuk.
  • Suara menjadi serak.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Amandel bengkak dan berwarna merah.
  • Mengalami sakit kepala.
  • Menimbulkan bau yang tidak sedap atau bau mulut.
  • Sakit pada saat menelan makanan. terasa nyeri otot, leher dan telinga.
  • Kelenjar getah bening menjadi bengkak.
Penyakit amandel pada orang dewasa mempunyai gejala sebagai berikut dibagian tenggorokan mengalami nyeri, demam , tubuh merasa lemas, batuk, serak pada suara nafsu makan menjadi hilang, berwarna merah dan amandel bengkak, Sakit kepala, Bau mulut atau bau yang tidak sedap ditimbulkan, terasa nyeri otot, leher dan telinga dan saat menlan makan terasa sakti, bengka pada kelenjar bening

Pantangan penyakit amandel:

Makanan yang harus di jauhkan dari penderita penyakit amandel yaitu sebagai berikut :
  1. Makanan yang mengandung rasa pedas
    Penderita amandel harus menjauhi salah satu makan yang harus dijauhi adalah makanan yang bersifat pedas harus dihindari. Semua orang sebenarnya menyukai atau meminati makanan yang bersifat pedas ini. Tetapi makanan yang bersifat pedas ini dilarang keras untuk dikonsumsi pada penderita penyakit amandel.
  2. Makanan yang mengandung rasa asam
    Makanan yang mengandung rasa asam adalah salah satu makan yang harus dijauhkan. Jika makanan yang mengandung rasa asam ini anda memakannya, pada bagian tenggorokan akan berakibat kegatalan. Jadi, mengkonsumsi makanan yang mengandung rasa asam ini dilarang keras jika anda mengalami penyakit ini.
  3. Menghindarkan minuman yang bersifat dingin
    Minuman yang bersifat dingin adalah salah satu minuman yang harus dijauhkan. Minuman yang mengandung es didalamnya merupakan minuman yang bersifat dingin. Jadi, minuman yang bersifat dingin harus dihindari jika anda yang menderita penyakit amandel ini. Karena penyebab amandel yang semakin parah adalah minum minuman yang bersifat dingin. 

Obat amandel tanpa operasi :

Penyakit amandel yang membuat kelenjar menjadi membengkak bisa disembuhkan dengan obat amandel yang biasa digunakan. Penyakit amandel bisa diatasi obat amandel alami dan juga herbal yang dapat digunakan. Obat amandel yang alami ada berbagai jenis tumbuhan yang dapat digunakan, sehingga dengan cepat bisa mengatasi pembengkakan amandel dan rasa sakit yang terjadi pada penyakit amandel juga bisa dihilangkan, jika penyakit amandel ingin disembuhkan jadi bahan alam bisa digunakan seperti berikut :

1). Kulit manggis
Salah satu bahan alami yang dijadikan obat amandel yang alami adalah kulit manggis, karena pembengkakan amandel yang disebabkan oleh infeksi viru bisa diatasi oleh kulit manggis. Jika penyakit amandel ingi disembuhkan maka keringkan dan rebus kulit manggis dan penyakit amandel diatasi dengam mengkonsumsi airnya secara teratur.

2). Buah mengkudu
Obat amandel alami tanpa efek samping yang berbahaya untuk tubuh bisa menjadikan buah mengkudu menjadi obatnya. Dari buah mengkudiu dibuat obat dengan cara, maka rebus buah mengkudu dan air rebusannya diminum atau juga bisa jus mengkudu yang telah matang dibuat jus. Bila penyakit amandel ingin cepat sembuh maka sebaiknya minum jus buah mengkudu miniman satu hari 2 glas dengan jus buah mengkudu diminum juga maka tekanan darah atau pun gulada terbantu terjaga.

3). Daun benalu
Daun benalu juga bisa dibuat juga sebagai obat amandel yang alami . Tumbuk dan haluskan daun benalu lalu madu dan air hangat dicampukan maka penyakit amandel akan membantu menyembuhkan.

4). Bawang merah
Infeksi bisa diatasi beberapa senyawa baik yang terkandung bawang merah, sehingga bawang merah bisa digunakan untuk mengatasi pada saat infeksi mulut atau kelenjar yang mengakibatkan penyakit amandel. Baiknya dengan langsung dikunyah mengkonsuksi bawang merah nya dalam keadaan mentah tapi terlebih dahulu dibersihkan.

5). Jeruk nipis
Penyakit amandel bisa disembuhkan dengan air jeruk nipis dengan bisa diminum. Oleh sebab itu agar penyakit amandel sembuh, minum air jeruk nipis setiap harinya dan membantu berat badan menjadi menurun. Ketika minum jeruk nipus juga akan menyembuhkan batuk pada gejala penyakit amandel.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Amandel & Obat Herbalnya | Unknown | 5