Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Kista dan Miom & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Kista dan Miom & Obat Herbalnya

Perbedaan penyakit kista dan miom:

Organ yang sangat kompleks salah satunya adalah organ reproduksi wanita. Sering sekali ditemui kelainan di dalam organ dalam tersebut seperti adanya tumor, kista dan miom. Jenis penyakit yang paling banyak ditemukan di dalam oragan reproduksi wanita saat ini adalah kista dan miom.

Perbedaan kista dan miom serta cara mengobatinya, kista dan miom keduanya sama sama merupakan tumor jinak, bedanya jika kista berisi cairan sementara miom adalah daging yang tumbuh. Bagaimana kista bisa muncul para dokter belum mengetahuinya, meskipun diduga karena faktor adanya zat kimia yang mengandap di dalam tubuh, sementara faktor hormonal dan gaya hidup yang menjadi penyebab munculnya miom.

Dalam khasus yang ringan penyakit kista dan miom tidak disertai dengan keluhan yang berarti, sehingga banyak sekali wanita yang kurang menyadari munculnya kelainan ini. Hal ini yang terkadang membuat penanganna dokter sering terlambat, dikarenakn penyakit ini terlanjur sudah diderita dalam kondisi lanjut.

Di samping itu, dikarenakan kedua ganggguan kelainan kista dan miom memang menunjukkan gejala yang hampir sama banyak wanita tidak mengetahui perbedaan kedua penyakit tersebut. Umumnya diagnose diketahui setelah melalui pemeriksan USG.

Definisi Kista dan Miom:

Penyakit kista dan miom saat ini lebih mudah dideteksi karena tehknologi kedokteran sudah sangat canggih. Salah satunya yang sering digunakan untuk memeriksa kista maupun miom adalah USG.

Menggunakan USG untuk memeriksa kondisi rahim akan menunjukkan keberadaan serta ukuran kista dan miom bahkan dengan hasil yang akhurat. Kemajuan teknologi ini cukup membantu mendeteksi bebagai kelainan di organ reproduksi wanita.

Banyak yang beranggapan bahwa kista dan miom adalah sama, padahal keduanya sangat berbeda, perbedaan yang paling utama antara kista dan miom adalah seperti berikut ini:
  • Kista merupakan sejenis tumor jinak yang berisi cairan atau jaringan tubuh seperti tulang lemak, gigi dan rambut, yang terbungkus sebuah jaringan.
  • Miom sering disebut sebagai daging tumbuh yang sebetulnya adalah jaringan di otot rahim yang berkembang menjadi tumor jinak.
Ukuran besar kista dan miom bervariasi, mulai dari beberapa gram hingga dapat mencapai 5 Kg. Pada wanita yang berusia di atas 30 tahun, kedua penyakit ini rentan menyerang.

Keluhan sama, penyebab penyakit beda:

Penderita kista terkadang tidak merasakan apapun. Namun jika terjadi suatu keluhan, maka keluahan yang dirasakan anatara kista dan miom hampir sama seperti:
  • Di perut bagian bawah terasa nyeri
  • Nyeri saat haid
  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Sering buang air
  • Penderita akan merasakan adanya benjolan di perut bagian bawah,jika kista yang ada di rahim memiliki ukuran yang besar
Faktor hormonal adalah pemicu dari penyakit miom, stress dan gaya hidup yang kurang sehat. Selama wanita masih dalam kondisi produktif, ukuran miom akan terus bertambah. Jika terjadi kehamilan miom ini akan semakin berkembang. Namun pada saat usia menopause, miom dapat mengecil seiring dengan turunnya kadar hormone estrogen pada wanita.

Penyebab terjadinya kista, para ahli belum mengetahuinya secara pasti. Namun banyak ahli kedokteran menduga, kista dipicu oleh faktor keturunan dan paparan zat yang bersifat karsinogenik.

Baca juga : Ketahui penyebab,ciri ciri gejala penyakit kanker serviks  & obat herbalnya. 

3 Cara pengobatan kista dan miom :

Kista biasanya tumbuh di saluran telur, tuba falopi, vagina hingga vulva dan tumbuh terpisah dari jaringan normal di dalam rahim. Sehingga membuat kista relatif tidak membahayakan dan lebih mudah ditangani.

Ahli kedokteran membagi kista menjadi dua macam, yaitu neoplastik yang umumnya harus diangkat melalui operasi.Dan non-neoplastik yang biasanya akan mengecil sendiri dalam waktu 2 hingga 3 bulan.

Jika miom tumbuh di dinding uterus, maka tidak menimbulkan keluhan yang berarti dan tidak mengganggu kehamilan. Namun apabila di leher uterus miom tumbuh? Maka akan menganggu terjadinya pembuahan yang menyebabkan kemandulan.

Ada tiga cara pengobatan miom, yaitu:
  1. Untuk mencegah berkembangnya miom, maka pengobatan akan dilakukan dengan terapi hormone.
  2. Dengan menggunakan metode herbal, dimana penyembuhan akan memerlukan waktu yang lebih lama. Obat obatan herbal yang digunakan berasal dari tumbuh tumbuhan yang sudah diteliti akan khasiatnya dalam mengobati penyakit miom tersebut.
  3. Operasi pengangkatan miom / miomektomi. Operasi miom pada beberapa khasus bahkan harus disertai dengan pengangkatan rahim, karena miom dianggan sudah sangat mengancam nyawa penderita. Apabila ditemukan adanya kontra indikasi lain pasca operasi, maka diperlukan penyinaran dengan sinar X (radioterapi) untuk menghilangkan fungsi ovarium.
Untuk itu sebaiknya mencegah dan mengetahui sedini mungkin apakah mempunyai gangguan penyakit miom atau kista dengan melakukan pemeriksaan ke dokter. Dimana pemeriksaan terhadap organ reproduksi wanita ini memang sangat penting, agar dapat mencegah terjadinya kelainan yang lebih lanjut.

Penyakit kista pada wanita:

Penyakit yang seringkali menyerang kaum wanita adalah penyakit kista. Kista sendiri merupakan suatu benjolan berisi cairan yang berada di dalam indung telur. Karena kebanyakan penangannanya tidak melakukan operasi besar, maka penyakit kista ini bisa dikatakan juga dengan penyakit tumor yang jinak, namun tetap berdasarkan dengan tingkat keganasan. Panyakit kista pada perempuan dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu jista neoplastik dan kista neoplastik.

Pada perempuan penyakit kista dapat tumbuh dimana saja, seperti di usus,paru paru,kulit,kornea mata dan bahkan di otak. Namun, pada banyaknya khasus kista lebih sering tumbuh pada organ reproduksi wanita. Sangat rentan sekali dengan serangan penyakit di organ reproduksi wanita, mulai dari mikroorganisme hingga samapai pada penyakit kanker rahim dan bagian reproduksi lainnya.

Kista termasuk ke dalam tumor jinak yang terbungkus oleh selaput semacam jaringan di organ reproduksi wanita yang paling sering terjadi. Mempunyai bentuk kistik, seperti cairan kental, dan ada juga yang berbentuj anggur. Kista ada juga yang berisi udara,cairan,nanah ataupun bahan bahan lainnya.Kumpulan sel sel tumor itu tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain karena terpisah dengan jaringan normal disekitarnya. Itulah sebabnya dengan jalan pembedahan tumor jinak relatife mudah diangkat serta tidak membahayakan kesehatan penderitanya.

Kista terbagi menjadi dua bagian berdasarkan tingkat keganasannya, yaitu non-neoplastik dan neoplastik. Dimana kista non-neoplastik sifatnya jinak dan biasanya akan mengampis sendiri setelah 2 – 3 bulan. Sementara kista neoplastik harus dioperasi pada umumnya, namun hl itu pun tergantung pada sifat dan ukurannya.

Karena sistem hormonal yang diganggu, maka kista akan mempengaruhi siklus haid seorang perempuan. Secara alami, akan meregulasi pertumbuhan sel telur di ovarium. Bagaimana siklus hormonal perempuan penderita tertanggu? Medis belum mampu menjelaskannya dengan gambling.

Untuk memecahkan kasus ini berbagai penelitian terus dilakukaan agar jumlah penderita kista dapat ditekan.

Pada khasus kista, follicles di dalam ovarium hanya berjumlah sedikit, (follicles) adalah semacam kantung kantung di dalam ovarium yang berisi sel telur. Sel telur yang berada dalam follicles tidak matang, sehingga tidak bisa masuk ke dalam ovarium. Justru , akan membentuk kristal di dalam ovarium

Bahaya penyakit kista:

Penyakit kista dapat menyebabkan seorang perempuan menjadi mandul (tidak bisa mendapatkan keturnan). Tidak matangnya follicles dan ketidakmampuan untuk menyalurkan sel telur (proses ovulasi)sepertinya menjadi penyebab rendahnya jumlah hormone stimulasi follicle, melebihi kandungan hormone androgen di dalam ovarium.

Seorang perempuan yang berusia 20 – 30 tahun biasanya sering didiagnosis menderita kisata. Biasanya perempuan yang memiliki kista, jika keluarganya diurut silsilahnya ada ibu atau nenek yang pasti mengalami gejala kista serupa.

Kista juga dapat tumbuh di bagian vagina dan di daerah vulva (bagian luar alat kelamin perempuan) selain pada ovarium. Kista yang tumbuh di daerah vagina, antara lain duktus gartner, inklusi,endometriosis dan adenosis. Sedangkan kista yang tumbuh pada daerah vulva adalah pada kelenjar bartholini, kelenjar sebasea serta inklusi epidermal.Kumpulan sel sel tumor tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya dan terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya. Itulah sebabnya melalui pembedahan tumor jinak relative mudah diangkat dan tidak terlalu membahayakan penderitanya.

Beberapa jenis penyakit kista:

Ada 4 jenis penyakit kista indung telur. Beberapa 4 jenis diantara adalah kista fungsional, kista dermoid, kista coklat atau endometriosis dan penyakit kista kelenjar. Masih belum dketahui bagaimana penyebab penyakit kista ini bisa terjadi hingga saat ini. Dan biasanya biasa terjadi keganasan pada usia 45 tahun ke atas. Beberapa jenis penyakit kistat tersebut, justru malah pada akhirnya mengalami pengecilan sendiri seiring dengan membaiknya keseimbangan dari hormonal, penyakit kista fungsional misalnya

Selain itu,penyakit kista juga sering disebut sebagai penyakit keturnan atau degenerative. JIka orang tua a atau keluarga anda pernah mnegalami penyakit kista atau miom, maka keturunannya juga bisa mengalami penyakit yang sama.

Macam macam penyakit kista:

Pada kaum wanita pada usia reproduksi ada beberapa macam penyakit kista yang sering menyerangnya, dan dampak yang ditimbulkannya terntu saja sangat berbahaya bagi kesuburan dan kesehatan wanita yang menderitanya,
  1. Kista Corpus Luteum
    Penyakit kista ini adalah jenis salah satu penyakit kista yang paling sering terjadi. Biasanya tidak menunjukkan gejala yang menonjol penyakit kista ini, dan diameternya dapat berukuran 2-6 cm. Ketika telur dari ovarium menuju ke rahim, maka dapat mengunci folikel dan terisi cairan atau darah dimana hal inilah yang pada akahirnya akan membentuk kista jenis corpus luteum. Ketika ukurannya bertambah menjadi besar maka akan muncul rasa sakit yang luar biasa. Danmenyebabakan batang ovarium teku. Dan biasnaya solusi nya adalah dengan melakuakn tindakan operasi pengangkatan kista.
  2. Kista Hemorrhagic
    Yaitu dimana di dalam kista fungsional timbul suatu pendarahan, dan gejala yang biasanya ditunjukkan adalah kram pada perut.
  3. Kista Dermoid
    Kaum wanita yang terserang penyakit kista ini biasanya berusia lebih muda, dan ukuran kista ini dapat tumbuh besar hingga mencapai ukuran 15 cm serta tidak hanya berisi cairan saja, namun juga lemak, rambut dan jaringan tulang rawan. Peradangan dapat ditimbulkan dari penyakit kista ini dan menyebabkan posisi tuba fallopi terlilit (torted/twisted)
  4. Kista Endometrium
    Penyakit jenis kista ini dapat terjadi disebabkan karena jaringan lapisan rahim (endometrial) hadir dalam ovarium wanita. Kista ini memiliki ukuran yang berkisar antara 2 – 20 cm dan biasanya kista ini berisi darah kecokelatan. Karakteristik kista endometrium ini yaitu menyerang kaum wanita pada usia reproduksi, dimana saat wanita haid akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Dan yang paling berbahaya adalah kesuburan dapat terganggu (fertilitas)
  5. Kista Denoma
    Yaitu bila tumor terbentuk dari jaringan ovarium. Tumor jenis yang ini dapat berukuran sangat besar, dan biasanya berisi cairan, bahkan ukurannya dapat mencapai 30 cm atau lebih. 

Ciri ciri gejala penyakit kista rahim :

Beberapa ciri ciri tanda gejala penyakit yang bisa menimbulkan penyakit kista rahim pada wanita dapat anda ketahui selengkapnya di bawah ini. Penyakit kista dialami oleh wanita dan akan menyerang pada bagian ovarium. Selain itu tentunya perlu anda ketahui cara mencegah agar tidak terkena penyakit ini, dan salah satu pencegahan yang paling sederhana adalah dengan selalau mengonsumsi makanan sehat dan mengatur pola hidup yang sehat juga.

Selengkapnya berikut ini adalah penjelasan mengenai bagaimana ciri ciri tanda gejala kista rahim yang dialami oleh wanita tentunya.
  • Ketika berhubungan badan mengalami rasa sakit
    Salah satu ciri ciri kista rahim adalah saat melakukan hubungan suami istri maka akan mengalami rasa sakit. Jika anda adalah pasangan yang merasakan salah satu tanda gejala kista rahim ini, ada baiknya segera memeriksakan diri anda untuk mengetahui lebih lanjut penyebab anda merasakan sakit di rahim di tengah berhubungan badan 
  • Pinggang bagian belakang akan terasa nyeri
    Ciri berikutnya yang bisa menunjukkan anda menderita kista rahim adalah pada pinggang bagian belakang terasa nyeri. Segera periksakan diri anda ke dokter apabila rasa nyeri ini tak kunjung hilang dan cenderung muncul terus menerus.
  • Mengalami pembesaran kista pada perut
    Penderita penyakit kista rahim ini juga pada akhirnya akan mengalami pembesaran kista pada perut. Bila anda menunjukkan gejala yang tidak lazim dari biasanya dan ada yang berbeda anda rasakan di perut, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan segera.
  • Mengalami rasa anyang anyangan
    Rasa ayang ayangan juga bisa muncul di saat penderita tengah mengalami penyakit kista rahim. Merasa ingin membuang air kecil namun tidak keluar, rasa ini dirasakan sangat menganggu dan patut anda waspadai jika anda merasakan hal ini terus menerus.
  • Ketika akan terasa sakit saat haid datang
    Rasa sakit di saat maupun sebelum haid sangat wajar,namun salah satu ciri ciri kista rahim adalah ketiak akan terasa sakit saat haid akan datang. Tentunya anda harus mewaspadai akan hal yang tidak biasa ini, sehingga ada baiknya segera periksakan diri anda lebih lanjut agar dapat dilakuakan pemeriksaan yang lebih akurat
  • Sering mengalami rasa mual berlebih
    Rasa mual yang selalu muncul tentu saja akan mengindikasikan suatu penyakit, kalau anda tidak mempunyai sejarah sakit maag atau lambung, tetapi sering merasakan mual tiba tiba maka perlu anda lakukan pemeriksaan lagi agar dapat diketahui dengan pasti penyebab mual anda.
  • Mengalami muntah
    Jika anda sebelumnya tiba tiba sering mual berlebih dan pada akhirnya muntah, maka tidak bisa anda anggap sepele lagi gejala terseut. Lakukan segera pemeriksakan ke dokter, sebab ada sesuatu hal yang tidak biasa membuat anda sering mengalami muntah ini.
  • Akan terjadi masa menstruasi yang tidak teratur
    Ciri ciri tanda gejala kista rahim yang terakhir adalah anda bisa saja akan mengalami masa menstruasi yang tidak teratur. Hal ini adalah hal yang ditimbulkan dari penyakit kista rahim tersebut, kalau anda mendapati masa mentruasi anda tiba tida tidak teratur, maka patutu anda periksakan sekarang juga.

Penyebab penyakit kista rahim :

Kista sebenarnya adalah kantung abnormal yang berisi cairan abnormal yang tumbuh tidak hanya di ovarium (indung telur) atau ujung ujung saluran telur (fimbria) tetapi juga dapat tumbuh di paru paru, kulit dan bahkan di otak. Deteksi kista pada awal kehamilan haruslah akurat, sebab secara sepintas bentuk kista ovarium sangat mirip dengan bentuk badan kuning (corpus luteum / CL). CL adalah sisa sarang sel tlur yang memang ada saat kehamilan. Apabila pada akhirnya karena dianggap sebagai kista ovarium dan CL diambil, maka bisa terjadi keguguran. Sebab fungsi dari CL adalah mempertahankan hormone semasa kehamilan muda. Kelak setelah plasenta terbentuk sempurna, maka plasenta akan mengambil alih fungsi ini. Jadi bisa saat USG terlihat kantung besar di indung terlur pada hekamilan usia muda, belum tentu bahwa itu adalah kista ovarium.

Kista ovarium beberapa yang menjadi penyebabnya antara lain kegagalan kantong telur (folikel) berovulasi. Hal yang mungkin sudah anda ketahui yaitu, dalam siklus reproduksi wanita, satu kantong telur dalam indung telur akan ovulasi setiap bulannya. Dimana ovulasi adalah keluarnya sel telur dari folikel yang siapa dibuahi jika bertemu dengan sperma. Selanjutnya folikel yang telah kehilangan sel telur disebut dengan CL dimana akan mengalami degenerasi secara normal, dan hilang diserap oleh tubuh. Sayangnya banyak mengalami kegagalan saat proses keluarnya sel telur dari dalam folikel. Jika lama kelamaan kerap terjadi seperti itu, maka kantong telur yang gagal berovulasi dapat berubah menjadi kista.

Hal yang bisa menyebabkan benjolan di perut salah satunya adalah adanya kista di dalam perut bagian bawah. Tekanan terhadap alat alat di sekitarnya disebabkan oleh posisinya di dalam perut atau besarnya kista.Misalnya, sebuah kista yang tidak seberapa besar, tetapi letaknya di depan rahim, sehingga pada akhirnya dapat menimbulkan gangguan berkemah karena menekan kandung kemih anda. Sedangkan satu khasusnya adalah kista yang lebih besar tetapi terletak bebas dalam rongga perut, sehingga kadang kadang hanya menimbulkan rasa berat dalam perut. Tekanan tumor dapat juga mengakibatkan sembelit dan bengkak pada tungkai.

Jika terjadi pendarahan dalam jumlah besar ke dalam kista, maka bahaya dapat menimbulkan rasa nyeri perut yang mendadak.

Putaran tungkai bisa terjadi oleh faktir kehamilan dan sesudah persalinan. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit dan gangguan sirkulasi. Gangguan sirkulasi menyebabkan kerusakan jaringan dalam kista dan lama kelamaan di dindng kista dapat menyebabkan kerobekan dan menimbulkan penimbunan cairan bebas di dalam rongga perut dan perlekatan dengan sekitarnya.

Baca juga : Waspadai juga ciri ciri gejala penyakit kanker payudara & obat herbalnya. 

Selain karena putaran tungkai robekan dinding kista dapat juga diakibatkan karena jatuh, atau pukulan di perut ataupun sewaktu berhubungan suami istri.

Apabila di dekat kista terdapat sumber kuman, maka infeksi pada kistapun dapat terjadi, misalnya perdangan usus buntu

Perubahan keganasan pada kista pun dapat terjadi juga. Metode yang digunakan untuk pembuatan diagnosis yang tepat antara lain adalah laparoskopi, USG, foto rotgen dan parasentesis.

Beberapa penyebab penyakit kista ovarium yang biasa mendera wanita :

  • Menstruasi datang lebih awal (umur 11 tahun atau lebih muda)
  • Infertilitas
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Peningkatan distribusi lemak tubuh bagian atas
  • Keturunan, ibu atau nenek menderita kista serupa
  • Ketidakseimbangan hormone atau Hipotiroidisme
  • Tamoxifen (Soltamox) terapi untuk kanker payudara
  • Menggunakan Kontrasepsi oral / pengendalian kelahiran yang menggunakan pil 

Makanan penyebab kista rahim :

Ada beberapa makanan yang sebenarnya menjadi penyebab kista rahim semakin parah.Beberapa makanan yang menyebabkan kista rahim parah diantara nya adalah sebagai berikut:

Mengkonsumsi tauge dan sawi putih

Kista rahim yang semakin parah salah satu penyebabnya adalah mengkonsumsi tauge dan sawi putih. Sebab pada tauge zatnya bisa memicu pembesaran sel sel kista rahim anda. Dan selain itu anda juga harus sebisa mungkin menghindari sawi putih, sebab sawi putih dapat membuat obat yang diminum tidak dapat bereaksi lagi, sehingga sama saja anda tidak meminum obat. Dan hal tersebut hanya akan membuat semakin parah dan berkembang kista rahim tersebut.

Mengkonsumsi soft drink
Pada dasarnya sudah banyak pakar dan himbauan agar dapat sebisa mungkin menghindari minuman soft drink untuk dikonsumsi secara terus menerus. Namun faktanya banyak yang kurang mengindahkan anjuran tersebut dan tetap memilih mengkonsumsinya karena dampaknya tidak terlihat secara langsung. Akan tetapi bagi anda yang menderita kista rahim parah, sangat dianjurkan untuk berhenti mengkonsumsi soft drink terseut, karena di dalamnya mengandung karsinogen seperti soda, alcohol, dan bahan pengawet berbahaya lainnya.

Seafood

Seafood juga sangat dianjurkan untuk dihiindari bagi pada penderita kista rahim, sebab seafood dapat menyebabkan kista rahim tumbuh menjadi semakin membesar. Sel sel kista dapat terangsang karena kandungan kolesterol yang terkandung dalam seafood tersebut. Maka dari itu sebaiknya jika anda menderita penyakit kista rahim parah untuk berhenti dan menghindari konsumsi seafood demi kesehatan anda.

Pengobatan alami penyakit kista rahim :

Tekanan yang sangat kuat pada perut adalah gejala dari kista di rahim wanita, dan juga rasa nyeri yang ada di bagian bawah punggung dan nyeri haid. Gejala lainnya adalah masalah pada berat badan, tekanan darah yang tinggi dan masalah pada jerawat. Dan berikut ini anda bisa menggunakan beberapa bahan untuk mengobati penyakit rahim secara herbal alami tradisional.

1).Resep tradisional herbal mengobati penyakit kista rahim pertama
Bahan-Bahan :
  • 1 genggam daun dan batang benalu teh/benalu jeruk
  • 11 lembar daun sambiloto segar
  • 1 biji jadam arab
  • 3 temu putih
Cara Pemakaian :
  1. Temu putih dikupas dan diiris tipis
  2. Rebus bersama bahan lainnya dengan 5 gelas air hingga tersisa sekitar 3 gelas air.
  3. Angkat dan saring sebelum diminum
  4. Lakukan 3 kali sehari

2).Resep tradisional herbal mengobati penyakit kista rahim kedua
Bahan-Bahan :
  • 30 gram daun dewa segar
  • 30 gram temu putih segar
  • 11 gram sambiloto kering
Cara Pemakaian :
  1. Cuci bersih daun dewa dan temu putih
  2. Kemudian potong tipis-tipis
  3. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga tersisa sekitar separuhnya
  4. Kemudian diangkat, setelah dingin lalu disaring
  5. Minum ramuan dengan dosis 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

3).Resep tradisional herbal mengobati penyakit kista rahim ketiga
Bahan-Bahan :
  • 5 gram buah mahkota dewa kering
  • 30 gram rumput mutiara
Cara Pemakaian :
  1. Cuci bersih semua bahan
  2. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa separuhnya
  3. Angkat dan saring sebelum diminum.
  4. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Kista dan Miom & Obat Herbalnya | Unknown | 5