Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Herpes & Obat Herbalnya



Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Herpes & Obat Herbalnya

Penyakit herpes :

Herpes sendiri mempunyai suatu pengertian yaitu penyakit yang meradang pada kulit dan biasanya akan muncul gelembung yang di dalamnya berisi air dan secara berkelompok. Dan herpes juga termasuk ke dalam golongan penyakit yang menular, dimana permukaan kulit seseorang dapat mudah terserang. Infeksi adalah penyebab penyakit ini, yaitu disebabkan adanya infeksi pada kulit baik yang diperoleh secara eksogen maupun endogen.

Penularan penyakit herpes ini sangat cepat sekali, yaitu melalui hubungan langsung antara bagian tubuh yang terkena infeksi dengan selaput lendir. Termasuk juga dengan kulit yang terluka pada bagian tubuh orang lain. Tentu saja hubungan badan adalah salah satu cara penularan yang banyak terjadi. Selama masa kehamilan herpes pun dapat ditularkan dan juga kelahiran. Mengingat resiko yang terjadi pada bayi yang berada dalam kandungan, maka operasi Caesar adalah cara yang dianjurkan oleh dokter terhadap penderita herpes di masa kehamilan.

Herpes mempunyai 2 jenis yakni herpes zoster adalah penyakit yang menyerang pada bagian kulit, dan herpes simpleks yaitu penyakit herpes sebagai salah satu penyakit organ dalam pada manusia. Untuk itulah perlu kita ketahui faktor penyebab penyakit herpes tersebut.

Penyebab herpes dan penanganannya:

Penyakit herpes ini disebabkan oleh suatu virus varicella-zoster yang berawal dari penyakit cacar air. Varicella-zoster akan menetap dalam suatu kondisi yang tidak aktif atau laten pada salah satu atau lebih pusat syaraf posterior ketika seseorang terserang penyakit cacar air.

Oleh karena itu ketika daya immunitas seseorang sedang menurun, maka virus akan kembali aktif dan menyebar melalui syaraf tepi menuju kulit,sehingga dapat menimbulkan penyakit penyebab herpes. Virus akan membentuk bintik bintik kecil yang berwarna merah dan akan memperbanyak diri, dimana bintik tersebut dapat menggelembung berisi cairan pada daerah kulit yang dilalui oleh virus.

Biasanya penyebab herpes atau penyakit kulit sendiri sering terjadi pada orang yang lanjut usia dan penderita imunosupresif. Atau ketika seseorang dengan sistem imun yang lemah sehingga dapat dikatakan penyebab herpes salah satunya adalah kurangnya asupan nutrisi guna meningkatkan daya imunitas pada tubuh.

Penyebab herpes yang pertama adalah karena stress, sebab salah satu pemicu utama herpes yang tidak akan kunjung sembuh adalah stress yang berkepanjangan. Keadaan fisik dan mental yang lemah akan membuat penderita herpes menjadi stress karena kian hari tidak kunjung sembuh penyakitnya. Proses penyembuhan herpes pada kulit dipengaruhi sangat dipengaruhi oleh stress yang timbul.

Penyebab herpes yang kedua disebabkan terkena angindan sinar matahari secara langsung. Bisa jadi herpes yang anda derita tidak kunjung sembuh dikarenakan anda terlalu sering terkena sinar matahari langsung. Dimana seharusnya penderita herpes tidak boleh melakukan aktifitas di luar ruangan karena penyakit herpes yang diderita bisa semakin parah. Selain itu penyebaran penyakit herpes pada kulit akan semakin cepat jika terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung, dan juga dapat cepat menularkan pada orang lain.

Jenis penyakit herpes :

Penyakit herpes terbagi menjadi 2 macam, berikut ini adalah penjelasan mengenai kedua jenis penyakit herpes tersebut yaitu :
  • Penyakit herpes zoster
    Biasanya herpes ini tumbuh di kulit, menyerupai cacar berderet seperti ular ( di kampong sering disebut sebagai cacar ular). Herpes zoster bisa tumbuh di wajah, di kulit badan, dada, perut, paha hingga kaki. Tetapi herpes zorter ini bukan tergolong penyakit menular dan hanya menyerang seisi tubuh.
  • Herpes simpleks
    Untuk jenis herpes simplex bisa tumbuh di bibir dan mulut, atau bisa juga di kem@luan dan bisa tergolong penyakit yang menular secara sksu@l,sebab penyakit ini ditularkan lewat hubungan badan.Dulu banyak yang sering melakukan hubungan badan bebas terkena penyakit kencing nanah dan sifilis. Namun sekarang tidak hanya kedua penyakit tersebut, tetapi banyak juga sekarang ini tertular penyakit herpes organ dalam atau herpes genitalis, dan ini jauh lebih fatal.
    Memang tidak mematikan penyakit herpes pada kulit organ dalam, tidak juga menimbulkan komplikasi berat. Namun sampai sekarang belum bisa disembuhkan. Hingga saat ini,orang yang mengidap herpes organ dalam sepanjang hidupnya akan terus membawa virus penyakit ini. Virus herpes organ dalam bersembunyi di dalam kulit, di sana virus tersebut mendekam dan jika tubuh sedang lemah maka sewaktu waktu bisa muncul. 

Ciri ciri gejala penyakit herpes pada pria :

Seringkali gejala herpes genilatis tidak dirasakan oleh sebagian penderita penyakit infeksi herpes genital ini. Hal tersebut disebabkan terkadang karena gejalanya sama dengan penyakit umum lainnya. Menyebarnya penyakit herpes genitalis tersebut dikarenakan karena gejala yang tidak dirasakan tadi. Sebab sering tidak menggunakan alat pengaman ketika berhubungan badan para penderita herpes genitalis tersebut, padahal mereka sudah terinfeksi virus herpes genitalis.

Penyakit herpes genital atau disebut juga dengan herpes simplex virus 2 (HSV-2) adalah penyakit seksu@l menular yang menyerang pada area genital dan alat organ dalam penderita. Setelah seseorang terinfeksi maka akan berada di dalam tubuh seseorang dalam waktu yang lama virus ini, kecuali dapat disembuhkan. Dapat menyebabkan kekambuhan infeksi pada kulit yang disebabkan virus ini, jika imun / ketahanan tubuh sedang drop bisa mencapai 2 sampai 3 kalai dalam sebulan kambuh.

Pagi pria maupun wanita merupakan suatu hal yang penting untuk mengetahui gejala herpes genitalis.Mungkin sebagian dari anda pernah mendengar tentang gejalanya. Herpes genitalis bisa juga diobati apabila mendapatkan pengobatan yang tepat dan penderita dapat hidup normal kembali.

Pada pria, terkadang berbeda satu sama lain gejala herpes genitalis. Bahkan banyak yang tidak menunjukkan gejala sama sekali para penderita herpes genitalis tersebut. Namun jika seorang pria telah terkena herpes genitalis maka akan muncul tanda dan gejala umum yang biasa terjadi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Kesemutan dan gatal-gatal di daerah alat organ dalam
    Gejala herpes genitalis yaitu rasa kesemutan dan gatal di daerah organ dalam, dan hal tersebut adalah ciri gejala yang paling umum. Hal ini disebabkan karena jaringan kulit yang ada di organ dalam sudah dirusak virus dan menyebabkan gatal gatal atau rasa seperti kesemutan.
  2. Timbulnya benjolan berisi cairan pada organ dalam pria atau daerah genital.
    Munculnya benjolan ini bisa sekecil jerawat namun dalam jumlah yang banyak. Dapat menyebabkan luka perih pada kulit jika benjolan ini pecah. Dan setelah beberapa luka ini akan menyebabkan luka kering seperti koreng.
  3. Gejala mirip penyakit flu, seperti demam, kelelahan, pusing kepala.
    Gejala herpes genitalis yang satu ini menyebabkan penderitanya tidak menyadari bahwa virus herpes sudah meninfeksi mereka. Karena ciri gejalanya dengan penyakit flu hampir sama,seperti demam,kelelahan,pusing kepala dan anggota badan terasa sakit dan linu. Setelah sembuh dari gejalaini, biasanya penderita melakukan hal hal yang dapat menularkan virus herpes genitalis ini dengan melakukan hubungan badan bebas, dan hal inilah yang membuat menyebarnya penyakit herpes genitalis ini.
  4. Pembengkakan kelenjar getah bening yang berada di selangkangan
    Pada daerah selangkangan terjadinya pembengkakan disebabkan virus herpes genitalis yang menyerangpada daerah genital saja. Tetapi jika pembengkakan terjadi di daerah lain, bisa jadi jenis virus herpesnya berbeda.
  5. Nyeri atau terasa seperti terbakar saat buang air kecil
    Virus yang menyerang daerah genital atau alat organ dalam merupakan virus herpes genitalis. Karena salah satu gejalanya adalah nyeri saat buang air kecil.
Jika salah satu gejala di atas anda alami saat ini, mungkin anda sudah terkena virus herpes genitalis. Sebab gejala herpes genitalis di atas merupakan gejala umum penyakit herpes yang dialami oleh pria. Oleh karena itu agar tidak menyebar kepada pasangan anda, sebaiknya segeralakukan pengobatan. Hal yang peril sekali diingat adalah sebagian penderita tidak mengalami gejala sama sekali. Dan jika anda tidak mempunyai gejala penyakit herpes sama sekali, namun pernah melakukan hubungan badan dengan seseorang yg terinfeksi penyakit herpes genilatis ini, maka ada baiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah terinfeksi penyakit herpes genitalis atau tidak.

Ciri ciri gejala penyakit herpes pada wanita :

Penyebab gejala herpes pada wanita kemungkinan besar dikarenakan anatomi pada tubuh wanita. Sehingga lebih sulit untuk dikontrol dan lebih merugikan dibandingkanpada pria. Di negara maju, penderita penyakit herpes genitalis lebih banyak diderita wanita daripada seorang pria seperti di negara Amerika Serikat. Data statistik menunjukkan bahwa 1 dari 5 pria terinfeksi virus penyakit herpes genitalis,sedangkan bagi wanita 1 dari 4 wanita terinfeksi virus herpes genitalis. Karena penyakit herpes genitalis adalah penyakit menular seksu@l, maka sangat perlu sekali seorang wanita untuk mengetahuinya lebih dalam. Agar para wanita khususnya dapat melakukan pencegahannya sebagai pertahanan terbaik memerangi penyakit menular ini.

Bila dibandingkan dengan pria, seorang wanita cenderung memiliki wabah lebih sering. Dan gejalanya juga cenderung lebih sulit untuk diobati dan menyakitkan. Hal ini sangat menimbulkan kekhawatiranbagi wanita untuk menularkan virus kepada anak anaknya saat melahirkan. Selain itu pada wanita siklus menstruasi juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh yang juga membuat virus lebih mudah menginfeksi tubuh perempuan.

Pada anatomi tubuh wanita, pada alat organ dalam wanita ukuran permukaan jaringan mukosa lebih besar dari jaringan yang ada pada alat organ dalam pria. Pada bagian ini merupakan jaringan yang paling rentan dari anatomi tubuh wanita terhadap virus herpes genitalis. Infeksi dari gejala herpes genitalis lebih besar dikarenakan luas permukaan yang lebih besar.

Gejala herpes pada wanita di tahap awalnya hampir sama seperti yang dialamo oleh pria. Beberapa gejalanya seperti kulit di daerah genital seperti kesemutan,terbakar dan gatal gatal. Dan hal ini yang membuat wanita yang terinfeksi keliru dalam mendiagnosis, sebab gejala ini juga saluran kemih juga bisa disebabkan oleh infeksi. Setelah beberapa hari virus tinggal di dalam tubuh,gejala yang berkembang kemudian adalah munculnya benjolan merah yang dipenuhi cairan dan seperti akan melepuh.

Setelah benjolan yang berisi cairan tersebut pecah / melepuh,maka pada saat buang air kecil akan terasa nyeri. Pada tahap ini, bagi perempuan penyembuhan menjadi lebih sulit, sebab daerah yang menjadi lepuhan benjolan tadi harus kering dan seharusnya tidak ada cairan.

Kondisi yang paling memprihatikan sebenarnya adalah ketika ada ibu hamil dan terinfeksi virus herpes genitalis. Sebab virus herpes genitalis ini saat persalinan dapat menular kepada bayinya. Pada bayi yang baru lahir, tentunya hal ini dapat mengancam kehidupannya.Karena itu pada ibu hamil yang terinfeksi virus herpes genitalis ini sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter ahli agar mendapatkan penanganan yang lebih serius. Sehingga pada saat melahirkan nanti bayi tidak terinfeksi virus ini. Dengan melakukan tes laboratorium sebelum menikah adalah salah satu pencegahan yang dilakukan agar virus tidak ditularkan kepada bayi. DI beberapa negara, pasangan yang akan menikah di tes dulu darahnya, hal ini bertujuan agar menghindari berbagai macam penyakit yang kemungkinan menular kepada bayinya kelak.

Setelah anda mengetahui beberapa ciri tanda gejala penyakit herpes genitalis di atas, dan merasa bahwa anda terinfeksi virus tersebut,maka sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar dilakukan pemeriksaaan lebih lanjut. Ada banyak cara untuk mengendalikan virus herpes genilatis ini,salah satunya adalah apabila mengetahu secara pasti bila tekene virus ini,kemudian carilah informasi tentang penyakit herpes genitalis ini lebih akurat. Dengan begitu anda juga dapat melakukan penanganan yang baik untuk melawan penyakit ini.

Cara mengobati penyakit herpes :

Untuk saat ini penyakit herpes bisa diobati, tetapi belum bisa disembuhkan secara total. Pengobatan penyakit herpes ada beberapa jenis yang bisa dilakukan untuk menurunkan gejala herpes yang muncul. Pengobatan ini bisa dilakukan dnegan cara dokter ataupun dnegan cara pengobatan tradisional. Jika gejala herpes muncul seperti rasa sakit ketika sedang buan air kecil,maka cara pengobatan yang bisa dilakukan maka anda bisa mengatasinya dengan cara minum banyak air putih. Jika bagian yang mengalami infeksi anda sentuh, maka sebaiknya segera cucilah tangan anda secara menyeluruh dan hindari menyentuh, menggosok mata atau mulut menggunakan tangan yang sama. Sebab beberapa hal tersebut adalah upaya pencegahan terhadap penyakit herpes yang lebih lanjut. Bisa juga diberikan sedikit garam mandi Epson pada daerah yang mengalami infeksi, guna membantu mengeringkan luka yang muncul.

Hindarilah stress atau tekanan yang berlebihan, dapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat. Salah satu cara yang baik untuk bisa membantu mencegah terjadinya wabah adalah diet yang dilakukan dnegan tepat, karena bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh agar lebih sehat lagi. Untuk mencegah terjadinya penularan penyakit herpes yang sedang anda alami, sebaiknya jangan melakukan kontak langsung dengansiapapun terlebih dahulu.

Herpes genitalis yang harus anda ketahui bahwa bisa menyebabkan terjadinya kematian pada bayi yangmengalami infeksi. Jika seorang wanita mengalami masalah dnegan penyakit herpes genitalis yang aktif di saat sedangmelahirkan, maka salah satu jalan untuk mencegah penularan pada bayi adalah dengan jalan proses caesar saat melahirkan. Seorang yang tengah menderita herpes simpleks aktif hendaknya berhati hati juga saat melakukan hubungan badan. Hal ini bertujuan untuk menghindari dan mencegah diri agar tidak terserang penyakit HIV. Untuk pengidap penyakit herpes simpleks dan penyakit HIV, maka sebaiknya juga lbih berhati hati saat sedang mengelami herpes aktif. Sebab viral load HIV akan lebih tinggi di saat ini terjadi sehingga akan memungkinkan untuk bisa ditularkan pada orang lain lagi. Lakukan tes di lab untuk mengetahui penyebab herpes yang anda alami.

Biasanya munculnya gejala dari penyakit herpes genital ini akan ditunjukkan jika seseorang telah terinfeksi sekitar 4-7 hari. Ciri gejala awal yang diperlihatkan penyakit herpes genital adalah rasa sakit,kesemutan serta gatal. Dan kemudian akan bentuk fisik bercak kemerahan yang seperti lepuhan kecil dan rasanya nyeri.

Baca juga:

Mengobati penyakit herpes secara alami :

Penyakit herpes bisa disembuhkan dengan beberapa pengobatan tradisional alami yang bisa anda coba. Dengan mengunakan beberapa bahan alami yang berkhasiat membasmi virus herpes hingga ke akarnya. Berikut ini beberapa bahan dan cara membuatnya.

1).Waru Landak
Cara yang pertama untuk mengobati herpes secara tradisional adalah dengan menggunakan waru landak. Waru landak adalah tanaman yang memiliki khasiat untuk mengobati penyakit kulit salah satunya penyakit herpes.
  • Caranya penggunaanya, cukup dengan menyediakan daun waru landak sekitar 10 lembar.
  • Setelah itu tumbuk halus, lalu oleskan pada kulit Anda yang terkana herpes.
  • Setelah itu tutup dengan menggunakan kain kasa,
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan setiap hari sampai herpes kering.

2).Daun Binahong
Cara tradisional yang kedua adalah dengan menggunakan daun binahong. Daun binahong memang sering dimanfaatkan untuk mengatasi semua jenis penyakit dan salah satunya adalah penyakit herpes. Hal ini dikarenakan daun binahong dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka-luka ringan karena memiliki kandungan antibiotik alami.
  • Caranya mudah, tumbuk halus daun binahong setelah itu oleskan pada kulit Anda yang terkena herpes.

3).Daun Dewa Merah
Terakhir yaitu menggunakan bahan alami daun dewa, untuk jenis daun dewa yang sangat efektif mengatasi penyakit herpes adalah daun dewa merah. Daun dewa merah juga memiliki khasiat sebagai obat tradisional penyakit herpes karena memiliki kandungan akribiotik alami.
  • Caranya pun sama seperti yang dia atas yaitu cukup menumbuk halus, kemudian oleskan pada kulit yang terkena herpes.

Ciri Ciri,Gejala,Penyebab Penyakit Herpes & Obat Herbalnya | Unknown | 5